14 Pertanyaan tentang Kanker yang Sering Ditanyakan

275
pertanyaan tentang kanker
Pertanyaan tentang Kanker (Credit: sdecoret / Adobe Stock)

Diedit:

Ada cukup banyak isu dan hoax tentang kanker yang membuat orang-orang sulit untuk tahu yang sebenarnya. Misalnya pertanyaan seputar apakah kanker bisa dicegah atau apakah kanker bisa menular? Artikel ini akan menjawab 14 pertanyaan umum tentang kanker yang sering ditanyakan orang-orang. Semoga penjelasan tentang kanker ini dapat membantu menambah kewasapadaan kita sekaligus meluruskan pandangan yang tidak benar.

Pertanyaan tentang Kanker 1: Apakah Kanker Akibat Pertumbuhan Sel-Sel Tubuh yang Tidak Normal?

Benar.

Penjelasan tentang penyebab kanker: Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel tidak normal (abnormal) yang tidak terkontrol. Pertumbuhan sel-sel abnormal ini dapat terjadi di bagian tubuh manapun—darah, otak, tulang, atau organ lainnya—dan banyak di antara sel-sel itu mampu menyerang jaringan atau organ lainnya.

Kanker sering kali dinamakan sesuai dengan organ atau jenis sel tempat awal perkembangannya. Istilah seperti kanker hati, kanker paru-paru, kanker otak, dsb merujuk pada lokasi sel-sel abnormal mulai berkembang. Jika sel-sel kanker menyebar ke luar lokasi awal, mereka akan disebut kanker metastasik. Baca juga: Penyakit Kanker: Memahami Munculnya Bibit Kanker

Pertanyaan tentang Kanker 2: Ada Berapa Banyak Jenis Kanker?

Ada lebih dari 100 jenis kanker.

Penjelasan tentang jenis-jenis kanker: Setiap bagian dari tubuh dapat terkena kanker, dan gejala-gejala yang ditimbulkan bergantung pada jenis kankernya serta organ mana yang mengandung sel-sel kanker. Pada umumnya pengobatan untuk kanker menggunakan cara operasi, radiasi, dan kemoterapi, atau kombinasi dari tiga pengobatan itu. Baca juga: Apa Saja Sebenarnya Jenis-Jenis Kanker?

Pertanyaan seputar Kanker 3: Apa Jenis Kanker yang Paling Banyak Membunuh Pria?

Kanker paru-paru adalah yang paling banyak membunuh pria.

Penjelasan tentang kanker pembunuh pria: Menurut WHO, lima jenis kanker yang paling banyak membunuh pria yaitu (sesuai urutan): kanker paru-paru, kanker lambung, kanker hati, kanker kolorektal (kanker usus besar & rektum), dan kanker esofagus. Baca juga: Kanker Paru-Paru: Info Lengkap bagi Anda yang Peduli Kesehatan

Pertanyaan seputar Kanker 4: Apa Jenis Kanker yang Paling Banyak Membunuh Wanita?

Kanker payudara adalah yang paling banyak membunuh wanita.

Penjelasan tentang kanker pembunuh wanita: Menurut WHO, lima jenis kanker yang paling banyak membunuh wanita yaitu (sesuai urutan): kanker payudara, kanker paru-paru, kanker lambung, kanker kolorektal, dan kanker serviks. Di beberapa negeri berkembang, kanker serviks adalah yang paling banyak diderita wanita. Baca juga: Kanker Payudara: Info Lengkap bagi Anda yang Peduli Kesehatan

Pertanyaan tentang Kanker 5: Apa Jenis Kanker yang Paling Banyak Diderita oleh Pria & Wanita?

Kanker kulit adalah yang paling banyak diderita oleh pria dan wanita.

Penjelasan tentang kanker kulit: Sinar ultraviolet, bagian dari sinar matahari, merupakan pemicu utama kanker kulit. Terdapat tiga jenis utama kanker kulit: karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma.

Kita harus waspada jika melihat ada luka kulit yang tidak kunjung sembuh dan perubahan lain yang mencurigakan pada kulit. Perubahan aneh pada kulit yang tidak pulih hingga lebih dari beberapa minggu sebaiknya diperiksakan ke dokter kulit. Baca juga: 6 Ciri-Ciri Kanker Kulit yang Paling Mudah Dikenali

Baca juga:  Survivor Kanker, Apakah Anda Salah Satunya?

Pertanyaan tentang Kanker 6: Berapa Banyak Kematian Akibat Kanker yang Disebabkan oleh Rokok/Tembakau?

Penggunaan tembakau menyebabkan sekitar 22% dari seluruh kematian akibat kanker.

Penjelasan tentang kanker akibat rokok/tembakau: Ada lebih dari 70 kandungan kimia di dalam asap rokok yang diketahui sebagai karsinogen. Karsinogen maksudnya adalah bahan, zat, atau apapun yang dapat merusak dan menyebabkan mutasi DNA sehingga memicu terbentuknya kanker.

Bukan hanya perokok aktif yang terkena dampaknya, orang-orang yang tidak merokok namun sering menghirup asap rokok orang lain (perokok pasif) juga berisiko tinggi mengidap kanker. Baca juga: Bagaimana Merokok Dapat Menyebabkan Kanker?

bahaya merokok
Bahaya Merokok (Credit: Prawitr Sae Wa Ni / EyeEm / Getty Images)

Pertanyaan seputar Kanker 7: Apa Saja Virus yang Bisa Memicu Terbentuknya Kanker?

Sekitar 20% dari seluruh kanker di dunia disebabkan infeksi kronis yang terutama dipicu oleh virus human papilloma (HPV) dan virus hepatitis B (HBV).

Penjelasan tentang virus HPV dan HBV: Virus HPV bisa memicu kanker serviks, kanker di orofaring (kanker di mulut dan faring), kanker penis, kanker vagina, dan beberapa jenis kanker lain. Sedangkan virus HBV dikaitkan dengan terbentuknya kanker hati.

Tersedia vaksin untuk melindungi dari HPV; vaksin bisa membantu mengurangi kemungkinan kita untuk terkena kanker yang dipicu oleh HPV. Tersedia juga vaksin untuk HPV yang bisa mengurangi atau mencegah infeksi HBV serta kanker yang terkait dengan infeksi HBV. Baca juga: Mengenali Virus yang Menjadi Faktor Penyebab Kanker

Pertanyaan seputar Kanker 8: Apakah Pemanis Buatan Menyeabkan Kanker?

Tidak benar.

Penjelasan tentang pemanis buatan: Tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa pemanis buatan menyebabkan kanker. Alternatif pengganti gula lainnya seperti sorbitol dan stevia juga tampaknya tidak menyebabkan kanker.

Pemanis Buatan Pengganti Gula
Pemanis Buatan Pengganti Gula (Credit: Sharon Pruitt / EyeEm / Getty Images)

Pertanyaan tentang Kanker 9: Apa Makanan yang Bisa Memicu Terbentuknya Kanker?

Makanan olahan (processed food) dikaitkan dengan kanker usus besar.

Penjelasan tentang makanan olahan pemicu kanker: Contohnya adalah daging olahan, yaitu daging yang sudah diolah dengan ditambahkan bahan pengawet seperti natrium nitrit atau bahan lain yang meningkatkan warna dan rasa. Daging juga terkadang diasapkan, yang juga bisa menciptakan senyawa yang memicu kanker.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi daging olahan dalam jumlah besar dikaitkan dengan meningkatnya risiko kanker kolorektal (kanker usus besar & rektum). Satu alasan yang masuk akal adalah karena nitrit yang ditambahkan ke banyak daging olahan (sosis, ham, dsb). Baca juga: Makanan Kanker: Apa yang Benar-Benar Harus Dihindari?

Pertanyaan tentang 10 Kanker: Apa Jenis Kanker pada Sistem Reproduksi Wanita yang Paling Mematikan?

Kanker kandung kemih (kanker ovarium) adalah yang paling mematikan di antara semua jenis kanker pada sistem reproduksi wanita.

Penjelasan tentang kanker ovarium: Penyakit ini sangat mematikan terutama karena sebagian besar kanker ovarium tidak terdeteksi di tahap awal perkembangannya, sehingga sel-sel kanker sudah terlanjur menyebar ke luar ovarium ke panggul dan kelenjar getah bening terdekat.

Baca juga:  Vaksin Kanker: Bebaskan Diri Anda dari Serangan Kanker

Sayangnya, tanda dan gejala-gejala kanker ovarium sering kali baru terlihat di stadium lanjut dari kanker ini. Kanker stadium lanjut tergolong sulit untuk ditangani. Baca juga: Kanker Indung Telur: Info Lengkap bagi Anda yang Peduli Kesehatan

Pertanyaan seputar Kanker 11: Apakah Kanker Memiliki Banyak Tanda dan Gejala?

Benar.

Penjelasan tentang tanda dan gejala kanker: Kanker terdiri dari aneka ragam penyakit yang dapat menimbulkan tanda dan gejala berbeda, tergantung pada jenis kankernya dan lokasinya pada tubuh. Ukuran dan keganasan kanker juga menentukan gejala-gejala yang akan ditimbulkannya.

Kanker dapat menyerang atau merusak organ, saraf, dan pembuluh darah, sehingga menyebabkan tanda dan gejala yang terkait dengan bagian tubuh yang bersangkutan. Namun ada beberapa gejala umum yang dirasakan penderita kanker, yaitu: demam, kelelahan, dan berat badan turun. Baca juga: Panduan Deteksi Dini Kanker: 20 Tanda dan Gejala Kanker yang Patut Dicurigai

Pertanyaan tentang Kanker 12: Apa Nama untuk Jenis Kanker pada Darah?

Kanker yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel abnormal pada darah disebut leukemia.

Penjelasan tentang kanker leukemia: Sebagian besar orang yang didiagnosis leukemia sudah berusia di atas 50 tahun. Tetapi ada juga jenis-jenis leukemia yang lebih banyak diderita anak-anak. Jenis leukemia yang paling sering didiagnosis pada anak-anak yaitu leukemia limfositik akut (acute lymphocytic leukemia, disingkat ALL). Baca juga: Kanker Leukemia: Penyakit Kanker pada Sel Darah

Pertanyaan seputar Kanker 13: Apakah Kanker Menular?

Tidak benar.

Penjelasan tentang kanker menular: Kanker bukanlah penyakit menular seperti flu atau pilek. Kita tidak akan tertular kanker hanya karena sering-sering berada di dekat seorang penderita kanker atau karena menyentuh mereka. Janganlah takut untuk mengunjungi mereka dan berikan dukungan yang mereka butuhkan untuk menghadapi penyakit ganas ini. Baca juga: Kanker Menular? Cek Dulu Fakta-Faktanya!

Kanker Tidak Menular (Credit: Otnaydur / Shutterstock)

Pertanyaan seputar Kanker 14: Apakah Kanker Bisa Dicegah?

Sebagian benar.

Penjelasan tentang pencegahan kanker: Tidak ada cara yang pasti untuk mencegah kanker. Namun kita bisa melakukan banyak hal untuk meminimalkan risiko terkena kanker. Beberapa hal yang perlu diupayakan yaitu: tidak merokok, membatasi konsumsi alkohol, membatasi paparan sinar matahari (khususnya yang terik), memperoleh vaksin untuk mencegah infeksi pemicu kanker (misalnya vaksin HPV), mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, dan berolahraga secara teratur.

Apakah ada pertanyaan Anda yang terjawab di artikel ini? Semoga penjelasan artikel ini dapat membantu Anda untuk tahu yang sebenarnya dan bisa mengambil langkah tepat untuk menghindari penyakit ganas ini. Jika di lain waktu Anda membaca atau mendengar sesuatu yang aneh seputar penyakit kanker, sebaiknya jangan terlalu percaya dan periksa dulu kebenarannya agar tidak termakan hoax.


Referensi Pertanyaan tentang Kanker:

MedicineNet. Top 10 Cancer FAQs. URL: https://www.medicinenet.com/cancer_quiz/faq.htm. Accessed: 2019-07-16

American Cancer Society. Questions People Ask About Cancer. URL: https://www.cancer.org/cancer/cancer-basics/questions-people-ask-about-cancer.html. Accessed: 2019-07-16


Advertisement
Alinesia