Panduan Deteksi Dini Kanker: 20 Tanda dan Gejala Kanker yang Patut Dicurigai


By Cindy Wijaya

Siapa pun bisa mengidap penyakit kanker, tetapi orang tua khususnya harus lebih waspada. Sebagian besar kasus kanker dialami oleh orang-orang yang berusia di atas 50 tahun. Kita harus curiga pada waktu ada tanda-tanda atau perubahan yang tidak normal. Sewaktu Anda melihat yang seperti itu, yang paling baik adalah periksa ke dokter untuk memastikan apakah itu gejala kanker atau bukan.

Anda dianjurkan untuk jangan cepat-cepat menganggap perubahan atau keluhan-keluhan aneh tersebut sebagai bagian dari proses penuaan. Memang sering kali gejala-gejala yang terjadi pada tubuh kita lebih mungkin disebabkan oleh penyakit yang tidak seserius kanker, namun tidak menutup kemungkinan itu adalah tanda-tanda kanker.

Mengenali tanda dan gejala kanker sejak awal adalah bagian dari deteksi dini kanker yang memungkinkan Anda untuk lebih berhasil dalam mengobatinya dan pulih kembali. Untuk membantu meningkatkan kewaspadaan Anda, berikut akan diringkaskan beberapa tanda-tanda kanker yang terutama dialami oleh kebanyakan orang berdasarkan sumber CANCER RESEARCH UK.

  • Sesak Napas

    Sesekali mengalami sesak napas adalah sesuatu yang wajar. Tapi jika Anda merasakan bahwa keluhan ini menjadi semakin sering terjadi lebih dari biasanya, bicarakanlah dengan dokter.

  • Perdarahan Vagina yang Tidak Wajar

    Perdarahan atau bercak-bercak darah di luar periode menstruasi mungkin adalah efek samping umum dari penggunaan pil KB. Namun perdarahan dari vagina di luar periode menstruasi, setelah berhubungan seks, atau setelah menopause, harus diperiksakan ke dokter.

  • Heartburn atau Gangguan Pencernaan yang Kambuh-kambuhan

    Adalah wajar untuk kadang-kadang merasa sedikit tidak nyaman atau nyeri setelah mengonsumsi makanan dalam jumlah besar, yang berlemak, atau yang pedas. Tetapi kalau Anda sering mengalami heartburn atau gangguan pencernaan, atau jika rasanya sangat tidak nyaman, maka Anda sebaiknya periksa ke dokter.

  • Suara Parau atau Serak

    Memiliki suara yang terdengar parau atau terasa serak adalah gejala umum dari pilek. Namun suara serak yang tidak kunjung pulih setelah beberapa minggu harus diperiksakan oleh dokter.

  • Lebih Sering BAB atau Tinja Lebih Encer

    BAB yang lebih sering dan tinja yang encer biasanya disebabkan oleh sakit perut atau keracunan makanan, namun jika Anda melihat adanya perubahan pada bentuk tinja atau lebih encer atau lebih sering BAB daripada biasanya yang sudah berlangsung 4 – 6 minggu atau lebih, dianjurkan untuk memberitahukan kepada dokter Anda.

  • Terus-menerus Kembung

    Bagi wanita, mungkin keluhan kembung sudah sering mereka alami. Tetapi perhatikanlah jika keluhan kembung terus terjadi selama 3 minggu atau lebih, maka periksakanlah dengan dokter. Ada kemungkinan itu merupakan tanda-tanda kanker berkembang dalam tubuh Anda.

  • Kesulitan Menelan

    Ada berbagai macam gangguan kesehatan yang menimbulkan gejala sulit menelan. Tapi kalau Anda mengalaminya dan tidak kunjung membaik padahal sudah beberapa minggu berlalu, bisa saja itu adalah gejala kanker dan sebaiknya diperiksakan oleh dokter.

  • Luka yang Tidak Kunjung Sembuh

    Kulit sanggup menyembuhkan diri sendiri dengan sangat cepat dan kerusakan pada kulit umumnya dapat sembuh dalam waktu sekitar 1 minggu. Tetapi jika ada luka, kutil, atau bercak yang tidak sembuh setelah beberapa minggu, bahkan meski tidak menimbukan rasa sakit, Anda perlu memeriksakannya ke dokter sebagai bagian dari deteksi dini kanker.

  • Sariawan Mulut atau Lidah yang Tidak Kunjung Sembuh

    Sariawan di mulut biasa muncul pada waktu kondisi tubuh sedang tidak fit. Lapisan mulut memperbarui diri setiap 2 minggu sekali atau lebih, itulah sebabnya sariawan baisanya sembuh dalam kurun waktu ini. Tapi sariawan yang tidak sembuh setelah 3 minggu harus diperiksakan ke dokter atau dokter gigi untuk meminimalkan kemungkinan itu adalah tanda-tanda kanker.

  • Keringat Mengucur di Malam Hari

    Berkeringat di malam hari dapat disebabkan oleh infeksi atau bisa juga karena efek samping obat tertentu. Selain itu gejala ini juga sering dialami oleh wanita yang sedang menopause. Akan tetapi, keringat yang mengucur deras di malam hari juga kemungkinan adalah gejala kanker, sehingga perlu dipastikan dengan periksa ke dokter.

  • Perubahan Payudara yang Tidak Wajar

    Benjolan di payudara bukanlah satu-satunya perubahan yang harus dilaporkan ke dokter. Perhatikan juga apabila ada perubahan dalam ukuran, bentuk, atau rasa dari payudara Anda, termasuk perubahan pada tekstur kulit, kemerahan, rasa sakit, perubahan puting, atau keluarnya cairan dari puting padahal tidak sedang hamil atau menyusui. Pastikan dokter Anda mengetahui perubahan-perubahan apa pun yang terjadi pada payudara Anda.

  • Darah pada Tinja

    Penyebab paling umum dari tinja berdarah adalah wasir atau ambeien. Namun darah pada tinja juga kadang-kadang bisa jadi adalah tanda-tanda kanker. Beritahukanlah kepada dokter yang memeriksa Anda jika keluar darah sewaktu BAB.

  • Darah pada Urin

    Gejala darah pada urin harus selalu diperiksakan ke dokter. Biasanya ini tidak disebabkan oleh kanker dan bisa diatasi dengan mudah, tapi tetap ada kemungkinan itu adalah gejala kanker. Dokter Anda bisa memastikan apa penyebab dari gejala ini.

  • Berat Badan Turun Tanpa Sebab

    Angka di timbangan Anda akan selalu berubah seraya waktu berlalu, tetapi jika Anda memperhatikan adanya penurunan berat badan yang cukup drastis meskipun tidak sedang diet, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Banyak orang berhasil deteksi dini kanker setelah memeriksakan keluhan semacam ini.

  • Muncul Tahi Lalat Baru atau Terjadi Perubahan

    Sebagian besar tahi lalat tidak akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Akan tetapi waspadalah jika muncul tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada, seperti berubahnya ukuran, bentuk, atau warna, menjadi berkerak atau berdarah atau keluar cairan. Beritahukanlah perubahan-perubahan tersebut sewaktu periksa ke dokter.

  • Batuk Berdarah

    Kalau Anda pernah mengalami gejala batuk berdarah, entah berapa banyak atau apa warna dari batuknya, Anda sangat dianjurkan periksa ke dokter. Mungkin itu bukan tanda-tanda kanker, tapi tidak ada salahnya untuk memastikan.

  • Batuk Tidak Kunjung Sembuh

    Batuk merupakan gejala umum dari pilek dan flu. Tapi bila batuk terus-terusan selama lebih dari 3 minggu atau terus semakin parah, itulah tandanya Anda harus pergi ke dokter.

  • Masalah Buang Air Kecil

    Masalah buang air kecil termasuk tidak bisa menahan pipis, jadi beser, tidak sanggup pipis sewaktu membutuhkannya, atau merasakan sakit sewaktu buang air kecil. Gejala-gejala tersebut bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan selain kanker, tetapi ada baiknya periksa ke dokter untuk memastikan apakah itu gejala kanker atau bukan.

  • Rasa Sakit atau Nyeri yang Tidak Jelas

    Rasa sakit adalah satu cara tubuh memberitahu Anda bahwa ada sesuatu yang salah. Seraya usia bertambah, Anda mungkin akan lebih sering merasakan sakit dan nyeri. Namun bila Anda merasakan rasa sakit atau nyeri yang tidak jelas, terus-menerus, atau kambuh-kambuhan selama lebih dari 4 minggu, sebaiknya pergilah ke dokter untuk memeriksakannya.

  • Benjolan atau Bengkak yang Tidak Wajar

    Benjolan atau bengkak di bagian mana pun pada tubuh Anda yang tidak wajar harus ditangani dengan serius. Misalnya di bagian leher, ketiak, perut, selangkangan, dada, payudara, atau testikel. Periksakanlah ke dokter untuk memastikan apa penyebanya.

Mengapa deteksi dini kanker sangat penting? Karena kanker yang dapat didiagnosis sejak awal perkembangannya, sebelum kanker menjadi terlalu besar atau menyebar, lebih mungkin berhasil diatasi dengan baik.

Jika kanker telah menyebar, maka pengobatan yang harus dijalani menjadi lebih rumit dan sulit, dan pada umumnya tingkat keberhasilan pengobatan tersebut jauh lebih rendah. Oleh sebab itu, catatlah dalam ingatan Anda ke-20 tanda dan gejala kanker di atas. Dan sewaktu Anda memperhatikan bahwa tanda-tanda kanker tersebut mulai dialami, segeralah periksa ke dokter.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}