12 Gejala Umum Kanker Kepala dan Leher


By Cindy Wijaya

Kanker kepala dan leher termasuk penyakit kanker yang cukup umum diderita oleh masyarakat Indonesia. Data Globocan mencatat sejumlah jenis kanker kepala dan leher dalam 20 besar penyakit kanker dengan kasus terbanyak di Indonesia, diantaranya kanker nasofaring, bibir, rongga mulut, dan laring. Salah satu cara untuk menekan kasus kanker kepala dan leher ialah dengan mengetahui gejala dan tanda-tanda atau ciri-ciri yang perlu diwaspadai.

Mereka yang terbiasa merokok khususnya harus lebih waspada karena mereka berisiko tinggi untuk menderita jenis kanker ini. Anda yang tidak merokok juga perlu berhati-hati, karena kanker ini juga dapat disebabkan oleh kebiasaan mengunyah sirih, mengonsumsi makanan yang diasinkan, infeksi virus Epstein-Barr, dan hal-hal lainnya. Berikut adalah 12 tanda-tanda umum dari kanker kepala dan leher.

Gejala Kanker Kepala dan Leher: Luka di Mulut

Bagian kulit yang rusak (luka) yang tidak kunjung sembuh bisa menjadi tanda-tanda kanker kepala dan leher, khususnya kanker mulut. Kebanyakan penderita kanker mulut memiliki gejala yang satu ini.

Gejala Kanker Kepala dan Leher: Benjolan di Leher, Rahang, atau Mulut

Benjolan di rahang atau di mulut merupakan ciri-ciri umum dari kanker kepala dan leher. Benjolan juga bisa muncul di bibir.

Benjolan di leher bisa menjadi tanda-tanda kanker tiroid. Atau mungkin juga disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening di area leher. Bengkak di satu atau beberapa kelenjar getah bening di leher merupakan tanda-tanda umum dari kanker kepala dan leher, termasuk kanker mulut dan kanker kelenjar ludah.

Tetapi jika benjolan itu hilang dan timbul, biasanya itu bukan karena kanker. Kanker umumnya membentuk benjolan yang secara perlahan bertambah besar.

Gejala Kanker Kepala dan Leher: Rasa Sakit atau Lemah di Wajah

Rasa sakit atau tidak nyaman di wajah yang tidak kunjung hilang merupakan ciri-ciri umum dari kanker kepala dan leher, terutama kanker kelenjar ludah dan kanker mulut.

Gejala Kanker Kepala dan Leher: Sakit di Leher

Orang-orang yang menderita kanker tiroid kadang memiliki pembengkakan atau benjolan kecil yang tak berasa sakit bernama nodul tiroid di bagian depan leher mereka.

Gejala Kanker Kepala dan Leher: Sulit Membuka Mulut

Kanker yang menimbulkan tumor keras di tulang, otot, atau saraf pada rahang dapat membuat sulit untuk membuka mulut. Kebanyakan orang normalnya bisa membuka mulut mereka selebar tiga jari. Jika Anda kesulitan membuka mulut selebar ini, ada baiknya periksa ke dokter.

Kondisi sulit membuka mulut disebut trismus. Memang kemungkinan besar penyebabnya bukanlah kanker, tetapi tidak ada salahnya untuk memastikannya dulu ke dokter.

Ciri-Ciri Kanker Kepala dan Leher: Sulit Menelan

Kanker kepala dan leher dapat menyebabkan rasa sakit atau sensasi terbakar ketika mengunyah dan menelan makanan. Anda mungkin merasa makanannya seperti tersangkut di tenggorokan. Anda mungkin akan batuk atau merasa seperti ada makanan atau cairan yang masuk ke saluran udara trakea (batang tenggorokan).

Tanda-Tanda Kanker Kepala dan Leher: Gangguan Bicara

Kanker kepala dan leher dapat memengaruhi suara Anda. Suara bisa terdengar berbeda. Mungkin menjadi lebih kecil atau serak. Suara juga mungkin terdengar seperti sedang pilek. Atau Anda mungkin kesulitan mengucapkan kata-kata atau mengeluarkan suara-suara tertentu.

Gejala Kanker Kepala dan Leher: Sakit Telinga atau Gangguan Pendengaran

Sakit telinga adalah ciri-ciri umum dari kanker kepala dan leher, khususnya kanker tenggorokan. Gejala lainnya yang mungkin dialami ialah telinga berdengung (ada suara dering di telinga).

Tanda-Tanda Kanker Kepala dan Leher: Sulit Bernapas

Kanker di tenggorokan dapat memengaruhi pernapasan. Hidung yang tersumbat adalah ciri-ciri umum dari kanker sinus serta jenis kanker kepala dan leher lainnya. Beberapa orang juga mungkin akan mengalami mimisan.

Gejala Kanker Kepala dan Leher: Sakit Tenggorokan

Rasa sakit atau tidak nyaman di tenggorokan yang tidak kunjung sembuh merupakan salah satu ciri-ciri umum dari kanker kepala dan leher, terutama kanker tenggorokan.

Tanda-Tanda Kanker Kepala dan Leher: Bercak Putih atau Merah di Mulut atau Tenggorokan

Bercak di dalam mulut yang tampak tidak normal dapat menjadi tanda-tanda dari kanker atau kondisi pra-kanker. Bercak-bercak putih disebut leukoplakia, sedangkan bercak-bercak merah disebut eritroplakia.

Kedua jenis bercak itu bukanlah kanker. Tetapi kalau tidak ditangani, mereka bisa berkembang menjadi kanker. Selain itu infeksi jamur, yang disebut kandidiasis mulut, juga bisa menimbulkan bercak-bercak berwarna merah dan putih.

Gejala Kanker Kepala dan Leher: Berat Badan Turun

Berat badan turun adalah ciri-ciri umum dari banyak jenis kanker kepala dan leher. Kanker di kepala dan leher dapat membuat sulit untuk mengunyah dan menelan makanan, yang pada akhirnya menyebabkan berat badan turun karena kurang makan.

Tanda-Tanda Lain dari Kanker Kepala dan Leher

Di samping ke-12 ciri-ciri umum di atas, ada lagi ciri-ciri lain yang perlu diwaspadai sebagai tanda-tanda dari kanker kepala dan leher.

  • Benjolan atau penebalan di bibir
  • Pendarahan yang tidak biasa atau mati rasa di mulut
  • Gigi lepas tanpa sebab
  • Gigi palsu yang tidak lagi pas
  • Kesulitan menggerakkan rahang
  • Kesulitan menggerakkan lidah
  • Sering mimisan, hidung tersumbat, atau infeksi sinus kronis yang sulit diobati
  • Perubahan warna pada tahi lalat
  • Luka kulit yang berkerak atau tidak bisa sembuh

Gejala-gejala dari kanker kepala dan leher sering kali menyerupai gejala-gejala dari masalah kesehatan lain. Apabila Anda mengalami salah satu atau beberapa dari gejala seperti di atas, ada baiknya periksakan ke dokter untuk memastikan apa penyebabnya.

Kesimpulan tentang Gejala Kanker Kepala dan Leher

Telinga, hidung, dan tenggorokan adalah bagian yang paling sering terkena kanker kepala dan leher. Gejala dari kanker ini dapat berbeda-beda, tergantung pada lokasi kanker berkembang serta bagaimana penyebarannya.

Misalnya, kanker di laring atau faring dapat menimbulkan gejala berupa benjolan di tenggorokan. Kanker di mulut dapat menyebabkan luka di mulut atau pembengkakan di rahang.

Selain tanda-tanda fisik yang cukup serius, kanker kepala dan leher juga sering menimbulkan gejala-gejala yang mirip dengan penyakit ringan, seperti flu biasa. Misalnya gejala mirip flu seperti sakit kepala, suara serak, sakit tenggorokan, atau batuk dapat menjadi gejala kanker tenggorokan.

Jadi apabila Anda mengalami keluhan-keluhan seperti yang disebutkan di artikel ini, ada baiknya pastikan dulu apa penyebabnya dengan memeriksakan diri ke dokter. Tanyakanlah pada dokter apakah ada kemungkinan itu disebabkan oleh penyakit kanker. Jika diperlukan, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk melihat apakah ada kemungkinan kanker.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang ciri-ciri umum dari kanker kepala dan leher. Semoga informasi ini dapat menambah kewaspadaan Anda terhadap penyakit kanker yang cukup umum diderita ini. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar penyakit kanker kepala dan leher hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Memorial Sloan Kettering Cancer Center. Head and Neck Cancer Signs and Symptoms. URL: https://www.mskcc.org/cancer-care/types/head-neck/head-and-neck-cancer-signs-and-symptoms

National Cancer Institute. Head and Neck Cancers. URL: https://www.cancer.gov/types/head-and-neck/head-neck-fact-sheet

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}