Resep Herbal Koreng di Kepala dari Urang-Aring

459
urang-aring untuk resep herbal koreng di kepala
Urang-Aring (Copyright: Dinesh Valke / License: CC BY-SA 2.0)

Diedit:

Masalah koreng di kepala sangat menyebalkan, karena selain mengganggu penampilan, Anda juga jadi tidak leluasa saat menentukan gaya rambut. Karena itulah kemungkinan sekarang Anda sedang mencari resep herbal koreng di kepala agar bisa cepat menyelesaikan masalah ini.

Bacalah artikel ini untuk mempelajari cara meracik ramuan herbal koreng di kepala dari urang-aring. Selain itu, dalam artikel ini juga dijelaskan tips-tips perawatan koreng di kulit kepala berdasarkan beberapa penyebab umumnya.

Resep Herbal Koreng di Kepala

Bahan Baku:

Herba urang-aring yang masih segar, secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Rebus herba urang-aring dalam panci berisi air secukupnya.

Angkat, dinginkan, dan saring airnya.

Aturan Pakai:

Setelah dingin, gunakan air ramuan untuk membasahi kulit kepala dan gosokkan ampasnya pada koreng.

Herba = Seluruh bagian tanaman obat mulai dari akar, batang, daun, bunga, dan buahnya.

Manfaat Urang-Aring untuk Resep Herbal Koreng di Kepala?

Urang-aring (Eclipta alba) adalah tumbuhan herbal yang sering digunakan untuk menyehatkan, menghitamkan, dan menyuburkan rambut. Selain bermanfaat untuk rambut, rupanya urang-aring juga memiliki khasiat lain, misalnya untuk membantu mengatasi gangguan hati, gangguan lambung, dan untuk mengatasi masalah kulit.

Bagaimana dengan manfaat urang-aring untuk ramuan herbal koreng di kepala? Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menyelidiki manfaat urang-aring untuk mempercepat penyembuhan luka di kulit. Koreng di kulit kepala muncul akibat luka yang tidak sembuh dengan benar.

urang-aring untuk ramuan herbal koreng di kepala
Urang-Aring (Copyright: Flora of Qatar)

Dalam artikel ilmiah berjudul “Wound Healing Activity of Ethanolic Extract of Leaves of Eclipta Alba” dijelaskan bagaimana ekstrak daun urang-aring dapat mempercepat penyembuhan luka pada tikus laboratorium (model percobaan).

Peningkatan aktivitas penyembuhan luka itu mungkin disebabkan oleh aksi pembersihan radikal bebsar dari urang-aring dan peningkatan level enzim antioksidan dalam jaringan granuloma. Kolagenasi yang lebih baik diduga disebabkan oleh peningkatan antioksidan. Kolagenasi adalah penggantian jaringan normal yang mengalami luka dengan jaringan ikat kolagen.

Bagian dari tanaman urang-aring yang digunakan pada penelitian itu adalah daunnya. Tetapi dalam resep tradisional di atas, yang digunakan adalah seluruh bagian (herba) dari tanaman urang-aring. Memang, yang bermanfaat untuk penyembuhan luka bukan hanya daunnya, tetapi juga bagian-bagian tumbuhan lainnya, termasuk akar urang-aring.

Baca juga:  Resep Herbal Karang Gigi untuk Cegah Kerusakan di Gigi & Gusi

Alternatif Ramuan Herbal Koreng di Kepala: Noni Juice

Noni juice adalah minuman herbal yang terbuat dari sari buah Noni (Morinda citrifolia). Buah Noni sudah digunakan untuk membantu penyembuhan masalah kulit, infeksi, bisul, dan luka sejak zaman nenek moyang kita. Bahkan Noni juga dapat membantu penyembuhan luka yang susah sembuh, seperti yang dialami pendeirta diabetes.

Khasiatnya ini membuat Noni cocok untuk dijadikan sebagai alternatif ramuan herbal koreng di kepala. Artikel ilmiah berjudul “Wound-Healing Activity of Morinda Citrifolia Fruit Juice on Diabetes-Induced Rats” mengungkapkan kemampuan Noni juice dalam penyembuhan luka pada tikus laboratorium yang mengidap diabetes.

noni juice
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (Credit: Luamduan / Getty Images)

Dalam penelitian itu, didapati bahwa tikus-tikus yang diberikan sari buah Noni dalam air minumnya mengalami pengurangan area luka hingga 73% dari luka awal. Terlihat juga bahwa kolagen terpasang lebih cepat pada luka dari tikus yang diberi Noni.

Nilai gula darah saat puasa pada tikus-tikus itu juga menurun sampai 29% daripada tikus-tikus lain yang tidak diberikan Noni. Jadi terdapat kaitan timbal-balik antara nilai gula darah dan tingkat penyembuhan luka.

Kemudian artikel itu menyimpulkan bahwa sari buah Noni secara signifikan mampu merangsang proses penyembuhan luka sekaligus menurunkan kadar gula darah. Karena itu, Anda dapat memanfaatkan Noni juice sebagai alternatif ramuan herbal koreng di kepala, bahkan pada kasus luka koreng yang susah sembuh akibat pengaruh gula darah.

Aturan Minum Noni Juice:

Untuk membantu menyembuhkan luka koreng di kulit kepala, Noni juice bisa diminum sekitar 50 ml sebanyak 2 – 3 kali sehari. Ukuran 50 ml kira-kira sama dengan ¼ gelas belimbing. Sedangkan untuk anak-anak, dianjurkan minum 2 sendok makan sebanyak 2 – 3 kali sehari.

Tips Perawatan Koreng di Kulit Kepala

Di samping menggunakan resep herbal koreng di kulit kepala, ada juga hal-hal lain yang perlu dilakukan untuk merawatnya supaya cepat sembuh. Koreng di kulit kepala akan lebih mudah ditangani apabila Anda mengerti apa penyebabnya. Berikut ini akan dijelaskan tips-tips perawatannya berdasarkan beberapa penyebab umumnya.

Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah reaksi alergi terhadap sesuatu yang disentuh. Reaksi alergi itu bisa disebabkan oleh perhiasan atau produk perawatan atau produk rambut, seperti sampo dan cat rambut. Bahan-bahan tertentu, seperti lateks, juga dapat menyebabkan reaksi alergi. Begitu juga dengan tumbuh-tumbuhan tertentu.

Baca juga:  Jangan Takut Mandul, Resep Herbal Kesuburan Ini Bisa Jadi Solusi

Anda juga bisa mengalami reaksi alergi jika zat beracun, seperti zat pemutih, menyentuh kulit kepala. Reaksi alergi bisa menimbulkan rasa gatal atau perih di kulit kepala. Jika digaruk, maka kulit kepala akan terluka, berdarah, dan membentuk koreng.

Tips Merawatnya:

Luka akibat dermatitis kontak pada akhirnya akan sembuh sendiri, tetapi hindarilah kontak dengan zat-zat atau benda-benda yang menimbulkan alergi. Juga periksa ke dokter apabila area luka itu tampak mengalami infeksi, terasa lebih sakit, atau menyebar.

Dermatitis Seboroik (Ketombe)

Tanda-tanda dari dermatitis seboroik adalah rasa gatal, mengelupas, dan muncul keropeng di kulit kepala. Serpihan-serpihan kulit berwarna putih atau kuning dapat menempel pada helaian rambut. Ketombe bukan disebabkan oleh kurangnya kebersihan rambut. Seseorang bisa saja sudah sering keramas tetapi tetap punya ketombe.

Tips Merawatnya:

Anda bisa membeli sampo anti-ketombe untuk mengatasinya. Sampo anti-ketombe biasanya mengandung zat-zat berikut: pyrithione zinc, salicylic acid, selenium sulfide, dan tar. Anda juga bisa mengombinasikan sampo tersebut dengan resep herbal ketombe atau ramuan herbal koreng di kepala secara bergantian.

Psoriasis Kulit Kepala

Psoriasis adalah masalah kulit tidak menular yang dapat terjadi di berbagai bagian tubuh. Masalah kulit ini dapat menimbulkan keropeng tebal berwarna abu-abu perak di seluruh kulit kepala.

Tips Merawatnya:

Psoriasis ringan dapat dibantu perawatannya dengan sampo khusus untuk merawat kulit kepala dan mengurangi rasa gatal. Bahan-bahan kandungan yang biasanya terdapat dalam sampo tersebut antara lain salicylic acid dan tar. Anda juga bisa mengombinasikan pemakaian sampo dengan konsumsi ramuan herbal psoriasis. Jika masalah tidak kunjung membaik, sebaiknya periksakan ke dokter.

Eksem Seboroik

Eksem seboroik menyebabkan kulit kepala mengalami iritasi, kemerahan, dan bersisik. Keropeng yang tebal juga dapat terbentuk, dan bisa menjadi gatal juga sangat tidak nyaman. Peradangan eksem seboroik bisa membuatnya menyebar ke wajah, leher, dan belakang telinga. Bahkan pada kasus yang parah, itu bisa menyebar ke seluruh tubuh.

Tips Merawatnya:

Sampo khusus dapat membantu merawat koreng di kulit kepala akibat eksem. Carilah sampo yang mengandung bahan-bahan berikut: pyrithione zinc, salicylic acid, selenium sulfide, dan tar. Anda juga bisa mengombinasikan sampo itu dengan resep herbal eksem.

Kurap di Kulit Kepala

Kurap adalah infeksi jamur di kulit. Gejalanya antara lain rasa gatal dan area-area bersisik di kulit. Kurap umumnya menyerang anak-anak dan cukup mudah menular. Tetapi semua orang juga dapat terkena masalah kurap.

Tips Merawatnya:

Krim dan losion biasanya tidak cukup untuk mengobati masalah kurap di kulit kepala. Anda mungkin perlu mendapat resep obat anti jamur dokter yang dikonsumsi secara oral (melalui mulut) selama 1 – 3 bulan. Jika dokter mengizinkan, Anda juga dapat mencoba ramuan herbal kurap untuk membantu meringankan gejala-gejalanya.

Kutu Kepala

Masalah kutu di kepala dapat menimbulkan rasa gatal yang membuat Anda ingin terus menggaruk kepala. Pada akhirnya itu menimbulkan luka dan koreng di kulit kepala. Hal ini bisa menyebabkan infeksi. Kutu kepala bisa disebarkan dari orang lain.

Tips Merawatnya:

Cuci dan bersihkan semua benda yang dipakai, seperti seprai, baju, dan perabotan rumah. Gunakan air panas untuk mencucinya. Untuk benda yang tidak bisa dicuci, Anda bisa menyimpannya di dalam kantung plastik tertutup rapat selama 2 minggu untuk perlahan membunuh kutu-kutu yang menempel. Anda juga dapat menggunakan ramuan herbal kutu kepala untuk membasmi semua kutu di ramput kepala.

Sebagai tips terakhir, saat Anda melakukan perawatan menggunakan ramuan herbal koreng di kepala, hindarilah menggunakan produk rambut apapun yang dapat mengiritasi kulit kepala. Dan tahan keinginan untuk menggaruk kepala. Apabila tidak sembuh hingga beberapa minggu, sebaiknya Anda pergi ke dokter untuk mengatasi masalahnya.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang resep herbal koreng di kulit kepala. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan di sini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Sharma, Shalini & Sikawar, Mukesh. (2008). Wound Healing Activity of Ethanolic Extract of Leaves of Eclipta Alba. Pharmacognosy Magazine. 4(13): 108-111

Nayak, Shivananda. (2007). Wound-Healing Activity of Morinda Citrifolia Fruit Juice on Diabetes-Induced Rats. Journal of Wound Care. 16(2): 83-6

Pietrangleo, Ann & Seladi-Schulman, Jill. Reviewed: 2018-04-30. Scabs and Sores on Scalp: Causes and Treatment. URL: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/scalp-scabs. Accessed: 2019-03-04. (Archived in WebCite®)


Advertisement
Alinesia