Bagikan Artikel Ini:

Diedit:

Ketombe adalah masalah kulit kepala yang biasa dialami orang-orang. Meski masalahnya biasa saja, tapi tak jarang ini membuat Anda tidak pede saat ketemu orang, apalagi kalau memakai baju warna gelap. Tenang saja, Anda bisa dengan mudah mengatasinya dengan resep herbal ketombe.

Dalam artikel ini Anda akan belajar caranya membuat ramuan herbal ketombe dari dua bahan yang gampang diperoleh: buah nanas dan jeruk nipis. Juga akan dijelaskan apa penyebab ketombe serta tips-tips untuk menghilangkan masalah kulit kepala ini.

Manfaat Buah Nanas & Jeruk Nipis

Nanas (Ananas comosus) kaya akan kandungan vitamin B12, vitamin E, biotin, dan enzim bromelin. Bromelin yang ada pada nanas memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk mengangkat jaringan kulit yang telah mati. Manfaatnya inilah yang terutama membuat nanas efektif dijadikan resep herbal ketombe.

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) kaya akan kandungan vitamin C yang sangat baik untuk perawatan rambut dan kulit. Vitamin C dapat membantu menghilangkan ketombe, mencegah rambut rontok, mengatasi rambut beruban, serta menjaga kesehatan kulit kepala agar tidak ditumbuhi jamur penyebab ketombe.

Telah dilakukan eksperimen penelitian untuk membuktikan manfaat nanas dan jeruk nipis dalam mengatasi rambut berketombe, salah satunya diulas dalam artikel ilmiah berjudul “Pengaruh Nanas (Ananas Comosus) terhadap Rambut Berketombe (Dandruff) pada Mahasiswa Pendidikan Tata Kecantikan.”

nanas & jeruk nipis untuk ramuan herbal ketombe

Nanas & Jeruk Nipis (Credit: Tim UR / Shutterstock)

Dalam eksperimen ini digunakan sari dari parutan buah nanas yang dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Campuran nanas dan jeruk nipis itu kemudian dioleskan dan digosokkan ke rambut kepala yang berketombe secara merata. Setelahnya rambut didiamkan 10 – 15 menit sampai ramuan meresap dan bekerja dengan baik. Sesudahnya rambut dicuci dengan sampo anti-ketombe hingga bersih. Eksperimen ini dilakukan selama 3 kali.

Hasilnya terlihat bahwa pemberian campuran nanas dan jeruk nipis terbukti sangat signifikan untuk mengurangi jumlah ketombe. Eksperimen ini juga menunjukkan bahwa tidak terjadi iritasi selama dan setelah menggunakan ramuan. Untuk membuat ramuan herbal ketombe dari nanas dan jeruk nipis, ikutilah panduan dari Dr. Setiawan Dalimartha berikut ini.

Resep Herbal Ketombe


Bahan:

Buah nanas yang sudah matang, ¼ buah.
Jeruk nipis, 1 buah.

Cara Meramu Resep:

Kupas nanas dan parut buahnya.
Peras hasil parutannya dan saring airnya.
Tambahkan air perasan jeruk nipis dan aduk rata.

Aturan Pakai:

Gunakan ramuan herbal ketombe ini untuk menggosok kulit kepala.
Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu di waktu malam sebelum tidur.

Apa Penyebab Rambut Berketombe?

Seluruh bagian kulit kita selalu memproduksi sel-sel baru dan menggugurkan sel-sel lama agar kulit tetap dalam keadaan baik. Masalah ketombe bisa terjadi jika siklus pembaruan sel-sel di kulit kepala berlangsung lebih cepat.

Akibatnya terbentuk potongan-potongan kulit mati di kulit kepala yang ada di antara rambut-rambut. Ada beberapa kondisi yang bisa memicu terbentuknya ketombe di kuli kepala, antara lain:

Kulit Kepala Iritasi & Berminyak

Kondisi ini juga disebut seborrheic dermatitis dan menjadi salah satu penyebab utama dari masalah ketombe. Kondisi ini ditandai dengan kulit kepala yang kemerahan dan berminyak, ditutupi dengan sisik-sisik putih atau kuning.

Selain di kulit kepala, seborrheic dermatitis juga bisa terjadi di area kulit lain yang punya banyak kelenjar minyak, misalnya di bulu mata, samping hidung, belakang kuping, pangkal paha, dan kadang di ketiak.

Jarang Keramas

Kalau Anda jarang keramas, maka di kulit kepala akan menumpuk minyak dan sel-sel kulit mati, sehingga terbentuklah ketombe.

Jamur di Kulit Kepala

Jamur malassezia sebenarnya hidup di kulit kepala dari sebagian besar orang dewasa. Tetapi kadang-kadang jamur ini menimbulkan iritasi di kulit kepala dan dapat membuat kulit lebih cepat memproduksi sel-sel baru.

Akibatnya sel-sel kulit menjadi berlebihan dan berguguran, sehingga mereka terlihat seperti serpihan-serpihan putih kecil bertaburan di rambut atau baju Anda. Sayangnya masih belum diketahui mengapa jamur ini bisa mengiritasi kulit kepala beberapa orang sedangkan banyak orang lain tidak mengalami masalah.

Kulit Kering

Serpihan ketombe dari kulit kering biasanya lebih kecil dan lebih kering daripada jenis ketombe lainnya. Dan biasanya kulit kepala tidak tampak kemerahan. Jika penyebab ketombe adalah masalah kulit kering, mungkin Anda juga mengalami masalah ini di bagian tubuh lain seperti di kaki atau tangan.

Sensitif dengan Produk Perawatan Rambut

Kondisi ini disebut contact dermatitis. Kadang produk perawatan rambut atau pewarna rambut bisa menimbulkan kemerahan, rasa gatal, dan sisik-sisik di kulit kepala.

Biasanya masalah rambut berketombe tidak perlu perawatan khusus dari dokter. Anda bisa memanfaatkan resep herbal ketombe untuk membantu mengatasinya. Tetapi jika kulit kepala tampak menjadi merah, bengkak, dan gatal, sebaiknya periksa ke dokter atau dokter kulit. Kemungkinan penyebabnya adalah masalah kulit yang harus ditangani secara medis.

Tips untuk Menghilangkan Ketombe

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi dan mengendalikan ketombe yaitu dengan melakukan perawatan kulit kepala. Anda bisa merawat kulit kepala menggunakan ramuan herbal ketombe dari nanas dan jeruk nipis. Dan untuk membantu menghilangkan ketombe, cobalah ikuti tips-tips berikut ini.

Gunakan Sampo Anti-Ketombe

Ada banyak produk sampo anti-ketombe yang dijual di pasaran. Masing-masing memiliki komposisi kandungan aktif yang berbeda dan petunjuk pemakaiannya juga dapat berbeda. Jadi selalu ikuti petunjuk yang ada di produk sampo yang Anda pilih.

Misalnya ada beberapa produk yang mengharuskan Anda menggosokkan sampo ke rambut dan kulit kepala sampai berbusa lalu didiamkan 5 menit sebelum dibilas. Ada juga produk yang mengharuskan untuk langsung membilas sampo.

Gunakan Beberapa Sampo Anti-Ketombe

Kalau menggunakan satu produk sampo saja tidak cukup untuk mengendalikan ketombe, cobalah bergantian menggunakan produk-produk lain yang mengandung bahan aktif yang berbeda.

Hati-Hati Menggunakan Sampo Berbahan Coal Tar

Sampo yang mengandung coal tar bisa membuat kulit kepala lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jadi jika produk sampo yang Anda gunakan mengandung coal tar, upayakan melindungi kulit kepala dengan menggunakan topi saat di luar ruangan.

keramas setelah menggunakan ramuan herbal ketombe

Keramas untuk Menghilangkan Ketombe (Credit: Rayp808 / Depositphotos)

Jika masalah rambut berketombe masih terus terjadi, atau malah bertambah parah, meski sudah menggunakan resep herbal ketombe dan mengupayakan tips-tips di atas, sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter kulit. Dokter akan memeriksa kondisi kulit kepala Anda lalu memberikan saran perawatan terbaik yang sesuai kebutuhan Anda.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang resep herbal ketombe. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi di sini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.

Sumber Referensi:

Dalimartha, Setiawan. (2008). 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Apriyani, Delta & Marwiyah. (2014). Pengaruh Nanas (Ananas Comosus) terhadap Rambut Berketombe (Dandruff) pada Mahasiswa Pendidikan Tata Kecantikan. Journal of Beauty and Beauty Health Education. Vol 3 No 1

Mayo Clinic. Dandruff. Published: 2016-07-14. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dandruff/symptoms-causes/syc-20353850. Accessed: 2019-01-09

American Academy of Dermatology. Dandruff: How to Treat. URL: https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/hair-care/how-to-treat-dandruff. Accessed: 2019-01-09

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍2