Resep Herbal Kutu Kepala untuk Membasmi Sampai Tuntas

194
srikaya untuk resep herbal kutu kepala
Srikaya (Credit: Subin Pumsom / Shutterstock)

Diedit:

Saat mengatasi kutu rambut, ada orang yang langsung membeli obat kutu tapi ada juga yang ingin cara-cara alami. Apa cara alami yang terbaik untuk menumpas masalah rambut ini? Anda bisa meracik sendiri resep herbal kutu kepala dari bahan-bahan yang ampuh.

Dalam artikel ini Anda akan belajar caranya membuat 2 ramuan herbal kutu kepala dari daun mimba dan srikaya. Dua bahan alami ini telah dibuktikan keefektifannya melalui penelitian ilmiah. Artikel ini juga akan menjelaskan tips-tips lain untuk lebih cepat menghilangkan kutu rambut.

Resep Herbal Kutu Kepala – Daun Mimba

Bahan:

Daun mimba yang masih segar, secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Tumbuk daun dan peras untuk diambil airnya.
Masukkan 5 – 10 tetes air perasan itu ke dalam 1 gelas air.
Ramuan herbal kutu kepala siap digunakan.

Aturan Pakai:

Gunakan ramuan ini untuk membasahi rambut yang berkutu dan memiliki telur-telur kutu.

Mengapa Daun Mimba Bermanfaat?

Mimba (Azadirachta indica) merupakan tanaman obat multi-khasiat. Daun, biji, akar, bunga, buah, hingga kulit kayunya dimanfaatkan untuk tujuan kesehatan. Bagaimana dengan manfaat daun mimba untuk ramuan herbal kutu kepala? Ini dibuktikan dalam sebuah eksperimen ilmiah yang diulas dalam artikel berjudul “In Vitro Pediculicidal Efficacy Azadirachta Indica Leaf Extract Against Pediculus Humanus Capitis (Head Lice).”

Eksperimen itu menyelidiki potensi ekstrak daun mimba untuk membunuh kutu kepala (Pediculosis capitis). Uji in vitro dilakukan menggunakan kertas saring pada ekstrak daun mimba. Kutu diperoleh dari kepala yang berkutu menggunkaan sisir bergigi halus, kemudian ditangani dengan berbagai perawatan berbeda selama 3 jam.

daun mimba untuk ramuan herbal kutu kepala
Daun Mimba (Credit: ARAVIND TEKI / Shutterstock)

Ada enam perawatan yang disiapkan: menggunakan 100%, 75%, 50%, dan 25% ekstrak daun mimba, permetrin, dan air suling. Dilakukan tiga kali percobaan untuk setiap perawatan. Tingkat kematian per perawatan diukur dan dicatat. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa ekstrak daun mimba memiliki potensi membunuh kutu rambut.

Tingkat kematian kutu saat terkena 100% ekstrak daun mimba memperlihatkan bahwa daun ini memang bisa membunuh kutu. Oleh sebab itu, ekstrak daun mimba disimpulkan memiliki potensi pediculicidal (pembunuh kutu kepala) dan dapat digunakan untuk pengobatan alternatif kutu di kepala.

Resep Herbal Kutu Kepala – Srikaya & Minyak Kelapa

Bahan:

Biji srikaya, 10 butir.
Daun srikaya yang masih segar, 1 genggam.
Minyak kelapa, 1 sendok makan.

Cara Meramu Resep:

Giling semua bahan, lalu tambahkan minyak kelapa sambil diaduk rata.
Ramuan herbal kutu kepala siap digunakan.

Aturan Pakai:

Bubuhkan ramuan ke kulit kepala lalu bungkus dengan kain.
Buka kain pembungkus lalu keramas sampai bersih.

Mengapa Srikaya & Minyak Kelapa Bermanfaat?

Srikaya (Annona squamosa) sudah dikenal khasiatnya untuk membunuh kutu di kepala, terutama bagian biji dan daunnya. Penelitian yang dilakukan oleh Gritsanapan dan rekan-rekannya mendapati bahwa ekstrak daun dan biji srikaya yang dilarutkan dalam minyak kelapa mampu membunuh 90% kutu di kepala masing-masing dalam waktu 53 dan 26 menit.

Baca juga:  Resep Herbal Kanker: Solusi Rumahan Ekonomis
srikaya untuk resep herbal kutu kepala
Srikaya (Credit: Subin Pumsom / Shutterstock)

Untuk semakin meneguhkan khasiat srikaya sebagai pembunuh kutu rambut, maka dilakukanlah sebuah penelitian lain yang diulas dalam artikel berjudul “Anti-Head Lice Effect of Annona Squamosa Seeds.” Penelitian ini khususnya berfokus untuk mengidentifikasi senyawa-senyawa aktif dari biji srikaya yang berfungsi untuk membunuh kutu.

Didapati bahwa dua senyawa utama yang berperan adalah asam oleat dan trigliserida dengan satu ester oleat. Senyawa-senyawa ini diuji secara in vitro efeknya terhadap kutu rambut, dibandingkan dengan efek dari ekstrak heksana mentah dari biji. Trigliserida dengan satu asam oleat dan ekstrak heksana mentah yang dilarutkan dengan minyak kelapa didapati dapat membunuh semua kutu dalam waktu masing-masing 49, 11, dan 30 menit.

minyak kelapa untuk ramuan herbal kutu kepala
Ilustrasi Minyak Kelapa (Credit: Africa Studio / Shutterstock)

Temuan ini semakin meneguhkan manfaat dari srikaya untuk membantu mengatasi masalah kutu di rambut. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan meracik sendiri resep herbal kutu kepala sesuai dengan langkah-langkah di dalam kotak kuning di atas.

Tips Lain untuk Menghilangkan Kutu di Kepala

Untuk menghilangkan kutu di kepala, ada beberapa hal yang perlu diingat. Meskipun gampang menular, tapi kutu-kutu itu tidak menyebabkan penyakit dan bukan selalu berarti Anda atau anak Anda kurang menjaga kebersihan rambut.

Kadang yang perlu dilakukan hanyalah menggunakan sisir kutu untuk membersihkan telur, nimfa, dan kutu dewasa dari rambut. Jika anak Anda ketularan kutu setelah menginap di rumah temannya, jangan panik. Biasanya itu bukan masalah serius dan kutu-kutu itu bisa dibersihkan dengan menggunakan sisir kutu setiap pagi dan malam selama 3 minggu.

Tentunya Anda bisa lebih cepat menghilangkannya dengan resep herbal kutu kepala. Selain itu, ada juga tips-tips lain yang bisa diupayakan untuk secepatnya terbebas dari kutu rambut. Ikutilah tips-tips berikut ini.

Baca juga:  Resep Herbal Bau Mulut untuk Segarkan Napas Anda

Sisir saat Rambut Basah

Menyisir saat rambut basah adalah teknik tradisional untuk menghilangkan kutu. Saat rambut basah, kutu-kutu lebih terlihat dan bisa dibedakan dari ketombe. Untuk melakukan teknik ini, basahi rambut lalu oleskan kondisioner, lalu gunakan sisir bergigi halus dan bila perlu pakai kaca pembesar untuk melihat kutu-kutu dengan lebih jelas.

Minyaki Rambut

Anda bisa mencoba “menenggelamkan” kutu-kutu dengan minyak zaitun. Pertama, basahi rambut dengan minyak zaitun. Kedua, pisahkan rambut menjadi beberapa bagian kecil, gunakan jepit rambut untuk menahannya, lalu sisir rambut. Lakukan di tempat yang terang supaya bisa terlihat lebih jelas. Seraya melakukannya, sering-sering lah membilas sisir dengan air panas.

Setelah selesai, keramasi rambut dua kali lalu keringkan rambut. Pastikan Anda mencuci semua handuk dan sisir yang digunakan. Rendam sisir selama 30 menit di dalam cuka atau rebus di dalam air selama 10 menit.

Lakukan teknik ini setiap hari selama 1 minggu sambil terus menggunakan ramuan herbal kutu kepala. Dan di minggu kedua, sisirlah rambut setiap malam untuk memastikan apakah kutu-kutunya sudah hilang.

Bersihkan Barang-Barang

Tidak perlu sampai membersihkan seluruh sisi rumah. Kutu kepala tidak akan jauh-jauh dari kepala, dan telur-telurnya juga biasanya tidak akan menetas pada suhu ruangan. Jadi tidak perlu sampai begitu teliti membersihkan sampai ke ujung-ujung rumah.

Yang perlu dibersihkan atau dicuci adalah apapun yang dekat atau bersentuhan dengan orang yang punya kutu rambut, seperti topi, boneka, sarung bantal, dan sisir. Cuci semua benda itu dengan air panas yang suhunya minimal 54 derajat C. Bersihkan juga lantai dan perabotan rumah tempat kutu-kutu jatuh.

Untuk mengatasi masalah rambut ini, Anda butuh bersabar dan secara rutin menggunakan ramuan herbal kutu kepala. Setelah berhasil menghilangkan semua kutu-kutu, lakukanlah pencegahan agar rambut tetap bebas dari kutu. Yang terutama yaitu dengan tidak menggunakan topi, sisir, handuk, atau benda apapun yang telah dipakai oleh orang lain.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang resep herbal kutu kepala. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi di sini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. (2008). 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Karyah1001. (2018). In Vitro Pediculicidal Efficacy Azadirachta Indica Leaf Extract Against Pediculus Humanus Capitis (Head Lice). URL: https://steemit.com/steemiteducation/@karyah1001/in-vitro-pediculicidal-efficacy-of-azadirachta-indica-leaf-extract-against-pediculus-humanus-capitis-head-lice-or-or-an-applied. Accessed: 2019-01-23

Intaranongpai, Junya & Chavasiri, Warinthorn & Gritsanapan, Wandee. (2006). Anti-Head Lice Effect of Annona Squamosa Seeds. The Southeast Asian Journal of Tropical Medicine and Public Health. 37(3): 532-535

DeGrandpre, Zora. Home Remedies for Head Lice: What Works?. Reviewed: 2018-12-05. URL: https://www.healthline.com/health/lice-home-remedies. Accessed: 2019-01-23