Resep Herbal Psoriasis untuk Kendalikan Gejala-Gejalanya

588
mahkota dewa untuk resep herbal psoriasis
Mahkota Dewa (Credit: Tu7uh / Wikimedia Commons / CC BY 3.0)

Diedit:

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang diakibatkan oleh masalah autoimun yang menyerang sistem regenerasi kulit. Ciri khasnya adalah ruam di kulit yang menebal, kering, dan tampak berkerak. Dan pengobatan psoriasis sendiri harus dilakukan secara terus-menerus, mengingat pada dasarnya penyakit ini bersifat genetik dan sulit dihilangkan sepenuhnya.

Sementara itu, keberadaan penyakit ini juga dapat memberi resiko serius pada pasien. Meski pada umumnya tidak menyebabkan kematian, ruam pada kulit akibat penyakit psoriasis akan sangat mengganggu karena menyebabkan rasa gatal dan nyeri pada kulit . Juga dapat beresiko merusak kulit dengan permanen hingga meningkatkan resiko kanker kulit. Bahkan juga dapat menjalar pada bagian lain tubuh seperti pada persendian.

Pengobatan psoriasis tidak dapat dikatakan sederhana. Pengobatan perlu dilakukan dalan jangka panjang dan berkesinambungan, karena kadang penyakit dapat bersifat kambuhan. Dan selain dengan terapi medis, secara tradisional Anda juga dapat manfaatkan resep herbal psoriasis.

Terapi Tradisional dengan Resep Herbal Psoriasis

Secara tradisional, penyakit psoriasis sudah lama dikenal. Dan sejumlah terapi alami banyak digunakan untuk membantu meredakan gejala. Beberapa terapi diberikan untuk diminum, sedang secara tradisional juga dikenal obat oles yang sifatnya meredakan gejala.

Beberapa terapi oles yang lazim diberikan antara lain dengan menggunakan minyak zaitun untuk melembabkan kulit dan mengatasi inflamasi. Terdapat pula beberapa pandangan lain seperti dengan minyak tea tree hingga cuka apel.

Selain dengan terapi oles atau topikal, pemberian resep herbal psoriasis dengan cara minum juga banyak diplih. Salah satu resep herbal psoriasis yang secara empiris memiliki kemampuan membantu meringankan gejala penyakit ini adalah sebagai berikut.

Resep Herbal Psoriasis

Bahan Baku:

Buah mahkota dewa segar, 1 buah.

Cara Membuat Ramuan Herbal Psoriasis:

Cuci bersih buah mahkota dewa dengan air mengalir.
Belah buah mahkota dewa menjadi dua bagian dan buang bijinya.
Iris tipis, lalu jemur dan keringkan di bawah sinar matahari.
Setelah kering kemudian direbus dengan air sebanyak 1 liter.
Masak hingga air tersisa hanya ¼-nya saja.
Angkat, dinginkan, dan saring.

Aturan Pakai:

Minum ramuan herbal psoriasis ini sedikit demi sedikit sepanjang hari.
Lakukan pengobatan ini setiap hari.

Khasiat Buah mahkota dewa untuk resep herbal psoriasis

Secara tradisional buah mahkota dewa ini juga dikenal dengan sebutan buah simalakama. Dalam buah ini terkandung komponen fitokimia yang baik untuk tubuh, tetapi juga mengandung toksin. Dari sanalah berkembang penyebutan buah simalakama sebagai bagian dari pepatah kuno.

Buah ini dikenal kaya akan manfaat. Ini tercermin dari kandungan fitokimianya yang kaya seperti kandungan saponin, flavonoid, alkaloid dan polifenol di dalamnya. Semuanya penting untuk terapi anti kanker, detoksifikasi dan sebagai anti inflamasi.

buah mahkota dewa untuk ramuan herbal psoriasis
Mahkota Dewa (Credit: Shutterstock)

Kemampuan anti inflamasi ini dijelaskan dalam Pharmacognosy Review tahun 2013 tentang Phytochemistry and medicinal properties of Phaleria macrocarpa. Dalam review ini ditemukan fakta bahwa kemampuan anti inflamasi dalam bauh mahkota dewa baik sebagai resep herbal psoriasis.

Dalam buah mahkota dewa juga ditemukan kandungan antineoplastic, sejenis senyawa yang bekerja mengatasi pertumbuhan sel abnormal dan masif sebagaimana yang terjadi pada permukaan kulit dalam kasus penyakit psoriasis.

Dalam buah mahkota dewa juga ditemukan kandungan senyawa alami khusus seperti anti bakterial dan anti fungal. Juga efektif membanrtu proses perbaikan sel yang rusak.

Yang perlu Anda perhatikan adalah selalu pastikan Anda membuang bij sampai benar-benar besih. Membuang biji dari buah mahkota dewa tidak hanya baik untuk kesehatan Anda, tetapi dapat memberi efek lemas dan pusing pada konsumennya.

Mengenal Penyakit Psoriasis Lebih Dalam

Sebagaimana sudah dijelaskan, penyakit psoriasis adalah penyakit yang terkait dengan fungsi imunitas. Kondisi ini terjadi ketika proses pembentukan sel kulit mati berjalan lebih cepat dari seharusnya.

Sistem imunitas berjalan abnormal dengan menyerang sel kulit sehat. Sehingga sel kulit akan mati dalam jangka waktu beberapa hari. Padahal, seharusnya sel kulit akan mati setelah kisaran beberapa pekan.

Matinya sel menyebabkan sel kulit melakukan regenerasi lebih cepat dari seharusnya. Dan ini mengakibatkan sel kulit menebal di beberapa tempat. Dengan menyisakan tumpukan kulit mati di permukaan kulit. Menampakan kulit yang tampak tebal, kemerahan, kering, pecah-pecah dan berkerak. Kulit yang kering dan pecah-pecah ini mengakibatkan rasa gatal dan perih.

psoriasis
Ilustrasi Psoriasis (Credit: Ternavskaia Olga Alibec / Shutterstock)

Gangguan autoimun ini dalam sejumlah riset terbukti bersifat genetik. sehingga selama peradangan belum mengalami infeksi, maka luka pada penyakit psoriasis tersebut tidak menular.

Pembentukan ruam dan plak lebih disebabkan oleh sejumlah pemicu seperti munculnya gangguan infeksi yang dapat menyerang sistem imun seperti radang tenggorokan. Atau sejumlah kondisi pemicu lain seperti cedera kulit, pengobatan tertentu, obesitas, stress dan masalah hormonal.

Ruam dan kulit kering ini dapat tumbuh di banyak bagian tubuh. Letak pertumbuhan dan bagaimana tekstur kulit rusak ini berkembang menjadi dasar utama penggolongan penyakit ini. Dan beberapa jenis dari penyakit psoriasis ini adalah sebagai berikut.

  • Psoriasis Plak

    Secara umum, ini adalah jenis psoriasis yang paling banyak ditemukan. Ditemukan 80% kasus psoriasis merupakan kasus psoriasis plak. Gejala yang muncul berupa penampakan ruam tebal pada permukaan kulit dengan permukaan kering, tampak pecah-pecah. Permukaan kulit seolah terselubung oleh semacam sisik halus atau lapisan kulit kering keperakan yang tebal dan kaku.

    Biasanya berkembang pada area terbuka seperti siku, lutut, kulit kepala dan kadang di area sekitar tumit. Kadang akibat kulit menjadi sangat kering dan kaku, area plak akan tampak retak-retak menyisakan luka berdarah.

    Bila terjadi di sekitar kulit kepala, akan menyebabkan kerusakan akar rambut dan ini mengakibatkan kerontokan berat. Bila tidak teratasi, maka ruam akan menyebar sampai di area sekitar dahi dan leher. Menghasilkan pecahan kulit kepala kering yang sekilas akan mirip dengan ketombe.

  • Psoriasis Kuku

    Penyakit ini juga dapat berkembang pada area kuku dan kulit di sekitar kuku. Kadang pasien psoriasis plak juga mengalami keluhan psoriasis kuku. Terutama bila keluhan plak juga berkembang di sekitar ujung lipatan jari.

    Pembentukan plak pada kuku kadang tidak kentara. Biasanya psoriasis terdeteksi dari bentuk kuku yang berubah. Kuku tampak kering, kekuningan, permukaannya berbubuk, dengan beberapa cekungan pada permukaan kuku. Kuku juga akan mudah lepas, mudah patah dan tampak tumbuh tidak rata.

  • Psoriasis Inversi

    Ini adalah jenis psoriasis yang penampakannya terlihat lebih ringan, tetapi sebenarnya sama beratnya dengan jenis psoriasis lain. biasanya berkembang di area lipatan seperti sekitar ketiak dan selangkangan. Kadang juga dapat berkembang di area sekitar lipatan payudara dan belahan pantat.

    Karena berkembang di area lembab, permukaan kulit hanya akan tampak menebal dan kemerahan. Area plak tdak tampak kering, justru terasa halus ketika disentuh. Muncul rasa gatal dan perih terutama bila terkena keringat.

  • Psoriasis Gutata

    Pasien juga akan menampakan ruam merah tebal dengan lapisan seperti sisik di permukaannya. Tetapi, yang menjadi ciri khas adalah bentuk ruam yang berbintik. Pada tahap awal ruam akan berbentuk sepert tetesan air.

    Penyakit ini lebih sering muncul pada anak-anak hingga remaja. Jenis psoriasis ini terbilang unik, karena kerap kali muncul setelah seorang pasien mengalami infeksi atau radang tenggorokan.

    Mereka dengan gen khusus yang membawa faktor penyakit psoriasis, serangan peradangan pada tenggorokan akan memicu daya tahan tubuh melemah dan melakukan aktivitas abnormal. Dan ini yang kemudian memicu munculnya psoriasis pasca serangan radang tenggorokan.

  • Psoriasis Eritrodermik

    Ini termasuk jenis psoriasis yang lebih serius. Area yang terserang bisa menjadi sangat luas, seperti seluruh bagian punggung, area sekitar bahu sampai tangan atau area kaki yang menyeluruh. Sisik berupa kulit kering mengelupas dari permukaan ruam tampak lebih tebal dan kaku mengakibatkan rasa gatal dan perih yang cukup berat.

    Terbilang jarang terjadi, tetapi jenis psoriasis ini dapat membahayakan. Terlihat seperti luka bakar, ruam ini ternyata dapat merusak sel-sel kulit dengan permanen. Bahkan memicu infeksi kulit, karena kulit menjadi rentan dan sangat mudah terluka.

    Kadang pasien dapat pula mengalami reaksi demam, nyeri sendi, karena psoriasis juga menjalar hingga area dalam tubuh. kasus psoriasis ini dapat dikaitkan dengan keluhan dehidrasi, malnutrisi sampai masalah ginjal dan jantung.

  • Psoriasis Pustular

    Jenis psoriasis ini juga termasuk yang cukup menyakitkan. Terbilang langka dan pasien cenderung akan sangat tersiksa. Karena selain memunculkan ruam merah yang menebal, area ruam akan tampak kering, bersisik lebih tipis tetapi menampakan bentolan kecil-kecil yang berisi nanah.

    Ruam akan berkembang di banyak tempat dan dapat muncul dengan acak di seluruh tubuh. tetapi biasanya berawal dari area khusus seperti sekitar punggung, jari kaki dan jari tangan, atau pada area sekitar lutut dan siku.

    Jenis psoriasis ini mengembangkan inflamasi atau peradangan kulit serius sehingga pasien cenderung akan mengalami reaksi demam dan gangguan nyeri otot karena reaksi terhadap peradangan. Peradangan nantinya akan berkembang menjadi koreng kering yang semakin perih dan menyakitkan.

    Nanah juga dapat saja mengandung kuman yang memudahkan penyebaran ke area lain kulit. Bahkan kadang pasien juga dengan mudah tertular infeksi kulit karena rentannya kulit yang sudah rusak oleh psoriasis.

  • Psoriasis Arthritis

    Pada level tertentu, psoriasis berkembang tidak hanya dipermukaan kulit, tetapi pada area persendian. Setidaknya 15% pasien psoriasis akan mengalami psoriasis arthritis. Sendi akan rusak, mengering, mengeras dan mengalami inflamasi.

    Paien akan mengalami keluhan nyeri bahkan pembengkakan pada sendi sebagaimana pada keluhan asam urat dan reumatik.  Itu sebabnya pasien kadang salah menduga mereka terserang reumatik atau asam urat.

    Serangan psoriasis pada persendian dapat menyebabkan kerusakan sendi permanen. Bahkan dapat mengakibatkan pasien menjadi cacat. Kadang pasien mengalami psoriasis arthtiris sebagai lanjutan dari psoriasis plak yang berkembang di sekitar permukaan kulit area sendi.

    Tetapi beberapa kasus terjadi berkebalikan. Ini menyebabkan area permukaan kulit sekitar inflamasi tidak menampakan ruam tebal yang kentara.  Sehingga nantinya sulit untuk dikenali oleh pasien, sampai kondisi sudah cukup serius.

Baca juga:  Resep Herbal Andalan Untuk Lawan Kanker Esofagus

Pengobatan Psoriasis secara Medis

Secara medis, pengobatan psoriasis  tidak bekerja untuk mengatasi masalah. Melainkan membantu meredakan gejala dan menekan gangguan autoimun sehingga lebih terkendali. Termasuk pula membantu memperbaiki kerusakan sel kulit seoptimal mungkin, sebelum kerusakan menjadi permanen.

Pada umumnya, terapi untuk pengobatan psoriasis dibagi dalam terapi topikal dan terapi oral. Terapi topikal dilakukan dengan mengoleskan area plak atau ruam dengan sejumlah obat salep. Beberapa salep yang lazim diberikan antara lain :

  • Kortikosteroid

    Ini adalah obat oles sebagai obat oles anti inflamasi. Meski efektif, obat kortikosteroid dianggap tidak dapat diberikan dalam jangka panjang karena efek sampingnya terhadap kulit.

  • Emolion

    Ini sebenarnya sejenis pelembab ekstra yang bekerja membantu melembutkan kulit berplak yang mengeras dan kering. Hanya efektif untuk pengobatan  psoriasis ringan.

  • Analog Vitamin D

    Merupakan jenis obat oles yang diberikan sebagai anti inflamasi untuk menjadi alternatif bagi perawatan psoriasis yang sensitif terhadap kortikosteroid. Bekerja lebih lambat, tetapi lebih aman dari kortikosteroid.

  • Terapi retinol

    Ini juga menjadi terapi ringan untuk pengobatan psoriasis yang belum berat. Memanfaatkan vitamin A untuk membantu memperbaiki tekstur kulit, menarik lebih banyak air menuju kulit dan mengatasi kerusakan kulit akibat peradangan. Sifatnya ringan tentu lebih aman, tetapi tidak cukup kuat untuk mengatasi psoriasis yang berat.

  • Salicylic Acid

    Salicylic Acid pada dasarnya adalah obat anti inflamasi dan anti septik untuk permukaan kulit. Lebh banyak dikenal sebagai terapi jerawat, tetapi juga efektif digunakan untuk terapi pengobatan psoriasis. Ini akan mencegah dan mengatasi infeksi ringan yang berkembang pada luka psoriasis.

  • Calcineurin Inhibitor

    Terapi ini bekerja dengan mengendalikan sistem imunitas pada permukaan kulit. Bekerja efektif tetapi tidak disarankan untuk pemakaian jangka panjang karena beresiko  menurunkan kinerja imunitas secara permanen.

  • Dithranol

    Terapi khusus pengobatan psoriasis yang lebih serius. Efek samping pemakaian perlu mendapatkan perhatian karena  kadang memberi efek kulit terasa terbakar.

  • Coal Tar

    Sejenis terapi alternatif untuk pengobatan psoriasis skala berat. Terapi ini efektif sekali untuk mengatasi kulit psoriasis yang sudah bersisik dan sangat kering berkelupas. Tetapi tetap tidak disarankan untuk pemakaian jangka panjang.

  • Terapi Cahaya

    Pasien akan dioleskan dengan cairan psoralen untuk mendorong sensitivitas kulit pasien terhadap paparan sinar UV A dan sinar UV B. Setelah itu pasien akan mendapatkan sorotan sinar tiruan UV A dan UV B untuk membantu mengeringkan plak dan mempercepat proses regenerasi kulit. Hanya saja cara ini hanya dapat diterapkan terbatas karena juga beresiko tinggi pada pasien pada jangka panjang.

Selain obat topikal, dikenal pula adanya pengobatan psoriasis dengan obat oral atau obat minum. Obat minum adalah plihan lain yang juga disarankan untuk pasien penyakit psoriasis. Pengobatan sporiasis dengan metode ini bekerja membantu memaksimalkan khasiat dari pengobatan psoriasis topikal.

Beberapa pengobatan psoriasis dengan cara dikonsumsi oral adalah Methotrexate, Ciclosporin dan Acitretin. Terapi ini bertujuan mengendalikan sistem daya tahan tubuh dan membantu menurunkan intensitas imunitas. Acitretin  sendiri juga berkhasiat membantu mengendalikan proses regenerasi kulit. Sehingga mengurangi intensitas penebalan kulit.

Tips-Tips untuk Mengendalikan Penyakit Psoriasis

Mengidap psoriasis kerap kali dianggap sebagai malapetaka. Rusaknya penampilan kulit ditambah rasa gatal dan nyeri yang ditimbulkannya acapkali dianggap menghalangi pasien untuk dapat beraktivitas normal.

Sebenarnya mengidap penyakit psoriasis bukan akhir dari kehidupan Anda. lagipula penyakit ini pada pada umumnya tidak mematikan.  Hanya memang ada beberapa hal yang perlu terus Anda perhatikan sembari menjalankan aktivitas sebagai pengidap psoriasis. Adapun hal-hal tersebut antara lain adalah :

  • Menurunkan Berat Badan

    Sejumlah sumber memastikan bahwa obesitas dapat memicu gangguan penyakit psoriasis memburuk. Bahkan dapat menjadi pemicu dari penyakit ini. Ini karena kebanyakan penderita obesitas juga akan mengalami gangguan hormonal. Ini akan mempengaruhi kinerja sistem imunitas dan pada mereka dengan genetik psoriasis dapat menjadi pemicu kuat.

    Selain itu, beberapa psoriasis akan memburuk akibat terbentuknya lipatan tubuh yang relatif dalam pada mereka dengan masalah obesitas. Selain banyak penderita obesitas juga akan memproduksi lebih banyak keringat, kondisi yang juga akan memperburuk  pembentukan ruam dan plak.

  • Tetap Terhidrasi dengan Baik

    Masalah terhidrasi menjadi lebih bersifat mutlak pada penderita penyakit psoriasis. Pasien membutuhkan cairan tubuh lebih banyak untuk tetap efektif menghidrasi kulit. Kulit yang tidak terhidrasi dengan optimal akan lebih rentan mengalami plak dan bersisik.

    Selain dengan memaksimalkan minum, pasien sebaiknya juga menggunakan pelembab khusus dengan tingkat hidrasi optimal. pelembab ini akan membantu menjaga kulit tetap lembab, lentur dan tidak mudah kering hingga memicu pertumbuhan plak atau ruam.

    Semakin kering, dingin atau terlalu panas udara di sekitar Anda, semakin penting untuk Anda memperhatikan kelembaban kulit dan asupan air dalam tubuh. karena udara yang kering akan menarik lebih banyak air dari kulit.

  • Kendalikan Stres

    Stress adalah salah satu pemicu kuat dari psoriasis. Stress akan mempengaruhi kinerja hormonal dan pada mereka dengan masalah autoimun akan sangat cepat meningkatkan gangguan. Karena itu selalu upayakan untuk memiliki cara efektif mengendalikan stress. Beribadah dengan lebih tekun atau memiliki aktivitas relaksasi seperti yoga atau meditasi akan sangat membantu.

  • Hindari Pemicu

    Beberapa makanan atau kondisi adalah pemicu kuat dari penyakit psoriasis. Apapun pengobatan sporiasis yang Anda gunakan, selama Anda tidak dengan disiplin menghindari faktor pemicu, sulit untuk Anda bisa mengatasi dengan optimal.

    Beberapa asupan yang harus Anda hindari antara lain adalah rokok, alkohol, makanan penyebab inflamasi seperti daging merah berlemak, susu, makanan asam, lemak jenuh, gula dan lain sebagainya.

  • Bijaksana dengan Sinar Matahari

    Sinar matahari memiliki efek dua sisi terhadap penyakit psoriasis. Pada skala ringan seperti cahaya  matahari pagi, efeknya justru untuk pengobatan psoriasis. Ini membantu membentuk vitamin D yang baik untuk memperbaiki fungsi regenerasi kulit.

    Tetapi kelebihan paparan sinar matahari, apalagi sinar matahari siang yang panas dan terik akan meningkatkan kerusakan kulit. Kulit semakin kering dan teriritasi oleh panas sinar matahari. Efek radiasi memperburuk kondisi  ruam.

  • Rutin Mandi

    Mandi juga menjadi kunci penting untuk penderita psoriasis. Beberapa pasien disarankan untuk mandi dengan air hangat dan larutan garam epsom untuk membantu menjaga kulit tetap steril dari gangguan infeksi. Karena penderita psoriasis rentan sekali mengalami infeksi kulit.

    Mandi air hangat juga dipercaya mendorong air dari dalam tubuh untuk meresap keluar ke permukaan kulit. Sehingga akan mencegah kulit semakin kering dan rentan. Mandi dengan air hangat yang sudah  ditambahkan dengan minyak mineral atau minyak essensial juga efektif memberi ekstra kelembaban pada kulit.

  • Asupan Makan Sehat

    Pola makan sehat juga menjadi kunci lain dalam menjalankan hidup sehat sebagai pengidap penyakit psoriasis. Ini bukan sekedar mencegah munculnya psoriasis, tetapi dapat menjadi pengobatan psoriasis yang efektif.

    Beberapa asupan yang disarankan adalah minyak zaitun, minyak ikan, aneka jenis ikan, aneka jenis sayur dan buah, karbohidrat kompleks,  beberapa biji-bijian macam biji flax yang kaya akan komponen asam lemak omega 3 yang baik untuk mencegah inflamasi. Tambahkan makanan fermentasi untuk memperbaiki kinerja pencernaan. Pencernaan yang sehat juga terbukti membantu mereduksi gangguan autoimun.

Penyakit psoriasis pada umumnya tidak menyebabkan kematian, tetapi dapat sangat menyakitkan dan mengganggu. Pengobatan psoriasis yang tepat dapat menjadi solusi. Tambahkan dengan terapi ramuan herbal psoriais, ini akan membantu untuk lebih nyaman dengan psoriasis bawaan yang dimiliki.

Demikianlah artikel ini yang membahas resep herbal psoriasis. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan di sini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya.

Kimberly Holland. Healthline. Everything You Need to Know About Psoriasis. URL: https://www.healthline.com/health/psoriasis. Accessed: 2019-02-19. (Archived by WebCite®)

Debra Sullivan. Healthline. 10 Ways to Treat Psoriasis at Home. URL: https://www.healthline.com/health/psoriasis/treat-symptoms-home#eat-healthfully. Accessed: 2019-02-19. (Archived by WebCite®)


Advertisement
Alinesia