Ramuan untuk Badan Pegal-Pegal dari 2 Bahan di Dapur Anda


By Cindy Wijaya

Hampir semua orang pernah mengalami badan pegal-pegal dan nyeri. Meski obat-obatan yang dijual bebas bisa dengan cepat meredakannya, tapi kalau digunakan berlebihan bisa memicu efek samping bagi kesehatan. Obat alami jadi pilihan yang lebih aman bagi Anda yang ingin menyegarkan kembali badan tanpa takut efek sampingnya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas ramuan untuk badan pegal-pegal dari bahan yang 100% alami. Bahan-bahan alami ini sudah diteliti secara ilmiah dan terbukti efektif meredakan rasa nyeri dan sakit pada tubuh, serta mengurangi kelelahan.

Obat Tradisional Badan Pegal-Pegal

Badan pegal-pegal punya berbagai penyebab, misalnya karena kelelahan, terlalu banyak aktivitas fisik, atau karena penyakit seperti radang sendi dan sakit flu. Ada beberapa obat tradisional badan pegal yang dapat membantu meringankan gejala badan pegal tersebut.

Salah satu yang telah dibuktikan efektif oleh penelitian ilmiah adalah tanaman obat kunyit dan lada hitam.

Kunyit, Tanaman Obat untuk Badan Pegal

Kunyit adalah bumbu dapur dengan cita rasa khas yang biasa digunakan dalam masakan Indonesia. Kunyit mengandung kurkumin, senyawa yang telah terbukti mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh berbagai kondisi.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kurkumin dapat mengurangi keparahan nyeri otot yang disebabkan oleh olahraga atau aktivitas fisik. Selain meringankan nyeri, kurkumin juga dapat meningkatkan kinerja otot. (Sumber: European Journal of Nutrition Vol. 61 2022)

Bahkan kunyit dapat mengatasi rasa nyeri cukup serius yang disebabkan oleh penyakit seperti cedera saraf, neuropati diabetik, peradangan saraf, dan infeksi. (Sumber: Phytomedicine: International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacology Vol. 48 2018)

Meski manfaatnya sangat besar untuk mengatasi nyeri dan pegal-pegal, namun kurkumin cukup sulit untuk diserap di dalam tubuh jika dikonsumsi begitu saja. Kunyit dapat lebih efektif sebagai tanaman obat untuk badan pegal-pegal jika dicampur dengan lada hitam.

Lada Hitam, Tanaman Obat untuk Badan Pegal

Lada hitam juga bumbu dapur dengan cita rasa khas yang biasa ada dalam masakan Indonesia. Lada hitam mengandung senyawa aktif bernama piperine. Penelitian mendapati bahwa piperin dapat berfungsi sebagai obat pereda nyeri alami.

Contohnya penelitian yang dimuat dalam Asian Pacific Journal of Tropical Medicine Volume 7 Supplement 1 menunjukkan bahwa piperine memiliki khasiat analgesik (pereda nyerI) dan anti-inflamasi.

Selain itu, konsumsi lada hitam yang dicampur dengan kunyit dapat membantu penyerapan kurkumin di dalam tubuh sehingga manfaatnya lebih maksimal.

Piperine dari lada hitam bekerja dengan menghalangi jalur metabolisme kurkumin dari kunyit, yang membantu tubuh mengambil dan menggunakan kurkumin itu. (Sumber: Why You Should Use Turmeric and Black Pepper Together – Verywell Health)

Bahkan penelitian yang dirilis dalam Planta Medica Volume 64 No 4 mendapati bahwa mencampur 20 mg piperine dengan 2 g kurkumin meningkatkan jumlah penyerapan kurkumin oleh tubuh hingga 2000 persen.

Ramuan untuk Badan Pegal-Pegal

Kini kita sudah tahu dua bahan alami untuk obat tradisional badan pegal, yaitu kunyit dan lada hitam. Kita juga tahu bahwa keduanya sangat cocok dikombinasikan, karena piperine dari lada hitam membantu penyerapan kurkumin dari kunyit. Kedua senyawa alami itulah yang bermanfaat dalam mengatasi badan pegal-pegal.

Bagaimana cara membuat ramuan untuk badan pegal-pegal dari kunyit dan lada hitam? Ada berbagai cara untuk mencampurkan kedua bahan itu menjadi ramuan yang enak. Berikut salah satu contoh resepnya:

  • Siapkan 1 sendok teh bubuk kunyit, ½ sendok teh bubuk lada hitam, dan 1 sendok teh cuka apel atau air perasan lemon.
  • Masukkan bubuk kunyit dan lada hitam ke dalam gelas dan tuangkan air hangat. Aduk sampai tercampur rata.
  • Tambahkan cuka apel atau air perasan lemon lalu adik lagi sampai tercampur rata. Ramuan untuk badan pegal-pegal siap diminum.

Sebaiknya ramuan dari kunyit dan lada hitam ini diminum di pagi hari agar manfaatnya bisa terasa hingga sepanjang hari.

Selain membuat ramuan sendiri dari kedua bahan ini, sebenarnya Anda juga bisa mencampurkan mereka ke dalam masakan sehari-hari.

Alternatif Tanaman Obat untuk Badan Pegal-Pegal

Di samping kunyit dan lada hitam, ada obat tradisional badan pegal lain yang ampuh, yaitu Noni Juice. Noni Juice adalah ramuan herbal yang terbuat dari tanaman obat Noni (Mengkudu). Buah Noni sudah dikenal luas dan lama dimanfaatkan sebagai ramuan untuk mengobati berbagai jenis rasa nyeri.

Bahkan karena khasiatnya itu tanaman Noni dijuluki “The Painkiller Tree” (Pohon Penglihang Rasa Sakit). Dan kini banyak penelitian modern sudah membuktikan bahwa Noni memang memiliki khasiat analgesik yang ampuh, bahkan setara dengan obat-obatan penghilang rasa sakit medis. Namun Noni jauh lebih aman karena tidak menimbulkan efek samping seperti obat-obatan itu.

Herbal Noni Juice, Obat Tradisional Badan Pegal
Image by Alongkorn Tengsamut from Pixabay

Contohnya penelitian yang dibahas dalam Phytotherapy Research Volume 24 No 1 menunjukkan bahwa buah Noni berkhasiat analgesik yang sebanding dengan tramadol, yaitu obat medis keras yang biasa diresepkan dokter untuk nyeri tingkat sedang hingga berat (seperti nyeri pasca operasi, luka diabetes, patah tulang, bahkan kanker).

Namun Noni aman dan tidak menimbulkan efek samping atau kecanduan. Itu sudah dibuktikan dalam ulasan ilmiah dalam Journal of Food Science Volume 71 No 8 yang mengatakan bahwa Noni Juice sama amannya dengan jus-jus buah biasa yang sering dikonsumsi masyarakat.

Karena itu Noni Juice dapat menjadi pilihan suplemen alami bagi Anda yang sering pegal-pegal. Minuman herbal ini praktis karena sudah diolah dan siap minum, aman dikonsumsi setiap pagi untuk mengawali hari dengan badan segar bebas nyeri dan pegal hingga malam hari.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang ramuan untuk badan pegal-pegal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar tanaman obat khas Indonesia hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}