Resep Herbal untuk Bantu Tuntaskan Radang Ginjal

284
pelepah pisang untuk resep herbal radang ginjal
Pelepah Pisang

Resep herbal radang ginjalPengobatan penyakit radang ginjal harus dilakukan dengan cepat dan tuntas. Besarnya peran organ ginjal di dalam tubuh demikian besar. Kerusakan ginjal yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan yang lebih kompleks dan fatal.

Sementara fungsi ginjal demikian krusial untuk tubuh. Ginjal berfungsi sebagai sistem penyaringan dan pembuangan. Ini akan menyaring cairan, elektrolit dan dan glukosa untuk dapat kembali ke dalam tubuh.  Di sisi lain, ginjal juga berfungsi membuang toksin, sisa metabolisme, residu dari fungsi-fungsi tubuh, unsur radikal bebas dan lain sebagainya untuk dapat dibuang bersamaan dengan cairan urin.

Ginjal tidak hanya berperan dalam proses pembuangan kelebihan cairan dan sisa sisa metabolisme tubuh. Tetapi juga menjaga stabilitas tekanan darah, kekentalan darah, menjaga keseimbangan pH tubuh dan membantu menjaga kadar gula dalam darah untuk tetap stabil.

Sementara peradangan ginjal ternyata dapat berakibat gagal ginjal. Ini kondisi fatal yang harus dihindari. Apa sebenarnya penyakit radang ginjal atau nephritis ini? Bagaimana mengenali penyakit ini dan bagaimana resiko dari radang ginjal? Serta bagaimana cara pengobatan radang ginjal ini? termasuk bagaimana resep herbal radang ginjal yang dapat direkomendasikan.

Pengobatan Radang Ginjal secara Tradisional

Selain dengan pengobatan medis, Anda dapat membantu proses pengobatan radang ginjal dengan metode tradisional. Di sini kita akan memanfaatkan sejumlah bahan alami yang terbukti secara empiris memiliki pengaruh baik membantu proses penyembuhan radang pada ginjal.

Bahan-bahan alami ini diyakini mengandung komponen anti inflamasi aktif. Juga bekerja membantu mempercepat proses perbaikan fungsi ginjal yang menurun akibat peradangan yang terjadi. Apa saja sebenarnya resep herbal radang ginjal tersebut?

Resep Herbal Radang Ginjal – Meniran


Bahan Baku:
Meniran utuh yang masih segar 50 gram.
Madu secukupnya.

Cara Membuat Ramuan Herbal Radang Ginjal:
Cuci meniran dengan air mengalir hingga bersih.
Rebus meniran dalam air sebanyak 3 gelas.
Masak hingga tersisa separuh.
Angkat dinginkan dan bagi menjadi 3 bagian sama rata.

Aturan Minum:
Minum ramuan 3 kali sehari masing-masing 1 bagian.
Tambahkan madu sebagai penambah rasa.

Manfaat Meniran untuk Ramuan Herbal Radang Ginjal

Meniran atau dikenal pula dengan nama ilmiah Phyllanthus urinaria dikenal memiliki khasiat untuk membantu melancarkan kencing. Kemampuan diuretik ini membantu mencegah saluran kencing tersumbat sekaligus membantu mendorong keluar unsur toksin, kotoran dan mikroba berbahaya yang terjebak dalam saluran kencing, termasuk ginjal.

Pada International Journal of Clinical an Experimental Medicine tahun 2018 dijelaskan bahwa herbal meniran yang selama ini dianggap sebagai gulma dan tanaman semak biasa memiliki khasiat untuk mengatasi peradangan pada ginjal.

meniran untuk pengobatan radang ginjal
Tanaman Meniran (Credit: bancha_photo / Shutterstock)

Dalam meniran terdapat komponen anti bakteri dan anti viral yang ampuh membantu mengatasi infeksi. Infeksi sendiri merupakan salah satu penyebab peradangan pada ginjal. Selain karena infeksi, penyakit radang ginjal juga dapat disebabkan oleh gangguan autoimun.

Dan herbal meniran terbukti memiliki khasiat immunostimulator. Membantu memperbaiki perilaku abnormal dari sistem imun dan mengatasi defisiensi dari sistem imun tubuh. Ini karena dapat meniran ditemukan sejumlah komponen fitokimia seperti polifenol, tannin, flavonoid, lignan, coumarin, terpenoid, steroid, glikosida dan lain sebagainya.

Resep Herbal Radang Ginjal – Pelepah Pisang


Bahan Baku:
Batang semu pisang secukupnya.
Air gula secukupnya.

Cara Membuat Ramuan Herbal Radang Ginjal:
Cuci batang semu pisang dengan air mengalir hingga bersih.
Tumbuk kasar batang semu, tidak perlu sampai hancur dan halus.
Peras cairan dalam batang semu pisang tadi sampai terkumpul 1 cangkir.
Tambahkan air gula dan aduk merata.

Aturan Minum:
Minum air ramuan tadi sekaligus, 1 kali sehari.

Manfaat Batang Semu Pisang untuk Ramuan Herbal Radang Ginjal

Pengobatan penyakit radang ginjal juga dapat dilakukan secara alami dengan memanfaatkan khasiat batang semu pisang. Yang dimaksud dengan batang semu pisang di sini sebenarnya adalah pelepah pisang di bagian dalam. Secara tradisional dipahami bahwa pelepah pisang atau batang semu pisang memiliki khasiat untuk kesehatan  ginjal.

pelepah pisang untuk ramuan herbal radang ginjal
Pelepah Pisang

Dijelaskan pada batang semu ini terdapat sel induk dari pisang yang justru memiliki khasiat sebagai astringent dan sebagai pereda peradangan. Efek dingin dari batang semu akan efektif meringankan rasa nyeri yang muncul.

Baca juga:  Resep Herbal Luka Berair untuk Mencegah Infeksi pada Luka

Kandungan dari pelepah pisang ini akan membantu memperlancar sistem saluran kencing. Juga bekerja sebagai anti inflamasi untuk meredam perkembangan peradangan pada ginjal. Kemampuan pelepah pisang untuk pengobatan radang ginjal dan keluhan ginjal lain dijelaskan pada British Journal of Urology tahun 1994.

Pengobatan Radang Ginjal Akut

Penyakit radang ginjal pada dasarnya dapat berkembang secara bertahap atau dikenal dengan sebutan radang ginjal kronis. Tetapi kadang, penyakit radang ginjal ini muncul tiba-tiba yang dikenal pula dengan istilah radang ginjal akut.

Ketika radang ginjal berkembang cepat dan mendadak, maka sejumlah resep herbal radang ginjal berikut bisa menjadi alternatif pengobatan.

Resep Herbal Radang Ginjal Akut – Ginjean


Bahan Baku:
Herba Ginjean segar 180 – 240 gram.

Cara Membuat Ramuan Herbal Radang Ginjal:
Cuci bersih herba ginjean dengan air mengalir.
Herba ginjean dipotong -potong kecil.
Rebus potongan herba ginjean dengan air sebanyak 700 ml.
Masak hingga tersisa sekitar 300 ml.
Angkat, dinginkan dan saring.

Aturan Minum:
Minum air rebusan tadi 2 kali sehari, masing-masing 150 ml.

Manfaat Ginjean untuk Ramuan Herbal Radang Ginjal Akut

Tanaman yang juga dikenal dengan nama ilmiah Leonurus japonicus ini dikenal memiliki khasiat pada fungsi renal. Membantu melancarkan proses berkemih, sebagai diuretik, memperbaiki kinerja imunitas dan sangat efektif bekerja sebagai anti inflamasi.

tanaman ginjean
Tanaman Ginjean (© Zhangzhugang / Wikimedia Commons)

Dalam China Journal of Chinese Materia Medica tahun 2010 dijelaskan tanaman yang kerap ditemukan sebagai rumpun semak dan tanaman liar biasa ini memang efektif membantu menjaga fungsi sel ginjal. Efektif menstimulasi proses regenerasi sel ginjal dengan efektif.

Herba ginjean juga dipahami memiki khasiat baik sebagai anti toksin dan anti radikal bebas. Membantu melancarkan keluarnya urin, mengatasi sumbatan pada saluran kencing dan melancarkan pembuangan toksin dari dalam ginjal. Sebagaimana dipahami, toksin dan radikal bebas acapkali menjadi penyebab peradangan pada ginjal.

Apa Sebenarnya Penyakit Radang Ginjal?

Setelah kita membahas mengenai bagaimana pengobatan radang ginjal secara tradisional dapat bekerja mengatasi radang pada ginjal dengan efektif. Kini kita akan membahas lebih dalam apa sebenarnya penyakit radang ginjal.

Penyakit radang ginjal atau Nephritis merupakan peradangan yang terbentuk pada sel-sel fungsional dari ginjal yang kemudian disebut sebagai bagian nephron. Ketika bagian ini terserang inflamasi, dapat dikatakan fungsi ginjal juga otomatis terganggu.

Bisa Anda bayangkan ketika ginjal mengalami penurunan fungsi.  Maka fungsi yang demikian krusial sebagaimana telah kita ulas di depan tadi akan menurun. Dan ini bisa berakibat cukup serius pada pasien. Karena pasien akan kesulitan membuang kelebihan cairan dalam tubuh. Termasuk pula kesulitan membuang toksin dan sisa-sisa metabolisme tubuh.  Dan kesulitan pula mengendalikan keseimbangan ph tubuh.

Penyakit radang ginjal ini adalah kondisi yang kadang muncul tanpa sebab yang jelas. Meski tidak menutup fakta, bahwa kebanyakan kasus radang ginjal dapat dikaitkan dengan infeksi. Baik itu infeksi pada saluran kencing maupun infeksi pada hati.

Ilustrasi Penyakit Radang Ginjal (Credit: benschonewille / deposit photos)

Tetapi kebanyakan kasus penyakit radang ginjal berkaitan dengan efek iritasi menahun yang terjadi pada ginjal. Proses iritasi ini terjadi ketika unsur toksin, kotoran dan unsur residu mengendap demikian lama dalam ginjal hingga akhirnya merusak dinding ginjal.

Kadang, gangguan ini juga disebabkan oleh efek autoimun. Ketika sistem pertahanan tubuh justru membentuk sistem imun menyimpang yang menyerang sel sehat dalam tubuh.

Beberapa jenis peradangan ini terbentuk dengan proses perkembangan yang bertahap dan perlahan. Gejala akan muncul secara berangsur dari skala ringan hingga serius. Tetapi kadang, peradangan terbentuk dalam tempo lebih singkat dan terkesan mendadak.

Secara medis, kondisi ini disebut dengan penyakit radang ginjal akut. Biasanya, serangan peradangan terjadi akibat infeksi berat yang terjadi di dalam tubuh. Bisa juga akibat serangan autoimun yang bekerja cepat.

Apa Saja yang Termasuk Radang Ginjal?

Setidaknya terdapat 5 jenis radang ginjal yang dapat menyerang. Dan kelima jenis tersebut adalah sebagai berikut.

Glomerulonefritis

Glomerulonefritis adalah kondisi peradangan pada ginjal yang berpusat pada jaringan pembuluh darah kecil pada ginjal yang dikenal pula dengan sebutan glomeruli. Saluran pembuluh darah ini menjadi pusat aliran kelebihan cairan, elektrolit dan toksin residu dalam tubuh untuk keluar bersama urin.

Baca juga:  Resep Herbal Radang Tenggorokan: Bayam Duri, Bandotan, & Jambu Mede

Kebanyakan kasus Glomerulonefritis ini dikaitkan dengan gangguan imunitas. Termasuk di antaranya efek dari gangguan lupus. Tetapi, tidak sedikit kemungkinan Glomerulonefritis disebabkan oleh infeksi pada hati dan infeksi darah.

Kebanyakan kasus Glomerulonefritis bersifat akut, karena perkembangannya yang relatif cepat tanpa gejala awal yang terasa oleh pasien. Ini karena proses perkembangan peradangan sendiri muncul dengan cepat.

Pasien pada umumnya akan menunjukan sejumlah gejala seperti pembengkakan pada wajah, kaki atau tangan. Kemudian pasien juga mengeluhkan kesulitan BAK, urin yang mengandung darah, nyeri saat BAK dan nyeri perut. Kadang nyeri bisa menyebabkan efek mual dan sesak nafas.

Lupus Nephritis

Jenis nephritis satu ini memang disebabkan oleh kondisi lupus. Lupus sendiri adalah kerusakan autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh mengidentifikasi sel sehat sebagai gangguan. Menyerang sel sehat dan mengakibatkan peradangan berat yang sulit diatasi.

Setengah dari penderita lupus di dunia dikatakan mengalami gangguan peradangan ini di dalam hidupnya. Beberapa bersifat kronis dengan perkembangan yang berjalan bertahap dan lambat. Namun kadang Lupus Nephritis ini bersifat akut akibat serangan imun yang terjadi tiba-tiba.

Sebenarnya, mereka yang memiliki kondisi lupus perlu menjaga lebih ekstra kondisi ginjal demi mencegah terbentuknya peradangan.  Biasanya peradangan ginjal muncul bersamaan dengan gangguan peradangan lain seperti pada otot, sendi atau permukaan kulit.

Dan sebaiknya waspada ketika mulai merasakan perubahan atau rasa tidak nyaman saat buang air kecil. Kadang pasien juga mengeluhkan rasa nyeri dan gatal perih di sekitar pinggang dan panggul. Pasien juga dapat mengeluhkan keluarnya air kecing berbusa dan kaki tangan yang membengkak.

Nephritis Interstisial

Jenis Nephritis satu ini memang berbeda, karena peradangan terbentuk justru pada jaringan selubung jaringan penyaringan dari ginjal. Fungsi dari selubung ini sebagai proteksi sekaligus mencegah unsur yang sudah masuk ke dalam ginjal dapat tetap bertahan dalam ginjal.

Pasien akan merasakan nyeri di saat menjelang berkemih, muncul gangguan saat buang air kecil, hingga kadang pasien merasakan jumlah urin berkurang atau malah berlebihan. Tubuh gagal membuat cairan berlebihan dalam tubuh hingga tubuh akan terlihat lebi gemuk dan lunak. Pada kondisi tertentu pasien dapat mengalami demam dan rasa nyeri yang kuat.

Penyebab dari Nephritis Interstisial ini cukup beragam. Kebanyakan disebabkan oleh efek autoimun, termasuk pula lupus dan kawasaki. Tetapi kondisi ini juga dapat disebabkan oleh reaksi alergi tertentu, efek pengobatan jangka panjang, atau gangguan kadar kalium dalam darah.

Nephropati Nephritis

Ternyata, nephritis sendiri dapat disebabkan oleh efek gangguan diabetes. Tingginya kadar gula dalam darah menyebabkan ginjal menampung terlalu banyak gula. Sementara itu, terlalu banyak gula sejatinya akan memicu inflamasi.

itu sebabnya, nephritis dapat disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. kelebihan gula sendiri juga akan menurunkan level ketahanan dari organ ginjal itu sendiri.  Menyebabkan ginjal dua kali lebih rentan untuk mengalami iritasi dan peradangan.Kelebihan gula juga terbukti menjadi agen inflamasi dalam tubuh.

Peradangan ginjal jenis ini termasuk jenis peradangan ginjal yang paling sering muncul. Resiko akan muncul pada mereka dengan kondisi diabetes menahun dengan kadar gula dalam darah yang tidak terkendali dalam jangka panjang.

Jenis pengobatan radang ginjal untuk keluhan ini juga lebih sulit. Karena pada umumnya pasien kehilangan kepekaan yang menyebabkan peradangan kadang tidak disertai keluhan nyeri apapun. Di sisi lain, pengobatan akan terhalang oleh tingginya kadar gula dalam darah. sebaiknya bersamaan dengan pengobatan radang ginjal, pasien perlu menurunkan level gula dalam  darah hingga normal.

Nephritis Turunan

Beberapa orang memiliki genetik untuk mengalami nephritis. Meski kasus semacam ini cukup terbatas. Biasanya ini dapat dikaitkan dengan sindrom turunan seperti Alport syndrome. Ini merupakan jenis sindrom turunan yang memungkinkan sel-sel pada ginjal,  organ pedengaran dan organ penglihatan lebih mudah untuk mengalami peradangan.

Jenis nephritis turunan ini biasanya berkembang dengan lambat, namun sulit untuk diatasi. Pengobatan radang ginjal sulit mengatasi dengan tuntas karena kalah dengan dorongan sel untuk rusak yang cukup dominan.

(Credit: Mohammed Haneefa Nizamudeen / iStock)

Bagaimana Pengobatan Radang Ginjal Medis Dilakukan?

Sejumlah terapi medis dapat dilakukan untuk membantu mengatasi peradangan pada ginjal. Pengobatan radang ginjal akan berpusat pada penyebab utama dari terbentuknya peradangan.

Pasien mungkin akan mendapatkan antibiotik dan anti radang untuk kasus penyakit radang ginjal yang berkaitan dengan infeksi. Tetapi ketika peradangan terbentuk akibat autoimun. Pasien akan memerlukan kortikosteroid yang dapat bekerja lebih cepat mengatasi peradangan. Sembari pasien mungkn memerlukan obat-obatan khusus yang bekerja menghambat kinerja imun.

Pengobatan radang ginjal yang lebih kompleks akan diberikan ketika kasus peradangan berkaitan dengan lupus, diabetes atau efek genetik. Terapi diberikan untuk mengatasi peradangan, sembari menahan perkembangan kerusakan lebih jauh.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang resep herbal untuk membantu pengobatan penyakit radang ginjal. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda yang sedang menghadapi penyakit ini. Temukan juga artikel-artikel seputar ramuan tradisional untuk berbagai masalah kesehatan hanya di Deherba.com.


Sumber Referensi Resep Herbal Radang Ginjal:

Daiwik. Stylecraze. Updated: 2019-05-23. Is Banana Stem Juice Effective For Kidney Stones And Weight Loss?. URL: https://www.stylecraze.com/articles/banana-stem-juice-for-kidney-stone-and-weight-loss/

Daniel Murrell, MD. Medical News Today. Updated: 2018-09-28. What to know about nephritis. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/312579.php

Carissa Stephens, RN, CCRN, CPN. Acute Nephritis. Updated: 2018-01-02. URL: https://www.healthline.com/health/acute-nephritic-syndrome#treatment


Advertisement
Alinesia