Resep Herbal Eksem Redakan Gatal dan Sakit di Kulit

211
daun tembelekan untuk resep herbal eksem
Tanaman Tembelekan (© Hans Braxmeier / Pixabay / CC0 1.0)

Diedit:

Kemungkinan Anda datang ke sini untuk mencari tahu apa herbal yang bisa digunakan untuk mengobati eksem Anda. Karena eksem, Anda mungkin mengalami gatal-gatal dari leher, siku, hingga belakang lutut. Datang ke artikel ini adalah pilihan bagus karena Anda akan belajar resep herbal eksem untuk mengendalikan gejala tersebut.

Dalam artikel ini disediakan 2 ramuan herbal eksem yang bisa saling melengkapi, satu digunakan secara eksternal (di luar kulit) dan satu lagi untuk diminum. Di sini juga akan dijelaskan apa saja tips-tips praktis lain untuk meringankan rasa gatal akibat eksem.

Herbal 1: Daun Tembelekan

Tanaman bunga tembelekan (Lantana camara) merupakan tanaman obat yang sudah populer dalam dunia pengobatan tradisonal. Tanaman ini sudah dimanfaatkan untuk mengobati banyak masalah kesehatan di berbagai bagian dunia.

Daunnya digunakan untuk mengobati luka, rematik, bisul, infeksi katarak, tetanus, malaria, kanker, cacar air, asma, maag, pembengkakan, eksem, tumor, tekanan darah tinggi, demam, dan campak. Minyak tembelekan digunakan untuk perawatan kulit, mengatasi gatal, dan sebagai antiseptik untuk luka.  Air rebusannya juga digunakan untuk merawat kusta dan kudis secara eksternal.

daun tembelekan untuk ramuan herbal eksem
Tanaman Tembelekan (© Hans Braxmeier / Pixabay / CC0 1.0)

Kandungan fitokimia dalam tanaman tembelekan sudah secara luas diteliti selama beberapa dekade belakangan. Berbagai bagian tanaman ini dilaporkan mengandung fitokimia-fitokimia utama seperti minyak esensial, senyawa fenolik, flavonoid, karbohidrat, protein, alkaloid, glikosida, glikosida iridoid, etanoid fenil, oligosakarida, kuinina, saponin, steroid, triterpena, seskuiterpenoida, dan tanin.

Dalam dunia pengobatan, tanaman herbal ini dilaporkan memiliki beragam efek, misalnya sebagai anti-bakteri, anti-jamur, hemolitik, anti-hiperglikemik, penyembuh luka, anti-motilitas, anti-inflamasi, anti-kanker, anti-proliferasi, dan antioksidan.

Resep Herbal Eksem – Daun Tembelekan

Bahan:

Daun tembelekan yang masih segar, 1 genggam.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih daun, lalu rebus bersama 3 gelas air sampai mendidih selama 15 menit.
Angkat dan biarkan sampai menjadi hangat.

Aturan Pakai:

Gunakan air ramuan herbal eksem ini untuk mencuci bagian kulit yang terkena eksem.

Herbal 2: Tanaman Sidaguri

Tanaman sidaguri (Sida rhombifolia) merupakan herbal yang sering dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional di beberapa bagian dunia. Bagian akar dan daunnya dianggap memiliki kemampuan sebagai afrodisiak, tonik, dan mengatasi keluhan kemih. Juga berguna untuk penyakit jantung, demam, dan beragam jenis peradangan.

Akarnya sering dimanfaatkan dalam pengobatan rematik. Ekstrak air panas dari daun kering sidaguri digunakan secara eksternal untuk abses, bisul, dermatitis, erisipela skrofula, dan konjungtivitis (mata merah). Rebusan daun sidaguri diminum untuk mengatasi demam, nyeri, sakit badan, infeksi, dan gangguan pernapasan.

Baca juga:  3 Resep Herbal Ini Efektif Melarutkan Kencing Batu
sidaguri untuk resep herbal eksem
Tanaman Sidaguri (© Dinesh Valke / Flickr / CC BY-SA 2.0)

Daun sidaguri dilaporkan mengandung beragam asam amino, alanin, alanin fenil, asparagina, arginina, histidina, leusina, lisina, serina, treonina, tirosin, valina, dan asam lemak seperti asam miristik, asam oleik, asam stearik, dan asam palmitik.

Seluruh bagian tanamannya dilaporkan mengandung aurantiamida benzoat, betain, kampesterol, 22-diydro-campesterol, 24-methylene-cholesterol,  β-sitosterol, spinasterol, 22-dihydro-spinasterol, stigmasterol, dan stigmast-8(14)-en-3-beta-ol. Akar sidaguri dilaporkan mengandung betain, alkaloid, kolina, efedrina, dan pseudoefedrina.

Tanaman herbal ini memiliki sejumlah aktivitas yang berguna dalam pengobatan, antara lain aktivitas anti-mikroba, anti-inflamasi, anti-spasmodik, hipotensif, anti-malaria, antioksidan, dan sitotoksik.

Resep Herbal Eksem – Sidaguri

Bahan:

Sidaguri (seluruh bagian tanamannya) yang masih segar, 60 gram.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih, lalu potong-potong sidaguri seperlunya.
Masukkan ke dalam gelas, tambahkan air masak sampai terendam semuanya, lalu panaskan dengan cara ditim.
Angkat dan dinginkan.

Aturan Pakai:

Minum ramuan herbal eksem ini sekaligus habis.

Herbal Alternatif untuk Eksem: Noni Juice

Penelitian menunjukkan bahwa penderita eksem biasanya mempunyai sistem imun yang terlalu sensitif saat terpicu oleh zat di luar maupun dalam tubuh, sehingga terjadilah peradangan. Peradangan itulah yang menimbulkan gejala-gejala seperti kemerahan, gatal-gatal, dan rasa sakit di kulit.

Di sinilah peran Noni juice untuk membantu mengendalikan reaksi sistem imun tersebut sehingga mengurangi gejala-gejala eksem. Herbal ini mengandung antioksidan kuat yang berguna untuk mengurangi jumlah histamin dan zat pemicu alergi lain yang dilepaskan oleh tubuh. Noni juga bermanfaat sebagai anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit yang meradang serta mengurangi kemerahan pada kulit akibat eksem.

noni juice untuk ramuan herbal eksem
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (© Scot Nelson / Flickr / Public Domain Mark 1.0)

Noni juga memiliki sifat analgesik yang akan membantu meredam gatal-gatal, sehingga mempercepat pemulihannya karena Anda tidak lagi menggaruk kulit yang terkena eksem. Ada juga kandungan antrakuinon yang dapat membunuh bakteri yang menginfeksi luka eksem. Dengan berbagai manfaat yang saling melengkapi, Noni juice cocok dikonsumsi sebagai herbal harian untuk penderita eksem.

Aturan Konsumsi Noni Juice:

Tidak seperti resep herbal eksem lainnya, Noni juice tidak perlu diolah lagi dan bisa langsung diminum. Untuk membantu mengendalikan gejala eksem, dianjurkan untuk minum 50 – 100 ml sebanyak 2 – 3 kali sehari. Ukuran 50 ml kira-kira setara dengan ¼ gelas belimbing.

Tips-Tips Praktis untuk Mengurangi Rasa Gatal

Penelitian memperlihatkan bahwa cara terbaik untuk menghentikan rasa gatal adalah dengan lebih dulu mengendalikan penyakit eksem itu sendiri. Itu butuh waktu yang tidak sedikit. Tetapi ada beberapa tips yang bisa diupayakan untuk membantu mengurangi rasa gatal dengan cepat di samping mengonsumsi resep herbal eksem.

Baca juga:  Resep Herbal Radang Tenggorokan: Bayam Duri, Bandotan, & Jambu Mede

Kompres Dingin ke Kulit yang Gatal

Untuk membuat kompres dingin dan mengompres kulit, lakukan ini:

  • Rendam handuk kecil bersih di dalam air dingin.
  • Peras handuk sampai lembap.
  • Tempelkan handuk ke kulit yang terasa gatal.
  • Setelah selesai mengompres, oleskan pelembap ke kulit yang baru saja dikompres.

Tambahkan Colloidal Oatmeal ke Air Mandi

Colloidal oatmeal bisa diperoleh di toko yang menjual produk-produk kesehatan dan kecantikan. Produk olahan oatmeal ini dapat membantu menenangkan kulit yang gatal dan kering. Saat menggunakannya, ikutilah saran ahli dermatologi berikut:

  • Tuangkan colloidal oatmeal ke air hangat untuk mandi.
  • Berendamlah di dalamnya selama 10-15 menit.
  • Setelah mandi, keringkan badan secara perlahan dengan handuk bersih, tapi jangan terlalu kering agar kulit masih lembap.
  • Dalam waktu 3 menit setelah mandi, oleskan pelembap ke kulit.

Oleskan Salep Setelah Mandi

Setelah mandi berendam di air hangat, oleskan tebal-tebal salep pelembap ke permukaan kulit. Jika kulit terasa sangat gatal, gunakan salep yang tidak mengiritasi eksem, seperti petroleum jelly, daripada krim atau losion.

Tenangkan Diri Anda

Penelitian menunjukkan bahwa stres bisa menyebabkan eksem kambuh. Stres juga bisa memperparah rasa gatal. Jadi jika Anda merasa stres, cobalah lakukan aktivitas atau hobi yang bisa mengurangi stres, seperti olahraga, bermain musik, bernyanyi, atau bercerita dengan sahabat.

Cubit Kulit di Dekat Eksem

Sedikit cubitan bisa mengurangi rasa gatal. Tapi pastikan kulit yang dicubit adalah kulit tidak terkena eksem.

Tutupi Kulit yang Gatal dengan Pakaian Panjang

Jika kulit tertutup, Anda tidak terlalu tergoda untuk menggaruknya. Pastikan Anda menutup kulit dengan pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan lembut seperti katun atau sutra.

Segera periksa ke dokter jika: eksem membuat Anda merasa sangat tidak nyaman sampai tidak bisa tidur atau beraktivitas normal; mengalami infeksi kulit (terlihat garis-garis merah, nanah, dan keropeng kuning di kulit), gejala-gejala tidak membaik meski sudah mencoba ramuan herbal eksem dan upaya-upaya lainnya.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang resep herbal eksem. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan di sini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

K, Sanjeeb & K, Gaurav & K, Loganathan & R, Kokati. 2012. A Review on Medicinal Properties of Lantana camara Linn. Research Journal of Pharmacy and Technology. 5(6): 711-715

G, Goutam & D, Debajyoti. 2015. An Overview on Therapeutic Potential and Phytochemistry of Sida rhombifolia Linn. International Journal of Pharmaceutical Sciences Review and Research. 32(1): 209-216

American Academy of Dermatology. Home Remedies: What Can Relieve Itchy Eczema? URL: https://www.aad.org/public/diseases/eczema/eczema-resource-center/skin-care/home-remedies. Accessed: 2018-12-31. (Archived in Webcite®)


AdvertisementSimplisia.com