Pola Hidup Sehat: Apa Itu dan Bagaimana Caranya?

280

Diedit:

Pola hidup sehat merupakan cara hidup terbaik yang seharusnya diterapkan oleh setiap manusia. Dengan hidup sehat, Anda akan jarang sakit dan menikmati kesehatan tubuh yang berada di atas rata-rata. Tetapi, bagaimana caranya agar bisa melakukan pola hidup sehat?

Semua orang pasti tidak mau sakit. Karena sakit pasti bikin Anda tidak nyaman, belum lagi ditambah dengan keharusan untuk mengeluarkan biaya ke dokter apabila sakitnya parah. Kondisi tubuh juga jadi tidak memungkinkan untuk bekerja, pergi ke sekolah, dan mengurus rumah tangga. Mungkin orang lain jadi ikutan repot karena harus mengurus Anda.

Itu hanyalah sekelumit kerepotan yang terjadi akibat sakit. Jadi, bukankah lebih baik jika Anda berusaha mencegahnya? Memang, ada penyakit-penyakit yang tidak terhindarkan. Namun ada juga banyak cara untuk mencegah penyakit dan supaya penyakit tidak cepat datang. Dan cara paling ampuh ialah dengan menerapkan pola hidup sehat. Perhatikanlah 5 cara praktis pola hidup sehat berikut ini.

1. Menjaga Kebersihan

“Cuci tangan adalah salah satu langkah terpenting dalam upaya mencegah penyebaran penyakit serta menjaga kesehatan tubuh.” Ini adalah pernyataan yang diungkapkan oleh lembaga Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Pada saat tangan yang kotor menyentuh hidung atau mata, kuman bakteri bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan beragam penyakit, misalnya flu.

Langkah pencegahan terbaik dan termudah ialah dengan rajin cuci tangan. Menjaga tangan tetap bersih sanggup menghindari Anda dari bahaya penyakit berbahaya semacam diare serta pneumonia. Kedua penyakit ini telah menelan kematian dua juta anak berusia lima tahun ke bawah dalam setiap tahunnya. Kebiasaan cuci tangan bahkan merupakan cara ampuh untuk mengurangi penyebaran penyakit berat sekelas Ebola.

Kebiasaan cuci tangan terutama sangat penting pada kondisi-kondisi tertentu guna menjaga kesehatan diri sendiri maupun orang lain. Misalnya seteleh menggunakan toilet. Penelitian memperlihatkan bahwa sebagian besar orang tidak cuci tangan setelah menggunakan toilet umum dan banyak juga yang cuman cuci tangan sekedarnya. Bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar? Anda bisa membaca selengkapnya di artikel “Cuci Tangan—Langkah Penting dalam Mencegah Penyebaran Kuman Penyakit!”

2. Menggunakan Air Bersih

Di banyak negeri, persediaan air bersih selalu tersedia. Tetapi di mana pun, persediaan air bersih bisa tercemar akibat bencana alam, kerusakan pipa saluran air, atau berbagai masalah lainnya. Air yang sudah tercemar bisa jadi tempat berkumpulnya parasit dan mengonsumsinya dapat menyebabkan penyakit kolera, tifoid, diare, hepatitis, maupun banyak penyakit lainnya. Sumber air minum yang tercemar merupakan salah satu penyebab adanya 1,7 miliar kasus diare dalam setiap tahun.

Baca juga:  Tersenyumlah! Karena Banyak Manfaat Senyum bagi Kesehatan Anda

Apa yang bisa dilakukan agar terhindar dari ancaman penyakit akibat meminum air yang tercemar? Cobalah ikuti cara-cara berikut.

  • Pastikan air yang digunakan untuk minum, membuat es batu, mencuci makanan dan peralatan makan, memasak, dan menggosok gigi berasal dari sumber yang bersih.
  • Jika air keran sudah tercemar, rebus airnya dan saring atau bersihkan dengan bahan kimia tertentu. Gunakan bahan kimia penjernih air (seperti klorin) sesuai dengan petunjuk penggunaannya.
  • Gunakan saringan air yang berfungsi dengan baik.
  • Simpanlah air yang telah disaring atau dibersihkan dalam wadah yang bersih dan tertutup.
  • Gunakan wadah pembawa air (seperti ember atau galon) yang bersih.
  • Bersihkan tangan sebelum memegang wadah air dan jangan masukkan tangan ke dalam tempat air minum.

3. Pola Makan yang Baik

Anda butuh nutrisi yang mencukupi supaya tubuh tetap sehat. Nutrisi ini didapatkan dari makanan-makanan yang bergizi dan itu berarti Anda perlu memiliki pola makan yang baik. Perhatikanlah jumlah gula, lemak, garam, dan porsi makanan. Variasikan jenis makanan yang disantap dan perbanyak konsumsi buah serta sayuran.

Untuk mendapatkan protein, makanlah daging dan telur sesekali. Dalam seminggu, makanlah ikan beberapa kali jika mungkin. Makanan sumber protein lainnya juga berasal dari sayur-sayuran dan kacang-kacangan, misalnya tahu dan tempe. Pilihlah sumber karbohidrat pengganti beras putih yang lebih sehat jika memungkinkan. Ini termasuk beras merah dan beras hitam yang lebih lengkap gizinya.

Silakan lihat artikel “Diet Sehat—Cara Memilih Makanan Bernutrisi” untuk memahami cara memilih makanan bernutrisi.

4. Aktif secara Fisik

Rutin berolahraga bukan hanya bagian pola hidup sehat dari orang yang berusia muda. Berapa pun usia Anda, entah masih muda atau sudah tua, upayakanlah agar tetap aktif secara fisik. Di dunia yang teknologinya semakin maju ini, semakin banyak orang malas berolahraga.

Baca juga:  Aromaterapi untuk Hidup Lebih Sehat

Padahal banyak sekali manfaat olahraga yang teratur bagi kesehatan Anda, diantaranya ialah tidur jadi nyenyak, suasana hati stabil, otot dan tulang yang kuat, bobot badan ideal, dan umur lebih panjang. Coba bandingkan dengan akibat dari kurang gerak, yakni sakit jantung, darah tinggi, diabetes tipe 2, serangan stroke, dan kolesterol tinggi.

Agar lebih mudah memulai program olahraga yang rutin, pilihlah jenis olahraga sesuai dengan usia dan kondisi kesehatan tubuh. Jika mungkin konsultasilah terlebih dulu dengan dokter mengenai jenis olahraga yang cocok. Disarankan untuk memilih jenis olahraga aerobik yang menyenangkan misalnya basket, sepak bola, tenis, jalan cepat, berenang, bersepeda, dan olahraga-olahraga lainnya.

5. Tidur yang Cukup

Cukup tidur adalah bagian vital dari pola hidup sehat. Kebutuhan tidur setiap orang bisa berbeda-beda. Tetapi secara umum, bayi baru lahir butuh tidur 16-18 jam sehari, anak umur 1-3 tahun butuh tidur sekitar 14 jam sehari, dan anak umur 3-4 tahun butuh sekitar 11-12 jam. Sedangkan anak usia sekolah biasanya butuh 10 jam, anak remaja butuh 9-10 jam, dan orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-8 jam sehari.

Kenapa cukup tidur itu penting? Tidur sangat vital perannya dalam perkembangan anak-anak dan remaja, meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat, menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit, serta memelihara keseimbangan hormon yang mengatur metabolisme dan bobot badan. Agar menikmati tidur yang berkualitas, ikutilah saran-saran di dalam artikel “Rahasia Tidur Berkualitas”.

Ingatlah bahwa kesehatan Anda sangat banyak bergantung pada pola hidup yang dijalani. Banyak jenis penyakit disebabkan oleh gaya hidup yang buruk misalnya merokok, kurang olahraga, dan konsumsi makanan yang tidak sehat seperti “junk food”. Contoh penyakit yang bisa sangat dipicu oleh gaya hidup ialah hipertensi (darah tinggi), diabetes, obesitas, kanker, kolesterol, penyakit jantung, dan asam urat.

Bagaimana dengan gaya hidup Anda selama ini? Jika ternyata kurang baik, apakah Anda tergerak untuk sebisa mungkin mengubah gaya hidup menjadi lebih baik? Ikutilah 5 langkah vital diatas dalam mengupayakan pola hidup sehat!

Advertisement
Alinesia