Bagaimana Mengatasi Insomnia, Gangguan Tidur yang Menggelisahkan?

250
Shutterstock

Diedit:

Insomnia adalah ketidakmampuan untuk menikmati tidur yang normal dan cukup. Berapa lama anda perlu tidur? Para ilmuwan memberi tahu kita bahwa, rata-rata, manusia membutuhkan sekitar delapan jam istirahat setiap malam.

Tetapi, berbagai penelitian juga memperlihatkan bahwa kebutuhan tidur setiap individu sangat bervariasi. Suatu analisis diri yang jujur dapat menentukan apakah Anda sudah memiliki pola yang menyehatkan atau sedang mengalami kesulitan tidur. Para pakar umumnya sepakat mengenai tanda-tanda tidur yang sehat berikut ini:

  • Anda mudah tidur tanpa menggunakan obat atau tanpa berjuang mengatasi kegelisahan atau kekhawatiran.
  • Anda jarang terbangun di tengah malam, tetapi kalau pun Anda terbangun, Anda dapat kembali tidur dengan cepat.
  • Anda bangun secara wajar kurang lebih pada saat yang sama setiap pagi dan biasanya tanpa bantuan alarm. Sekali Anda terbangun dan mulai menjalani kegiatan, Anda tidak mengantuk dan cukup siaga sepanjang hari.

Apabila Anda merasa tidak mengalami tanda-tanda tidur yang sehat tersebut, ketahuilah bahwa berbagai gangguan tidur dapat dipicu oleh berbagai faktor penyebab yang meliputi:

  • Medis: Penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, kelainan gerakan anggota tubuh secara berkala, asma, penyakit jantung, dan pencernaan.
  • Psikriatis: Depresi, kekhawatiran, kepanikan, gangguan obsesif-kompulsif, gangguan stres pasca-trauma. 
  • Lingkungan: Cahaya, kebisingan, udara panas, udara dingin, kasur yang tidak nyaman, teman hidup yang tidak tenang.  
  • Penyebab lain: Penyalahgunaan alkohol dan narkoba, merokok, dan efek samping dari beberapa obat.

Jika Anda menyimpulkan bahwa Anda mengalami gangguan tidur, Anda dapat mencoba tips-tips praktis berikut ini.

  • Berhati-hatilah terhadap obat tidur
    Ada semakin banyak bukti bahwa banyak obat yang diresepkan untuk merangsang tidur sebenarnya menyebabkan ketergantungan dan berkurang keefektifannya jika digunakan untuk waktu yang lama, serta memiliki efek samping yang merusak. 
  • Hindari minuman tertentu menjelang waktu tidur
    Kopi, teh, cokelat panas, cokelat, dan minuman yang berbahan dasar kola hendaknya dihindari pada malam hari karena semua minuman tersebut bersifat stimulan dan membuat Anda sulit tidur.
  • Berhentilah merokok
    Rokok meningkatkan tekanan darah, mempercepat detak jantung, dan merangsang aktivitas gelombang otak. Para perokok juga cenderung terbangun lebih sering pada tengah malam. 
  • Hindari kegiatan yang merangsang mental atau fisik tepat sebelum tidur
    Gerak badan membantu istirahat yang sepatutnya tetapi tidak demikian jika itu dilakukan tepat sebelum berupaya tidur. Mengatasi masalah besar atau tantangan mental tepat sebelum tidur juga dapat mengganggu keadaan rileks yang sering kali dibutuhkan untuk mengantar kita tidur.
  • Pastikan kamar tidur hening, gelap, dan relatif sejuk
    Suasana demikian pasti akan membuat tidur menjadi jauh lebih nyaman dan memberikan suasana hati yang lebih baik.
Baca juga:  Noni Juice sebagai Herbal Insomnia

Jika tips-tips di atas masih belum dapat membantu Anda mengatasi gangguan tidur, Anda perlu mencari bantuan untuk mengatasinya dengan menganalisis dan mengetahui kondisi tubuh Anda.

Konsumsi suplemen herbal dapat menjadi salah satu cara mengatasi gangguan tidur yang Anda miliki. Mari, kita perhatikan salah satu herbal yang cocok untuk insomnia.

Mengapa Noni Juice Tepat Mengatasi Insomnia, Gangguan Tidur Anda?

Pola kehidupan modern yang cenderung mengutamakan pekerjaan membuat pola biologis tubuh menjadi terganggu, termasuk jadwal tidur. Perubahan ini terkadang tidak hanya sebatas fisik, tetapi berpengaruh juga terhadap metabolisme tubuh.

Noni Juice terbukti berkhasiat mengatasi insomnia atau gangguan tidur yang Anda miliki dengan kandungan scopoletin yang dimilikinya. Apa saja khasiat senyawa ini? Dan bagaimana mekanismenya dalam mengatasi gangguan tidur?

Salah satu kemampuan scopoletin adalah dapat mengikat serotonin, salah satu zat kimiawi penting dalam tubuh manusia, guna menghasilkan hormon melatonin.

Hormon melatonin memiliki efek regulasi terhadap relaksasi tubuh dan rasa kantuk. Produksinya merupakan alarm alami bagi tubuh yang mengingatkan tubuh untuk beristirahat sehingga peranannya sangat penting dalam pengaturan tidur dan pengaturan suasana hati.

Selain itu, kemampuan scopoletin yang berfungsi dalam melebarkan pembuluh darah juga mengatasi insomnia dengan merilekskan otot dalam tubuh yang selanjutnya memudahkan tubuh untuk beristirahat.

Mengingat banyaknya dampak buruk akibat kurang tidur, mencukupi kebutuhan tubuh untuk tidur sangat vital bagi kesehatan. Saat tidur, seluruh aktivitas dalam tubuh menurun sampai ke tingkat metabolisme dasar (metabolisme basal).

Ini memungkinkan sel-sel saraf yang berfungsi sebagai pusat kendali beristirahat atau berelaksasi. Saat itulah keseimbangan biokimia tubuh yang terganggu dipulihkan dan terjadi pula perbaikan pada organ-organ dan sel-sel yang rusak. Saat itu pula, tubuh membutuhkan antioksidan yang sangat dibutuhkan dalam perbaikan sel-sel yang rusak.

Baca juga:  Gejala Insomnia

Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, sari buah Noni dapat mencukupi kebutuhan tersebut. Noni juice terutama bekerja dalam sel dengan menstimulasi dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Perbaikan sistem kekebalan tubuh juga diketahui dapat membantu mengurangi stres dan memudahkan tubuh untuk beristirahat. Jadi, disamping membantu tubuh memperbaiki diri, Noni juice membantu tubuh untuk beristirahat bahkan saat kita tidur sekalipun.

Hasilnya, tak hanya pikiran yang segar, tubuh pun menjadi sehat dan prima! Kebutuhan tidur yang tercukupi, membantu kita menghindari berbagai dampak buruk kesehatan akibat kurang tidur sekaligus meningkatkan mutu kehidupan kita.

Baca juga artikel kami lainnya tentang Jantung Koroner, Ancaman Terhadap Kehidupan.

Advertisement
Alinesia