• Home
  • Blog
  • Noni Juice
  • Ini Pilihan Obat Pereda Nyeri Alami yang Efektif dan Aman untuk Jangka Panjang

Ini Pilihan Obat Pereda Nyeri Alami yang Efektif dan Aman untuk Jangka Panjang

DITULIS OLEH:
Cindy Wijaya 

Februari 13, 2023


Rasa nyeri bisa terjadi setiap saat dan tidak hanya sekali dialami, terutama bagi penderita nyeri kronis yang butuh waktu lama untuk mengobatinya. Karena itu banyak orang menggunakan tanaman obat sebagai alternatif sebagai pilihan yang lebih aman untuk jangka panjang. Beruntung sekarang tanaman-tanaman obat tersebut mudah diperoleh dan harganya terjangkau.

Salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai obat pereda nyeri alami adalah Noni (Morinda citrifolia). Di seputar dunia, Noni sudah dikenal luas dan lama digunakan secara tradisional untuk pengobatan berbagai jenis nyeri.

Karena khasiatnya itu, tanaman Noni bahkan memiliki julukan “The Painkiller Tree” (Pohon Penghilang Rasa Sakit) dan “The Tree for Headaches” (Pohon untuk Sakit Kepala).

Masyarakat Indonesia juga sudah lama memanfaatkan tanaman Noni untuk mengatasi rasa sakit, seperti nyeri sendi, nyeri haid, sakit perut, dan lain sebagainya.

Kini berbagai penelitian modern sudah meneliti dan mendapati bahwa di dalam tanaman Noni memang terdapat efek analgesik (pereda nyeri) yang ampuh, bahkan setara ampuhnya dengan obat-obat penghilang rasa sakit konvensional. Namun Noni terbukti lebih aman karena tidak mengakibatkan efek samping negatif seperti obat-obatan itu.

Noni Sama Efektifnya dengan Obat Pereda Nyeri Konvensional

Beragam penelitian ilmiah sudah menguji kemampuan analgesik dari buah Noni. Misalnya penelitian yang dimuat dalam jurnal Phytotherapy Research Volume 24 (1). Para peneliti dari University Clinic Hamburg, Jerman, mendapati bahwa buah Noni punya efek pereda nyeri yang sebanding dengan tramadol.

Sebagai info, tramadol adalah obat analgesik keras yang umumnya diberikan dokter untuk nyeri taraf sedang hingga berat, seperti pada nyeri pasca-operasi, luka diabetes, patah tulang, hingga kanker.

Penelitian yang sama juga mendapati bahwa efek dari penggunaan Noni juga sebanding dengan hydrocortisone, yang adalah obat keras yang digunakan untuk mengatasi peradangan berlebih dalam tubuh. Karena Noni mampu meredakan peradangan dalam tubuh, maka gejala yang muncul akibatnya—seperti nyeri dan pembengkakan—juga akan berkurang.

Phytotherapy Research Volume 24(1)

Kemudian ulasan penelitian lain yang dirilis pada jurnal Acta Pharmacologica Sinica Volume 23(12) juga menunjukkan seberapa ampuhnya Noni untuk obat pereda nyeri alami. Disebutkan bahwa ekstrak tanaman Noni memiliki khasiat analgesik 75% sekuat morfin, namun tidak menyebabkan kecanduan dan bebas efek samping.

Khasiat obat pereda nyeri alami Noni 75 % sekuat morfin.
Acta Pharmacologica Sinica Volume 12(12)

Morfin adalah obat penghilang rasa nyeri golongan opium yang digunakan untuk mengatasi rasa sakit parah dan berkepanjangan (kronis), contohnya nyeri pada kanker stadium lanjut.

Jadi sudah dibuktikan bahwa khasiat pereda nyeri Noni sebanding dengan tramadol dan hydrocortison serta 75% sekuat morfin. Maka tidak berlebihan jika Noni sering dijadikan pilihan obat pereda nyeri alami yang ampuh.

Noni Aman dan Tidak Menimbulkan Efek Samping

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa meski 75% sekuat morfin, Noni tidak menyebabkan kecanduan dan tidak menimbulkan efek samping seperti obat kimiawi tersebut.

Sejumlah penelitian dan pengujian juga telah dilakukan untuk memeriksa keamanan penggunaan Noni bagi kesehatan. Contohnya adalah pada Noni Juice (sari buah Noni), yang merupakan salah satu olahan paling populer dari Noni.

Sebuah ulasan ilmiah yang dimuat dalam Journal of Food Science Volume 71(8) mengulas keamanan Noni Juice. Didapati data dari hasil beberapa uji keamanan pra-klinis dan studi keamanan klinis pada manusia telah membuktikan bahwa Noni Juice aman dikonsumsi, tanpa efek samping merugikan, bahkan pada dosis tinggi.

Ulasan tersebut juga menyimpulkan bahwa Noni Juice sama amannya dengan jus-jus buah biasa yang umum dikonsumsi oleh masyarakat.

Journal of Food Science Volume 71(8)

Lalu studi klinis lain yang dirilis pada jurnal Pacific Health Dialog Volume 15(2) menunjukkan bahwa konsumsi Noni Juice hingga 750 ml setiap hari masih tergolong aman untuk orang dewasa. Itu sama dengan 3 gelas ukuran sedang, yang merupakan dosis yang cukup besar untuk diminum setiap hari.

Jadi, konsumsi Noni sebagai obat pereda nyeri alami bukan hanya efektif menghilangkan rasa nyeri, tetapi juga aman meski dikonsumsi dalam jumlah besar dan dalam jangka panjang.

Pacific Health Dialog Volume 15(2)

Dan sebagaimana ditunjukkan dalam ulasan penelitian pada jurnal Acta Pharmacologica Sinica Volume 23(12), konsumsi Noni tidak menyebabkan kecanduan atau ketergantungan.

Testimoni Para Pengguna Noni

Banyak orang sudah mengonsumsi Noni dan merasakan khasiatnya sebagai obat pereda nyeri alami yang efektif. Berikut beberapa ulasan dari pengguna Noni di berbagai negara, yang didokumentasikan di situs web WebMD, sebuah situs web kesehatan independen.

“Saya konsumsi Noni setelah operasi bunion di kedua kaki … Hanya dalam 3 hari saya bisa berjalan pakai tongkat & tidak ada rasa nyeri pasca-operasi, karena saya minum Noni setiap hari, sebelum dan sesudah operasi!”
—Dari pengguna D. Pat, antara 45-54 tahun. Mengonsumsi selama 1 – 6 bulan*

“Saya awalnya minum Noni untuk mengatasi beberapa masalah pencernaan, dan saya kaget. Setelah minum botol pertama, sakit punggung bawah & tengah (karena skoliosis) sudah mereda sampai saya tidak usah lagi konsumsi satu pun dari 4 suplemen pereda nyeri yang sudah saya konsumsi selama kira-kira 2 tahun. Saya sangat kagum …. Masalah pencernaan saya juga sudah agak membaik.”
—Dari pengguna cressida, antara 45-54 tahun. Mengonsumsi selama 1 – 6 bulan*

“Saya mengalami nyeri sendi menyakitkan di tangan, punggung, lutut, sampai harus pakai tongkat untuk berjalan dan penyangga lutut dan tangan …. Sepupu saya cerita tentang mengonsumsi Noni, dan pemeriksaannya ke dokter baru-baru ini menunjukkan perbaikan dari kondisinya. Dia menderita nyeri sendi dan stroke yang membuatnya lumpuh di satu sisi …. Saya baru konsumsi 1 botol Noni dan sekarang sedang pesan botol kedua karena saya merasa lebih baik, rasa kaku dan nyeri sudah hilang …. Pemeriksaan terakhir saya ke dokter menunjukkan tekanan darah saya lebih baik dari biasanya. Saya akan tanya ke dokter apakah saya boleh menghentikan beberapa obat saya.”
—Dari pengguna Shopper1, antara 55-64 tahun. Mengonsumsi selama 1 – 6 bulan*

*) Disclaimer: Hasil yang diperoleh bisa berbeda-beda tergantung kondisi tubuh masing-masing pengguna.

Ini hanyalah beberapa contoh dari banyaknya testimoni tentang Noni. Ya, konsumsi Noni terbukti secara ilmiah dan teruji oleh para penggunanya. Anda tidak perlu ragu untuk mencobanya sebagai suplemen pereda rasa sakit.

Noni Adalah Obat Pereda Nyeri Alami yang Efektif dan Aman untuk Jangka Panjang

Apakah Noni adalah obat pereda nyeri alami yang efektif? Tentu saja. Dari berbagai bukti penelitian didapati bahwa khasiat analgesik Noni sama efektifnya dengan tramadol, obat analgesik kimiawi yang tergolong keras. Dan bahkan 75% sekuat morfin, obat analgesik keras yang terkenal efektivitasnya untuk mengatasi rasa sakit berat dan kronis.

Lalu, apakah Noni adalah obat pereda nyeri alami yang aman? Ya, karena relatif bebas efek samping dan tidak menyebabkan kecanduan. Uji keamanan menunjukkan bahwa konsumsi sari buah Noni (Noni Juice) aman meski dikonsumsi dalam jumlah besar dan dalam jangka panjang.

Karena itu, bagi Anda yang sedang mencari alternatif obat pereda nyeri yang lebih aman dan alami mungkin tertarik untuk mencoba menggunakan Noni. Noni bisa digunakan untuk membantu Anda mengatasi berbagai jenis nyeri, mulai dari yang ringan hingga yang parah dan kronis (berkepanjangan).

Ini termasuk meredakan sakit kepala, sakit perut, nyeri haid, nyeri otot, nyeri sendi, nyeri saraf, sakit akibat luka atau cedera, patah tulang, nyeri pasca-operasi, hingga rasa sakit akibat penyakit jantung, diabetes, kanker, atau penyakit lainnya.

Namun Noni tidak hanya bermanfaat sebagai obat anti nyeri, Noni juga dapat membantu pemulihan berbagai masalah kesehatan, untuk informasi yang lebih lengkap tentang manfaat Noni juice untuk berbagai macam penyakit silakan baca artikelnya di sini.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}