Kanker paru-paru stadium 4 adalah tahap yang paling lanjut dari penyakit ini. Stadium kanker paru-paru ini tidak mudah disembuhkan, tetapi bisa diobati. Selain itu, sedang dilangsungkan banyak uji klinis untuk mencari pengobatan baru yang dapat lebih berhasil.

Stadium kanker paru-paru ditinjau setelah pasien didiagnosis kanker paru-paru. Dokter akan memeriksa apakah kanker sudah menyebar, dan bila sudah, seberapa jauh penyebarannya. Penentuan stadium kanker akan membantu memastikan seberapa serius kanker dan bagaimana cara terbaik untuk menanganinya.

Bila Anda Didiagnosis Kanker Paru-Paru Stadium 4

Ada kira-kira 40 persen pasien yang didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium 4 ketika mereka diperiksa. Bila didiagnosis pada stadium ini, itu berarti Anda diperkirakan mempunyai tingkat kelangsungan hidup lima tahun yang kurang dari 10 persen.

Pada stadium kanker paru-paru ini, kanker sudah bermetastase, atau menyebar, ke luar paru-paru ke area lain di tubuh. Stadium 4 berarti kanker bisa dikategorikan T atau apa pun. Artinya tumor bisa berukuran berapa pun dan sudah atau belum bertumbuh ke kelenjar getah bening terdekat. (Cancercenter.com)

Kanker dapat dikategorikan sebagai M1A atau M1B. Untuk M1A, mungkin juga memiliki hal-hal berikut ini:

  • Kanker telah menyebar ke paru yang satu lagi.
  • Sel-sel kanker ada di cairan yang mengelilingi paru-paru (efusi pleura ganas).
  • Sel-sel kanker ada di cairan yang mengelilingi jantung (efusi perikardial ganas).

Kanker paru-paru stadium 4 kategori M1B berarti kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening atau organ-organ yang letaknya jauh, seperti tulang, hati, kelenjar adrenal, ginjal, atau otak.

Yang Dialami Pasien Kanker Paru-Paru Stadium 4

Karena pada stadium kanker paru-paru ini penyakit sudah berkembang cukup meluas, maka biasanya sudah terlihat berbagai gejala yang khas. Gejala atau keluhan yang paling umum diderita oleh para penderita kanker paru-paru stadium 4 antara lain:

  • Batuk yang tidak sembuh-sembuh atau semakin parah
  • Batuk berdarah atau dahak berwarna seperti karat
  • Sakit di dada yang sering kali memburuk ketika bernapas dalam-dalam, batuk, atau tertawa
  • Suara serak atau parau
  • Berat badan turun dan selera makan hilang
  • Sesak napas
  • Merasa lelah atau lemah
  • Infeksi seperti bronkitis dan pneumonia yang tidak sembuh-sembuh atau terus kambuh
  • Bengek
Baca juga  Diagnosis Kanker Paru-Paru

Ketika kanker paru-paru stadium 4 telah menyebar ke organ-organ yang letaknya jauh, maka kemungkinan akan menyebabkan gejala kanker paru-paru berupa:

  • Sakit tulang (misalnya sakit di punggung atau pinggul)
  • Perubahan sistem saraf (misalnya sakit kepala, lemah atau mati rasa di lengan atau kaki, pusing, masalah keseimbangan, atau kejang), akibat kanker yang menyebar ke otak atau sumsum tulang belakang
  • Warna kulit dan mata menguning (jaundice), akibat kanker yang menyebar ke hati
  • Benjolan-benjolan di dekat permukaan kulit, akibat penyebaran kanker ke kulit atau kelenjar getah bening, misalnya di leher atau di atas tulang selangka.

Sebagian besar gejala di atas lebih mungkin disebabkan oleh masalah kesehatan selain kanker paru-paru. Tetapi, bila Anda mengalami keluhan-keluhan seperti di atas, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk memastikannya dan mengatasi penyebabnya.

Perawatan untuk Kanker Paru-Paru Stadium 4

Karena stadium kanker paru-paru pada tahap ini telah menyebar ke luar area paru-paru, maka stadium ini dianggap tidak dapat dioperasi. Sebab operasi tidak akan bisa mengangkat semua tumor yang muncul dan tidak mampu menyembuhkan kanker.

Tetapi kanker paru-paru stadium 4 dapat diobati. Bagi pasien yang mampu mentoleransi kemoterapi, kemoterapi tradisional, imunoterapi, dan/atau terapi tertarget, maka perawatan-perawatan tersebut bisa meningkatkan tingkat kelangsungan hidup serta membantu meringankan gejala-gejala kanker.

Juga sedang dilangsungkan banyak uji klinis untuk mencari metode-metode pengobatan baru, misalnya terapi tertarget baru, kombinasi antara kemoterapi dan terapi tertarget, dan juga imunoterapi baru. Terapi radiasi mungkin juga disarankan sebagai terapi paliatif—terapi yang tujuannya untuk meredakan gejala-gejala tetapi tidak akan menyembuhkan penyakit.

Terapi ini mungkin bisa membantu beberapa pasien untuk meringankan gejala berupa rasa sakit tulang mereka (akibat penyebaran kanker ke tulang), perdarahan dari paru-paru, tumor yang menghambat saluran udara dan menyebabkan sesak napas, atau penyebaran kanker ke otak yang menimbulkan keluhan seperti sakit kepala dan kelemahan fisik.

Baca juga  7 Ciri-Ciri Kanker Paru-Paru yang Paling Mudah Dikenali

Imunoterapi adalah jenis pengobatan kanker paru-paru yang terbaru, dimana pengobatan pertamanya telah disetujui untuk kanker ini di tahun 2015. Meskipun pengobatan ini tidak untuk semua orang, tetapi sejumlah pasien kanker paru-paru stadium lanjut mengalami kontrol jangka-panjang atas penyakit mereka berkat metode ini.

Dalam menentukan pilihan perawatan untuk stadium kanker paru-paru ini, sangatlah penting untuk berdiskusi dulu dengan tim dokter dan keluarga Anda. Dengan begitu mereka bisa membantu Anda mempertimbangkan risiko dan manfaat dari perawatan tersebut.

Pelajari Sebisa Mungkin tentang Kanker Paru-Paru Stadium 4

Setelah bertahun-tahun perkembangan pada bidang pengobatan dan obat kanker paru-paru, saat ini tersedia semakin banyak pilihan untuk menangani kanker ini. Hal ini bisa menyulitkan siapa pun—bahkan ahli kanker sekalipun—untuk mengetahui setiap kemajuan serta uji coba klinis baru yang dilakukan di seluruh dunia.

Penelitian menunjukkan bahwa pasien yang mempelajari dan memahami sebanyak mungkin tentang kanker mereka mungkin bisa memiliki hasil yang lebih baik. Salah satu cara untuk mengetahui kemajuan terbaru dalam bidang perawatan kanker ini adalah terlibat dalam komunitas support untuk kanker paru-paru.

Selain itu, beberapa organisasi kanker bekerja sama untuk memberikan layakan uji klinis gratis bagi mereka yang menderita kanker paru-paru. Luangkanlah waktu sejenak untuk memeriksa informasi-informasi terpercaya seputar stadium kanker paru-paru yang Anda derita.

Demikianlah gambaran umum mengenai bagaimana kondisi-kondisi yang mungkin dialami oleh pasien pada stadium kanker paru-paru tahap lanjut ini. Semoga Anda dapat semakin mengerti seperti apa yang dihadapi seseorang ketika didiagnosis kanker paru-paru stadium 4.

Anda juga dianjurkan untuk membaca artikel-artikel terkait yang membahas tentang kanker paru-paru stadium 1, 2, dan 3 di artikel bagian pertama, bagian kedua, dan bagian ketiga.