Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Mohon maaf kami tidak bisa melayani Anda dari tgl 17-19 Nov. Pembelian produk tetap bisa dilakukan melalui Lazada.co.id. atau Tokopedia.com. Terima kasih untuk pengertiannya.
Kanker Paru-Paru Stadium 3 Kanker Paru-Paru Stadium 3 Shutterstock

Apa yang Terjadi Bila Anda Mengalami Kanker Paru-Paru Stadium 3?

Kanker paru-paru stadium 3 dianggap sebagai kanker “lokal tahap lanjut”, artinya tumor masih belum menyebar ke tempat jauh di tubuh, tetapi sudah menyebar ke kelenjar getah bening di sisi tubuh yang sama dengan tumor. Kira-kira sebanyak 30% pasien didiagnosis stadium 3 ketika mereka diperiksa.

Stadium kanker paru-paru ditinjau setelah pasien didiagnosis menderita kanker paru-paru. Dokter akan memeriksa apakah kanker sudah menyebar, dan bila sudah, seberapa jauh penyebarannya. Penentuan stadium kanker akan membantu memastikan seberapa serius kanker dan bagaimana cara terbaik untuk menanganinya.

Bila Anda Didiagnosis Kanker Paru-Paru Stadium 3

Pada stadium kanker paru-paru ini, ukuran tumor lebih dari 3 cm dan telah menyebar ke kelenjar getah bening di bagian tengah dada atau jaringan lain di luar paru-paru. Pada saat ini, kelenjar getah bening yang terpengaruh masih yang berada di sisi tubuh yang sama dengan tumor.

Stadium ini dibagi menjadi stadium 3 A atau 3 B, bergantung pada ukuran dan lokasi tumor serta seberapa cepat penyebarannya. Bila Anda didiagnosis stadium 3 A, berarti diperkirakan Anda memiliki tingkat kelangsungan hidup lima tahun sekitar 23%. Bagi stadium 3 B, tingkat kelangsungan hidupnya sekitar 10%. (Cancercenter.com)

1. Kanker Paru-Paru Stadium 3 A

Terdapat tiga jenis utama stadium 3 A, yang dikategorikan menggunakan sistem TNM seperti di bawah ini.

T1 – T3, N2, M0
  • Tumor utama bisa berukuran berapa pun, antara kurang dari 3 cm (T1) hingga 7 cm (T3).
  • Tumor belum bertumbuh ke ruang antara paru-paru, jantung, pembuluh darah besar dekat jantung, trakea, esofagus, tulang belakang, atau carina (daerah bergerigi cartilaginous yang memisahkan pembukaan batang bronki kiri dan kanan).
  • Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening sekitar carina, atau di ruang antara paru-paru.
  • Tumor belum menyebar ke lobus yang berbeda di paru-paru awal.
  • Kanker belum menyebar ke organ jauh.
T3, N1, M0

Di kategori stadium kanker paru-paru ini, penyakit telah menyebar ke kelenjar getah bening di paru-paru dan/atau dimana bronkus terhubung dengan paru-paru, sehingga dikategorikan N1. Kelenjar getah bening itu terletak di sisi yang sama dengan kanker, dan belum menyebar ke organ-organ jauh. Disamping itu, juga memiliki satu atau lebih dari karakteristik berikut:

  • Ukuran tumor lebih dari 7 cm.
  • Kanker telah bertumbuh ke dinding dada, diafragma, membran-membran di ruang antara paru-paru atau kantung yang mengelilingi jantung.
  • Kanker telah menyebar ke bronkus utama dan berada dalam jarak 2 cm dari carina, tetapi tidak benar-benar memengaruhi carina.
  • Saluran udara cukup terhambat sehingga seluruh paru-paru bisa runtuh atau menjadi meradang.
  • Dua tumor terpisah atau lebih muncul di lobus yang sama dengan paru-paru awal.
T4, N0 atau N1, M0

Di stadium kanker paru-paru ini, kanker belum menyebar ke organ-organ jauh, tetapi rumor mungkin telah atau belum (N1 atau N0) menyebar ke kelenjar getah bening di paru-paru dan/atau area dimana bronkus bertemu paru-paru.

Juga dapat memiliki satu atau lebih dari karakteristik berikut:

  • Tumor bisa berukuran berapa pun telah bertumbuh ke ruang antara paru-paru, jantung, pembuluh darah besar dekat jantung, trakea, esofagus, tulang belakang, atau carina.
  • Dua tumor terpisah atau lebih muncul di lobus berbeda di satu paru-paru.

2. Kanker Paru-Paru Stadium 3 B

Stadium kanker paru-paru ini juga punya dua kategori berbeda, bergantung pada ukuran tumor dan apakah sudah menyebar ke kelenjar getah bening atau belum. Pada keduanya, kanker belum menyebar ke organ-organ jauh (M0). Pada setiap kategori, mungkin memiliki satu atau lebih dari karakteristik berikut:

T apa pun, N3, M0
  • Tumor bisa berukuran berapa pun.
  • Kanker telah atau belum bertumbuh ke jaringan struktur terdekat, menyebabkan paru runtuh atau menimbulkan peradangan/pneumonia di seluruh paru.
  • Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening dekat tulang selangka di kedua sisi, dan/atau telah menyebar ke kelenjar getah bening di sisi lain dari tumor utama.
T4, N2, M0
  • Tumor bisa berukuran berapa pun dan sudah bertumbuh ke ruang antara paru-paru, jantung, pembuluh darah besar dekat jantung, trakea, esofagus, tulang belakang, atau carina (tempat trakea bertemu bronki).
  • Dua tumor terpisah atau lebih muncul dalam lobus paru yang berbeda.
  • Kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening di sekitar carina—dimana bronki bertemu trakea—atau di ruang antara paru-paru.
  • Kelenjar getah bening yang terpengaruh berada pada sisi yang sama dengan tumor utama.

Yang Dialami Pasien Kanker Paru-Paru Stadium 3

Pada stadium kanker paru-paru ini, gejala dan keluhan yang dirasakan akan bervariasi bergantung pada jenis stadium yang diderita. Akan tetapi pada umumnya pasien yang didiagnosis kanker paru-paru stadium 3 mengalami gejala seperti: batuk yang tak sembuh-sembuh, sesak napas, dan infeksi yang berulang seperti pneumonia atau bronkitis.

Bila kanker telah menyebar ke area-area lain seperti ke dinding dada dan diafragma, maka bisa timbul keluhan tambahan. Keluhan tersebut mungkin adalah rasa sakit di dada, tulang rusuk, bahu, dan punggung. Tumor yang bertumbuh di dekat saluran udara pada paru-paru juga dapat menyebabkan gejala hemoptisis (batuk berdarah), bengek, dan suara serak.

Perawatan untuk Kanker Paru-Paru Stadium 3

Perawatan untuk stadium kanker paru-paru ini adalah yang paling menimbulkan kontroversial di antara semua stadium lainnya, sebagian karena kategorinya yang sangat bervariasi.

Salah satu kemajuan paling signifikan dalam pengobatan kanker paru-paru, terutama kanker paru-paru sel non-kecil, adalah penambahan terapi tertarget. Sekarang tersedia beberapa perawatan yang secara khusus menargetkan sel kanker di paru-paru.

Selain itu, obat-obatan imunoterapi telah disetujui bahwa, bila efektif, telah menghasilkan kelangsungan hidup jangka panjang bagi sejumlah pasien yang bahkan didiagnosis kanker paru-paru stadium lanjut. Pilihan perawatan untuk kanker paru-paru stadium 3 antara lain:

Operasi

Bagi beberapa kanker paru-paru stadium 3 A, operasi bisa dilakukan untuk mengangkat tumor. Karena risiko kekambuhannya cukup tinggi, operasi biasanya dilanjutkan dengan kemoterapi adjuvant (kemoterapi setelah operasi) untuk membunuh sel-sel kanker apa pun yang mungkin tersisa.

Untuk stadium 3 B, operasi biasanya bukan pilihan terbaik. Akan tetapi pada beberapa pasien kemoterapi neoadjuvant (sebelum operasi) bisa dilakukan untuk mengecilkan ukuran tumor sehingga mempermudah operasi pengangkatannya.

Kemoterapi

Kemoterapi dan terapi radiasi sering digunakan untuk menangani stadium kanker paru-paru ini. Seperti sudah dijelaskan, kemoterapi mungkin digunakan sebelum atau setelah operasi, atau digunakan sendirian pada pasien yang tidak bisa ditangani dengan operasi. Kemoterapi mungkin juga dikombinasikan dengan perawatan kanker lain.

Terapi Radiasi

Seperti disinggung di atas, terapi radiasi sering digunakan bersama kemoterapi untuk menangani area kanker paru-paru stadium 3 yang tidak bisa ditangani dengan operasi. Terapi radiasi juga dapat efektif untuk mengatasi komplikasi terkait kanker stadium ini, misalnya penyumbatan saluran udara akibat tumor.

Terapi Tertarget

Pengobatan ini telah disetujui untuk pasien dengan mutasi-mutasi seperti mutasi EGFR, penataan ulang ALK, dan penyusunan ulang ROS1. Dan terapi tertarget ini kadang dapat menghasilkan kontrol yang sangat baik terhadap kanker ini.

Sering kali berkembang kebal terhadap obat, tetapi obat generasi berikut saat ini telah disetujui dan diuji coba dalam uji klinis untuk mengantisipasi kejadian kebal terhadap obat. Bagi pasien karsinoma paru-paru sel skuamosa, dapat digunakan antiboda anti-EGFR. Uji klinis juga sedang mempelajari obat-obatan yang mengatasi perubahan genetik lain pada kanker paru-paru.

Imunoterapi

Tahun 2015 disetujui dua jenis obat imunoterapi untuk pengobatan kanker paru-paru. Obat ini bekerja dengan meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh kita sendiri untuk melawan kanker. Walaupun obat ini tidak bekerja pada semua orang, tetapi beberapa orang telah mencapai kontrol bebas penyakit jangka panjang atas kanker mereka.

Untuk memutuskan pilihan pengobatan, konsultasikanlah semua pilihan yang tersedia dengan dokter. Mintalah ia menjelaskan apa tujuan dari pengobatan itu, serta efek samping yang mungkin disebabkannya. Jangan ragu-ragu untuk bertanya kepada dokter Anda jika ada yang tidak dimengerti dari suatu jenis perawatan.

Pola Hidup yang Disarankan untuk Kanker Paru-Paru Stadium 3

Anda tidak bisa mengubah fakta bahwa Anda terdiagnosis kanker. Apa yang bisa diubah sekarang adalah bagaimana cara Anda menjalani sisa hidup—buatlah pilihan yang membantu Anda tetap sehat dan merasa sebaik mungkin.

Berikut adalah empat tips sederhana yang dapat membantu mendukung kondisi tubuh Anda selama dan setelah menyelesaikan pengobatan:

Berhenti Merokok

Bahkan setelah didiagnosis kanker paru-paru stadium 3, Anda masih bisa merasakan manfaatnya jika berhenti merokok, termasuk: tekanan darah dan detak jantung yang normal; berkurangnya risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan darah tinggi; serta membaiknya fungsi paru-paru dan sistem pernapasan.

Makan dengan Baik

Nutrisi yang baik penting bagi semua pasien kanker. Santaplah jenis-jenis makanan yang tepat untuk membantu Anda merasa lebih baik, tetap kuat, dan melawan infeksi. Kalau Anda bingung apa saja yang harus dimakan, cobalah konsultasi dengan ahli gizi yang akan membantu menciptakan rencana pola makan sesuai kebutuhan Anda.

Menjadi Aktif

Aktivitas fisik bisa membantu mengurangi kelelahan, memperbaiki suasana hati, dan mempertahankan berat badan sehat. Bahkan aktivitas-aktivitas ringan seperti berjalan kaki atau peregangan ringan dapat bermanfaat.

Mintalah Dukungan

Di luar kesehatan fisik Anda, penting untuk juga memperhatikan kesehatan mental dan emosional Anda. Anda mungkin perlu berbicara dengan seseorang yang dipercaya mengenai apa yang Anda hadapi atau alami. Mungkin bisa menggunakan jasa seorang konselor atau penasihat sebagai tempat mencurahkan perasaan dan kekhawatiran Anda.

Jika Anda sedang berjuang menghadapi kanker paru-paru stadium 3, pola hidup sehat akan membantu Anda tetap dalam kondisi baik selama dan setelah menjalani perawatan. Bekerjasamalah dengan tim dokter Anda untuk merencanakan pola hidup yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Demikianlah gambaran umum mengenai seperti apa yang kemungkinan harus dialami oleh pasien pada stadium kanker paru-paru tahap ketiga ini. Semoga dengan membaca artikel ini Anda bisa semakin memahami kondisi-kondisi yang dihadapi seseorang sewaktu didiagnosis kanker paru-paru stadium 3.

BACA JUGA ARTIKEL REKOMENDASI HERBAL BERIKUT:

Sarang Semut Papua Tumpas Kanker dan Tumor dalam Waktu 3 Bulan atau Kurang!

sarang semut papua 3
Berkat herbal ini banyak penderita kanker, tumor dan benjolan abnormal bisa kembali menjalani hidup mereka seperti semula tanpa harus menghadapi biopsi, pembedahan, dan kemoterapi […] Baca Selengkapnya »

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »
FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram