7 Ciri-Ciri Kanker Paru-Paru yang Mudah Dikenali Sebelum Terlambat


By Cindy Wijaya

Jika Anda seorang perokok atau sehari-hari sering bergaul dengan perokok (merokok pasif), penting sekali untuk tahu ciri-ciri kanker paru-paru sebelum terlambat. Anda yang tidak pernah merokok juga perlu tahu, sebab kanker ini juga bisa menyerang mereka yang bukan perokok.

Memang bisa cukup sulit untuk mengetahui gejala-gejalanya sebab biasanya itu baru terlihat setelah kanker sudah menyebar. Meski begitu tetap saja Anda perlu punya pengetahuan tentang apa saja gejala-gejala tersebut, supaya bisa cepat tanggap begitu mulai melihatnya.

Semakin cepat gejala-gejala kanker ditangani, maka semakin besar juga peluang Anda untuk mengalahkan penyakit ini.

7 Ciri-Ciri Kanker Paru-Paru yang Mudah Dikenali

Tanda-tanda kanker paru-paru dapat bertambah parah seiring dengan perkembangan kanker di dalam tubuh. Ketika penyakit kanker paru-paru menunjukkan ciri-ciri, maka yang paling mudah terlihat seringkali adalah:

  • Batuk yang tidak kunjung sembuh setelah 2 sampai 3 minggu.
  • Batuk yang semakin bertambah parah.
  • Batuk mengeluarkan darah.
  • Rasa sakit atau nyeri saat bernapas atau batuk.
  • Sesak napas terus-menerus.
  • Selalu merasa kelelahan atau kekurangan energi.
  • Kehilangan selera makan atau penurunan berat badan yang tidak jelas sebabnya.

Jika Anda merasakan beberapa tanda utama di atas, jangan abaikan. Meskipun keluhan seperti di atas bukan hanya dialami pengidap kanker, namun tetap saja masalah kesehatan tersebut perlu ditangani oleh dokter.

Ciri-Ciri Kanker Paru-Paru Lainnya

Selain dari 7 ciri-ciri kanker paru-paru yang mudah dikenali seperti di atas, terdapat beberapa masalah kesehatan lain yang mungkin menyertai, antara lain:

  • Perubahan penampilan jari-jari tangan atau kaki, seperti menjadi lebih melengkung atau ujungnya tampak membesar (disebut jari clubbing).
  • Mengalami demam dengan suhu 38 derajat C atau lebih.
  • Kesulitan atau rasa sakit saat menelan.
  • Bengek dan suara serak.
  • Pembengkakan di wajah atau leher.
  • Nyeri di dada atau bahu yang tidak kunjung hilang.

Bila Anda sudah mengalami tanda-tanda kanker paru-paru seperti yang dideskripsikan artikel ini, terutama jika dialami dalam waktu bersamaan dan dalam waktu cukup lama, segeralah temui dokter yang terpercaya untuk memastikan penyebabnya dan agar ditangani secepat mungkin.

Jika Anda benar-benar mencurigai adanya kanker yang berkembang di paru-paru, maka Anda sangat disarankan untuk segera lakukan tindakan penanganan. Salah satu tindakan yang banyak ditempuh orang-orang adalah memanfaatkan herbal untuk menekan ciri-ciri kanker paru-paru agar tidak semakin parah.

Pilihan Herbal Asli Indonesia Terbaik untuk Kanker Paru-Paru

Apabila Anda ingin mencoba herbal untuk menghambat pertumbuhan kanker paru-paru, ada 2 pilihan herbal yang patut dipertimbangkan, yaitu Sarang Semut dan Noni juice. Kedua herbal ini dapat bekerja secara alami untuk menumpas sel-sel kanker yang terus berkembang secara tidak terkendali.

Sarang Semut

Sarang Semut Papua (Myrmecodia pendans) adalah tumbuhan herbal epifit yang menempel pada pohon-pohon besar dan hanya bisa didapatkan dari pedalaman hutan Papua. Sampai saat ini diketahui bahwa herbal ini mengandung flavonoid, polifenol (asam fenolat), dan tokoferol yang bermanfaat untuk penyembuhan gejala-gejala kanker paru-paru.

Misalnya saja flavonoid yang memiliki mekanisme kerja memerangi kanker, seperti antiproliferasi—berguna dalam mendeteksi serta menghambat pertumbuhan sel kanker yang agresif. Mekanisme lainnya adalah induksi apoptosis yang memicu sel kanker untuk melakuka bunuh diri.

Kemudian asam fenolat berguna untuk menghilangkan radikal bebas dengan cara melindungi DNA yang berpotensi menjadi penyebab munculnya ciri-ciri kanker paru-paru. Sedangkan tokoferol berperan dalam meredam radikal bebas pemicu kanker hingga mendekati keberhasilan 100%.

Noni Juice

Noni Juice merupakan herbal yang dibuat dari sari buah Noni (Morinda citrifolia). Ini juga adalah herbal yang sudah diakui khasiatnya dalam penyembuhan berbagai macam penyakit berat, termasuk kanker. Noni Juice mengandung scolopetin yang memiliki kemampuan untuk menguatkan sistem imun tubuh, termasuk membantuk fitokimia khusus yang bersifat antigen yang akan secara aktif melawan pembentukan sel-sel kanker.

Ada juga kandungan damnachantal di dalam Noni yang berguna untuk menghambat reproduksi sel-sel kanker secara signifikan. Sedangkan, Dr. Judah Folkman dari Harvard University mengungkapkan bahwa Noni bekerja secara sinergis bersama mikronutrien lain dalam menghambat aliran darah yang menuju sel-sel kanker sehingga mereka tidak mendapat asupan makanan untuk bertahan hidup.

Walaupun kedua jenis herbal diatas semuanya memiliki khasiat anti kanker, namun bila dinilai dari segi empiris (pengalaman pengguna), yang dibuktikan lebih efektif untuk penyembuhan tanda-tanda kanker paru-paru adalah herbal Sarang Semut.

Selain efektif, herbal ini juga unggul dari segi kecepatan dibandingkan banyak herbal lain. Umumya dalam waktu 1-3 bulan pertama setelah mengonsumsi Sarang Semut, seorang penderita kanker sudah mendapat tanda-tanda kesembuhan, bahkan ada yang sudah merasa sembuh dalam tiga bulan pertama tersebut.

Apabila Anda sedang khawatir karena merasa sudah mengalami gejala-gejala kanker paru-paru, atau mungkin Anda sudah divonis terkena kanker, wajar jika Anda merasa bingung dan takut menghadapinya. Namun ingatlah bahwa diagnosa kanker bukanlah akhir, justru ini adalah awal perjuangan Anda mengalahkan kanker!

Langkah terbaik yang perlu dilakukan adalah berusaha tetap tenang dan pantang menyerah. Baru setelah itu Anda bisa dengan kepala dingin mencari pengobatan kanker paru-paru yang paling sesuai dengan kondisi yang dihadapi. Bagi Anda yang belum didiagnosa dan masih baru merasakan ciri-ciri kanker paru-paru, jauh lebih besar kemungkinannya untuk terbebas dari kanker bila ditangani sedini mungkin, misalnya dengan menggunakan herbal anti kanker.

Sumber

Sumber Referensi:

Cancer Treatment Centers of America. Lung cancer symptoms. URL: https://www.cancercenter.com/cancer-types/lung-cancer/symptoms. Accessed: 2020-05-11

Wulan, Kholifah, dkk. (2017). Sarang Semut (Myrmecodia pendans) sebagai Antikanker. Medula. 7(5): 140-143

Brown, Amy C. (2012). Anticancer Activity of Morinda citrifolia (Noni) Fruit: A Review. Phytotherapy Research. 26 (10): 1427-1440. DOI: 10.1002/ptr.4595

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}