5 Cara Asyik agar Jantung Sehat


By Cindy Wijaya

Di dunia dewasa ini penyakit jantung semakin ditakuti oleh masyarakat, terutama karena gaya hidup masa kini yang seolah sengaja mengundang penyakit-penyakit datang. Jumlah penderita penyakit jantung di seluruh dunia kian bertambah. Menjaga jantung tetap sehat menjadi tantangan tersendiri di masa kini. Artikel ini akan membahas 5 cara asyik agar jantung sehat.

Gaya hidup kurang gerak, makan makanan tidak sehat, dan merokok merupakan contoh pemicu penyakit jantung. Sebenarnya Anda bisa secara efektif mencegah penyakit jantung hanya dengan menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk demikian. Dan Anda bisa mencoba cara-cara menyenangkan berikut ini untuk membantu menjaga agar jantung tetap berfungsi dengan baik.

Mendengarkan musik. Kebiasaan mengasyikkan ini sanggup melebarkan pembuluh darah Anda. Mendengarkan musik berirama beat yang kuat selama 30 menit sehari ditambah dengan latihan pernapasan dapat menurunkan tekanan darah sistolik melebihi 4 poin apabila dilakukan selama 3 bulan. Seorang direktur divisi hipertensi di pusat jantung Massachusetts General Hospital, Randall Zusman, menyatakan bahwa menarik dan mengeluarkan napas secara perlahan beberapa kali sambil mendengarkan musik berirama lambat dapat membuat pembuluh darah rileks.

Bermain video game. Ternyata bermain game tidak selalu berdampak buruk, buktinya menikmati permainan video game bisa menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Akan tetapi, game yang dimaksud ialah permainan yang mengharuskan Anda aktif bergerak, yakni video game dengan sensor gerak seperti game untuk konsol Nintendo Wii.

Timothy Church, MD dari American Heart Association mengungkapkan bahwa bermain game dengan sensor gerak semisal game olahraga atau game dancing efeknya bisa sama baiknya dengan berolahraga di gym. Bermain game ini dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 2 sampai 5 poin.

Tertawa. Agar jantung sehat, banyak-banyaklah tertawa. Menertawakan acara komedi yang lucu bisa melebarkan pembuluh darah sebesar 22%. Tertawa membuat jaringan di dalam lapisan pembuluh darah menjadi lebih lebar, sehingga memungkinkan peningkatan peredaran darah sekaligus menurunkan tekanan darah. Besarnya dampak positif ini hampir sama dengan dampak yang Anda peroleh dari olahraga aerobik. Oleh karena itu, tertawalah sebanyak-banyaknya dalam sehari agar jantung sehat.

Minum sedikit minuman beralkohol. Penelitian di Denmark melibatkan 75.000 partisipan yang rutin minum alkohol berkadar rendah setiap hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka punya risiko 31% lebih rendah menderita penyakit jantung koroner. Para peneliti berpendapat bahwa konsumsi alkohol kadar rendah bisa membantu melenturkan dan melebarkan pembuluh arteri sehingga sanggup menurunkan tekanan darah. Akan tetapi konsumsi alkohol berlebihan sangat tidak dianjurkan karena justru memicu tekanan darah tinggi.

Makan cokelat hitam. Cokelat hitam diyakini sanggup menjaga kesehatan jantung. Senyawa yang dimiliki cokelat hitam dapat memberi perlindungan kuat terhadap oksidasi kolesterol LDL yang dalam jangka panjang mampu mengurangi endapan kolesterol di pembuluh arteri. Cokelat hitam dibuktikan mampu membantu melancarkan peredaran darah serta menurunkan tekanan darah yang secara tidak langsung ikut berperan agar jantung sehat.

Demikianlah 5 cara menyenangkan yang bisa Anda coba agar jantung sehat. Menjaga kesehatan jantung tidak sulit apabila diupayakan dari sedini mungkin dan jangan biarkan kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti merokok, merusak kesehatan jantung Anda.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}