Gagal Jantung: Penyebab, Gejala, Pencegahan, & Pengobatannya


By Cindy Wijaya

Istilah “gagal jantung” mungkin membuat kita mengira bahwa kondisi ini membuat jantung tidak lagi bekerja dan tidak ada lagi yang bisa dilakukan untuk menolong. Sebenarnya tidak begitu. Gagal jantung berarti jantung tidak memompa darah sebagaimana mestinya. Simak di sini selengkapnya mengenai penyebab, gejala, pencegahan, dan pengobatan gagal jantung.

Kondisi ini kadang disebut dengan istilah “gagal jantung kongestif”, meski lebih tepatnya istilah ini mengacu pada jenis gagal jantung yang harus segara mendapat pertolongan medis.

Tubuh kita bergantung pada peran dari jantung untuk memompa dan mengirimkan darah yang kaya oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh. Tubuh bisa berfungsi dengan normal hanya jika sel-selnya diberi nutrisi dengan baik.

Jika terjadi gagal jantung, maka jantung akan melemah sehingga tidak sanggup memompa cukup darah ke sel-sel. Hal ini menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu dan menyulitkan.

Bukan hanya itu, kondisi ini tergolong serius, dan biasanya tidak ada obatnya. Namun banyak penderita kondisi ini dapat tetap menjalani hidup dengan baik jika kondisi ini mendapat pengobatan yang tepat dan dengan penyesuaian gaya hidup.

Apa Penyebab Gagal Jantung?

Penyebab gagal jantung biasanya akibat dari berbagai masalah kesehatan yang memengaruhi jantung di waktu bersamaan. Masalah-masalah tersebut antara lain:

  • Penyakit jantung koroner: dimana pembuluh arteri yang memompa darah ke jantung tersumbat oleh zat-zat berlemak (aterosklerosis), yang menyebabkan angina atau serangan jantung.
  • Tekanan darah tinggi: dapat menimbulkan beban ekstra pada jantung, yang seiring waktu dapat menyebabkan gagal jantung.
  • Kardiomiopati: memengaruhi otot jantung.
  • Gangguan irama jantung (aritmia): misalnya kerusakan fibrilasi atrium atau masalah lain pada katup jantung.
  • Penyakit jantung bawaan: cacat lahir yang memengaruhi cara kerja jantung.

Selain masalah-masalah di atas, kadang-kadang anemia, minum terlalu banyak alkohol, kondisi tiroid terlalu aktif, atau tekanan darah tinggi pada paru-paru (hipertensi pulmonal) juga bisa menjadi faktor penyebab gagal jantung.

Apa Saja Gejala-Gejala Gagal Jantung?

Gejala gagal jantung yang terutama dialami oleh penderitanya antara lain:

  • Sesak setelah beraktivitas atau saat beristirahat
  • Merasa lelah hampir sepanjang waktu dan menganggap olahraga adalah sesuatu melelahkan
  • Kaki dan pergelangan kaki menjadi bengkak

Beberapa orang juga mengalami gejala gagal jantung lain, misalnya batuk terus-menerus, jantung berdetak dengan cepat, dan pusing.

Gejala-gejala yang diraskaan mungkin muncul dan berkembang dengan cepat (terjadi pada gagal jantung akut) atau secara bertahap dalam kurun beberapa minggu atau bulan (gagal jantung kronis).

Anda dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala mirip di atas yang tidak kunjung membaik atau terus memburuk seiring waktu.

Bagaimana Pencegahan Gagal Jantung?

Cara terbaik untuk pencegahan gagal jantung adalah dengan menghindari masalah-masalah kesehatan yang dapat menjadi penyebab kondisi ini. Atau jika sudah terlanjur memiliki masalah kesehatan terkait, haruslah diupayakan untuk mengatasi atau mengendalikannya. Berikut adalah tips-tips pencegahannya:

  • Berhenti merokok, atau lebih baik, jangan pernah merokok: ini adalah faktor penyebab utama kerusakan pada pembuluh arteri yang bisa menyebabkan gagal jantung. Juga peru untuk menghindari asap rokok orang lain.
  • Mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk jantung: makanan-makanan tersebut haruslah yang sedikit mengandung lemak jenuh, lemak trans, gula, atau natrium (garam). Makanlah lebih banyak buah-buahan dan sayuran, produk susu rendah lemak, protein tanpa lemak, dan jenis lemak sehat seperti yang terdapat pada minyak zaitun, ikan, dan alpukat.
  • Turunkan berat badan jika berlebihan: selain mengonsumsi makanan sehat, berusahalah untuk olahraga secara teratur untuk mencapai tujuan ini.

Di samping tips-tips gaya hidup di atas, Anda juga dianjurkan untuk mendapat perawatan yang tepat jika memiliki masalah jantung lain atau kondisi lain yang terkait. Ikutilah saran perawatan sesuai saran dokter, misalnya dengan mengonsumsi obat statin untuk kolesterol tinggi sesuai resep.

Herbal untuk Membantu Menjaga Kesehatan Jantung


Herbal yang direkomendasikan banyak orang untuk menjaga kesehatan jantung ialah Noni juice. Sebagaimana telah diulas, penyebab gagal jantung biasanya adalah masalah kesehatan yang memengaruhi jantung, dan itu sedikit-banyak berhubungan kondisi pembuluh darah jantung.

Noni juice punya khasiat untuk membersihkan, melebarkan, serta melenturkan pembuluh darah yang mengalami penyumbatan atau penyempitan.

Dengan begitu pembuluh darah akan menjadi lentur dan lancar aliran darahnya sehingga tekanan darah kembali normal dan meringankan kerja jantung untuk memompa darah.

Herbal Noni juice juga direkomendasikan karena terbukti sanggup memulihkan masalah-masalah kesehatan jantung seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Bagi penderita darah tinggi, Noni menurunkan dan menstabilkan tekanan darah mereka. Bagi penderita kolesterol tinggi, Noni mengurangi kadar kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat) mereka.

Jika ingin mencari tahu lebih lanjut manfaat Noni juice bagi jantung, silakan baca di artikel ini: Noni Juice sebagai Herbal Penyakit Jantung.

Bagaimana Pengobatan Gagal Jantung?

Pengobatan gagal jantung biasanya berfokus pada upaya untuk mengendalikan gejala-gejala yang dialami serta untuk memperlambat perkembangan kondisi ini. Pengobatan gagal jantung atau perawatan yang disarankan dokter biasanya:

  • Penyesuaian gaya hidup: termasuk mengonsumsi lebih banyak makanan sehat, olahraga secara teratur, dan berhenti merokok.
  • Konsumsi obat: ada beberapa jenis obat yang dapat membantu; biasanya seorang penderita diresepkan 2 – 3 jenis obat berbeda.
  • Alat medis yang ditanamkan dalam dada: alat ini untuk mengontrol irama jantung penderita.
  • Operasi: contohnya operasi bypass jantung atau transplantasi (cangkok) jantung.

Pengobatan gagal jantung sering kali harus dilakukan pasien seumur hidupnya. Jika penyebab gagal jantung adalah masalah kesehatan yang dapat disembuhkan, ada kemungkinan pasien akan sembuh juga dari gagal jantung. Misalnya jika penyebabnya kerusakan pada katup jantung, maka mengganti atau memperbaikinya bisa menyembuhkan kondisi tersebut.

Tips untuk Menjaga Kesehatan Jantung yang Sudah Rusak


Bagaimana jika Anda sudah terlanjur mengalami kondisi ini? Adakah tips untuk membantu menjaga kondisi kesehatan jantung yang sudah rusak? Berikut beberapa hal yang sering disarankan dokter selain menyesuaikan gaya hidup:

  • Pantau gejala-gejala yang dialami: kondisi ini bertambah buruk seiring waktu, jadi Anda harus terbiasa dengan perubahan pada tubuh Anda. Beberapa diantaranya dapat diatasi dengan obat-obatan. Menimbang berat badan adalah satu cara termudah untuk memantau retensi (penumpukan) cairan, yang dicirikan dengan kenaikan berat badan tiba-tiba. Pembengkakan di kaki juga bisa menjadi ciri penumpukan cairan.
  • Pantau kesehatan: pantau tekanan darah, berat badan, dan tanda-tanda vital lain sesuai anjuran dokter. Selesaikan pemeriksaan laboratorium sesuai yang disarankan, karena ini memberikan petunjuk kunci untuk kesehatan jantung dan kebutuhan pengobatan Anda. Vaksin untuk flu dan pneumonia dapat membantu mencegah infeksi yang akan sangat memengaruhi paru-paru Anda.
  • Tetaplah bersikap positif: rasa cemas dapat membuat Anda stres yang tentunya akan membebani kesehatna jantung. Cobalah cari pelepasan stres, misalnya dengan melakukan hobi yang santai atau cobalah cari sahabat untuk mencurahkan kecemasan Anda.
  • Jangan malu bertanya kepada dokter: tergantung pada tahap gagal jantung yang diderita, dokter akan memberikan saran-saran yang berbeda tentang berbagai aspek kehidupan, misalnya tentang pekerjaan, olahraga, dan seks.

Memang mengalami kondisi ini dapat sangat memengaruhi kemampuan Anda dalam berbagai bidang kehidupan. Malahan ini bisa berakibat fatal jika tidak diatasi dengan baik. Akan tetapi apabila Anda mengikuti saran-saran perawatan dari dokter, berupaya mengatasi atau mengendalikan penyebabnya, dan menyesuaikan gaya hidup, Anda bisa tetap menikmati hidup.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang penyebab, gejala, pencegahan, dan pengobatan gagal jantung. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk lebih peduli dengan kesehatan pribadi dan keluarga. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Heart Attack and Stroke Symptoms. What is Heart Failure?. URL: https://www.heart.org/en/health-topics/heart-failure/what-is-heart-failure

NHS. Heart failure. URL: https://www.nhs.uk/conditions/heart-failure/

Johns Hopkins Medicine. Congestive Heart Failure: Prevention, Treatment and Research. URL: https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/congestive-heart-failure-prevention-treatment-and-research

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.