18 Kondisi pada Kaki Anda Ini Bisa Jadi Tanda Bahaya Lho! (3)

622
biorevive.com

Diedit:

Sebagaimana sudah kami jelaskan dalam artikel bagian pertama dan kedua, kondisi kaki Anda bisa menjadi cerminan akan kondisi kesehatan tubuh Anda secara general. Maka kami akan melanjutkan ulasan mengenai beberapa kondisi kesehatan kaki yang bisa menjadi sinyal awal tanda bahaya akan adanya masalah kesehatan pada tubuh Anda sebagaimana dijelaskan dalam caring.com.

Apa saja keluhan pada kaki yang patut untuk Anda waspadai? Berikut ini adalah bagian terakhir dari daftar keluhan kesehatan pada kaki yang bisa menjadi tanda awal adanya masalah pada kesehatan Anda secara general.

Kuku yang berlubang

Pada kasus arthritis psioriosis, kadang keluhan pada persendian bisa berkembang pula area permukaan kaki dan biasanya akan pertama kali dengan mudah Anda kenali pada area kuku. Kuku akan tampak kering, kadang sedikitpecah-pecah dengan permukaan menebal dan berwarna kekuningan atau kecoklatan pucat.

Kerusakan akan berkembang lebih jauh hingga terbentuk semacam tanda pada kuku yang bisa berubah menjadi cekungan,pembengkakan dan kadang lubang seperti bekas tusukan jarum yang membuat kuku seperti membentuk cekungan tajam. Pada area sekitar lubang di kuku akan tampak kuku seperti berkerak.

Pada dasarnya Anda bisa mengatasi keluhan arthritis psioriosis ini bila keluhan belum berkembang terlalu buruk. Sedang bila kerusakan kuku sudah berkembang terlalu jauh, biasanya kerusakan akan bersifat permanen.

Kesulitan mengangkat sisi jari ke atas

Keluhan yang juga dikenal dengan foot drop ini ditandai dengan kondisi dimana pasien kesulitan untuk mengangkat telapak kaki menekuk ke atas. Karena kondisi ini pasien biasanya akan kesulitan untuk berjala, sehingga untuk berjalan pasien akan mengangkat lutut lebih tinggi atau mengayunkan kaki lebih kuat. Pada dasarnya masalah terjadi pada pelemahan titik otot yang bekerja pada area tungkai kaki sebagaimana dijelaskan dalam webmd.com.

Sejumlah keluhan semacam ini biasa berkaitan dengan kerusakan sistem saraf. Bisa dikaitkan dengan masalah diabetes, kerusakan saraf,efek cidera otot, pembentukan tumor pada area tungkai atau tulang juga bisa karena pengaruh dari kemoterapi. Keluhan lain yang juga bisa berkaitan dengan kondisi ini adalah masalah saraf terjepit pada area tulang ekor dan tulang belakang.

Keluhan ini pada dasarnya dapat diatasi dengan terapi yang disesuaikan dengan penyebab. Beberapa terapi standar yang bisa diberikan antara lain dengan memberikan fisioterapi khusus, penggunaan perangkat sepatu ortodontik, dan sejumlah perangkat penyangga yang ditanamkan pada area tulang untuk mendukung tulang dan otot yang melemah. Tentu saja dengan tetap memperhatikan sejumlah pola diet bila memang pasien mengalami kerusakan otot karena efek diabetes.

Kulit kaki yang kering dan bersisik

Kulit pada permukaan telapak kaki adalah bagian yang paling rentan menjadi kering, bersisik bahkan retak-retak. Kadang masalah ini hanya berkaitan dengan hidrasi kulit yang tidak optimal atau  masalah sirkulasi darah yang menyebabkan kulit pada telapak kaki tidak mendapatkan nutrisi dengan maksimal. Juga karena masalah pola asupan nutrisi yang tidak memenuhi kebutuhan nutrisi.

Hanya saja, kadang kerusakan pada permukaan telapak kaki juga berkaitan dengan masalah jamur, infeksi pada permukaan kulit. Ini bisa pula berkaitan dengan ketidakseimbangan hormonal yang akan mengganggu kemampuan tubuh menghidrasi permukaan kulit. Juga bisa berkaitan dengan masalah diabetes yang membuat seseorang menjadi rentan mengalami infeksi jamur.

Baca juga:  Kebahagiaan Adalah Kunci Untuk Mendapatkan Kesehatan

Rawat kulit yang tampak bersisik dan retak-retak dengan menggunakan pelembab yang berkemampuan hidrasi ekstra. Ini akan membantu memperbaiki permukaan kulit telapak kaki dengan efektif. Beberapa pilihan minyak essensial seperti minyak zaitun juga tepat untuk terapikulit yang kering seperti ini.

Lanjutkan dengan memperbaiki asupan makanan Anda dengan menambahkan lebih banyak sayur dan buah yang baik untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Anda juga sebaiknya memeriksakan diri, bila Anda mungkin menderita diabetes atau masalah ketidak seimbangan hormonal.

Kulit telapak kaki yang berubah kebiruan

Pada penderita penyakit Raynaud, pasien bisa mengalami kondisi kaki yang menjadi pucat kemudian menjadi lebam dan kebiruan. Setelahnya telapak kaki akan berubah menjadi kemerahan untuk kemudian kembali pada rona alaminya. Situasi kaki dengan tiga warna inilah yang menjadi khas dari penderita penyakit Raynaud.

Kondisi ini berkaitan dengan keluhan pada kerusakan pada sistem pembuluh darah. Pembuluh darah terus membentuk sirkulasi darah yang tidak normal hingga kerapkali darah terendap sesaat kemudian kembali berjalan lancar, situasi ini disebut dengan vasospasme. Hal ini dijelaskan pada laman mengenai Raynaud Disease pada mayoclinic.org.

Penyakit ini sangat berkaitan dengan penurunan suhu lingkungan. Beberapa orang membentuk kondisi perubahan pada sistem sirkulasi darah ketika suhu ruangan menurun drastis. Kadang situasi perubahan warna juga terjadi pada telapak tangan, bibir dan hidung.

Meski beberapa kasus penyakit Raynaud terbukti berkaitan dengan autoimun, secara umum keluhan ini tidak berbahaya, hanya saja memberi efek tidak nyaman. Pasien biasanya cukup mengonsumsi terapi anti vasospasme dan terapi yang akan bekerja melebarkan pembuluh darah. Masalah akan memburuk pada mereka dengan kondisi arterosklerosis, keluhan emboli darah dan mereka yang beresiko membentuk pembekuan darah.

Nyeri pada saat berjalan

Kaki yang terasa nyeri saat digunakan untuk melangkah, disertai pula dengan rasa kaku serta efek tekanan yang dalam, bisa jadi Anda mungkin sedang mengalami keluhan osteopenia.  Osteopenia adalah keluhan yang berkaitan dengan penurunan densitas tulang yang juga bisa dikaitkan dengan keluhan kekurangan vitamin D dan kalsium.

Tak selamanya rasa sakit ini benar-benar berbahaya. Anda bisa saja kesakitan hanya karena menggunakan sepatu atau sandal yang salah. Atau bisa jadi masalah terletak pada otot yang terkilir. Selain tentu saja keluhan semacam inijuga bisa menjadi tanda akan terjadinya keluhan cedera tulang seperti patah dan retak.

Tetapi bila rasa nyeri ini terus datang dan pergi terus menerus, mungkin memang sudah saatnya Anda memeriksakan diri dengan lebih mendalam. Osteopenia sebenarnya masih sangat mungkin diatasi selama masih dalam taraf awal dan menengah. Kondisi tulang memang melemah tetapi belum mencapai level berat sebagaimana pada osteoporosis, sehingga sebenarnya dengan memperbaiki pola diet dan aktivitas sehari-hari keluhan bisa diatasi.

Pembengkakan pada sisi bawah kuku

Bila area sekitar kuku terutama pada kulit di sisi bawah kuku tampak membengkak dan menebal, sehingga membuat ruas akhir dari jari kaki tampak membesar dan tampak bulat, bisa jadi yang Anda alami adalah keluhan digital clubing. Keluhan ini sering pula terjadi pada buku jari terakhir dari telapak tangan Anda.

Baca juga:  18 Kondisi pada Kaki Anda Ini Bisa Jadi Tanda Bahaya Lho! (2)

Keluhan ini bisa dikaitkan dengan keluhan pada paru-paru, tumor dan cancer, juga masalah pada keluhan pencernaan dan liver. Biasanya penebalan area ruas jari terakhir pada tangan dan kaki ini berkaitan dengan berkurangnya suplai oksigen sehingga melebarkan pembuluh darah pada ujung-ujung tangan dan kaki.

Menurut ulasan Official Publication of Indian Chest Society tahun 2012, keluhan digital clubing ini pada dasarnya hanya bisa diatasi bila pembengkakan masih dalam tahap awal. Konsentrasi terapi justru diarahkan pada penyebab keluhan terjadi seperti pada paru-paru atau liver.

Rasa sakit menusuk pada tumit

Keluhan nyeri menusuk pada area tumit kadang bisa menjadi penanda akan adanya penyakit Plantar fasciitis. Penyakit ini merupakan sebuah kondisi autoimun yang memicu peradangan pada area jaringan ikat pada sisi bawah telapak kaki. Rasa sakit sangat mungkin datang sewaktu-waktu namun lebih sering muncul di saat pagi hari.

Keluhan penyakit ini pada umumnya terjadi pada usia menengah di atas 40 tahun, namun kadang juga muncul pada mereka di usia lebih muda terutama pada mereka yang terbiasa beraktivitas dengan berjalan dan berdiri lama. Mereka yang sering menggunakan sepatu berhak tinggi juga akan mengeluhkan nyeri yang sama.

Tetapi beberapa kasus obesitas akan memudahkan seseorang mengalami keluhan Plantar fasciitis. Sedang keluhan diabetes akan membuat jaringan ikat menjadi lebih rentan mengalami kerusakan dan peradangan.

Secara umum keluhan Plantar fasciitis diatasi dengan sejumlah fisioterapi ringan dan penggunaan perangkat penopang seperti decker. Rasa nyeri hebat bisa diatasi dengan mengosumsi ibuprofen sementara sebaiknya pasien mengistirahatkan area otot yang tengah terasa nyeri untuk mengurangi tekanan dan beban yang akan memperburuk kondisi kaki.

Kaki beraroma tidak enak

Kebanyakan kasus kaki yang beraroma tidak enak berkaitan erat dengan kaki yang terlalu lama terbungkus sepatu dalam keadaan berkeringat banyak. Biasanya keluhan ini terjadi pada mereka yang beraktivitas fisik cukup panjang seperti olahragawan. Hanya saja sebenarny keluhan kaki yang beraroma juga bisa terjadi pada mereka yang tidak beraktivitas fisik berlebihan. Biasanya masalah terbesar justru datang dari produksi keringat pada telapak kaki yang berlebihan.

Ada sejumlah peran hormonal, keseimbangan kadar lemak dalam tubuh dan stress yang bisa bekerja secara langsung mempengaruhi produksi keringat pada kaki. Sedang sejumlah kondisi seperti diabetes bisa pula memudahkan tubuh Anda terinfeksi jamur, termasuk jamur yang memicu terbentuknya aroma bau pada kaki.

Pada dasarnya,yang Anda perlu lakukan adalah rutin mencuci kaki dan tidak membiarkan kaki yang basar berkeringat tertutup rapat dalam sepatu. Anda bisa menambahkan cairananti histamin atau sejenis herbal yang mengandung aroma harum kuat dan efek anti bakekterial seperti mint akan membantu mempercepat proses.

Itulah beberapa macam keluhan kesehatan pada kaki yang akan menjadi refleksi dari kondisi kesehatan tubuh Anda. Apakah kaki Anda juga mengalami sejumlah keluhan sebagaimana sudah kami njelaskan dalam 3 artikel kami?