18 Kondisi pada Kaki Anda Ini Bisa Jadi Tanda Bahaya Lho! (1)


By Cindy Wijaya

Kaki Anda juga bisa memberikan sinyal tanda bahaya akan kesehatan tubuh Anda. Jadi jangan ragu untuk sekedar memperhatikan kondisi kaki Anda selama 10-20 detik. Dan pastikan kaki Anda terbebas dari 18 kondisi bahaya yang akan kita bahas kali ini.

Faktanya sejumlah pakar mengatakan kaki bisa menjadi cermin adanya masalah dalam tubuh Anda. Dan kondisi kaki juga bisa menjadi salah satu cara deteksi awal yang sederhana akan kemungkinan adanya masalah dalam tubuh Anda,termasuk diabetes dan masalah defisiensi nutrisi. Demikian menurut Jane Andersen, DPM, presiden dari American Association of Women Podiatrists and a spokeswoman for the American Podiatric Medical Association sebagaimana dikutip dari caring.com.

Resiko dari Masalah Kaki

Selain mencerminkan adanya masalah dalam kesehatan tubuh Anda. Mengabaikan begitu saja keluhan nyeri pada kaki akan menyebabkan masalah lain pada kesehatan Anda. Sebagian besar kasus nyeri pada kaki akan memicu pasien enggan bergerak dan aktif secara fisik. Meski terkesan remeh, kondisi ini dapat memicu pasien lebih mudah mengalami keluhan obesitas dan kenaikan kadar gula darah.

Dan sebagaimana disampaikan di atas, sejumlah kondisi pada kaki bisa menjadi cermin dari kesehatan tubuh Anda. Berikut ini adalah bagian pertama dari daftar 17 masalah pada kaki yang bisa menjadi sinya tanda bahaya akan kesehatan tubuh Anda.

Kuku cekung seperti permukaan sendok

Seharusnya kuku kaki sama baiknya dengan kuku tangan, dengan bentuk cembung dan lengkung yang tepat mengikuti bentuk jari dan warna merah muda yang samar tetapi tampak segar. Namun kadang Anda menjumpai kuku kaki terlihat cekung dan membentuk lekukan menyerupai sendok yang ceper.

Biasanya masalah kuku yang cekung berkaitan dengan keluhan anemia. Anda bisa semakin yakin bila Anda kemungkinan mengalami masalah anemia bila Anda juga menjumpai kuku Anda tampak kusam, pucat dan rapuh. Anda juga lazimnya mengeluhkan efek pening, lemah dan mudah lelah. Kadang Anda mengalami efek kunang-kunang ketika berdiri mendadak atau terlalu lelah.

Masalah semacam ini secara umum bisa diatasi dengan menambahkan asupan makanan kaya zat besi dalam diet. Anda bisa pula menambahkan asupan suplemen zat besi. Tetapi bila terapi ini tampak tidak banyak memberi hasil ada baiknya Anda memeriksakan diri, Anda bisa saja mengalami masalah kelainan darah seperti  talasemia dan beberapa kondisi kelainan darah lain.

Kaki tanpa bulu

Banyak wanita merasa kakinya terlihat lebih indah bila bebas bulu, bahkan demi itu mereka rela melakukan berbagai perawatan demi menyingkirkan bulu dari kaki mereka. Sementara sebenarnya bagi sebagian orang, bulu kaki justru kondisi alami tubuh yang menandakan  aliran darah menuju kaki berjalan lancar.

Bagi Anda yang sebelumnya memiliki bulu kaki, dan mendadak kehilangan bulu kaki disertai dengan efek permukaan kulit kaki yang terlihat pucat, berkilat dan kadang disertai pula dengan efek kebas, bisa jadi Anda justru sedang bermasalah dengan kondisi aliran darah yang tidak lancar. Kadang hal semacam ini bisa berkaitan dengan masalah jantung dan kesehatan pembuluh darah.

Tapi tak selamanya demikian, sejumlah perubahan hormonal kadang juga menyebabkan seseorang kehilangan bulu kaki. Beberapa wanita hamil mengeluhkan masalah semacam ini dan kembali mengalami penumbuhan bulu kaki beberapa bulan pasca persalinan.

Bila terbukti Anda memang sedang mengalami masalah dengan sirkulasi darah, jelas Anda perlu melakukn tindakan lebih intensif. Selain terapi dengan pengobatan, Anda perlu mengatur pola makan rendah kolesterol, memperbaiki nutrisi yang Anda asup dengan menambahkan asupan buah dan sayuran yang baik untuk sirkulasi darah, termasuk di antaranya dengan Noni juice.

Kaki sering kram

Kram memang biasa datang ketika Anda beraktivitas fisik yang berlebihan sehingga terjadi tekanan tertentu pada otot dengan berlebihan. Atau ketika otot Anda belum cukup siap menjalani aktivitas fisik berat karena kurang pemanasan. Kadang keluhan kram otot bisa terjadi akibat efek dehidrasi.

Pada dasarnya kram adalah reaksi normal tubuh Anda ketika tekanan terhadap otot melebihi daya tahan otot itu sendiri. Pemanasan sendiri akan membantu otot Anda terlumasi dengan baik sehingga lebih tahan terhadap tekanan.

Namun bila Anda terlalu sering mengalami serangan kram,Anda patut waspada. Bisa jadi ada masalah dengan asupan nutrisi dalam menu harian Anda. Beberapa kasus defisiasi nutrisi seperti vitamin B, kalsium,magnesium dan kalium.

Masalahnya, untuk membentuk pelumas bagi otot, tubuh Anda membutuhkan sejumlah komponen nutrisi. Dan ketika tubuh Anda tak memiliki cukup vitamin B, kalsium, magnesium dan kalium dalam tubuh, maka otot akan mengalami penurunan ketahanan sehingga lebih rentan mengalami kram.

Anda hanya perlu memperbaiki asupan Anda dan menjaga keseimbangan nutrisi dalam menu harian Anda. Tingkatkan asupan makanan yang kaya akan vitamin B, kalium, magnesium dan kalsium. Pastikan pula untuk selalu memulai aktivitas fisik dengan pemanasan yang memadai untuk mengurangi resiko kram. Hindari pula aktivitas fisik dan peregangan mendadak seketika disaat bangun tidur dan ketika udara dingin. Kondisi ini juga bisa memicu terjadinya kram.

Luka di kaki sulit hilang

Bila Anda mengalami luka di area kaki tetapi tidak menyadarinya sampai luka tiba-tiba sudah memburuk. Sedang Anda juga mengalami kesulitan untuk mengeringkan dan menyembuhkan luka, bisa jadi Anda saat ini sedang mengalami masalah diabetes.

Hiperglikemia dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan pada saraf yang menyebabkan Anda kesulitan untuk merasakan luka kecil yang terbentuk pada kaki. Di sisi lain hiperglikemia juga akan menyebabkan luka lebih sulit untuk sembuh.

Tentu saja Anda perlu pula memperhatikan bilamana Anda juga mengeluhkan gejala diabetes lain seperti kerap haus, kerap Buang Air Kecil, kerap merasa lemas dan mudah lelah, mudah lapar dan sejumlah keluhan diabetes lainnya.

Tentu saja bila yang Anda alami adalah diabetes, maka Anda akan membutuhkan terapi diabetes dan menjalankan diet khusus rendah gula untuk menjaga kadar normal gula darah dalam tubuh. Anda juga mungkin akan membutuhkan perawatan intensif untuk membantu mempercepat penyembuhan luka sebelum berkembang menjadi infeksi.

Kaki yang dingin

Wanita cenderung lebih mudah mengalami masalah dengan kaki mereka yang ketik tersentuh terasa dingin. Metabolisme mereka cenderung memungkinkan kaki mereka terpengaruh dengan lebih cepat oleh suhu dalam lingkungan dan temperatur tubuh, sehingga ketika udara bersuhu rendah kaki mereka juga turut menjadi dingin.

Namun kalau masalah kaki yang dingin ini terjadi setiap hari, Anda sebaiknya waspada. Sejumlah kasus hipotiroid pada wanita disertai dengan keluhan kaki yang dingin setiap waktu. Kelenjar tiroid bekerja dalam mengatur temperatur tubuh, dan sebagaimana disampaikan kaki wanita cenderung cepat sekali terpengaruh oleh perubahan suhu, maka kaki wanita juga akan dengan cepat menjadi dingin ketika masalah tiroid terjadi.

Anda dengan masalah hipotiroid biasanya juga akan mengeluhkan masalah tubuh yang mudah lemas, kulit yang kering,penambahan berat badan, depresi dan sejumlah keluhan lainnya. Kadang yang menjadi masalah, Anda bisa jadi lebih cepat mengatasi kasus hipotiroid yang Anda alami daripada keluhan kaki dingin. Keluhan suhu rendah pada kaki bisa berlangsung lebih lama dari yang Anda perkirakan.

Masih ada 13 lagi masalah pada kaki yang akan membantu Anda menyadari lebih awal akan adanya masalah kesehatan pada tubuh Anda. Anda bisa mendapatkan lanjutan mengenai 18 masalah pada kaki yang bisa menjadi sinyal bahaya kesehatan Anda berikutnya dalam ulasan selanjutnya di artikel bagian kedua.

Mendeteksi lebih awal keluhan kesehatan pada tubuh Anda akan membantu Anda mengatasi masalah dengan lebih cepat dan mencegah penyakit berkembang pada taraf yang lebih serius.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}