18 Kondisi pada Kaki Anda Ini Bisa Jadi Tanda Bahaya Lho! (2)


By Cindy Wijaya

Pada kesempatan sebelumnya kami telah mengulas mengenai 5 bagian pertama dari 18 kondisi pada kaki yang bisa menjadi sinyal adanya masalah kesehatan pada tubuh Anda. Kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tersebut dalam bagian kedua dari daftar tersebut.

Kadang, sejumlah keluhan kecil seperti perubahan pada bentuk dan tampilan kuku, rasa nyeri ringan pada satu titik pada bagian kaki atau perubahan pada permukaan kulit kaki bisa menjadi sebuah tanda bahaya akan adanya penyakit yang cukup serius. Itu sebabnya seringkali keberadaan tanda-tanda tersebut dengan mudah luput dari pengamatan.

Untuk itu penting bagi Anda mengenali dengan baik apa saja kondisi-kondisi kaki yang perlu Anda waspadai. Ini akan membantu Anda mengenali keluhan kesehatan sejak dini dan memudahkan pula bagi Anda dalam menangani masalah. Dan adapun bagian kedua dari daftar 18 kondisi kaki yang bisa menjadi tanda bahaya akan adanya keluhan kesehatan pada tubuh Anda sebagaimana kami sadur dari caring.com adalah sebagai berikut.

Kuku kuning, kusam dan menebal

Pada bahasan sebelumnya kami sempat menjelaskan bagaimana seharusnya kuku kaki yang sehat, dimana kuku seharusnya tampak bersih dengan warna merah muda lembut. Permukaan kuku tampak halus dengan bentuk cembung mengikuti lekuk jari.

Namun pada beberapa orang, penampakan kuku sama sekali tidak terlihat menarik dan sehat. Kuku terlihat kuning dengan permukaan yang terkesan kusam dan tidak berkilap alami. Kadang kuku tampak bernoda kecoklatan dengan beberapa bagian yang seolah menebal. Pada kondisi kuku semacam ini Anda mungkin justru sedang mengalami masalah dengan jamur pada kuku.

Yang menjadi masalah jamur pada kuku kadang tak banyak mendapatkan perhatian kerap kali hanya diabaikan begitu saja. Padahal ternyata mudahnya seseorang mengalami kerusakan kuku karena serangan infeksi jamur bisa menjadi tanda adanya masalah pada kesehatan Anda.  Beberapa isu seperti diabetes, masalah sirkulasi darah, defisiasi nutrisi dan sejumlah keluhan yang berkaitan dengan daya tahan tubuh bisa jadi tengah mengancam tubuh Anda, bahkan tanpa Anda sadari.

Anda bisa atasi masalah dengan melakukan perawatan kaki menggunakan bahan antifungal dan sejumlah terapi pelembut kuku. Tetapi bila kerusakan kuku tampak lebih masif dan merata pada seluruh kuku kaki, sebaiknya coba lakukan pemeriksaan dengan lebih mendalam. Mungkin masalah Anda lebih kompleks dari sekedar higienitas kuku dan Anda memerlukan terapi intensif untuk mengatasi keluhan dengan lebih tuntas.

Kaki membengkak

Masalah kaki membengkak memang jelas merupakan sinyal lain yang perlu Anda waspadai. Kaki Anda bengkak karena sejumlah kasus penyebab, salah satunya karena masalah asam urat dan reumatik.

Pada banyak kasus reumatik dan asam urat, terjadi pembengkakan pada satu area kaki yang cukup menyakitkan. Pembengkakan terjadi akibat terbentuknya inflamasi pada area sendi dan otot. Biasanya pembengkakan terjadi di area buku jari, tumit, tepi telapak kaki. Pembengkakan akan tampak berkilap pada permukaan dengan rona merah kadang sedikit keunguan, tampak keras dan menonjol.

Masalah kaki membengkak juga bisa menjadi tanda adanya keluhan pada ginjal. Ginjal bekerja dalam membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Ketika fungsi ginjal dalam membuang kelebihan air dalam tubuh tidak bekerja dengan optimal, sejumlah cairan yang seharusnya sudah terbuang malah terendap dalam tubuh, dan sebagian akan terhimpun dalam kaki.

Cairan ini menyebabkan kaki Anda membengkak dan sulit digerakan. Bila pada kasus reumatik dan asam urat kaki akan terasa sangat sakit dengan bengkak yang keras dan menonjol. Maka pada kasus pembengkakan kaki karena ginjal akan menunjukan bengkakan yang lebih merata, lebih lunak dan bingkas alias ketika ditekan akan membentuk cekungan dan akan membutuhkan waktu untuk bisa kembali merata.

Pada kasus arthritis, baik itu asam urat maupun reumatik, Anda perlu melakukan terapi khusus yang membantu Anda meredakan nyeri dan keluhan inflamasi. Anda juga akan memerlukan sejumlah diet untuk membantu Anda menormalkan kadar asam urat dalam tubuh.

Sedang pada kasus ginjal, sebaiknya Anda melakukan pengecekan untuk memastikan terapi yang tepat terkait dengan kondisi ginjal yang Anda alami. Pasien bisa saja mengalami keluhan sindrom nefrotik, batu ginjal atau keluhan peradangan pada ginjal.

Kebas pada kaki

Sesekali seseorang bisa mengeluhkan rasa kebas dan kesemutan pada kaki. Tetapi bila terjadi terlalu sering, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri. Bisa jadi Anda mengalami masalah defisiasi vitamin B, kalium, kalsium dan magnesium.Keluhan kesemutan yang terlalu sering memiliki kedekatan dengan keluhan kram.

Namun, kadang masalah bisa menjadi lebih serius dari sekedar kekurangan nutrisi. Anda mungkin tengah mengalami keluhan saraf yang kemudian dikenal dengan kondisi Peripheral neuropathy. Kondisi ini terjadi ketika sistem saraf yang menyambungkan antara sistem saraf pusat di otak dengan saraf tepi tidak bekerja dengan baik. Kondisi ini bisa dikaitkan dengan keluhan diabetes, overdosis alkohol dan efek dari kemoterapi.

Pada kondisi yang lebih serius, pasien akan mengeluhkan rasa menggelitik dan panas pada area kaki dan tangan. Juga kerap kali merasa seolah permukaan tangan dan kaki terasa tebal seperti mengenakan sarung tangan. Sejumlah terapi stimulan saraf akan diperlukan untuk membantu Anda meredakan gejala. Tetapi pada kondisi tingkat lanjut, kondisi semacam ini cukup sulit diatasi.

Nyeri menusuk pada tumit dan jari

Nyeri pada tumit dan jari kaki adalah salah satu gejala munculnya keluhan reumatik arthritis. Rasanya bisa cukup menyiksa, meskipun belum muncul adanya pembengkakan dan peradangan sama sekali. Keluhan akan menyerupai rasa nyeri ketika tumit kaki menginjak batu tajam. Beberapa orang bisa jadi mengeluhkan rasa nyeri pula di area lutut dan pergelangan kaki.

Pada dasarnya keluhan reumatik memang kerap kali berawal dari keluhan pada satu bagian kecil dari sendi. Kadang hanya diawali oleh rasa linu dan perasaan menusuk yang ringan. Ada keluhan seolah kaki terasa dingin dan menggelitik di sudut dalam sendi-sendi kecil. Dan pada umumnya keluhan akan terjadi secara simetris,pada titik yang sama di kanan dan kiri. Keluhan semacam ini cenderung lebih mungkin terjadi pada wanita sekitar 4 kali lebih tinggi dari pada kaum pria.

Reumatik arthritis bukan penyakit yang bisa Anda pandang sepele. Bila diabaikan kondisi inflamasi bisa menjadi sangat buruk, pembengkakan akan terbentuk dan kerusakan bisa menjadi permanen. Bila keluhan terdeteksi lebih awal, Anda bisa melakukan sejumlah terapi dan pengobatan yang akan membantu meredakan keluhan dengan efektif. Gunakan terapi anti inflamasi ditahap awal untuk meredakan nyeri dan kerusakan pada sendi.

Rasa dingin pada sendi dan tulang

Muncul rasa dingin yang sedikit menggelitik dan sedikit linu yang dalam pada area lutut, paha bawah dan tulang kering kaki, bisa jadi masalah Anda terletak pada kualitas area sendi kaki Anda yang mulai berkurang.  Hal ini patut Anda curigai terutama bila Anda tetap merasakan efek yang sama pada kaki meski suhu udara sedang panas dan merasakan keluhan menjadi semakin buruk ketika suhu udara menurun.

Di antara sela pertemuan dua tulang sebenarnya terdapat area sendi dan tulang rawan. Tubuh Anda membutuhkan sejumlah komponen penting seperti chondroitin, glucosamine dan cartilage untuk menjaga kualitas area persendian dan tulang rawan Anda tetap baik.

Persendian dan tulang rawan berfungsi sebagai pelindung tulang dari benturan. Bila kualitas persendian dan tulang rawan menurun, maka pergesekan antara tulang mungkin akan membentuk fraksi yang memunculkan rasa linu dan geli yang terasa dalam.

Kadang keluhan juga bisa terjadi karena komposisi tulang yang tak lagi serapat sebelumnya. Ini memicu munculnya rasa dingin yang menggelitik pada area tulang. Biasanya keluhan terjadi pada area tulang kering.

Sebaiknya konsumsi makanan yang kaya kandungan kolagen, chondroitin, glucosamine dan cartilage yang akan membantu menutrisi ulang tulang rawan dan area persendian Anda. Asup pula sumber makanan yang kaya kalsium, fosfor dan magnesium untuk membantu meningkatkan kualitas tulang.

Itulah bagian kedua dari daftar 18 kondisi kesehatan kaki yang bisa dikaitkan dengan sejumlah keluhan kesehatan yang serius. Memahami kondisi-kondisi di atas akan membantu Anda untuk tidak abai atas gejala-gejala kecil pada kaki Anda yang merujuk sebagai tanda bahaya. Simak juga 8 kondisi kesehatan kaki selanjut di artikel bagian terakhir.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}