Tekanan Darah Tinggi Bisa Mengakibatkan Gagal Ginjal!

508
today.com

Diedit:

Tahukah Anda bahwa tekanan darah tinggi adalah penyebab utama dari penyakit gagal ginjal? Darah tinggi yang boleh dibilang penyakit sejuta umat, tak disangka bisa berujung pada penyakit fatal semacam gagal ginjal bila dibiarkan.

Ginjal dan sistem peredaran darah Anda saling bergantung satu sama lain demi menjaga kesehatan tubuh. Singkatnya, ginjal membantu menyaring limbah serta cairan ekstra dari darah, dan ginjal menggunakan banyak sekali pembuluh darah untuk melakukan fungsi tersebut.

Bagaimana bisa tekanan darah tinggi memengaruhi fungsi dari ginjal tersebut, bahkan sampai menyebabkan gagal ginjal? Untuk memahami kaitan antara tekanan darah dengan ginjal, mari kita pahami dulu mengenai tekanan darah tinggi serta fungsi ginjal.

Apa Itu Tekanan Darah Tinggi?

Tekanan darah adalah kekuatan darah menekan dinding pembuluh darah seraya jantung memompa darah. Tekanan darah tinggi (hipertensi) akan terjadi jika kekuatan darah tersebut meningkat.

Dan beberapa hal yang dapat meningkatkannya antara lain karena kelebihan jumlah darah karena kelebihan jumlah air di dalamnya, atau karena pembuluh darah yang menyempit, menjadi kaku, atau tersumbat.

Jika Anda periksa tekanan darah, biasanya hasil tes dituliskan dengan 2 nomor yang dipisahkan oleh garis miring, contohnya 120/80. Angka di atas dinamakan tekanan sistolik dan menunjukkan tekanan seraya jantung berdetak serta memompa darah melalui pembuluh-pembuluh darah. Angka di bawah dinamakan tekanan diastolik dan menunjukkan tekanan seraya pembuluh-pembuluh darah rileks di antara detak jantung.

Sebagian besar orang yang sehat dinyatakan memiliki tekanan darah normal bila angkanya tak lebih dari 120/80. Seseorang dinyatakan memiliki kondisi pra hipertensi (di atas normal tetapi belum hipertensi) bila angka di atasnya 120 sampai 139 dan angka di bawahnya 80 sampai 89. Sedangkan tekanan darah tinggi adalah jika angka di atas mencapai 140 atau lebih dan di bawahnya 90 atau lebih.

Baca juga:  Langkah Efektif Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Apa Itu Ginjal dan Bagaimana Fungsinya?

Ginjal adalah 2 organ kembar yang berbentuk menyerupai kacang seukuran kepalan tangan. Mereka terletak tepat di bawah tulang rusuk, masing-masing di setiap sisi tulang belakang. Setiap hari, kedua ginjal ini menyaring sekitar 120 hingga 150 liter darah untuk menghasilkan sekitar 1 sampai 2 liter urin, yang terdiri dari limbah tubuh dan cairan ekstra.

Urin mengalir dari ginjal menuju ke kandung kemih melalui tabung yang disebut ureter, untuk kemudian ditampung dalam kandung kemih ini. Pada waktu kandung kemih dikosongkan, urin mengalir ke luar tubuh melalui tabung yang disebut uretra, terletak di bagian bawah kandung kemih.

Bagaimana Tekanan Darah Tinggi Memengaruhi Fungsi Ginjal?

Tekanan darah tinggi bisa merusak pembuluh-pembuluh darah di ginjal, mengurangi kemampuan kerja mereka. Jika kekuatan tekanan darah meningkat, pembuluh darah harus meregang supaya darah bisa lebih mudah mengalir.

Akhirnya, peregangan yang terpaksa ini meninggalkan bekas luka lalu melemahkan pembuluh-pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk yang ada di ginjal.

Jika pembuluh darah ginjal rusak, mereka mungkin akan berhenti membuang limbah-limbah serta cairan ekstra dari dalam tubuh. Cairan ekstra tersebut menetap di pembuluh darah dan kemudian dapat lebih meningkatkan tekanan darah, sehingga menciptakan lingkaran siklus yang berbahaya.

  • Pembuluh darah ginjal yang rusak tidak mampu menyaring darah dengan baik.
    Ginjal memiliki nefron-nefron kecil untuk menyaring darah. Setiap nefron menerima suplai darah melalui kapiler-kapiler pembuluh darah yang sehalus rambut. Jika pembuluh darah tersebut terluka/rusak, maka nefron tidak akan mendapat cukup oksigen dan nutrisi penting—pada akhirnya ginjal pun kehilangan kemampuannya untuk menyaring darah dan mengendalikan kadar cairan, hormon, asam, dan garam dalam tubuh.
  • Ginjal yang rusak tidak mampu mengendalikan tekanan darah.
    Ginjal sehat menghasilkan hormon yang disebut aldosteron untuk membantu tubuh mengendalikan tekanan darah. Jika ginjal mengalami kerusakan akibat tekanan darah tinggi, maka kemampuan menghasilkan hormon itu juga akan terganggu. Terciptalah lingkaran siklus berbahaya—semakin banyak pembuluh darah yang tersumbat dan berhenti berfungsi karena tekanan darah makin tak terkendali, lalu ginjal pun pada akhirnya mengalami kegagalan fungsi (gagal ginjal).
Menurut data dari DEPKES.GO.ID, tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah penyebab nomor satu gagal ginjal pada pasien yang mendapatkan hemodialisis. Kemudian diikuti oleh penyebab-penyebab lain seperti diabetes melitus, kelainan bawaan (glomerulopati primer), gangguan penyumbatan saluran kemih (nefropati obstruksi), asam urat, penyakit lupus, dan sebab-sebab lainnya.

Lindungi Ginjal Anda dengan Mengendalikan Tekanan Darah!

Cara terbaik untuk mencegah penyakit ginjal yang disebabkan oleh darah tinggi adalah dengan menurunkan tekanan darah. Ini mencakup mengambil langkah-langkah perubahan gaya hidup seperti: menerapkan pola makan sehat, aktif olahraga, menjaga berat badan sehat, berhenti merokok, serta mengurangi stres.

Baca juga:  Seputar Gejala Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan kerusakan pada ginjal, tidak soal apa yang menjadi penyebab penyakit ginjal. Karena itu, mereka yang mengidap penyakit ginjal harus berupaya menjaga tekanan darah mereka berada di bawah angka 140/90.

Dalam upaya menurunkan atau menstabilkan tekanan darah, beberapa orang memanfaatkan herbal yang sudah terbukti berkhasiat. Salah satu herbal yang sanggup mengendalikan tekanan darah adalah Noni Juice. Bahkan herbal ini bukan hanya efektif mengatasi darah tinggi, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah selalu stabil.

Dengan demikian, mereka yang mengupayakan gaya hidup sehat lalu menambah asupan Noni Juice, maka bukan tidak mungkin mereka akan terbebas dari ancaman penyakit akibat darah tinggi. Kami juga menganjurkan Anda untuk membaca artikel lain mengenai cara-cara ampuh menurunkan darah tinggi agar terhindar dari bahaya gagal ginjal. Silakan baca: Gaya Hidup Sehat, Cara Menurunkan Darah Tinggi yang Terbaik.

Advertisement
Alinesia