Cara Menurunkan Darah Tinggi

444
cara menurunkan darah tinggi

Diedit:

Cara menurunkan darah tinggi akan jauh lebih mudah dilakukan jika Anda mengetahui keadaan Anda sedini mungkin. Dokter menganjurkan setelah umur 18 tahun, pemeriksaan tekanan darah harus dilakukan setidaknya 2 tahun sekali, atau 6 bulan sekali jika sudah ada indikasi darah tinggi.

Artikel ini akan membantu untuk mengurangi rasa khawatir Anda terhadap penyakit darah tinggi. Karena kabar baiknya Anda bisa secara efektif mencegahnya dengan melakukan cara-cara dibawah ini. Berikut cara menurunkan darah tinggi yang bisa membantu Anda mengontrol tekanan darah.

Cara Menurunkan Darah Tinggi yang Ampuh

Jika tekanan darah Anda tinggi, berikut ini beberapa cara menurunkan darah tinggi yang bisa dilakukan. Perawatan untuk menurunkan darah tinggi ini terutama difokuskan pada perubahan gaya hidup karena memang inilah yang paling memengaruhi berapa angka pada alat tensi.

Stop Merokok

Jika Anda perokok, sesegera mungkin hentikan kebiasaan merokok Anda. Nikotin dalam rokok dapat meningkatkan detak jantung Anda, yang tentu saja berpengaruh pada peningkatan tekanan darah.

Rajin Olahraga

Penderita darah tinggi juga perlu berolahraga secara teratur. Olahraga yang dianjurkan cukup olahraga ringan, seperti jalan kaki atau jogging.

Orang yang kegemukan juga harus menurunkan berat badan dengan rajin olahraga, terlebih lagi mereka tak hanya rentan pada satu jenis penyakit seperti darah tinggi. Penyakit gula darah juga membayangi orang dengan berat badan yang berlebih.

Kurangi Garam

Hal lain, batasi asupan sodium yang terkandung dalam garam. Bagi beberapa penderita darah tinggi, sodium tak banyak berpengaruh pada kesehatan mereka, namun bagi sebagian besar penderita dianjurkan untuk membatasi konsumsi sodium karena berpotensi jadi penyebab darah tinggi.

Jadi, idealnya jangan tambahkan garam pada makanan Anda untuk antisipasi agar hal terburuk tak terjadi.

Berhenti Minum Beralkohol

Anda juga perlu menghentikan konsumsi alkohol jika minuman tersebut gemar Anda nikmati. Kenapa?

Sama halnya seperti sodium, beberapa orang yang minum banyak alkohol mengalami kenaikan tekanan darah yang drastis. Jika Anda tak bisa menghentikan kebiasaan minum alkohol, sebaiknya batasi satu gelas saja per hari untuk perempuan, dan dua gelas per hari untuk laki-laki.

Baca juga:  Penyebab Darah Tinggi

Jangan Stres

Tips lainnya, hindari stres. Stres juga bisa berakibat pada naiknya tekanan darah. Untuk mencegah efek stres ini, Anda bisa lakukan relaksasi secara rutin.

Pekerjaan yang padat dan lingkungan yang penuh tekanan mungkin tak bisa Anda hindari, maka Anda harus bekerja sama dengan baik dengan diri Anda sendiri. Stres dan tekanan harus bisa dikendalikan, dan cara yang paling baik adalah relaksasi.

Minum Obat Darah Tinggi

Mengonsumsi obat anti-hipertensi juga bisa membantu Anda mengendalikan tekanan darah. Ada beberapa jenis obat darah tinggi yang biasa diresepkan dokter pada penderita darah tinggi.

Tetapi, meminum obat ini bukannya tanpa risiko. Setiap jenis obat memiliki efek samping masing-masing, seperti pusing, mulut kering, konstipasi, bahkan depresi.

Pola Makan Sehat

Yang patut Anda perhatikan juga adalah menu harian Anda. Menu Anda harus meliputi makanan sehat yang kaya serat, magnesium, kalium, dan mineral. Sering kita dengar jika saat muda terlalu banyak makan enak, darah tinggi tak akan segan mendatangi Anda di masa tua, dan ini memang terbukti.

Faktanya, penderita darah tinggi sering kali adalah mereka yang jarang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Menu sehari-hari mereka adalah makanan berlemak yang tinggi kolesterol.

Hindari makanan kaleng dan berpengawet. Selain mengandung sodium tinggi, makanan ini menstimulasi naiknya tekanan darah Anda karena zat-zat adiktif yang ada di dalamnya.

Seperti yang sudah disinggung dalam urutan ke-6 cara menurunkan darah tinggi diatas, obat hipertensi kimiawi sering menimbulkan efek samping bagi kesehatan, terutama jika dikonsumsi jangka panjang. Oleh sebab itu, cukup banyak orang yang mencari solusi alternatif misalnya dengan pengobatan darah tinggi secara herbal. Kalau begitu, apakah ada herbal terbaik untuk dimanfaatkan sebagai obat darah tinggi?

Herbal yang Dianjurkan untuk Menurunkan Darah Tinggi

Meski ada yang suka mengonsumsi obat-obatan herbal, banyak pula yang menghindarinya. Pasalnya, obat-obatan herbal sering belum teruji secara klinis mampu menyembuhkan suatu penyakit. Nah, untuk menyiasati hal ini, Ada baiknya Anda mengonsumsi hanya obat herbal yang sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian dan terbukti secara klinis maupun empiris (pengalaman pengguna) mampu menurunkan darah tinggi.

Baca juga:  Buah Penurun Darah Tinggi

Selain itu, Anda harus meminum obat jenis ini dengan dosis yang tepat, agar tidak ada efek samping di masa mendatang. Bagi Anda yang mencari pengobatan hipertensi tanpa efek samping yang sering diakibatkan obat medis, maka kami menganjurkan menggunakan obat herbal.

Noni Juice Penurun Darah Tinggi Alami

Ada banyak herbal yang dapat Anda gunakan untuk mengendalikan tekanan darah. Namun yang paling direkomendasikan adalah Noni juice karena sudah terbukti mengatasi darah tinggi. Bahkan herbal Noni juice bukan hanya efektif sebagai cara menurunkan darah tinggi, tetapi juga efektif dalam menjaga tekanan darah selalu stabil.

Noni mengandung sejenis fitonutrien, yaitu scopoletin yang berfungsi untuk memperlebar dan melenturkan saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan atau penyumbatan. Disamping itu, scopoletin juga membersihkan endapan yang menjadi penyebab penyumbatan tersebut.

Jika pembuluh darah sudah lentur dan tidak tersumbat, tekanan darah bisa dinormalkan kembali dan kerja jantung untuk memompa darah jadi tidak begitu berat. Karenanya banyak penderita darah tinggi yang juga punya masalah jantung melaporkan bahwa sesak napas mereka berkurang tidak lama setelah meminum Noni juice.

Bila masalah penyumbatan pembuluh darah tidak segera ditanggulangi dengan baik, cepat atau lambat akan muncul berbagai penyakit dari yang ringan sampai berat. Seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), stroke, gangguan jantung, dan bahkan mengakibatkan kerusakan permanen pada otot-otot jantung sehingga tubuh akan selalu tidak mendapatkan suplai darah dan oksigen yang cukup.

Upayakan cara-cara menurunkan darah tinggi seperti di atas, kemudian tambahkan asupan herbal Noni juice. Bukan tidak mungkin Anda akan menikmati kesehatan yang optimal bahkan jarang sakit! Kami menganjurkan Anda untuk memperoleh keterangan lebih lanjut tentang obat darah tinggi alami ini yang sangat cocok untuk mengatasi hipertensi.

Advertisement
Alinesia