7 Buah yang Dapat Menurunkan Darah Tinggi

340
Buah yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Photo by Harshad Khandare on Unsplash

Tekanan darah tinggi adalah kondisi kesehatan yang dapat dikendalikan dengan cara yang alami. Salah satu cara alami untuk dapat menurunkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang punya efek penurun darah tinggi. Apa saja buah-buahan tersebut?

Dalam artikel ini kami akan membahas 7 jenis buah yang punya efek penurun darah tinggi dan sudah dibuktikan oleh para ahli. Agar informasi yang kami berikan tidak keliru, kami mengambil sumber dari situs web kesehatan yang bisa dipercaya. Anda bisa melihatnya pada akhir artikel di bagian “sumber referensi”.

Buah Noni

Noni, atau juga disebut mengkudu, merupakan buah lain yang dapat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Berbagai penelitian telah mengakui kemampuan buah noni sebagai penurun darah tinggi. Mereka mengungkapkan bahwa ada kemungkinan kemampuan itu breasal dari cara kerja noni dalam menghambat enzim-enzim ACE, mengikatkan diri serta menghambat reseptor-reseprot ATI dan AT2.

Cara kerja itu mirip dengan obat medis yang biasa diresepkan untuk darah tinggi, ACE inhibitor. Dengan cara kerja itu, noni sanggup membuat pembuluh darah jadi melebar, sehingga tekanannya berkurang dan bisa dinormalkan kembali.

Ini terbukti dalam sebuah pengujian terhadap pada penderita hipertensi yang diberikan sari buah noni (Noni juice) selama 1 bulan. Mereka semua mengalami penurunan tekanan darah. Sebelum pengujian, rata-rata tekanan darah mereka 144/83, namun setelah 1 bulan minum Noni juice, tekanan darah mereka menurun jadi rata-rata 132/76.

Bukan hanya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi, buah noni juga membantu mengatasi masalah-masalah kesehatan lain yang berkaitan. Contohnya aterosklerosis (penebalan dan penyempitan pembuluh arteri) gangguan jantung, stroke, kolesterol tinggi, dan kadar gula darah tinggi atau diabetes.

Buah Beri-berian

Buah beri-berian, seperti blueberry dan stroberi, mengandung senyawa flavonoid yang bernama antosianin. Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh kita.

Pernah dilakukan sebuah penelitian besar yang melibatkan lebih dari 34.000 orang penderita hipertensi. Para peneliti mendapati bahwa mereka yang mengonsumsi banyak antosianin—terutama dari blueberry dan stroberi—mengalami penurunan 8% risiko darah tinggi, dibandingkan dengan mereka yang sedikit mengonsumsi antosianin.

Kita bisa makan langsung buah ini sebagai camilan. Atau untuk menambah kelezatan buah beri-berian, kita bisa menikmatinya bersama oatmeal atau dijadikan campuran jus.

Buah Pisang

Buah pisang mengandung banyak kalium, mineral yang berperan penting untuk dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram kalium.

Menurut lembaga kesehatan American Heart Association, kalium berfungsi untuk mengurangi efek dari natrium dan menurunkan ketegangan pada dinding pembuluh darah.

Setiap orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi sebanyak 4.700 miligram kalium setiap hari. Untuk memenuhi kebutuhan kalium harian, selain pisang, makanan-makanan lain yang kaya akan kalium antara lain: alpukat, blewah, melon, jamur, ubi jalar, tomat, ikan tuna, dan polong-polongan.

Akan tetapi para penderita penyakit ginjal harus konsultasi dulu dengan dokter mengenai konsumsi kalium, karena bagi mereka terlalu banyak kalium bisa berbahaya.

Buah Kiwi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makan satu porsi buah kiwi setiap hari dapat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Para peneliti membandingkan efek penurun darah tinggi pada buah kiwi dan apel.

Mereka mendapati bahwa makan tiga buah kiwi setiap hari selama 8 minggu menghasilkan penurunan yang lebih signifikan pada tekanan darah sistolik dan diastolik, dibandingkan dengan makan satu apel setiap hari.

Mereka menduga bahwa zat bioaktif dalam buah kiwi lah yang menyebabkan efek penurun darah tinggi tersebut. Kiwi juga kaya akan vitamin C, yang secara signifikan dapat memperbaiki kondisi tekanan darah jika dikonsumsi sekitar 500 mg setiap hari selama sekitar 8 minggu.

Buah Semangka

Buah semangka mengandung zat asam amino bernama citrulline, yang dapat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Zat ini membantu tubuh memproduksi nitric oxide, molekul yang akan melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan kelenturan pembuluh-pembuluh arteri. Efek-efek ini membuat semangka dapat dikonsumsi sebagai penurun darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan orang dewasa yang obesitas dan punya kondisi hipertensi ringan, didapati bahwa mereka yang diberikan ekstrak semangka mengalami penurunan tekanan darah pada arteri di pergelangan kaki dan brakialis. Arteri brakialis adalah arteri utama di lengan atas.

Untuk memperbanyak asupan semangka harian, kita bisa menambahkan buah ini ke dalam campuran salad atau jus, atau dimakan langsung juga sudah enak.

Buah Delima

Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi 1 gelas jus buah delima setiap hari selama 28 hari dapat menurunkan tekanan darah tinggi untuk jangka waktu yang pendek. Para peneliti menghubungkan efek penurun darah tinggi ini dengan kandungan antioksidan pada buah delima.

Meskipun buah delima dapat dinikmati begitu saja, beberapa orang lebih suka jusnya. Jika ingin membeli jus delima yang sudah dikemas, periksalah label kemasannya untuk memastikan tidak ada tambahan gula atau pemanis buatan.

Buah Jeruk

Penelitian menemukan bahwa minum dua gelas jus buah jeruk setiap hari dapat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Efek penurun darah tinggi dari jus buah ini tampak cukup signifikan. Penurunan sebesar 6,9% pada tekanan darah sistolik dan sebesar 3,5% pada tekanan darah diastolik.

Kemungkinan efek ini dihasilkan oleh kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jeruk. Vitamin ini berguna untuk menurunkan tekanan darah. Jeruk juga mengandung kalium yang membantu mengendalikan tekanan darah.

Kesimpulan tentang Buah yang Dapat Menurunkan Darah Tinggi

Gaya hidup yang sehat, termasuk mengonsumsi buah-buahan, dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tujuh jenis buah-buahan yang punya efek penurun darah tinggi antara lain: buah noni, beri-berian, pisang, kiwi, semangka, delima, dan jeruk.

Selain mengonsumsi buah-buahan, kita juga dianjurkan untuk melakukan upaya-upaya lain, misalnya dengan memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat dan lebih aktif secara fisik. Dengan begitu, kondisi kesehatan kita secara keseluruhan juga ikut diperbaiki.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang 7 jenis buah yang dapat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Semoga informasi ini berguna terutama bagi Anda yang sedang berupaya mengendalikan hipertensi dengan cara yang alami. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar penanganan darah tinggi hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Medical News Today. Fifteen good foods for high blood pressure. Reviewed: 2020-01-02. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/322284. Accessed: 2020-04-13

Palu, Afa Kehaati, dkk. (2008). The Effects of Morinda citrifolia L. Noni on High Blood Pressure: A Mechanistic Investigation and Case Study. Functional Food and Health. 39: 446-453. DOI: 10.1021/bk-2008-0993.ch039

WebMD. Orange Juice for the Heart. URL: https://www.webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/news/20020322/orange-juice-for-heart#1. Accessed: 2020-04-13