7 Bahan Sebagai Obat Darah Tinggi Alami

299

Diedit:

Salah satu cara efektif dalam mengatasi tekanan darah tinggi adalah dengan mengatur pola makan. Dalam ulasan sebelumnya kami sempat mengulas mengenai konsep diet DASH yang diklaim oleh Mayo clinic memiliki keampuhan mengatasi hipertensi. Kali ini kami akan kembali mengangkat beberapa bahan sumber makanan alternatif yang dapat bermanfaat sebagai obat darah tinggi alami.

Hipertensi memiliki karakter yang unik. Pada tahap awal, Anda tak selamanya harus bergantung pada obat medis. Bahkan Anda bisa terlepas sepenuhnya dari obat-obatan, selama Anda menjalankan pola makan yang sehat dengan menghindari makanan penyebab tekanan darah tinggi sekaligus membantu menurunkan tekanan darah dengan menambahkan asupan makanan yang dapat berfungsi sebagai obat darah tinggi alami.

Biasanya obat darah tinggi alami ini mengandung sejumlah senyawa penting yang baik untuk membantu mengatasi keluhan darah tinggi secara seketika sekaligus membantu menjaga stabilitas tekanan darah Anda di jangka panjang.

Dengan terapi asupan makanan semacam ini, Anda bisa menekan resiko tekanan darah tinggi terus berulang sampai akhirnya menjadi keluhan permanen yang pada akhirnya bisa berefek beragam penyakit lain dari sekedar vertigo dan migrain sampai stroke dan serangan jantung.

Ragam Obat Darah Tinggi Alami

Ada begitu banyak jenis bahan makanan yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat darah tinggi alami. Kebanyakan merupakan sayuran dengan kandungan serat tinggi, kaya vitamin, mineral yang bekerja menyimbangkan kadar elektrolit dalam tubuh dan darah juga mengandung banyak anti oksidan. Beberapa berfungsi baik terhadap efek relaksasi, efek melebarkan pembuluh darah dan sisanya bekerja dengan fungsi diuretik.

Adapun beberapa jenis makanan yang layak menjadi pilihan obat darah tinggi alami antara lain:

  • Selasih

    Dalam riset yang dikembangkan di Farmasi UGM dipastikan adanya khasiat dari senyawa tertentu seperti fenolat, quersetin dan flavonoid dalam biji selasih untuk meningkatkan kualitas sirkulasi darah serta membantu menekan pembentukan plak kolesterol dalam pembuluh darah. Ini juga membantu mengatasi efek sumbatan aliran darah karena endapan kolesterol yang terbentuk dalam pembuluh darah.

  • Kemangi

    Dalam riset yang dikembangkan di IPB dan di rilis dalam laman jurnalnya disampaikan mengenai khasiat dari kemangi dalam membantu melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan intensitas detak jantung. Keduanya sangat efektif membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan flavonoidnya membantu mengikis residu dan toksin dalam darah untuk meingkatkan kelancaran aliran darah.

  • Rosella

    Menurut WebMD dikatakan bahwa mengkonsumsi 3 cup teh rosella tiap hari akan efektif menurunkan tekanan darah. Konsumsi teh rosella setidaknya selama 10 hari baru akan menunjukan hasil optimalnya. Rosella tidak hanya kaya akan flavonoid, tetapi juga potasium, antosianin, vitamin C dan sejumlah senyawa penting lain yang berperan membantu meredakan tekanan darah, serangan jantung dan stroke.

  • Bit

    Sayuran satu ini lebih sering Anda kenal sebagai salah satu bahan pewarna makanan alami yang kerap dimanfaatkan sebagai pewarna makanan seperti mie dan aneka kue. Tak banyak yang tau ada manfaat besar dari bit dalam menurunkan tekanan darah. Dalam bit terdapat sejumlah nitrit oksida yang dikenal bermanfaat untuk memberi efek relaks terhadap otot, saraf dan pembuluh darah sehingga menekan stress dan menurunkan tekanan darah.

  • Seledri

    Dalam riset yang dikembangkan University of Chicago ditemukan adanya kandungan senyawa kimiawi 3-n butil phthalide yang terbukti memberi efek relaks terhadap otot dan sel pada pembuluh darah, membantu melebarkan pembuluh darah sehingga membantu melancarkan sirkulasi darah.

  • Aloe vera

    Menurut American Heart Association, sebagian besar tekanan darah tinggi terjadi karena kerusakan pada pembuluh darah. Dan aloe vera bisa memberi peran besar untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi baik secara instant dengan seketika membantu memberi efek relaks pada pembuluh darah sehingga melebarkan ukurannya dan memberi efek jangka panjang dengan membantu memperbaiki kerusakan sel pembuluh darah.

  • Labu siam

    Menurut Perhimpunan Dokter Indonesia Pengembang Kesehatan Tradisional Timur dikatakan bahwa dalam labu siam terkandung alkaloid dan saponin yang baik untuk membantu melebarkan pembuluh darah, terkandung pula kalium yang membantu mengembalikan keseimbangan komposisi darah yang keduanya berpengaruh besar terhadap tekanan darah.

  • Mentimun

    Buah yang biasa akrab dijadikan sebagai lalapan ini dikenal memiliki khasiat mengatasi tekanan darah tinggi sejak jaman dahulu. Kandungan senyawa yang bersifat diuretik, kalium, fosfor dan beberapa senyawa penting lain baik untuk menjaga kondisi tubuh pasien penderita tekanan darah tinggi.

  • Terung

    Dalam terung menurut peoplespharmacy.com mengandung sejumlah enzim termasuk jenis yang mempengaruhi pembentukan ACE inhibitors yang berperan membantu menurunkan tekanan darah dengan membuka lebih lebar tekanan darah. Dalam terung juga ditemukan senyawa alkaloid yang baik memperbaiki tegang saraf, tekanan darah dan otot.

Baca juga:  Konsumsilah Minuman-Minuman Penurun Tekanan Darah!

Itu tadi merupakan beberapa jenis makanan terutama jenis sayuran yang sangat cocok menjadi obat darah tinggi alami. Namun demikian, perlu Anda waspadai konsumsinya terutama ketika Anda sendiri sudah secara rutin mengkonsumsi obat tekanan darah. Beberapa bisa mengakibatkan efek penurunan tekanan darah yang drastis dan beberapa malah mengganggu fungsi dari kandungan obat itu sendiri seperti fungsi ACE inhibitors.

Pilihan Obat Darah Tinggi Alami yang Aman

Sebenarnya tidak ada satupun obat, baik itu produk alami maupun produk medis, yang bisa dikatakan 100%, termasuk obat darah tinggi alami. Namun beberapa jenis bahan bila Anda konsumsi dengan komposisi dan dosis yang tepat bisa bekerja baik membantu menurunkan tekanan darah tanpa menyebabkan penurunan yang drastis dan membahayakan. Juga memiliki efek samping yang bisa dikendalikan dengan baik.

Salah satunya adalah Noni Juice. Buah yang sudah dikenal lama dari kawasan Asia Pasifik ini memang terkenal sebagai salah satu obat herbal dalam mengatasi tekanan darah tinggi. Kemampuan uniknya sangat baik memberik efek seketika terhadap tekanan darah dengan menurunkannya ketitik yang normal, membantunya tetap berada dalam angka stabil normal tanpa menyebabkannya turun dengan drastis ke angka yang terlalu rendah.

Selain itu Noni Juice ternyata juga akan berfungsi baik membantu memperbaiki kerusakan pada sistem pembuluh darah yang kerap menjadi salah satu pemicu utama tekanan darah tinggi akut yang bisa memicu stroke dan serangan jantung.

Ini karena dalam Noni Juice ditemukan sejumlah senyawa dan mineral penting seperti:

  • Scolopetin

    Sejenis fitonutrient yang membantu melebarkan pembuluh darah dan membantu mengikis pembentukan plak sehingga membantu mengembalikan elastisitas pembuluh darah seketika.

  • Potasium

    Mineral satu ini juga dikenal dengan sebutan kalium dan diketahui memberi pengaruh positif terhadap keseimbangan kadar elektrolit dalam darah. Darah membutuhkan komposisi elektrolit yang normal untuk bisa menjaga kualitas sirkulasi, tekanan darah dan kadar cairan di dalamnya. Asupan potasium akan cepat membantu mengembalikan tekanan darah ke kadar normal. Meski kerap dianggap merusak ginjal tetapi karena potasium dala Noni Juice hanya sebesar 60 mg/30cc maka Noni Juice tetap dianggap aman dikonsumsi dalam jangka panjang dengan diimbangi asupan air putih.

  • Flavonoid dan xeronin

    Keduanya merupakan sejenis anti oksidan yang membantu kondisi tekanan darah tinggi dengan caranya masing-masing. Bila flavonoid membantu membersihkan tubuh dari endapan residu dan toksin yang kerap mengganggu keseimbangan komposisi darah, maka xeronin membantu menjaga kualitas sel darah dan kualitas sel pembuluh darah.

  • Terpenoid dan damnachantal

    Keduanya bekerja sebagai senyawa yang membantu proses regenerasi sel, peremajaan sel dan mempercepat proses pembentukan sel baru ketika sel lama rusak. Ini akan membantu mengembalikan kondisi pembuluh darah yang sudah rusak akibat pembentukan plak kolesterol.

Pembuktian bahwa Noni Juice merupakan salah satu obat darah tinggi alami yang aman dapat Anda temukan pada salah satu temukan yang diperoleh dari riset Dr. Neil Solomon dari University John Hopkins USA dengan melibatkan pakar kesehatan hingga 1227 orang serta 25314 orang pasien dari setidaknya 80 negara dengan beragam latar penyakit dan kondisi. Dari riset ini setidaknya terdapat 1869 orang pasien pengidap hipertensi   yang berhasil mendapat kesembuhan sebanyak 84%.

Dari Fakta di atas maka Noni Juice jelas bisa menjadi salah satu pilihan obat darah tinggi alami yang aman. Menurut Science World Journal pada tahun 2012 supaya mendapat hasil optimal, asup Noni Juice dalam komposisi yang aman dengan mengkonsumsi 9,9 mm sampai 188 mm selama 30 hari dalam komposisi 98%. Maka Noni Juice akan efektif menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah dengan cukup memuaskan.

Baca juga:  Seputar Gejala Tekanan Darah Tinggi
Advertisement
Alinesia