Obat Darah Tinggi di Apotik: Ketahui Masing-Masing Fungsinya


By Cindy Wijaya

Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah kondisi dimana angka tensi sistolik di atas 140 atau angka diastolik di atas 90. Jika Anda memiliki kondisi ini, bisa jadi Anda sudah berupaya untuk menormalkan tensi itu dengan penyesuaian gaya hidup. Sayangnya upaya itu sendiri mungkin belum berhasil, sehingga Anda berniat meminum obat darah tinggi di apotik yang aman dan efektif mengembalikan angka tensi ke batas normal.

Namun Anda mendapati bahwa ada cukup banyak pilihan obat darah tinggi di apotik K24, Kimia Farma, atau di apotik dekat rumah Anda. Harga obat darah tinggi di apotik pun bervariasi tergantung pada jenis obatnya. Jadi mana obat yang tepat?

Penting untuk diketahui bahwa tidak ada obat darah tinggi yang boleh dikonsumsi tanpa petunjuk dokter. Setiap penderita harus berkonsultasi dulu dengan dokter untuk menemukan obat jenis apa yang cocok baginya. Obat hipertensi punya dosis yang bervariasi, yang perlu dikonsumsi sesuai dengan kondisi tensi penderitanya supaya penggunaannya efektif.

Jadi yang terbaik adalah Anda sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai kondisi tekanan darah Anda. Dokter juga mungkin akan mengombinasikan obat hipertensi dengan obat lain guna memperoleh hasil maksimal.

Nah untuk membantu Anda memahami apa kegunaan dari obat yang diresepkan dokter, dalam artikel ini akan dibahas secara garis besar fungsi dari berbagai obat darah tinggi di apotik K24, yang merupakan salah satu apotik online dengan pilihan obat terbanyak.

Fungsi Masing-Masing Obat Darah Tinggi di Apotik

Ada cukup banyak obat resep di apotik yang digunakan untuk pengobatan hipertensi. Obat-obatan ini dikelompokkan menjadi beberapa kategori berdasarkan fungsi atau cara kerja mereka.

Obat Diuretik

Diuretik berfungsi untuk membantu membersihkan kelebihan natrium (garam) dan air dari tubuh serta membantu mengendalikan tekanan darah. Obat-obatan ini sering digunakan dalam kombinasi dengan obat-obatan resep lainnya.

Untuk jenis diuretik, berikut beberapa pilihan obat darah tinggi di apotik K24:

  • Chlorthalidone
  • Furosemide
  • Hydrochlorothiazide HCTZ
  • Indapamide

Beberapa efek samping dari diuretik antara lain: kadar kalium dalam tubuh yang rendah, lebih sering buang air kecil, dan penyakit asam urat memburuk.

Obat Beta-Blocker

Beta-blocker fungsinya untuk mengurangi detak jantung, beban kerja jantung, dan pengeluaran darah jantung, sehingga pada akhirnya menurunkan tekanan darah.

Untuk jenis beta-blocker, berikut sejumlah pilihan obat darah tinggi di apotik K24:

  • Atenolol
  • Bisoprolol fumarate
  • Carvedilol – biasa dikombinasikan dengan alpha/beta-blocker
  • Metoprolol tartrate
  • Nebivolol
  • Propranolol

Beberapa efek samping dari beta-blocker antara lain: memburuknya sesak napas jika Anda punya penyakit paru-paru obstruktif kronik atau asma; disfungsi seksual; kelelahan; depresi; dan memburuknya gejala jika Anda punya penyakit arteri perifer.

Obat ACE Inhibitor

ACE adalah singkatan dari Angiotensin-Converting-Enzyme. Angiotensin adalah bahan kimia yang menyebabkan pembuluh arteri menyempit, terutama di ginjal tetapi juga di seluruh tubuh. Obat ACE inhibitor membantu ubuh memproduksi lebih sedikit angiotensin, yang membantu pembuluh darah rileks dan terbuka, yang pada akhirnya menurunkan tekanan darah.

Untuk jenis ACE inhibitor, berikut sejumlah pilihan obat darah tinggi di apotik K24:

  • Captopril
  • Enalapril Maleate
  • Lisinopril
  • Moexipril
  • Ramipril
  • Trandolapril

Sejumlah efek samping dari ACE inhibitor antara lain: batuk, penurunan indera perasa, dan peningkatan kadar kalium dalam tubuh.

Obat Angiotensin II Receptor Blocker

Obat-obatan ini berfungsi untuk menghambat efek angiotensi, yaitu bahan kimia penyebab penyempitan pembuluh arteri. Angiotensin membutuhkan reseptor—seperti “slot” kimia untuk masuk atau mengikatnya ke dalam untuk menyempitkan pembuluh darah. Obat-obatan ini menghambat reseptor itu sehingga angiotensin gagal menyempitkan pembuluh darah. Sehingga pembuluh darah tetap terbuka dan tekanan darah berkurang.

Untuk jenis angiotensin II receptor blocker (disingkat ARB), berikut beberapa pilihan obat darah tinggi di apotik K24:

  • Candesartan
  • Eprosartan mesylate
  • Irbesartan
  • Losartan Potassium
  • Olmesartan
  • Telmisartan
  • Valsartan

Beberapa efek samping dari obat-obatan ARB antara lain: reaksi alergi, kepala pusing, dan peningkatan kadar kalium dalam tubuh.

Obat Calcium Channel Blocker

Obat-obatan ini mencegah kalsium memasuki sel-sel otot polos pada jantung dan arteri. Jika kalsium memasuki sel-sel tersebut, akan terjadi kontraksi yang lebih kuat dan lebih keras. Jadi dengan mengurangi kalsium, kontraksi jantung jadi tidak terlalu kuat. Calcium channel blocker melenturkan dan membuka pembuluh darah yang menyempit, mengurangi detak jantung, dan menurunkan tekanan darah.

Untuk jenis calcium channel blocker, berikut sejumlah pilihan obat hipertensi di apotik K24:

  • Amlodipine besylate
  • Diltiazem hydrochloride
  • Felodipine
  • Nifedipine
  • Verapamil hydrochloride

Beberapa efek samping dari calcium channel blocker antara lain: konstipasi (sembelit), pembengkakan di kaki, dan sakit kepala.

Obat Alpha Blocker

Alpha blocker berfungsi untuk menyebabkan pelebaran pada pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan darah. Selain untuk hipertensi, obat-obatan ini juga diresepkan untuk pengobatan pembesaran prostat pada pria.

Untuk jenis alpha blocker, berikut beberapa pilihan obat darah tinggi di apotik K24:

  • Doxazosin mesylate
  • Terazosin hydrochloride

Sejumlah efek samping dari alpha blocker antara lain: detak jantung jadi lebih cepat, kepala pusing, dan penurunan tekanan darah saat Anda berdiri.

Obat Alpha-2 Receptor Agonist

Obat ini fungsinya untuk menurunkan aktivitas bagian simpatetik (penghasil adrenalin) dari sistem saraf involunter, yang pada akhirnya menurunkan tekanan darah. Obat ini dianggap sebagai obat anti-hipertensi lini pertama untuk ibu hamil, karena efek sampingnya jarang terjadi pada ibu hamil atau pada janin yang dikandungnya.

Obat alpha-2 receptor agonist yang tersedia di apotik K24 adalah methyldopa.

Sejumlah efek samping dari methyldopa ialah rasa kantuk atau kepala pusing.

Obat Central Agonist

Sebagian obat hipertensi bekerja pada sistem saraf pusat sebaliknya daripada langsung pada sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Begini lah cara kerja centra agonist, yang fungsinya membantu mengurangi kemampuan pembuluh darah untuk menegang atau berkontraksi. Obat ini mengikuti jalur saraf yang berbeda dari alpha dan beta blocker, tetapi mencapai tujuan yang sama yaitu penurunan tekanan darah.

Untuk jenis central agonist, obat darah tinggi di apotik K24 adalah clonidine hydrochloride.

Beberapa efek samping dari clonidine hydrochloride antara lain: kekeringan di mulut yang cukup serius, konstipasi (sembelit), atau rasa kantuk.

Obat Peripheral Adrenergic Inhibitor

Obat-obatan ini bekerja dengan cara menghambat neurotransmitter di otak, yang adalah bahan-bahan kimia pembawa pesan. Ini menghalangi otot-otot polos untuk mendapatkan “pesan” yang menyuruhnya untuk menyempit, sehingga pada akhirnya menurunkan tekanan darah. Obat-obatan ini jarang diresepkan kecuali obat-obatan resep lain tidak membantu.

Untuk jenis peripheral adrenergic inhibitor, pilihan obat hipertensi di apotik K24 adalah reserpine.

Sejumlah efek samping dari reserpine yaitu: hidung tersumbat, diare, atau heartburn (rasa panas di dada).

Obat Vasodilator

Vasodilator fungsinya untuk menyebabkan otot-otot di dinding pembuluh darah (terutama arteriul) menjadi lentur dan melebar. Hal ini memungkinkan darah mengalir dengan lebik baik, yang pada akhirnya menurunkan tekanan darah.

Untuk jenis vasodilator, pilihan obat darah tinggi di apotik yang mungkin tersedia adalah:

  • Hydralazine hydrochloride
  • Minoxidil – hanya diresepkan pada kasus yang parah atau bila ada gagal ginjal

Beberapa efek samping dari vasodilator antara lain: sakit kepala, bengkak sekitar mata, jantung berdebar-debar, atau nyeri sendi. Obat minoxidil dapat menyebabkan retensi cairan (ditandai dengan berat badan naik) atau pertumbuhan rambut yang berlebihan.

Apa Obat Darah Tinggi di Apotik yang Aman dan Terbaik?

Menentukan obat hipertensi yang “terbaik” tergantung pada sejumlah faktor, termasuk kondisi kesehatan, usia, dan apakah ada masalah kesehatan lain atau apakah sensitif terhadap obat.

Misalnya, pada penderita hipertensi yang disertai asma, mungkin dokter tidak akan meresepkan obat beta-blocker, karena golongan obat ini dapat memperburuk penyakit pernapasan tersebut.

Demikian juga, pada penderita yang rentan mengalami sembelit (contohnya lansia), penggunaan beberapa jenis calcium channel blocker sebaiknya dihindari—bersama dengan diuretik—karena kedua golongan obat ini dapat mengganggu fungsi usus.

Kemudian pilihan obat darah tinggi di apotik yang aman bagi kebanyakan orang, belum tentu aman juga bagi orang-orang tertentu. Ada beberapa kelompok orang yang membutuhkan obat hipertensi dari golongan tertentu, seperti ibu hamil yang secara khusus mungkin diresepkan methyldopia. Atau lansia yang mungkin secara khusus diresepkan diuretik chlorthalidone.

Apa Obat Darah Tinggi Alami Paling Ampuh di Apotik?

Di samping obat-obatan medis, tersedia juga alternatif alami dari obat darah tinggi di apotik K24, Kimia Farma, maupun apotik-apotik lainnya. Berikut adalah sejumlah obat darah tinggi alami paling ampuh di apotik dan harganya:

Ekstrak Bawang Putih:

Bawang putih telah sejak lama dianggap ampuh sebagai obat hipertensi. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih dapat menurunkan tekanan darah, meskipun dosis, frekuensi, dan bentuk obatnya yang optimal masih belum ditetapkan. Bawang putih dapat menghasilkan efek ini dengan bekerja langung pada ginjal untuk menghilangkan kelebihan garam.

Kisaran harga ekstrak bawang putih di apotik K24 yaitu di atas Rp 44.000,- per botolnya.

Ilustrasi Obat Darah Tinggi Alami Paling Ampuh di Apotik
Credit photo: KristinaSh – Shutterstock

Herbal Noni Juice:

Noni juice, yang merupakan sari buah Noni (Mengkudu), telah dikenal di seluruh dunia manfaatnya sebagai obat darah tinggi alami. Berbagai penelitian pun sudah membuktikannya. Bahkan ada bukti menunjukkan bahwa konsumsi Noni juice sendiri, tanpa obat medis apapun, sanggup menurunkan tekanan darah. Diketahui bahwa cara kerja herbal ini mirip dengan obat ACE inhibitor dan angiotensin II receptor blocker.

Kisaran harga herbal Noni juice di apotik yaitu di atas Rp 300.000,- per botol dengan ukuran 1 liter.

Selain di apotik, Anda juga bisa membeli Noni juice di toko online seperti Tokopedia. Kisaran harganya lebih bervariasi tergantung pada mereknya, salah satunya adalah Primenoni (100% Noni Juice) seharga Rp 26.000,- per botol ukuran 100 ml.

Suplemen Minyak Ikan:

Mengonsumsi minyak ikan secara teratur dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Penggunaan suplemen pil minyak ikan juga telah diselidiki oleh para ahli, namun masih belum jelas apakah mengonsumsi pil tersebut akan menimbulkan efek yang sama dengan mengonsumsi ikan secara langsung. Jadi sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba suplemen minyak ikan.

Kisaran harga suplemen minyak ikan (fish oil) di apotik K24 yaitu di atas Rp 77.000,- per botolnya.

Teliti Sebelum Membeli Obat Darah Tinggi di Apotik

Sebagai kesimpulan, apa yang perlu diingat sebelum membeli obat darah tinggi di apotik K24, Kimia Farma, atau apotik-apotik lain? Pertama, ingatlah bahwa obat darah tinggi medis harus dibeli dan diminum sesuai resep dokter. Karena masing-masing golongan obat punya fungsi dan dosis yang berbeda, jadi Anda harus konsultasi dulu dengan dokter untuk menentukan mana yang terbaik.

Kedua, kalau ingin membeli obat hipertensi alami pastikan Anda memilih yang manfaatnya sudah diselidiki dan dibuktikan oleh para ahli. Salah satu produk herbal yang memenuhi kriteria tersebut ialah Noni juice, yang merupakan sari buah Noni.

Ketiga, selalu pastikan bahwa obat medis maupun obat alami yang hendak dibeli sudah terdaftar BPOM atau izin edar dari DINKES. Untuk mengecek izin BPOM Anda bisa mengunjungi situs web resmi mereka: cekbpom.pom.go.id

Demikianlah artikel ini yang mengulas berbagai pilihan obat darah tinggi di apotik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

American Heart Association. Types of Blood Pressure Medications. URL: https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/changes-you-can-make-to-manage-high-blood-pressure/types-of-blood-pressure-medications

RxList. High Blood Pressure (Hypertension) Medications. URL: https://www.rxlist.com/high_blood_pressure_hypertension_medications/drugs-condition.htm

Verywell Health. How Hypertension Is Treated. URL: https://www.verywellhealth.com/hypertension-treatment-1763942

P, Afa & S, Raevonne & W, Brett & K, Norman & J, Claude. 2008. The Effects of Morinda Citrifolia L. Noni on High Blood Pressure: A Mechanistic Investigation and Case Study. ACS Symposium Series. 993: 446-453

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>