Sering Bangun Tengah Malam: Penyebab dan Cara Mengatasinya


By Cindy Wijaya

Hampir semua orang pernah terbangun di malam hari. Sering kali penyebab terbangun tengah malam itu tidak berbahaya dan hanya terjadi sesekali. Misalnya karena perlu buang air kecil akibat terlalu banyak minum air sebelum tidur. Namun kalau sampai sering bangun tengah malam, itu bisa menimbulkan masalah karena tidur Anda jadi terganggu.

Tidur penting untuk membantu tubuh memulihkan dirinya. Tidak mendapat tidur yang cukup bisa membuat Anda rentan mengalami berbagai masalah kesehatan dan membuat tubuh tidak berfungsi dengan baik.

Dalam artikel ini akan diulas sejumlah penyebab umum dari sering bangun tengah malam dan cara untuk mengatasinya.

Penyebab Sering Bangun Tengah Malam: Apnea Tidur

Apnea tidur adlaah penyebab umum dari sering terbangun di tengah malam. Ini menyebabkan napas jadi pendek, yang membuat sesoerang terbangun beberapa kali di malam hari. Sering kali, orang tersebut bahkan tidak sadar bahwa tidurnya terganggu.

Namun penderita apnea tidur mungkin akan merasakan gejala-gejala berikut: sakit kepala di pagi hari, terengah-engah di malam hari, kelelahan di siang hari, tidur mendengkur, atau kesulitan berkonsentrasi pada siang hari.

Cara Mengatasi Apnea Tidur

Jika penyebab Anda terbangun di malam hari adalah apnea tidur, dokter dapat membantu memberikan saran yang tepat. Dokter mungkin akan merekomendasikan perawatan dengan menggunakan alat tekanan jalan napas atau peralatan oral untuk membantu membukan saluran udara.

Penyebab Sering Bangun Tengah Malam: Kecemasan atau Depresi

Kecemasan dan depresi bisa menyebabkan insomnia. Atau yang sebaliknya juga bisa terjadi; insomnia dapat menyebabkan kecemasan dan depersi.

Baik kecemasan maupun depresi dapat membuat seseorang sulit untuk menenangkan pikirannya. Sehingga ia sulit untuk tertidur dan untuk tetap nyenyak sepanjang malam.

Cara Mengatasi Kecemasan dan Depresi

Jika penyebab Anda sering terbangun tengah malam adalah kecemasan atau depresi, kemungkinan Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk berbicara dengan seorang terapis dan meresepkan obat untuk mengatasi kecemasan atau depresi.

Anda juga bisa melakukan langkah-langkah di rumah untuk meringankan kecemasan dan depresi. Ini termasuk: mendengarkan musik yang menenangkan, berolahraga secara teratur, mengurangi jumlah kegiatan yang dilakukan, atau menciptakan lingkungan yang menenangkan di kamar tidur.

Penyebab Sering Bangun Tengah Malam: Insomnia

Insomnia adalah kondisi dimana seseorang sulit atau mustahil untuk tertidur atau untuk tetap nyenyak. Ini mengakibatkan kelelahan di siang hari dan menyulitkan untuk melewati hari. Insomnia dikaitkan dengan deperesi dan kecemasan, dan insomnia bisa menjadi penyebab sekaligus gejala dari kedua kondisi tersebut.

Baca Juga:  Waspadai Efek Begadang yang Buruk bagi Kesehatan!

Cara Mengatasi Insomnia

Ada banyak tips untuk membantu mengurangi keparahan insomnia. Beberapa tips ini antara lain: tidak makan makanan berat atau pedas sebelum tidur, berolahraga secara teratur di siang hari, tidak tidur siang, mengikuti jadwal tidur yang teratur, dan mengkhususkan kamar hanya untuk tidur dan istirahat.

Ilustrasi Terbangun di Malam Hari
Photo by Gregory Pappas on Unsplash

Penyebab Sering Bangun Tengah Malam: Buang Air Kecil

Keinginan untuk buang air kecil sering menjadi penyebab terbangun tengah malam. Meski banyak orang bisa mencegah hal ini dengan mengurangi minum air di malam hari, tetapi orang-orang lain mungkin memiliki masalah ini karena kondisi tertentu.

Beberapa kondisi yang dapat membuat seseorang ingin buang air kecil sehingga terbangun di malam hari yaitu: kehamilan, pembengkakan prostat, diabetes, prolaps kandung kemih, kandung kemih yang terlalu aktif (beser), dan konsumsi beberapa obat tertentu.

Cara Mengatasi Buang Air Kecil

Cara mengatasinya tergantung pada penyebab Anda ingin buang air kecil di malam hari. Beberapa tips untuk mengatasinya antara lain: membatasi asupan cairan sebelum tidur; jika harus minum obat tertentu, minumlah jauh sebelum tidur atau ganti dengan obat lain jika mungkin; dan menghindari makanan pedas.

Jika penyebabnya adalah kehamilan, maka gejala ini biasanya akan mereda sendiri di akhir masa kehamilan.

Penyebab Sering Bangun Tengah Malam: Night Terror

Seseorang yang mengalami night terror mungkin tidak benar-benar terbangun di malam hari. Sebaliknya, ia mungkin akan menjerit, meronta-ronta, menangis, atau tampak ketakutan. Kadang-kadang orang tersebut tidak ingat apa yang terjadi yang membuatnya mengalami night terror.

Yang paling sering mengalami night terror adalah anak-anak, namun orang dewasa juga dapat mengalaminya.

Cara Mengatasi Night Terror

Anak-anak biasanya akan semakin jarang mengalami night terror seiring bertambahnya usia. Namun orang tua dianjurkan untuk memeriksakan anak ke dokter apabila: anak kelelahan di siang hari, anak dalam bahaya ketika night terror terjadi, night terror semakin sering dialami, night terror sering membuat anak atau orang lain terbangun tengah malam, atau night terror terus berlanjut hingga anak besar.

Penyebab Sering Bangun Tengah Malam: Kepanasan

Tidur akan lebih nyenyak jika suhu tubuh dingin. Terkadang, suhu tubuh seseorang mungkin naik terlalu banyak. Sering kali, ini karena suhu kamar tidurnya terlalu hangat. Sedangkan bagi yang lain, itu mungkin karena problem berkeringat di malam hari.

Baca Juga:  Inilah Penyebab Mimpi Buruk yang Mesti Diketahui!

Cara Mengatasi Kepanasan

Anda yang tidur di lingkungan bersuhu hangat cobalah dinginkan suhu ruangan kamar sebelum tidur. Contohnya dengan menggunakan AC atau kipas angin.

Problem berkeringat di malam hari bisa terjadi akibat konsumsi obat, gangguan autoimun, infeksi, atau kecemasan. Jika Anda mengalami problem ini, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter supaya bisa mengatasi penyebabnya.

Penyebab Sering Bangun Tengah Malam: Penggunaan Layar & Suara Bising

Menurut lembaga National Sleep Foundation, menggunakan layar sebelum tidur dapat menyebabkan masalah seperti berkurangnya melatonin dan jam tubuh yang terganggu. Ini bisa membuat sulit tidur dan dapat membuat seseorang terbangun di malam hari.

Selain itu, suara-suara yang berasal dari TV, ponsel, atau perangkat elektronik lain sering dapat menjadi penyebab terbangun tengah malam.

Cara Mengatasi Penggunaan Layar & Suara Bising

Untuk membantu mencegah masalah ini, National Sleep Foundation menyarankan untuk menghentikan penggunaan perangkat elektronik 30 menit sampai 2 jam sebelum tidur. Ini memungkinkan otak untuk mulai tenang dan mungkin membuat Anda mudah tertidur.

Penyebab Sering Bangun Tengah Malam: Gangguan Pencernaan

Makan terlalu banyak atau makan makanan pedas di dekat waktu tidur bisa mengakibatkan gangguan tidur. Gangguan pencernaan menyebabkan perut kembung dan bergas yang menyulitkan untuk tertidur, dan membuat seserong terbangun di malam hari.

Cara Mengatasi Gangguan Pencernaan

Untuk mencegah gangguan pencernaan di malam hari, Anda sebaiknya tidak makan terlalu berat. Makan dalam porsi besar seharusnya dilakukan di siang hari. Bagi Anda yang merasa lapar sebelum tidur, sebaiknya hanya makan camilan saja.

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Anda dianjurkan untuk periksa ke dokter jika mengalami kondisi-kondisi seperti berikut:

  • Sering terbangun tengah malam
  • Sudah merasa cukup tidur tetapi masih kelelahan besok harinya
  • Melihat bahwa pasangan Anda mengalami tanda-tanda apnea tidur
  • Memiliki anak yang mengalami night terror yang parah atau memburuk

Yang terutama harus diperiksa adalah jika seseorang mengalami kelelahan di siang hari tanpa sebab yang jelas. Ada kemungkinan kelelahan itu disebabkan oleh masalah kesehatan yang tidak terdeteksi.

Sesekali bangun tengah malam sering kali bukanlah masalah serius. Akan tetapi jika Anda sering terbangun di malam hari, sebaiknya coba kenali lebih dalam masalah ini. Bisa jadi Anda hanya perlu perubahan yang sederhana untuk mengatasi masalah ini. Ingatlah mendapat tidur yang cukup adalah bagian penting dari kesehatan Anda.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang penyebab sering bangun tengah malam. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda dan keluarga. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Medical News Today. Why do I keep waking up at night?. Published: 2019-05-28. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/325294

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}