5 Macam Gangguan Tidur yang Banyak Dialami Orang


By Cindy Wijaya

Ada macam-macam gangguan tidur yang memengaruhi kualitas, waktu, dan durasi tidur, serta kemampuan Anda untuk menjalani aktivitas dengan baik setelah bangun tidur. Bila sudah serius dan dibiarkan berlama-lama, dampaknya bisa sampai pada kesehatan mental dan fisik Anda.

Dalam artikel ini akan dikupas 5 jenis gangguan tidur yang banyak dialami orang-orang beserta pengobatan yang biasanya disarankan untuk mengatasi masing-masing jenis itu. Mari mengupasnya satu per satu.

1. Insomnia

Insomnia merupakan jenis gangguan tidur yang paling umum. Diperkirakan 10% orang dewasa menderita insomnia kronis dan antara 30 – 40% sesekali mengalami insomnia. Ini adalah gangguan tidur yang membuat Anda tidak bisa cukup tidur dan membuat Anda mengantuk sepanjang hari.

Ada macam-macam gangguan tidur jenis insomnia. Ada yang mengalami kesulitan untuk tertidur, biasanya menghabiskan lebih dari 20 – 30 menit di tempat tidur sebelum terlelap. Ada yang sering terbangun atau bangun berjam-jam lebih awal dan tidak bisa kembali tidur. Beberapa orang mengalami kombinasi dari berbagai jenis insomnia.

Insomnia bisa bersifat akut (jangka pendek) atau kronis (jangka panjang). Anda bisa didiagnosis menderita insomnia kronis jika masalahnya terjadi setidaknya 3 malam per minggu selama setidaknya 3 bulan.

Ada beberapa jenis insomnia lainnya, termasuk insomnia familian yang fatal—jenis langka yang terjadi turun-temurun dalam keluarga dan dapat membuat orang tidak dapat cukup tidur dalam waktu lama, sehingga bisa mengancam nyawa.

Pengobatan Insomnia

Cara efektif untuk mengatasi macam-macam gangguan tidur insomnia antara lain:

  • Mengembangkan kebiasaan tidur dan sebelum tidur yang baik.
  • Terapi perilaku kognitif untuk insomnia.
  • Pil obat tidur, termasuk obat penenang/hipnotik, antidepresan, dan antihistamin.

2. Mendengkur dan Apnea Tidur

Mendengkur tampaknya sepele, kecuali jika sampai membuat teman tidur Anda tidak bisa tidur. Tapi sebenarnya Anda mendengkur karena tenggorokan Anda menutup selagi tidur. Kalau menutupnya cukup parah, itu bisa membuat Anda berhenti bernapas beberapa detik, kemudian berkembang menjadi masalah yang lebih parah—apnea tidur.

Apnea tidur adalah masalah kesehatan yang kronis dan dapat menjadi serius. Gangguan tidur ini dapat menghentikan napas Anda selama 10 detik atua lebih dan bisa berkali-kali terjadi dalam sejam. Itu membuat kadar oksigen di darah menurun, dan saat tubuh merasakan hal itu, tubuh akan membangunkan Anda dari tidur nyenyak untuk membuat Anda bernapas lagi.

Gangguan pernapasan, atau apnea, dapat disebabkan oleh penyumbatan saluran napas bagian atas, yang disebut apnea tidur obstruktif; atau oleh otak yang secara berkala gagal membuat Anda bernapas, yang disebut apnea tidur sentral karena berasal dari sistem saraf pusat. Beberapa mengalami keduanya. Apnea tidur sentral seringnya disebabkan oleh masalah kesehatan lain.

Apnea tidur dan kurang tidur yang diakibatkannya bisa menyebabkan dan memperburuk masalah kesehatan lain, seperti darah tinggi, gagal jantung, dan diabetes. Ini juga bisa berakibat serius seperti serangan jantung, stroke, dan kematian mendadak.

Pengobatan Apnea Tidur

Pengobatan macam-macam gangguan tidur apnea yang terutama menggunakan CPAP. CPAP singkatan dari Continuous Positive Airway Pressure, atau diterjemahkan menjadi tekanan jalan napas positif terus-menerus. Jenis pengobatan lain untuk apnea tidur antara lain:

  • Perangkat gigi atau peralatan mulut yang menarik rahang dan lidah ke depan sehingga tidak dapat menghalangi saluran udara.
  • Alat bantu tidur posisional yang mencegah Anda berguling ke punggung.
  • Operasi pengangkatan jaringan tenggorokan yang berlebih.
  • Program penurunan berat badan.
  • Perangkat implan untuk merangsang otot tenggorokan saat tidur.
  • Untuk apnea tidur sentral, pengobatan juga dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan penyebabnya.

3. Parasomnia

Parasomnia adalah jenis gangguan tidur yang ditandai dengan perilaku tidur abnormal atau kejadian fisiologis (fungsi atau kegiatan tubuh) yang terjadi dengan tahapan tidur tertentu. Macam-macam gangguan tidur parasomnia yang umum meliputi:

  • Ketakutan atau panik saat tidur (sleep terror)
  • Tidur berjalan (sleepwalking)
  • Makan dan minum saat tidur (sleep eating)
  • Aktivitas seks saat tidur (sexsomnia)
  • Gangguan perilaku gerakan mata cepat atau rapid eye movement (REM)

Namun perilaku-perilaku tidur tidak terbatas pada daftar ini. Ada berbagai jenis perilaku tak biasa lainnya yang dapat terjadi saat seorang penderita parasomnia sedang tidur.

Pengobatan Parasomnia

Penyebab parasomnia bisa jadi adalah jenis gangguan tidur lainnya, misalnya apnea tidur. Jika itu kasusnya maka perlu pengobatan untuk penyebab yang mendasari agar menghentikan perilaku tak biasa saat tidur. Pengobatan lain untuk parasomnia juga termasuk:

  • Tindakan pencegahan keamanan, seperti mengunci atau memasang alarm pintu dan jendela jika terjadi
  • Konsumsi obat-obatan atau suplemen yang diresepkan dokter, contohnya clonazepam atau melatonin.

4. Kelumpuhan Tidur

Kelumpuhan tidur sering juga disebut sleep paralysis. Seseorang yang mengalaminya akan merasa seperti sudah sadar dari tidur tetapi tidak mampu bergerak. Ini bisa jadi pengalaman yang menakutkan.

Sleep paralysis ini bisa terjadi selama peralihan dari kondisi tidur dan kondisi siap bangun, baik saat Anda tertidur atau saat Anda terbangun.

Ada macam-macam gangguan tidur yang dialami selain ketidakmampuan untuk bergerak. Beberapa mungkin mengalami halusinasi, yang bisa mengerikan—misalnya ada orang asing berdiri di dekatnya dan mencoba menyakitinya. Yang lain mungkin halusinasinya biasa-biasa saja, tetapi masih membingungkan, karena terasa seperti terjadi sesuatu padahal sebenarnya tidak.

Kondisi kelumpuhan tidur ini biasanya hanya berlangsung beberapa menit, karena otak Anda secara alami akan benar-benar bangun atau tertidur lebih nyenyak. Meskipun beberapa pengalaman pertama mungkin menakutkan, namun mengetahui tentang kondisi ini dapat membuatnya jadi tidak terlalu menakutkan.

Jenis gangguan tidur ini cukup umum dialami orang-orang. Para peneliti memperkirakan bahwa antara 25% – 40% orang akan mengalaminya setidaknya satu kali seumur hidup. Kadang tidak ada penyebab jelasnya. Namun ini bisa menjadi gejala dari narkolepsi atau kondisi kesehatan mental seperti gangguan bipolar, efek samping dari obat, atau gejala kurang tidur.

Pengobatan Kelumpuhan Tidur

Sering kali sleep paralysis dan halusinasi yang diakibatkannya tidak mengganggu tidur Anda dan tidak berdampak besar pada kesehatan. Tetapi jika itu sering terjadi atau dirasa sudah mengganggu, ada pilihan pengobatan untuknya:

  • Lebih banyak tidur.
  • Terapi perilaku kognitif untuk memperbaiki kualitas dan durasi tidur, serta mengatasi ketakutan terhadap halusinasi.
  • Mengobati kondisi kesehatan penyebabnya.
  • Untuk penderita narkolepsi, dokter dapat meresepkan obat antidepresan atau sodium oxybate.

5. Sindrom Kaki Gelisah

Sindrom kaki gelisah adalah gangguan gerakan neurologis yang dicirikan dengan perasaan tidak enak pada kaki yang mendorongnya untuk bergerak. Perasaan ini mungkin termasuk:

  • Rasa sakit
  • Rasa panas
  • Rasa geli
  • Seperti ada serangga merayap

Biasanya gejala muncul ketika Anda sedang beristirahat, tidur, atau mencoba untuk tertidur. Gejala-gejalanya dapat membuat Anda sulit untuk tertidur, memaksa Anda terbangun dari tidur nyenyak. Akibatnya sering kali adalah kualitas tidur yang rendah.

Sindrom kaki gelisah punya banyak penyebab, misalnya kekurangan zat besi, kehamilan, obesitas, dan konsumsi obat atau zat tertentu (contohnya nikotin, alkohol, dan kafein), juga konsumsi suplemen yang dapat mengganggu tidur.

Pengobatan Sindrom Kaki Gelisah

Ada macam-macam pengobatan untuk jenis gangguan tidur ini, antara lain:

  • Meningkatkan asupan zat besi melalui suplemen dan pola makan yang diatur.
  • Program menurunkan berat badan.
  • Konsumsi obat yang diresepkan, contohnya agen dopaminergic dan antikonvulsif.

Selama Anda mengalami gejala-gejala sindrom kaki gelisah, Anda mungkin akan merasa lebih baik setelah menggerakkan kaki. Cobalah untuk meregangkan otot-otot kaki, berjalan kaki, atau memijat-mijat kaki.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang macam-macam gangguan tidur yang banyak dialami orang-orang. Bila Anda merasa memiliki gangguan tidur yang sudah mengganggu kualitas tidur dan kesehatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat membantu memastikan penyebab dibaliknya serta mteode pengobatan terbaik sesuai keadaan Anda.

Sumber

Sumber Referensi:

Verywell Health. Types of Sleep Disorders and Treatments. URL: https://www.verywellhealth.com/overview-of-common-sleep-disorders-3014775

Sleep Foundation. Sleep Disorders. URL: https://www.sleepfoundation.org/sleep-disorders

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>