Rahasia Manfaat Tidur Siang


By Cindy Wijaya

Kebanyakan pegawai kantor lebih memilih minum kopi atau minuman berkafein lainnya supaya bisa tetap berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan. Ya, memang kafein bisa mengusir kantuk dan membantu Anda tetap terjaga sepanjang hari. Tapi ada cara lain yang lebih efektif, itu adalah tidur siang. Simaklah artikel ini untuk mengetahui manfaat tidur siang bagi ketajaman otak Anda.

Ada pengalaman dari Kobylarz Wilde yang berusia 58 tahun, seorang manager marketing dan penulis artikel kesehatan. Ia juga adalah seorang ibu rumah tangga. Setiap harinya Wilde bangun jam 6 pagi dan tidur jam setengah 11 malam. Dan seringkali berbagai masalah tak terduga memaksanya untuk tidur lebih larut.

Jadi untuk mengatasi kelelahan dan tetap sanggup menyelesaikan pekerjaan kantor dan rumah, Wilde menjadikan tidur siang sebagai bagian tetap dari rutinitasnya. Ia menyetel alarm untuk mengatur waktu tidur siangnya.

Hubungan Antara Tidur Siang dan Kurang Tidur

Tidur siang bisa jadi satu cara untuk mengatasi kurang tidur. Anda dapat menikmati manfaat tidur siang yang luar biasa cukup dengan 15 – 20 menit tidur siang. Tubuh seolah menyetel ulang sistemnya dan mendapatkan lonjakan tingkat konsentrasi dan kinerja motorik. Tidur siang adalah satu-satunya kunci yang banyak orang butuhkan untuk mengusir kantuk dan mendapatkan dorongan energi.

Lamanya tidur siang bisa menentukan manfaat yang didapatkan bagi otak. Tidur siang selama 20 menit berguna untuk meningkatkan kewaspadaan dan keterampilan motorik seperti mengetik atau bermain piano.

Apa yang terjadi apabila tidur siang lebih dari 20 menit? Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang lebih yang labih lama dapat meningkatkan ingatan dan kreativitas. Tidur 30 sampai 60 menit bagus untuk meningkatkan keterampilan mengambil keputusan, misalnya menghafal kosakata atau mengingat arah. Tidur siang selama 60 sampai 90 menit dapat menciptakan koneksi baru di otak dan membantu memecahkan suatu masalah dengan solusi yang kreatif.

Tidur Siang VS Kopi

Apakah manfaat tidur siang lebih daripada secangkir kopi? Ya! Karena kafein justru bisa mengurangi kemampuan mengingat. Dengan secangkir kopi Anda mungkin merasa lebih “melek”, tetapi Anda juga rentan membuat banyak kesalahan.

Tips untuk Mendapatkan Manfaat Tidur Siang yang Sepenuhnya

Penelitian telah membuktikan bahwa kebiasaan tidur siang yang rutin sanggup mengurangi tingkat stres dan bahkan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Supaya bisa menikmati sepenuhnya dari manfaat tidur siang, ikutilah tips-tips praktis berikut ini:

  • Jadilah konsisten. Buatlah jadwal tidur siang yang teratur. Waktu terbaik untuk tidur siang berada pada pukul 1 siang sampai 3 siang. Waktu tidur yang terlalu sore dapat membuat Anda sulit untuk tertidur di malam hari.
  • Hanya sebentar. Aturlah alarm di ponsel Anda selama 30 menit atau kurang jika tidak ingin bangun tidur dengan perasaan kebingungan.
  • Gelap-gelapan. Cobalah untuk tidur siang di ruangan yang gelap atau gunakan penutup mata. Menghalangi cahaya masuk ke mata dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.
  • Hangatkan diri. Tidur siang dengan selimut yang menutupi badan dapat membantu menjaga suhu tubuh tetap hangat karena suhu tubuh cenderung menurun ketika tidur.
Kalau tidak bisa tidur siang, saya pasti jadi rewel dan tidak fokus di hari ketika saya kurang tidur. Bagi saya, tidur siang sangat membantu untuk mengembalikan energi yang terpakai.Kobylarz Wilde

Selain bermanfaat bagi pekerja kantoran, tidur siang juga sangat ampuh menjaga kewaspadaan seorang pengemudi kendaraan. Banyak orang sadar akan bahaya mengendarai kendaraan saat mengantuk.

Tapi tetap saja banyak pengemudi memaksakan diri terus memacu kendaraannya padahal mata sudah berat sehingga membahayakan diri sendiri dan orang lain. Karena itu, para pengemudi seharusnya sadar ketika tubuhnya memberi sinyal lelah dan menurutinya dengan tidur siang sebentar di rest area sehingga memulihkan tingkat kewaspadaannya.

Perlu diingat bahwa manfaat tidur siang tidak sama bagi semua orang. Beberapa orang mungkin akan menjadi insomnia di malam hari jika tidur siang, sementara yang lainnya memang tidak bisa tidur siang. Buatlah jadwal khusus tidur siang jika Anda selalu merasa lelah di siang hari, harus menjalani shift kerja yang panjang, dan memang terbiasa tidur siang serta yakin tidak mengganggu jadwal tidur malam.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.