Pilihan Obat Kolesterol di Apotik yang Terbukti dan Aman

231
Ilustrasi Obat Kolesterol di Apotik
Credit Photo: kzenon / 123rf

Diedit:

Apakah Anda punya kolesterol tinggi? Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah mengubah pola makan dan memperbanyak gerak fisik atau olahraga. Bagaimana kalau kolesterol tetap tidak turun? Mungkin Anda dianjurkan untuk membeli obat kolesterol tinggi di apotik umum, seperti apotik K-24 atau Kimia Farma. Namun sebelum membelinya, ada baiknya untuk memahami dulu jenis-jenis obat kolesterol, kegunaan, dan efek sampingnya.

Dalam artikel ini akan dibahas 4 jenis obat kolesterol yang paling umum dijual di apotik umum: statin, niacin, resin asam empedu, dan penghambat penyerapan kolesterol. Obat-obatan ini tidak dijual secara bebas, melainkan harus dibeli dengan resep dokter.

Mengapa? Pertama, suatu jenis obat kolesterol tidak ditujukan untuk semua orang. Contohnya statin yang tidak bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Kedua, masing-masing jenis obat kolesterol punya efek samping yang berbeda. Ada obat yang risikonya tinggi, ada juga yang tidak. Ketiga, obat kolesterol tidak bisa sembarangan diminum bersama obat lain. Anda perlu bertanya pada dokter apakah obat ini dapat memengaruhi kinerja dari obat lain yang sedang Anda konsumsi.

Karena itulah sebelum memutuskan untuk membeli obat kolesterol, Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter supaya mendapat resep dan petunjuk yang jelas sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai bahan informasi, berikut penjelasan dari 4 jenis obat kolesterol, kegunaan, dan efek sampingnya.

Obat Kolesterol di Apotik: Statin

Statin adalah jenis obat kolesterol tinggi yang paling banyak diresepkan oleh dokter. Obat ini juga disebut sebagai HMG CoA reductase inhibitor. Statin bekerja di organ hati untuk mencegah pembentukan kolesterol.

Apa kegunaan dari statin? Statin mengurangi jumlah kolesterol yang ada di dalam darah. Statin paling efektif untuk menurunkan kadar kolesterol “jahat” LDL. Obat ini juga membantu menurunkan kadar trigliserida (lemak darah) dan meningkatkan kadar kolesterol “baik” HDL.

Berikut adalah beberapa jenis obat kolesterol statin yang tersedia di apotik Kimia Farma, K-24, atau apotik-apotik umum lainnya:

  • Simvastatin
  • Atorvastatin
  • Fluvastatin
  • Lovastatin
  • Pitavastatin
  • Pravastatin
  • Rosuvastatin calcium

Apa efek samping dari statin? Statin dapat menimbulkan efek samping berupa gangguan pada usus, kerusakan pada hati (jarang terjadi), dan peradangan otot. Obat ini juga punya sedikit risiko untuk memicu kenaikan gula darah dan diabetes tipe 2.

Statin juga dapat memengaruhi kinerja dari obat lain yang Anda konsumsi. Jadi beritahukanlah pada dokter apabila Anda sedang mengonsumsi obat lain.

Beberapa orang yang mengonsumsi statin melaporkan bahwa mereka mengalami gangguan ingatan dan kebingungan. Namun secara umum gejala tersebut tidaklah serius dan menghilang beberapa minggu setelah mereka berhenti minum obat.

Anda juga tidak boleh mengonsumsi limau gedang (grapefuirt) ataupun jus olahannya saat minum obat statin. Limau gedang akan membuat tubuh sulit untuk mendapat manfaat dari obat ini. Anda yang sedang hamil atau mengidap penyakit hati juga tidak boleh mengonsumsi obat statin.

Obat Kolesterol di Apotik: Niacin

Niacin, yang juga dikenal dengan nama nicotinic acid, adalah vitamin B3 dan dapat diperoleh secara alami dari makanan. Sebagai obat, niacin dikemas dalam dosis tinggi. Obat niacin bekerja pada organ hati dengan cara memengaruhi produksi dari lemak-lemak darah.

Apa kegunaan dari niacin? Niacin paling sering digunakan untuk mencegah penyakit kardiovaskular (berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah). Umumnya dokter meresepkan niacin untuk membantu menaikkan kadar kolesterol “baik” HDL dan menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Obat ini juga dapat sedikit menurunkan kadar kolesterol “jahat” LDL.

Berikut adalah beberapa jenis obat kolesterol niacin yang tersedia di apotik Kimia Farma, K-24, atau apotik-apotik umum lainnya:

  • Niaspan
  • Niacor

Apa efek samping dari niacin? Niacin dapat menimbulkan efek samping berupa kemerahan pada kulit, gatal-gatal, dan sakit perut. Niacin juga bisa menyebabkan toksisitas sehingga fungsi hati Anda harus dipantau oleh dokter secara ketat. Para penderita diabetes juga harus hati-hati menggunakan obat ini karena dapat meningkatkan kadar gula darah.

Di apotik ada jenis niacin obat resep dan ada jenis niacin suplemen. Suplemen niacin tidak boleh digunakan sebagai pengganti niacin obat resep karena dikhawatirkan bisa menimbulkan efek samping serius.

Jumlah niacin pada suplemen bisa sangat bervariasi, dari tidak ada sama sekali hingga melebihi dari yang tertera di label kemasannya. Bahkan jumlah niacin pada merek suplemen yang sama pun bisa berbeda-beda. Ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum membeli suplemen niacin.

Obat Kolesterol di Apotik: Resin Asam Empedu

Obat resin asam empedu disebut juga resin pengikat asam empedu atau sequestran asam empedu. Obat ini bekerja pada usus dengan cara memicu peningkatan pembuangan kolesterol.

Apa kegunaan dari resin asam empedu? Obat ini digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol “jahat” LDL. Karena efek penurun kolesterolnya tidak setinggi jenis obat lainnya, maka sering kali resin diresepkan bersamaan dengan statin atau niacin.

Baca juga:  5 Makanan Terbaik Pengontrol Kolesterol

Apa hubungannya asam empedu dengan kolesterol? Tubuh Anda menggunakan kolesterol untuk membuat empedu, cairan asam yang digunakan dalam proses pencernaan. Obat ini mengikat ke empedu, sehingga empedu tidak dapat digunakan selama pencernaan.

Kemudian organ hati menanggapinya dengan membuat lebih banyak empedu. Semakin banyak empedu yang dihasilkan oleh hati, semakin banyak juga kolesterol yang digunakannya. Pada akhirnya, akan ada lebih sedikit kolesterol yang tersisa di dalam darah.

Berikut adalah beberapa jenis obat kolesterol resin yang tersedia di apotik Kimia Farma, K-24, atau apotik-apotik umum lainnya:

  • Cholestyramine
  • Colestipol
  • Colesevelam Hcl

Apa efek samping dari resin asam empedu? Obat ini tidak diserap ke dalam tubuh, jadi biasanya tidak menimbulkan efek samping yang sistemik (memengaruhi organ-organ tubuh). Efek samping yang ditimbulkan biasanya adalah sembelit, sakit perut, kembung, muntah, diare, berat badan turun, kentut berlebihan, heartburn, dan batu empedu.

Karena dapat mengurangi penyerapan vitamin A, D, E, dan K, penggunaan resin dalam jangka panjang bisa menyebabkan tubuh kekurangan vitamin-vitamin tersebut. Obat resin juga dapat memengaruhi kinerja dari beberapa jenis obat lain, misalnya warfarin, obat tiroid, digoxin, dan diuretik thiazide. Jadi ada baiknya Anda memberitahukan pada dokter jika sedang mengonsumsi obat lain.

Obat Kolesterol di Apotik: Penghambat Penyerapan Kolesterol

Obat penghambat penyerapan kolesterol disebut juga penghambat absorpsi kolesterol. Obat ini bekerja pada usus dengan cara mencegah penyerapan (absorpsi) kolesterol pada organ tersebut.

Apa kegunaan dari penghambat penyerapan kolesterol? Obat ini digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol “jahat” LDL. Obat penghambat penyerapan kolesterol juga dapat sedikit menurunkan kadar trigliserida dan sedikit menaikkan kadar kolesterol “baik” HDL.

Ezetimibe adalah contoh obat penghambat penyerapan kolesterol yang tersedia di apotik Kimia Farma, K-24, atau apotik-apotik umum lainnya.

Apa efek samping dari penghambat penyerapan kolesterol? Efek samping yang dapat ditimbulkan berupa sakit kepala, pusing, diare, sakit tenggorokan, hidung meler, bersin-bersin, dan nyeri sendi.

Ada juga sejumlah efek samping serius yang jarang terjadi namun harus segera mendapat penanganan dokter, seperti sesak napas, kesulitan menelan, bengkak di bagian-bagian tubuh, pendarahan atau memar yang tidak biasa, kulit atau mata menguning, meriang, dan nyeri dada.

Obat ini juga dapat memengaruhi kinerja dari obat-obat tertentu, misalnya warfarin, cyclosporine, fenofibrate, dan gemfibrozil. Ada baiknya Anda memberitahukan pada dokter apabila sedang mengonsumsi obat lain.

Alternatif Obat Kolesterol di Apotik Tanpa Resep Dokter

Selain obat resep, di apotik Kimia Farma, K-24, atau apotik lainnya juga banyak tersedia obat kolesterol herbal. Obat kolesterol herbal tidak membutuhkan resep dokter sehingga bisa dibeli secara bebas. Obat herbal dibuat dari bahan-bahan alam sebagai komposisi utamanya, sehingga umumnya diklaim bebas dari efek samping.

Selain diklaim bebas dari efek samping, banyak dari produk-produk herbal tersebut juga dipromosikan sebagai herbal yang sangat manjur untuk menurunkan kolesterol tinggi. Namun Anda perlu berhati-hati agar jangan langsung termakan dengan promosi yang heboh, sebab tidak semuanya benar-benar terbukti efektif.

Ada produk-produk herbal yang memang dilaporkan bagus untuk membantu menuruni kadar kolesterol, tetapi belum ada riset ilmiah yang cukup untuk mendukungnya. Karena tidak ada cukup bukti ilmiah, sulit untuk memastikan seberapa efektif kah herbal itu atau bagaimana efek samping yang bisa diakibatkannya.

Dengan begitu banyaknya pilihan obat kolesterol herbal yang ada di apotik, bagaimana cara memilih produk herbal yang terbaik? Ingatlah bahwa sebuah produk herbal pantas dikatakan terbaik apabila telah terbukti secara ilmiah maupun empiris. Secara ilmiah artinya sudah ada hasil penelitian mengenai manfaat dari herbal itu, dan secara empiris artinya sudah banyak pengakuan positif dari para penggunanya.

Rekomendasi Obat Kolesterol Herbal di Apotik

Salah satu obat kolesterol herbal yang telah terbukti secara ilmiah maupun empiris ialah Noni juice, yang banyak tersedia di apotik-apotik umum seperti K-24 atau Kimia Farma. Noni juice adalah produk minuman herbal yang dibuat dari sari buah Noni. Produk yang khususnya direkomendasikan ialah yang 100% dibuat dari sari buah Noni, karena mengandung manfaat sepenuhnya yang diberikan oleh buah Noni.

Buah Noni sudah sejak lebih dari 1.600 tahun lalu digunakan secara tradisional untuk mengobati beragam penyakit, mulai dari yang ringan hingga berat. Beberapa diantaranya berkaitan erat dengan masalah kolesterol tinggi, misalnya darah tinggi, stroke, dan gangguan jantung. Jadi tak heran apabila Noni juice, produk olahan yang paling terkenal dari buah Noni, menjadi salah satu minuman kesehatan terbaik di dunia.

Buah Noni, Obat Herbal Kolesterol Tinggi
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (Image by PublicDomainPictures from Pixabay)

Berbagai penelitian ilmiah telah mengakui kemampuan Noni untuk menurunkan kolesterol. Contohnya adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Indonesia, dan didukung oleh Universitas Indonesia serta Laboratorium Biomedika. Mereka meneliti pengaruh ekstrak buah Noni pada kolesterol “jahat” LDL dan kolesterol total dari sejumlah penderita kolesterol tinggi.

Baca juga:  Apakah Omega 3 Itu Sebenarnya?

Setelah 14 hari pengujian, didapati bahwa konsumsi Noni mampu mengurangi kadar kolesterol mereka sebesar rata-rata 33,0 mg/dL (13%) untuk kolesterol total dan sebesar 26,6 mg/dL (15,5%) untuk kolesterol LDL. Hasil ini menjadi bukti bahwa Noni memang berkhasiat sebagai penurun kolesterol.

Bukti ilmiah tersebut didukung oleh pengakuan para pengguna Noni juice dari berbagai belahan dunia. Banyak dari mereka mengakui bahwa herbal ini telah mempermudah mereka untuk mengendalikan kadar kolesterol, yang tadinya sulit diturunkan menjadi stabil tetap di titik normal. Hasil positif tersebut biasanya sudah mulai dialami dalam waktu 1 bulan konsumsi.

Terlebih lagi Noni juga memberikan manfaat-manfaat tambahan lain pada kondisi badan. Misalnya menghilangkan rasa nyeri pada bagian-bagian tubuh, badan terasa lebih bugar, tidur malam lebih nyenyak, kulit menjadi lebih mulus dan cerah, serta pikiran menjadi rileks.

Noni Juice Aman dari Efek Samping Serius

Alasan mengapa beberapa orang enggan membeli obat kolesterol di apotik adalah karena mereka takut dengan efek sampingnya. Dan memang mengonsumsi obat-obatan medis pasti tidak lepas dari risiko, khususnya jika dikonsumsi tidak sesuai resep atau petunjuk dokter. Apakah Noni juice aman dari efek samping?

Noni juice bukanlah obat medis, melainkan suplemen kesehatan yang aman untuk dikonsumsi setiap hari, bahkan dalam jangka panjang sekalipun. Sudah ada uji keamanan yang dilakukan berkaitan dengan hal ini. Contohnya yang diadakan oleh Brett J. West dan rekan-rekannya di tahun 2009, dan hasilnya dirilis dalam jurnal Pacific Health Dialog.

Selama pengujian 28 hari, para partisipan diberikan Noni juice dalam tiga dosis; 30 ml, 300 ml, dan 750 ml. Hasilnya tidak ditemukan adanya efek negatif pada tanda-tanda vital, berat badan, ataupun hasil tes jantung EKG dari para partisipan. Juga tidak ada efek negatif pada hasil tes urin, tes darah, maupun uji biokimia. Hasil bagus ini terlihat baik pada partisipan yang minum Noni dalam dosis 30 ml, 300 ml, ataupun 750 ml.

Uji keamanan ini memperlihatkan bahwa Noni juice aman untuk dikonsumsi dan relatif bebas dari efek samping, meskipun dikonsumsi dalam dosis besar sekalipun. Tetapi tentu saja Anda tidak perlu minum Noni sampai sebanyak itu. Pada umumnya para pengguna herbal ini sudah bisa merasakan manfaatnya dengan mengonsumsi sebanyak 50 ml, 2 – 3 kali sehari.

Teliti Sebelum Membeli Obat Kolesterol

Apa yang perlu diingat sebelum membeli obat kolesterol di apotik umum seperti K-24 atau Kimia Farma? Ingatlah bahwa obat kolesterol medis tidak dirancang untuk dibeli secara bebas, Anda harus membelinya dengan resep dokter. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai obat yang cocok untuk kebutuhan Anda.

Sewaktu dokter memberi resep obat, Anda bisa bertanya apakah ada efek samping yang perlu diwaspadai dari obat itu dan bagaimana cara untuk mencegah efek samping itu. Jangan lupa juga beritahukan pada dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat atau suplemen lain, karena ditakutkan akan berpengaruh pada obat kolesterol yang diresepkan.

Bagaimana jika ingin membeli obat kolesterol di apotik tanpa resep? Pilihan terbaiknya ialah produk herbal yang efektif untuk menurunkan kolesterol. Salah satu produk yang pantas dipertimbangkan adalah Noni juice, yang kemampuannya telah terbukti secara ilmiah maupun empiris. Noni juga terbukti aman untuk dikonsumsi dan relatif bebas efek samping.

Jika Anda ingin membeli produk Noni juice di apotik, pastikan untuk mencari produk yang terbuat dari 100% sari buah Noni, tanpa campuran bahan alam atau kimia lain apapun. Dengan kandungan 100%, itu berarti Anda mendapatkan manfaat penurun kolesterol yang sepenuhnya dari buah Noni.

Selain mencarinya di apotik, Anda juga dapat membelinya secara online, karena kini sejumlah merek Noni juice telah tersedia secara online di Indonesia. Silakan kunjungi bagian informasi dan pembelian produk 100% Noni juice yang kami rekomendasikan di halaman ini.


Sumber Referensi:

WebMD. Which Medicines Lower “Bad” (LDL) Cholesterol?. Reviewed: 2018-06-01. URL: https://www.webmd.com/cholesterol-management/guide/cholesterol-lowering-medication. Accessed: 2019-10-21

Mayo Clinic. Cholesterol medications: Consider the options. Published: 2018-11-20. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/cholesterol-medications/art-20050958. Accessed: 2019-10-21

American Heart Association. Cholesterol Medications. Reviewed: 2018-11-10. URL: https://www.heart.org/en/health-topics/cholesterol/prevention-and-treatment-of-high-cholesterol-hyperlipidemia/cholesterol-medications. Accessed: 2019-10-21

Sasnan, Grace Santhy, dkk. (2014). Effect of Morinda citrifolia Fruit Extract Capsule on Total Cholesterol Levels in Patients with Hypercholesterolemia. Tropical Journal of Pharmaceutical Research. 13(8): 1319-1326

West, Brett J., dkk. (2009). A Double-Blind Clinical Safety Study of Noni Fruit Juice. Pacific Health Dialog. 15 (2): 21-32