Minum Apa Supaya Kolesterol Cepat Turun? Studi Buktikan Manfaat 6 Minuman Ini!


By Cindy Wijaya

Banyak orang sudah tahu bahwa penderita kolesterol tinggi harus menghindari atau membatasi makanan-makanan tertentu. Tapi belum banyak yang tahu bahwa apa yang kita minum juga berpengaruh pada kadar kolesterol. Ini karena minuman yang mengandung bahan-bahan yang dapat meningkatkan kolesterol, seperti gula dan lemak.

Tapi rupanya ada juga jenis-jenis minuman yang berdampak baik bagi kadar kolesterol. Mengonsumsinya secara teratur dikaitkan dengan kolesterol yang lebih rendah atau lebih terkontrol. Simaklah artikel ini yang membahas tentang minum apa supaya kolesterol cepat turun.

Minum Apa Supaya Kolesterol Cepat Turun?

Mengurangi kolesterol penting bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). Diperkirakan bahwa penurunan kolesterol “jahat” sebesar 1%  dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 1%. Dan penurunan kolesterol total sebesar 1% dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sampai dengan 3%.

Upaya menurunkan kolesterol dapat dilakukan dengan menyesuaikan gaya hidup—termasuk lebih sering olahraga, menghindari asupan makanan berlemak dan kurang sehat, dan memperbanyak konsumsi makanan dan minuman sehat.

Sama seperti makanan, ada beberapa jenis minuman yang membantu mengurangi kolesterol “jahat” LDL dan kolesterol total. Minuman apa yang bisa menurunkan kolesterol dengan cepat?

Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan lain yang tampaknya membantu menurunkan kolesterol “jahat” LDL dan kolesterol total.

Para peneliti dalam studi tahun 2020 meneliti efek epigallocatechin gallate (EGCG), antioksidan bermanfaat lain yang ada dalam teh hijau, pada manusia, hewan, dan secara in vitro (di luar orgnaisme hidup). (Sumber: Journal of Translational Medicine Vol. 18 No. 195)

Dalam pengujian pada manusia, para peneliti mengaitkan konsumsi teh hijau yang lebih tinggi dengan kadar kolesterol LDL yang lebih rendah. Pada pengujian pada hewan, EGCG menurunkan tingkat konsentrasi enzim tertentu dan menurunkan kadar LDL.

Menuru penelitian lain di tahun 2021, teh hitam juga ternyata punya efek positif terhadap kadar kolesterol. (Sumber: Annals of Medicine Vol. 53 No. 1)

Di samping itu, penelitian di Jepang mendapati bahwa orang-orang yang mengonsumsi setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari selama 7 – 10 tahun secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena penyakit kardiovaskular. Meminum antara 3 – 5 cangkir teh hijau setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko tertinggi, terutama pada wanita. (Sumber: JAMA Vol. 296 No. 10)

Susu Oat

Oat mengandung beta-glukan, yang membuat zat seperti gel di usus dan berinteraksi dengan garam empedu. Beta-glukan adalah jenis serat larut yang dapat menghambat penyerapan kolesterol dan membantu menurunkan kadar kolesterol.

Untuk produk oat, minuman apa yang bisa menurunkan kolesterol dengan cepat? Penelitian yang dimuat Food & Function Vol. 9 No. 3 menunjukkan bahwa minuman dari oat, termasuk susu oat, mungkin memberikan manfaat penurun kolesterol yang lebih konsisten daripada produk oat semi padat atau padat. Segelas susu oat (250 mL) dapat menyediakan 1 gram beta-glukan.

Periksalah label kemasan minuman oat untuk memastikan apakah minuman tersebut mengandung beta-glukan—mungkin dituliskan sebagai bagian dari informasi serat—dan berapa banyak yang terkandung di dalamnya dalam setiap porsi/sajian.

Ilustrasi minum apa supaya kolesterol cepat turun
Photo by nadianb via Canva

Susu Kedelai

Kedelai rendah kandungan lemak jenuh. Mengganti asupan yang tinggi lemak jenuh, seperti daging merah, dengan produk kedelai dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

Manfaat kedelai untuk menurunkan kolesterol pertama kali diketahui pada tahun 1999 oleh lembaga FDA. Sebanyak 25 gram protein kedelai per hari dianggap cukup untuk menurunkan kolesterol. (Sumber: Federal Register Vol. 64 No. 206)

Masih belum jelas bagaimana cara kedelai menurunkan kolesterol LDL, tapi para peneliti menduga bahwa itu karena pembentukan peptida selama pencernaan protein kedelai. Peptida ini membantu meningkatkan regulasi reseptor LDL hati.

Dilaporkan juga bahwa kemampuan kedelai dalam menurunkan LDL lebih menonjol pada orang-orang yang kadar kolesterolnya sudah di atas normal dibandingkan dengan mereka yang kolesterolnya masih normal.

Untuk produk kedelai, minum apa supaya kolesterol cepat turun? Organisasi Heart UK merekomendasikan untuk mengonsumsi 2-3 porsi makanan/minuman berbahan dasar kedelai setiap hari, dengan 1 porsi mewakili 250 mL susu kedelai. Pilihlah susu kedelai murni tanpa tambahan gula, garam, dan lemak.

Jus Mengkudu

Jus buah mengkudu, yang umum disebut Noni juice, sudah sejak lama dikonsumsi sebagai obat kolesterol tradisional. Jus mengkudu bermanfaat untuk mengurangi kolesterol berlebih dalam darah, sekaligus membersihkan endapan kolesterol yang terlanjur berkembang dalam pembuluh darah.

Karena itu, selain membantu menurunkan kolesterol, minuman herbal ini juga membantu mengurangi risiko penyakit lain yang terkait—seperti penyempitan pembuluh darah, hipertensi, gangguan jantung, dan stroke.

Penelitian yang dimuat di Tropical Journal of Pharmaceutical Research Vol. 13 No. 8 mendukung hal tersebut. Pemberian ekstrak Noni selama 14 hari menghasilkan penurunan kadar kolesterol total sebesar 13,8% dan kolesterol LDL sebesar 15,5% pada para pasien kolesterol tinggi yang diikutsertakan.

Dosis minum jus mengkudu (Noni juice) pada umumnya cukup 25 ml diminum 3 kali sehari: pagi setelah bangun tidur, sore, dan malam sebelum tidur.

Ilustrasi minuman apa yang bisa menurunkan kolesterol dengan cepat
Photo by Ninetechno from Getty Images via Canva

Jus Tomat

Pilihan minuman apa yang bisa menurunkan kolesterol dengan cepat lainnya adalah jus tomat. Sebuah penelitian terhadap 481 orang di Jepang mendapati bahwa jus tomat tanpa garam secara signifikan mengurangi kadar kolesterol LDL dalam darah mereka. Juga memperbaiki tekanan darah mereka sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Manfaat penurun LDL ini diduga karena adanya kandungan senyawa likopen yang banyak terdapat dalam tomat. (Sumber: Atherosclerosis Vol. 257) Kandungan likopen ini bisa meningkat sewaktu tomat diolah menjadi bentuk jus. Selain itu jus tomat juga kaya akan serat penurun kolesterol dan niacin.

Berapa banyak jus tomat yang perlu diminum? Penelitian di Jepang yang disebutkan di atas mendapati bahwa orang-orang yang minum 1 gelas (215 ml) jus tomat tanpa garam mengalami penurunan LDL yang signifikan.

Jus Berry

Pilihan minum apa supaya kolesterol cepat turun selanjutnya adalah dari buah beri-berian (berry). Banyak jenis buah berry yang kaya antioksidan dan serat, yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Khususnya antosianin—zat antioksidan kuat dalam buah berry—dapat bermanfaat bagi kolesterol. (Sumber: Nutrients Vol. 11 No. 9) Buah berry juga rendah kalori dan lemak.

Untuk mengonsumsi buah berry ke dalam menu asupan sehari-hari, Anda bisa mengolahnya menjadi jus atau smoothie berry. Campurkan 2 genggam buah berry jenis apapun dengan 1/2 gelas susu atau yogurt rendah lemak dan ½ gelas air dingin. Beberapa jenis buah berrry contohnya stroberi, mulberry (murbei), blueberry, blackberry, blackcurrant, raspberry dan cranberry.

Ilustrasi minuman apa yang bisa menurunkan kolesterol dengan cepat
Photo by Marcin Jucha via Canva

Jadi, Minuman Apa yang Bisa Menurunkan Kolesterol dengan Cepat?

Upaya menurunkan kolesterol bisa lebih efektif jika dilengkapi dengan konsumsi minuman yang tepat. Minum apa supaya kolesterol cepat turun?

Beberapa jenis minuman yang telah diselidiki penelitian antara lain: Teh hijau, susu kedelai, susu oat, jus buah mengkudu (Noni juice), jus tomat, dan jus berry. Anda bisa mengonsumsi minuman tersebut secara teratur untuk mendapat manfaat penurun kolesterolnya.

Dan jangan lupa untuk melakukan langkah-langkah mengurangi kolesterol lain, dengan mengurangi makanan berlemak dan kurang sehat, memperbanyak makanan sehat, lebih sering berolahraga, dan berhenti merokok.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang minuman apa yang bisa menurunkan kolesterol dengan cepat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}