Hindari 4 Hal Ini Jika Tak Ingin Kolesterol Gampang Naik

282
Merokok, Penyebab Kolesterol Gampang Naik Selain Makanan
Photo by Andres Siimon on Unsplash
5
(1)

Ingin tahu apa penyebab kolesterol Anda gampang naik drastis? Cobalah periksa gaya hidup Anda, dan bukan hanya soal makanan. Selain makanan, ada penyebab lain yang perlu dihindari supaya kolesterol tidak naik tinggi. Apa sajakah itu?

Artikel ini akan merangkum informasi dari berbagai sumber terpercaya mengenai penyebab kolesterol gampang naik drastis. Dengan mengetahuinya, Anda bisa menghindari atau memperbaiki kebiasaan hidup yang tidak sehat agar kolesterol tetap terjaga dengan baik.

Penyebab Kolesterol Gampang Naik: Makanan Tidak Sehat

Salah satu penyebab utama kolesterol gampang naik tinggi adalah makanan, terutama jenis makanan tidak sehat yang banyak mengandung kolesterol. Berikut empat jenis makanan berkolesterol tinggi yang perlu Anda hindari:

  • Makanan yang digoreng: karena mereka sarat dengan kalori dan dapat mengandung lemak trans, yang bisa memicu penyakit jantung serta merusak kesehatan Anda.
  • Makanan cepat saji (fast food): karena mereka adalah faktor risiko utama untuk berbagai jenis penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.
  • Makanan yang diproses: contohnya sosis, ham, bacon, nugget, Makanan-makanan ini dikaitkan dengan menignkatkan risiko penyakit jantung serta penyakit kanker tertentu, seperti kanker usus besar.
  • Camilan: contohnya kue, es krim, biskuit, dan makanan manis lainnya. Makanan-makanan ini cenderung tinggi kolesterol, serta banyak mengandung gula, lemak, dan kalori tak sehat.

Jika Anda tidak ingin kolesterol gampang naik tinggi, hindarilah makanan-makanan penyebab kolesterol di atas. Perbaikilah kebiasaan makan Anda dengan memperbanyak makanan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan makanan sumber protein yang sehat.

Penyebab Kolesterol Gampang Naik: Kurang Gerak Fisik

Selain makanan, kurangnya gerak fisik juga dapat menjadi penyebab kolesterol naik tinggi. Gaya hidup malas olahraga dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan, termasuk yang berhubungan dengan penyakit jantung seperti kolesterol tinggi, darah tinggi, obesitas, dan diabetes tipe 2.

Aktivitas fisik berguna untuk membantu meningkatkan kadar kolesterol “baik” HDL. Orang yang rajin beraktivitas fisik lebih mudah menurunkan kadar kolesterol mereka dan menjaganya tetap dalam batas normal.

Baca juga:  Kolesterol Rendah, Apakah Berbahaya? Bagaimana Gejalanya?

Berikut adalah jenis aktivitas fisik atau olahraga yang terbaik untuk mencegah serta menurunkan kolesterol tinggi:

  • Olahraga lari santai: cobalah berlari santai setiap pagi atau sore mengelilingi komplek atau taman di sekitar rumah Anda.
  • Olahraga jalan cepat: jenis olahraga khususnya cocok bagi Anda yang tidak bisa atau belum terbiasa olahraga lari.
  • Bersepeda: kini olahraga ini semakin mudah dilakukan karena sudah tersedia banyak jalur khusus sepeda di jalanan kota-kota besar.
  • Berenang: olahraga renang diketahui dapat mengurangi berat badan, kadar lemak tubuh, dan kadar kolesterol “jahat” LDL lebih baik daripada olahraga jalan kaki.
  • Angkat beban: mengombinasikan olahraga aerobik (lari, jalan, bersepeda, berenang) dengan olahraga angkat beban sangat membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Sebenarnya apapun jenis olahraga atau aktivitas fisik yang Anda lakukan, semuanya berguna untuk mengurangi kolesterol serta menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda. Lakukanlah jenis aktivitas fisik yang sesuai dengan kesanggupan Anda, dan upayakan untuk melakukannya secara rutin.

Penyebab Kolesterol Gampang Naik: Merokok

Selain menjaga makanan dan memperbanyak gerak fisik, Anda juga perlu berhenti merokok, sebab merokok merupakan salah satu penyebab kolesterol naik tinggi. Merokok menyebabkan kolesterol “jahat” LDL lebih lengket sehingga mudah menempel ke dinding pembuluh arteri serta menyumbatnya.

Merokok juga mengurangi kadar kolesterol “baik” HDL, yang seharusnya bertugas untuk mengambil kolesterol yang menempel di dinding arteri. Selain itu, merokok merusak dinding pembuluh arteri Anda sehingga kolesterol dapat masuk dan berkumpul ke celah-celah dinding yang rusak.

Dampak-dampak buruk dari merokok tersebut membuat pembuluh arteri Anda lebih cepat tersumbat. Jika dibiarkan, lama-lama akan mengakibatkan gangguan jantung, bahkan serangan jantung dan stroke.

Namun begitu Anda berhenti merokok, risiko penyakit jantung dan banyak masalah kesehatan lain akan secara perlahan berkurang. Anda akan merasa jauh lebih sehat dan bugar, kulit lebih mulus, stres berkurang, napas lebih lega, dan beraktivitas juga jadi lebih gampang.

Baca juga:  Makanan Berikut Ini Akan Meningkatkan Kolesterol Baik Tubuh Anda

Penyebab Kolesterol Gampang Naik: Kelebihan Berat Badan

Orang yang gemuk lebih cenderung memiliki kolesterol tinggi. Jadi untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi, Anda perlu mengurangi berat badan yang berlebihan. Mengurangi hanya 5% dari berat badan Anda saat ini saja sudah dapat mengurangi kadar kolesterol.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang melakukan program olahraga selama 12 minggu berhasil menurunkan kolesterol “jahat” LDL sebesar 18 poin, dan kolesterol total mereka turun sebesar 26 poin.

Jadi selain menghindari makanan penyebab kolesterol naik drastis, Anda juga perlu menjaga makanan supaya berat badan tetap ideal. Dengan melakukan diet sehat, Anda dapat menurunkan kadar LDL hingga sebesar 30 persen—hasil ini sebanding dengan mengonsumsi obat penurun kolesterol.

Apakah Faktor Keturunan Juga Berpengaruh?


Beberapa orang mewarisi genetik dari ibu, ayah, atau bahkan kakek-nenek mereka yang menjadi penyebab kolesterol mereka gampang naik. Kondisi ini disebut hiperkolesterolemia keluarga. Tingkat keparahan hiperkolesterolemia keluarga terkait dengan durasi dan kadar kolesterol LDL dalam darah. Kondisi ini berbahaya karena bisa memicu penyakit jantung aterosklerotis prematur.

Apabila kadar kolesterol Anda cukup mengkhawatirkan, coba periksa riwayat keluarga Anda. Bisa jadi beberapa anggota keluarga dekat Anda juga punya masalah kesehatan yang berkaitan dengan kolesterol tinggi.

Ayo Turunkan dan Jaga Kadar Kolesterol Anda!

Kalau Anda punya kadar kolesterol yang berlebih, upayakanlah untuk mengubah gaya hidup Anda. Ini adalah langkah awal terbaik untuk mengurangi risiko Anda menderita penyakit jantung di masa depan.

Faktor gaya hidup yang paling sering menjadi penyebab kolesterol gampang naik tinggi adalah makanan tidak sehat, kurang gerak fisik, merokok, dan kelebihan berat badan.

Makanan tidak sehat penyebab kolesterol naik drastis yang perlu dihindari yaitu: makanan yang digoreng, makanan cepat saji, makanan yang diproes, dan camilan. Jenis olahraga yang terbaik untuk menurunkan kolesterol yaitu: lari santai, jalan cepat, bersepeda, berenang, dan angkat beban.

Ingat ini: Membuat perubahan sekarang, sekalipun itu sederhana, dapat membantu untuk mencegah penyakit serius di masa nanti.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang penyebab kolesterol gampang naik. Semoga informasi ini dapat menambah kepedulian Anda pada kesehatan diri sendiri maupun keluarga tercinta. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kolesterol tinggi hanya di Deherba.com.


Referensi Penyebab Kolesterol Gampang Naik:

American Heart Association. Causes of High Cholesterol. Reviewed: 2017-04-30. URL: https://www.heart.org/en/health-topics/cholesterol/causes-of-high-cholesterol. Accessed: 2019-12-23

Kubala, Jillian. 11 High-Cholesterol Foods — Which to Eat, Which to Avoid. Published: 2018-09-10. URL: https://www.healthline.com/nutrition/high-cholesterol-foods. Accessed: 2019-12-23

Story, Colleen. Lowering Your High Cholesterol: 6 Exercises That Will Pay Off. Reviewed: 2017-04-17. URL: https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/treating-with-statins/best-exercises. Accessed: 2019-12-23

Heart UK. Smoking. URL: https://www.heartuk.org.uk/healthy-living/quit-smoking. Accessed: 2019-12-23

WebMD. How can losing weight help with borderline cholesterol levels?. Reviewed: 2018-06-16. URL: https://www.webmd.com/cholesterol-management/qa/how-can-losing-weight-help-with-borderline-cholesterol-levels. Accessed: 2019-12-23


Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 tidak bermanfaat / 5 sangat bermanfaat)

Rating: 5 / 5. Pemilih: 1

Ikuti media sosial kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!

Beritahukan apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan mutu artikel ini?