Bagaimana Cara Mengetahui Ciri-Ciri Kolesterol Naik?


By Cindy Wijaya

Banyak dari kita penasaran apakah kita bisa tahu tanda-tanda kolesterol pada tubuh sudah tinggi. Jawabannya mungkin cukup mengagetkan: Sering kali kita tidak bisa merasakan ciri-ciri pada tubuh bahwa kolesterol sedang naik atau menjadi lebih tinggi daripada batas normal. Tetapi kalau kolesterol tinggi tidak ketahuan dan terus diabaikan, itu bisa berbahaya karena memperbesar risiko kita untuk mengalami penyakit serius.

Jadi bagaimana cara untuk mengetahui tanda-tanda kolesterol tinggi pada tubuh jika tidak ada ciri-ciri fisik yang bisa dikenali? Artikel ini akan menjelaskan cara pasti untuk mengetahui kolesterol yang sedang naik.

Cara Pasti untuk Mengetahui Kolesterol Naik Bukan dari Ciri-Ciri Fisik

Pada umumnya tidak ada tanda-tanda kolesterol tinggi pada tubuh. Jika Anda memang merasakan gejala-gejala, itu biasanya terkait dengan akibat dari komplikasi kolesterol tinggi, bukan karena kolesterol itu sendiri. Anda tidak dapat “merasakan” kolesterol yang sedang tinggi.

Hanya dalam kasus yang parah mungkin terbentuk endapan-endapan berlilin pada kulit (xanthoma), endapan kolesterol kekuningan yang muncul di sekitar mata atau kelopak mata, serta sekelompok kecil benjolan di tangan, sikut, dan lutut. Sebagian besar gejala-gejala fisik ini terkait dengan bentuk genetik dari penyakit yang disebut sebagai hiperkolesterolemia familial.

Satu-satunya cara pasti untuk mengetahui apakah kolesterol sedang naik tinggi adalah melalui tes kolesterol, bukan dengan mencari-cari ciri-ciri fisik yang muncul pada tubuh. Tes kolesterol disebut sebagai tes profil lipid, yang merupakan tes darah untuk mencari tahu kadar lipid, atau lemak, yang ada di dalam darah. Lipid dalam darah antara lain:

  • Kolesterol LDL (yang sering disebut kolesterol “jahat”)
  • Kolesterol HDL (yang sering disebut kolesterol “baik”)
  • Trigliserida
  • Kolesterol total

Apabila tes menunjukkan bahwa kadar kolesterol total, LDL, atau trigliserida Anda tinggi (atau kadar HDL terlalu rendah), dokter mungkin memberikan sejumlah anjuran. Beliau mungkin menyarankan untuk mengonsumsi obat, mengubah gaya hidup, atau keduanya untuk membantu menormalkan kembali kadar lipid di dalam darah Anda.

Lembaga American Heart Association (AHA) menganjurkan agar orang-orang yang berusia 20 tahun ke atas memeriksakan kadar kolesterol mereka setidaknya sekali setiap empat sampai enam tahun.

Akan tetapi, apabila Anda punya riwayat keluarga penderita kolesterol tinggi dan telah didiagnosis dokter mengidap penyakit kronis seperti diabetes, Anda mungkin harus lebih sering melakukan tes kolesterol.

Pada kebanyakan kasus, orang-orang mengetahui bahwa kolesterol mereka naik tinggi bukan dari ciri-ciri  fisik, tetapi saat melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter atau rumah sakit. Bahkan banyak yang kaget ketika mengetahui bahwa kolesterol mereka sudah tinggi, padahal tidak ada tanda-tanda apapun yang mereka rasakan pada tubuh.

Ketahuilah Faktor Risiko untuk Mengalami Kolesterol Tinggi

Penting untuk mengetahui apakah Anda punya risiko untuk mengalami kolesterol tinggi. Walaupun Anda sering kali tidak bisa merasakan ciri-ciri fisik saat kolesterol naik tinggi, tetapi dengan mengetahui faktor risikonya, itu bisa membantu Anda untuk lebih waspada terhadap masalah kesehatan ini.

Apabila Anda memiliki salah satu kondisi yang tercantum di bawah ini, berarti Anda berisiko untuk mengalami kolesterol tinggi dan harus melakukan tes profil lipid jika belum melakukannya:

  • Kurang olahraga atau kurang bergerak secara fisik
  • Sering mengonsumsi makanan yang berlemak
  • Berat badan berlebihan
  • Merokok
  • Usia yang sudah tidak lagi muda
  • Riwayat keluarga penderita kolesterol tinggi
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • Mengidap masalah kesehatan tertentu (seperti diabetes dan penyakit tiroid tertentu)

Ciri-Ciri yang Muncul Akibat Komplikasi dari Kolesterol Naik

Beberapa orang cenderung mengabaikan kondisi kolesterol mereka yang sudah tinggi, karena mereka merasa baik-baik saja. Ini bukan tindakan yang bijaksana, sebab kadar kolesterol yang terus tinggi dapat menyebabkan beragam komplikasi kesehatan yang serius.

Sewaktu kadar kolesterol tinggi, endapan-endapan berlemak dapat mulai terbentuk pada pembuluh-pembuluh yang meradang. Proses ini disebut sebagai aterosklerosis, yang bisa mengakibatkan penyumbatan sebagian aliran darah.

Penyempitan dan pengerasan pembuluh darah ini tidak hanya menyebabkan naiknya tekanan darah, tetapi juga meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Ini khususnya jika endapan-endapan lemak tersebut pecah dan menjadi sepenuhnya menghambat aliran darah.

Sayangnya, banyak orang tidak tahu bahwa mereka memiliki kadar kolesterol tinggi. Barulah sampai mereka mengalami serangan jantung atau stroke, mereka baru menyadari bahwa awal penyebabnya adalah karena kolesterol tinggi yang terus dibiarkan.

Untuk mencegah hal ini, periksakanlah kadar kolesterol Anda setidaknya sesering yang disarankan, yaitu setiap empat atau enam tahun sekali. Jangan mencoba mencari-cari ciri-ciri fisik dari kolesterol naik tinggi, karena sering kali itu tidak ada dan justru bisa mengecoh Anda karena berpikir masih baik-baik saja.

Apabila tes kolesterol menunjukkan hasil yang lebih tinggi daripada batas normal, lakukanlah tindakan yang dibutuhkan untuk menormalkan kembali kadar lipid dalam darah Anda.

Noni, Obat Herbal untuk Menurunkan Kolesterol


Dalam sebuah pengujian selama 14 hari pemberian ekstrak Noni, didapati terjadi penurunan signifikan dari kadar kolesterol total dan LDL pada pasien hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi). Rata-rata kadar kolesterol total mereka turun sebesar 33,0 mg/dL (13,8%) dan kadar LDL mereka sebesar 26,6 mg/dL (15,5%).

Hasil pengujian ini meneguhkan bahwa Noni memang sanggup menurunkan kadar kolesterol. Para peneliti juga menyebutkan bahwa manfaat Noni untuk menurunkan kadar kolesterol bisa semakin besar lagi apabila dibarengi dengan pola hidup sehat. Itu termasuk menjaga berat badan tidak berlebihan, mengonsumsi makanan sehat, rajin olahraga, dan tidak merokok.

Sumber: “Effect of Morinda citrifolia Fruit Extract Capsule on Total Cholesterol Levels in Patients with Hypercholesterolemia” oleh Grace Santhy Sasnan dan rekan-rekannya.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang cara pasti untuk mengetahui ciri-ciri kolesterol naik. Semoga informasi ini dapat berguna khususnya bagi Anda yang sedang khawatir dengan masalah ini. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain mengenai kesehatan dan penggunaan herbal hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Verywell Health. How to Tell If You Have High Cholesterol. Reviewed: 2019-11-27. URL: https://www.verywellhealth.com/high-cholesterol-symptoms-697596. Accessed: 2020-05-27

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}