Ketika dokter memberitahukan bahwa kadar kolesterol Anda sudah melewati batas wajar, apa yang akan Anda lakukan? Sudah pasti Anda akan melakukan berbagai upaya untuk menurunkannya, bukan?

Mungkin dokter menganjurkan untuk mengubah pola makan ditambah dengan rutin berolahraga. Namun apabila cara itu kurang efektif, dokter biasanya kemudian menyarankan metode pengobatan kolesterol tinggi tertentu.

Mengapa Herbal Dapat Lebih Aman?

Sebenarnya kolesterol baru bermasalah kalau kadarnya sudah berlebihan, yaitu kadar koleseterol total di atas 200 mg/dL, sehingga kondisinya disebut hiperkolesterol (kelebihan kolesterol). Memang ini bukan penyakit, tetapi kondisi ini akan memicu sederet penyakit.

Ketika tubuh sudah mengalami hiperkolesterol, maka ‘kendaraan’ yang membawa kolesterol menyebar ke seluruh bagian tubuh yakni lipoprotein akan mengalami kelebihan beban. Sebagaimana ketika sebuah kendaraan mengalami kelebihan beban, mau tidak mau sebagian penumpang harus ditinggal di jalan.

Dan ketika itulah kolesterol tak tersalurkan ke setiap bagian sel sebagaimana seharusnya, malah mengendap pada aliran darah, menyumbat pembuluh darah, dan memicu kemunculan beragam penyakit.

Sewaktu meresepkan obat kolesterol tinggi, sebelumnya dokter akan mempertimbangkan kondisi pasien. Faktor-faktor seperti seberapa tinggi kadar kolesterol, usia, kemungkinan efek samping obat, serta riwayat penyakit pada pembuluh darah akan mempengaruhi jenis dan dosis obat yang diberikan. Obat kolesterol tinggi umumnya aman, namun tetap saja bergantung pada kondisi fisik pengonsumsinya.

Bila pasien sudah cukup berumur, bukan tidak mungkin akan mengalami efek samping seperti nyeri otot/sendi, mual, sembelit, sakit perut, atau diare. Karenanya, pengobatan kolesterol tinggi sebaiknya dijalani sesuai anjuran dan di bawah pengawasan dokter.

Yang menjadi masalah, obat penurun kolesterol kimiawi memiliki kandungan asam tinggi. Ini dimaksudkan agar memecah sifat kolesterol yang menyerupai minyak atau lilin. Namun sifat asam ini bisa membahayakan pasien dengan masalah pencernaan. Konsumsi obat jangka panjang akan menggerus area lambung dan menimbulkan gastritis akut.

Solusi Obat Kolesterol Alami yang Aman

Kelebihan dari kebanyakan bahan herbal adalah sifatnya yang alami dan lebih mudah terbuang sisa residunya tanpa perlu memberatkan kinerja ginjal serta hati. Tidak ada proses kimia yang dilalui obat tersebut yang membuat ginjal harus bekerja ekstra menetralisir toksin yang disisakan.

Kelebihan lain dari bahan herbal untuk pengobatan adalah perpaduan senyawa dan nutrisi di dalamnya yang akan bekerja sekaligus menyasar pada beberapa kondisi penyakit. Dalam sebuah bahan herbal biasanya tidak hanya mengandung satu macam senyawa dengan satu macam khasiat, tetapi beberapa senyawa dan beberapa khasiat.

Itu sebabnya asupan obat herbal justru bisa bekerja ganda, karena bisa mengatasi keluhan utama yang Anda derita sekaligus mencegah keluhan tadi kemudian mengembang menjadi masalah kesehatan yang lebih kompleks.

Alam menyediakan berbagai tanaman herbalnya untuk membantu Anda menurunkan kolesterol. Salah satu herbal yang bisa digunakan dalam pengobatan kolesterol tinggi yaitu buah manggis. Kulit manggis memiliki banyak zat antioksidan yang juga bersifat anti-kanker, menghambat proses penuaan, melancarakan aliran darah, serta menurunkan kadar kolesterol.

Pilihan yang kedua adalah buah belimbing. Yang membuatnya dapat meluruhkan kolesterol “jahat” yakni kandungan seratnya yang tinggi. Serat tersebut mencegah penyerapan lemak dari makanan sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol serta menstabilkan tekanan darah.

Kedua bahan alami di atas dapat dicoba dikonsumsi untuk membantu menurunkan kolesterol Anda. Namun ada pilihan lain yang telah dibuktikan oleh riset kemampuannya sebagai obat kolesterol alami—yaitu Noni juice.

Noni Juice—Herbal Terbaik untuk Obat Kolesterol Tinggi

Noni juice, minuman herbal terbuat dari buah Noni, adalah pilihan obat kolesterol tinggi alami yang patut dipertimbangkan. Sebuah riset yang dilakukan oleh Mian-Ying Wang, MD, melaporkan bahwa terjadi penurunan total kolesterol dan trigliserida yang signifikan pada perokok yang rutin mengonsumsi Noni juice selama 1 bulan.

Selama 1 bulan itu, sejumlah 106 perokok meminum 1 sampai 4 ons Noni juice yang sudah dicampur dengan jus blueberry dan anggur setiap hari. Hasilnya ternyata memuaskan, total kolesterol mereka turun dari 235,2 mg/dL menjadi 190,2 mg/dL, dan rata-rata trigliserida turun dari 242,5 mg/dL menjadi 193,5 mg/dL. (Medscape)

Jelas sudah, bahwa Noni juice terbukti ampuh digunakan sebagai pengobatan kolesterol tinggi secara alami. Riset tersebut menggunakan Noni juice yang bisa dibilang tidak murni. Apabila ia menggunakan Noni juice murni tanpa tambahan jus buah apapun, bukan tidak mungkin hasilnya akan lebih baik lagi.

Dalam buah Noni ditemukan adanya khasiat antioksidan aktif bernama Xeronine dan yang bisa membantu memecah kolesterol tanpa perlu menambah asupan asam dalam tubuh. Alih-alih berasa asam, Noni justru memiliki rasa getir yang jauh lebih netral untuk lambung. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah Noni juga sangat baik untuk membantu meluruhkan kolesterol dalam darah.

Yang membuat herbal ini lebih efektif lagi adalah manfaatnya bagi kesehatan jantung. Seperti sudah diketahui, kolesterol tinggi dapat memicu penyakit jantung. Tetapi dengan rutin minum Noni juice, pembuluh darah bisa dibantu dibersihkan dari tumpukan plak sehingga menjadi lentur. Tekanan darah kembali normal dan kerja jantung dalam memompa darah jadi lebih ringan.

Jadi, jika Anda sudah memantapkan diri untuk mencoba obat kolesterol tinggi yang alami, Noni juice boleh jadi adalah pilihan terbaiknya karena sudah terbukti secara empiris. Pastikan juga Anda memilih Noni juice yang berkualitas dan benar-benar murni dari sari buah Noni agar khasiatnya dalam pengobatan kolesterol lebih maksimal.

Sebagai catatan terakhir, Noni juice adalah satu-satunya herbal yang telah teruji oleh waktu kesanggupannya dalam mengatasi beragam penyakit, juga sudah didukung oleh berbagai penelitian ilmiah yang lengkap serta melibatkan banyak ahli medis. Sebab itu, Noni juice bisa dikatakan salah satu pilihan terbaik untuk obat kolesterol tinggi bagi Anda yang sedang mencari alternatif alami.