Demam Dengue: Info Lengkap Seputar Gangguan Kapiler

489
Demam Dengue
Demam Dengue

Diedit:

Demam Dengue atau Demam Berdarah Dengue yang biasa disingkat dengan DBD, merupakan penyakit yang membuat penderita merasakan rasa nyeri yang benar-benar luar biasa. Bahkan rasa sakit yang disebabkan oleh demam berdarah seperti terasa sampai ke tulang. Jika sebelumnya Anda pernah terserang penyakit ini, Anda pasti mengerti bagaimana penderitaan yang dirasakan.

Dalam artikel ini Anda akan memperoleh informasi penting mengenai apa itu demam dengue? Adakah obat demam dengue alami yang dapat membantu penderitanya? Apa saja gejala demam dengue yang dapat Anda kenali? Apa penyebab demam dengue yang perlu Anda waspadai? Juga, pengobatan demam dengue apa yang tersedia bagi penderitanya? Mari kita perhatikan dalam artikel berikut ini.

Demam Dengue

Penyakit demam berdarah diakibatkan oleh infeksi virus yang asalnya dari gigitan nyamuk. Virus tersebut adalah virus dengue, dan nyamuk yang menularkan virus tersebut bukanlah nyamuk biasa melainkan nyamuk Aedes Aegypti. Untuk yang betina disebut dengan Aedes albopictus.

Keberadaan nyamuk tersebut perlu menjadi perhatian penuh, pengendalian populasi nyamuk ini juga perlu dilakukan sebagai salah satu tindakan pencegahan terjadinya demam dengue.

Di seluruh dunia diperkirakan terdapat 100 juta kasus penyakit ini yang terjadi per tahunnya. Beberapa di antaranya mewabah dengan tiba-tiba, kemudian menjangkiti hingga ribuan orang hanya dalam waktu singkat. Berikut merupakan informasi seputar deman dengue yang bisa Anda peroleh berdasarkan keterangan dari verywell.

Obat Demam Dengue

Daun jambu biji merupakan salah satu contoh herbal yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah. Daun jambu biji memang mempunyai banyak manfaat dan sering kali dimanfaatkan untuk pembuatan obat tradisional.

Daun jambu biji juga mempunyai sifat antibiotik dan anti diare. Kandungan tanin dari daun jambu biji juga bisa mempersempit urat darah. Ekstrak kering dari daun jambu biji untuk pemakaian 5 hari bisa meningkatkan trombosit pada darah hingga lebih dari 100 ribu/µl, dan tentunya tak ada efek samping negatif apapun yang akan dirasakan.

Daun dewa juga dipercaya bisa digunakan untuk mengobati penyakit demam berdarah, dengan cara dibuat air rebusannya, setelah itu air rebusan daun dewa Anda minum hingga demam berdarah sembuh.

Baca juga:  Obat Demam Dengue Alami Yang Mudah Ditemukan

Selain daun jambu biji dan daun dewa, masih ada beberapa obat demam dengue alami yang bisa menjadi rekomendasi. Misalnya; meniran yang mampu meningkatkan trombosit darah, anti-diare, obat batuk, obat panas dalam, sariawan hingga penyakit hati.

Kunyit sebagai anti-mikroba, anti-virus, anti-oksidan, anti-tumor, anti-invasi kanker. Daun Pepaya memiliki fungsi sebagai anti-koagulan dan anti-oksidan yang bekerja sebagai obat demam dengue. Temu ireng juga dapat dimanfaatkan sebagai obat demam dengue sekaligus obat tradisional penyakit lainnya. Bagaimana dengan buah Noni?  Temukan infonya dalam artikel obat demam dengue alami berikut!

Gejala Demam Dengue

Jika Anda tinggal dilingkungan yang penuh dengan nyamuk, waspadalah terhadap gigitannya. Gejala demam dengue tidak sama dengan demam biasa. Penderita demam dengue seringkali merasakan nyeri yang tak tertahankan bahkan serasa menembus tulang. Maka tak heran jika penyakit ini disebut dengan ‘breakbone fever’.

  • Bintik-bintik merah pada kulit
  • Panas tinggi tiba-tiba untuk jangka waktu 2 sampai dengan 7 hari. Suhu badan bisa mencapai 38 hingga 40 derajat celcius dan lebih
  • Terkadang pasien demam berdarah mengalami mimisan
  • Berak darah dan muntah darah juga bisa terjadi
  • Ulu hati terasa nyeri dikarenakan pendarahan di lambung
  • Hematemeses
  • Pembesaran di plasma yang sama dengan kenaikan pada dinding pembuluh darah
  • Apabila demam berdarah sudah dalam kondisi parah, penderita demam berdarah akan merasa gelisah di ujung tangan, kaki juga menjadi terasa dingin
  • Sakit kepala sendi atau atralgia dan sakit kepala berat
  • Sakit otot atau mialgia

Agar diagnosis dokter akurat, pasien yang mengalami gejala diatas hendaknya segera dibawa kerumah sakit untu memperoleh penanganan yang tepat. Waspadai keberadaan demam yang terjadi lebih dari 2 hari. Jika hal ini terjadi segera antar penderita untuk menjalani pengobatan medis di rumah sakit.

Penyebab Demam Dengue

Ada yang berpikir bahwa penyebab utamanya ialah nyamuk Aaedes Aegypti, namun nyamuk ini bukanlah penyebabnya. Nyamuk ini hanyalah perantara virus pembawa demam berdarah dengue. Penyebab demam dengue ialah virus dengue yang memiliki hampir 4 tipe.

Baca juga:  Jangan Sembarangan Minum Obat Demam untuk Penyakit DBD

Virus dengue yang merupakan penyebab serangan demam berdarah dibagi menjadi 4 macam yaitu dengue tipe 1, virus dengue tipe 2, tipe 3, dan virus dengue tipe 4. Di negara Indonesia sendiri, virus dengue tipe 3 yang terbanyak dan paling mendominasi.

Bagaimana virus ini dapat menjangkiti Anda? Pada saat nyamuk hinggap dan menghisap darah Anda, air liur mereka masuk kedalam pembuluh darah sehingga virus tersebut ikut terbawa. Nyamuk jenis ini biasanya menyerang pada pagi atau siang hari.

Nyamuk pembawa virus biasanya telah menggigit korban sebelumnya yang menderita demam dengue. Sehingga virus berada dalam tubuh sang nyamuk dan akan menularkannya pada korban selanjutnya.

Efek dari virus dengue ini mengakibatkan gangguan ke pembuluh darah kapiler dan mengganggu kinerja sistem pembekuan darah. Kondisi inilah yang mengakibatkan pendarahan, dan juga mengakibatkan kematian ke penderita demam berdarah.

Pengobatan Demam Dengue

Pengobatan demam dengue tidak dapat dilakukan hanya dengan perawatan yang ada dirumah saja. Penderitanya harus mendapat perawatan intensif dari tenaga medis profesional. Mengingat keberadaan virus ini dapat menyebabkan terjadinya komplikasi serius ‘dengue shock syndrome’.

Dengue Shock Syndrome terjadi karena penurunan tekanan darah secara drastis dan terjadinya pendarahan yang semakin kronis. Maka penanganan yang paling tepat ialah membiarkan tenaga medis merawatnya di rumah sakit. Sehingga kondisi mereka dapat terus terpantau dan segera mendapatkan pertolongan yang dibutuhkan dalam keadaan mendesak.

Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang sering menyerang, khususnya ketika nyamuk penyebar virus demam berdarah ini mulai berkembang biak dan tinggal di dekat Anda. Demam berdarah juga termasuk penyakit yang mematikan, yang harus segera diberikan perawatan yang tepat jika sudah menyerang. Penyakit demam berdarah menyebabkan beberapa gejala, yang jelas terlihat dan umum adalah munculnya bintik-bintik merah di tubuh.

Namun untuk mendiagnosa apakah memang itu terkena demam berdarah atau bukan, tidak bisa hanya melihat satu gejala saja melainkan harus beberapa gejala juga, contohnya muntah darah atau gejala lainnya yang sudah dituliskan sebelumnya. Sekian ulasan artikel ini mengenai demam berdarah, semoga bermanfaat.