Pengobatan Demam Dengue Yang Tersedia Saat Ini

548
Pengobatan Demam Dengue
Pengobatan Demam Dengue

Diedit:

Demam Dengue atau Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang dikarenakan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegepty. Nyamuk ini akan menginfeksi saluran pembuluh darah kapiler dengan keberadaan virus dengue. Pengaruhnya tubuh Anda akan merasa sakit hingga mencapai tulang, maka tak heran demam ini juga disebut sebagai ‘breakbone fever’. Apa pengobatan demam dengue yang bisa Anda peroleh?

Dalam artikel berikut ini, Anda akan memperoleh informasi lengkap seputar pengobatan demam dengue yang diperoleh dari beragam sumber tepercaya. Artikel ini ditulis hanya sebagai informasi tambahan guna memberikan pengetahuan terkait dengan pengobatan demam dengue yang tersedia saat ini. Mari kita perhatikan beberapa informasi penting berdasarkan keterangan verywell berikut.

Pengobatan Demam Dengue

Demam berdarah merupakan penyakit yang sangat berbahaya, memang tidak ada pengobatan yang secara spesifik dapat menghilangkan kemungkinan kematian karena penyakit ini. Namun menurut keterangan dari WHO – World Health Organization, saat ini banyak dokter yang sudah mampu menekan kematian karena demam berdarah dari persentase awal lebih dari 20% hingga 1%. Ini merupakan keberhasilan di bidang kesehatan yang patut mendapatkan perhatian bagi setiap para tenaga medis profesional.

Perlu diperhatikan, bahwa pasien demam berdarah seringkali memiliki penurunan cairan tubuh. Maka volume cairan tubuh pasien perlu diperhatikan, terutama dalam perawatan demam berdarah yang parah. Sebelum mendapatkan pengobatan demam dengue yang tepat penderitanya biasanya harus melalui pemeriksaan medis, seperti pemeriksaan darah setelah gejala demam dengue timbul dalam beberapa hari.

Pemeriksaan darah akan memperlihatkan keberadaan virus penyebab demam dengue yang telah terkontaminasi dalam darah penderitanya. Pada tahap yang parah demam berdarah dapat menimbulkan beberapa gejala serius. Misalnya; sakit perut, muntah bahkan mimisan. Beberapa kondisi ini menunjukkan bahwa penderita berada dalam situasi yang sangat kritis dan membutuhkan perawatan yang cepat dan tepat.

Baca juga:  Gejala Demam Dengue Yang Mudah Dikenali

Obat Pereda Nyeri

Konsumsi pereda nyeri sering diberikan dokter kepada penderita demam berdarah. Hal ini biasanya dilakukan dalam pengawasan dokter atau tenaga medis profesional. Sekalipun Anda memperoleh informasi ini, hendaknya penggunaan obat demikian sesuai dengan anjuran dan petunjuk dokter yang merawat. Dokter bisa jadi memberikan obat pereda nyeri untuk meredakan demam sekaligus meredakan rasa nyeri yang timbul karena serangan virus. Obat ini dapat menimbulkan efek samping jika penggunaannya tidak sesuai dosis yang dianjurkan. Obat ini tidak boleh dikonsumsi lebih dari 10 hari, pada anak-anak batasan penggunaan maksimal hanya 5 hari.

Obat Peradangan

Dokter bisa juga memberikan obat peradangan tertentu guna mengurangi reaksi peradangan yang mungkin terjadi. Obat ini memiliki reaksi serupa dengan obat pereda nyeri dalam mengurangi rasa sakit. Penggunaan obat ini juga harus dilakukan dibawah pengawasan dokter. Jika Anda memiliki kondisi tertentu, seperti; penyakit hati, penyakit ginjal, peradangan lambung, asma, penyakit jantung, maupun peningkatan tekanan darah tinggi.

Segera beritahukan dokter, sebelum obat ini Anda konsumsi. Sama seperti obat pereda nyeri, konsumsi obat ini tidak boleh lebih dari 10 hari guna mencegah terjadinya komplikasi. Jenis obat ini dapat menyebabkan pendarahan pada situasi tertentu. Ketahuilah bahwa tidak ada obat demam dengue yang tersedia secara khusus.

Hospitalisasi

Sebenarnya demam berdarah merupakan perawatan yang mengharuskan pasien untuk berada di rumah sakit atau menjalani perawatan dirumah sakit. Hal ini sering disebut dengan hospitalisasi yang bertujuan mengamati perkembangan penyakit dan kondisi penderitanya agar mudah mendapatkan perawatan yang dibutuhkan. Tanpa perawatan tersebut, penyakit bisa saja bertambah parah karena mendapat perawatan yang tidak tepat.

Demikianlah 3 tindakan pengobatan demam dengue yang akan Anda butuhkan saat mengalami penyakit tersebut. Waspadalah terhadap nyamuk penyebab demam dengue yang dapat menularkan virus penyakit ini. Jika Anda mengalami gejala yang disebutkan segera lakukan pemeriksaan medis yang menyeluruh atau dapatkan perawatan di rumah sakit sehingga bantuan yang tepat bisa Anda peroleh dengan maksimal. Nantikan infomasi kesehatan lainnya beserta metode pengobatan alternatif yang tersedia – hanya di deherba.

Advertisement
Alinesia