Penyebab Demam Dengue Yang Perlu Diwaspadai

512
penyebab demam dengue
penyebab demam dengue

Diedit:

Demam Dengue adalah salah satu dari sekian banyak penyakit yang mengintai Anda — dan salah satu yang paling berakibat fatal! Meskipun banyak penyakit mengancam di sepanjang tahun, namun tampaknya musim pancaroba adalah saat di mana tubuh manusia paling rentan terserang penyakit demam berdarah dengue. Bagaimana bisa gigitan dari seekor nyamuk menjadi penyebab demam dengue?

Dalam artikel ini Anda akan melihat beberapa penyebab demam berdarah dengue yang perlu Anda waspadai. Keberadaan penyakit ini memang dikarenakan oleh gigitan nyamuk, namun rupanya serangga ini merupakan parasit yang dihinggapi virus penyebab demam berdarah dengue. Mari kita perhatikan ulasan lengkap sesuai dengan informasi mayoclinic.

Penyebab Demam Dengue

Nyamuk pembawa penyakit demam berdarah (Aedes aegypti) atau demam dengue banyak ditemukan di daerah tropis serta subtropis di seluruh dunia. Indonesia merupakan daerah tropis — menjadikannya salah satu negara dengan kasus demam dengue tertinggi di dunia.

Virus dengue (penyebab demam dengue) masih berkaitan dengan virus penyebab demam kuning dan virus West Nile. Virus dengue penyebab demam berdarah memiliki 4 tipe, namun yang sering terjadi di Indonesia ialah jenis virus tipe 3. Virus ini menyebabkan gangguan pembuluh darah yang bisa mengarah pada kematian.

Anggota Keluarga yang Pernah Terinfeksi

Apabila jika sebelumnya terdapat anggota keluarga yang juga pernah terinfeksi oleh penyakit demam dengue, maka Anda harus semakin berhati-hati. Itu menunjukkan bahwa di lingkungan tempat tinggal Anda memang banyak nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi inang virus penyebab DBD. Kecurigaan akan semakin kuat. Nyamuk juga umumnya akan menggigit orang lebih dari satu, untuk membuatnya merasa kenyang.

Apabila Anda baru 1 hari mengalami gejala demam dengue, tak perlu terlalu cepat melakukan pemeriksaan laboratorium. Itu karena virus umumnya masih belum dapat terdeteksi serta menciptakan hasil negatif palsu. Justru pemeriksaan yang terlalu cepat seperti ini lebih berbahaya. Karena Anda akan tenang saja merasa terbebas dari penyakit DBD, padahal sebenarnya Anda sudah terinfeksi virus penyebab demam dengue.

Baca juga:  Pengobatan Demam Dengue Yang Tersedia Saat Ini

Banyak orang, khususnya anak-anak dan remaja, tidak mengalami gejala atau tanda apapun apabila terserang demam berdarah yang ringan. Tapi, jika muncul, gejala DBD biasanya mulai dirasakan 4-10 hari setelah Anda tergigit nyamuk pembawa virus.

Apabila ditangani dengan baik, kebanyakan orang dapat sembuh dalam waktu kurang lebih seminggu. Tapi jika tidak mendapatkan pengobatan demam dengue, gejalanya dapat bertambah buruk bahkan bisa megancam kehidupan.

Pembuluh darah bisa saja mengalami kebocoran, mengakibatkan jumlah sel pembentuk gumpalan di dalam darah menurun drastis. Kebocoran ini sering menyebabkan pendarahan dari mulut dan hidung, muntah berulang kali, pendarahan di bawah kulit yang terlihat seperti memar, serta gangguan fungsi paru-paru, hati, dan jantung.

Virus Penyebab Demam Dengue

Demam dengue disebabkan oleh salah satu dari keempat virus dengue yang menyebar melalui perantaraan nyamuk yang berkembang biak di sekitar tempat tinggal manusia. Nyamuk ini terinfeksi virus ketika menggigit seseorang yang sudah terserang DBD. Apabila Anda tergigit nyamuk tersebut, virus dengue akan berpindah tempat ke dalam aliran darah Anda.

Jika sanggup pulih dari demam berdarah, artinya tubuh sudah mengembangkan kekebalan terhadap virus dengue yang menginfeksi Anda — tapi tidak terhadap ketiga virus dengue lain. Anda patut lebih waspada, karena Anda lebih beresiko mengalami DBD yang lebih fatal jika terserang untuk kedua kalinya.

Apabila mengalaminya, demam berdarah jilid dua ini berpotensi menjalar ke berbagai komplikasi. Belum lagi penurunan tekanan darah yang teramat drastis dapat menyebabkan syok dan, yang paling fatal, kematian.

Anda yang tinggal di Indonesia sangat beresiko terserang demam berdarah dengue. Penyebaran demam berdarah harus ditekan seminimal mungkin dan Anda bisa turut serta mencegahnya. Ya, sementara para ahli sedang mencari vaksin DBD yang terampuh, kita bisa ikut berusaha dengan mengurangi habitat nyamuk di lingkungan rumah dan sekitarnya. Serta mencoba mengurangi dampak dari serangan DBD dengan obat demam dengue alami.

Baca juga:  Jangan Sembarangan Minum Obat Demam untuk Penyakit DBD

Demikianlah informasi seputar penyebab demam berdarah dengue yang perlu Anda waspadai. Temukan juga informasi kesehatan dan herbal lainnya – hanya di deherba.