Gejala Demam Dengue Yang Mudah Dikenali

502
gejala demam dengue
gejala demam dengue

Diedit:

Demam Dengue merupakan penyakit yang akan membuat penderita penyakit tersebut mengalami rasa nyeri tak tertahankan. Rasa sakitnya seolah-olah dari pinggang menuju tulang. Dilihat dari sisi medis, gejala demam dengue atau demam berdarah dengue di tahap awalnya mirip gejala dari penyakit infeksi lain, contohnya tifus, campak, dan radang tenggorokan.

Namun yang membedakan yakni gejala penyertanya, untuk demam berdarah dengue, gejala yang paling utama yakni demam tinggi. Demam yang muncul pada penderita yaitu demam mendadak. Dalam artikel ini Anda akan memperoleh informasi mengenai gejala demam berdarah dengue menurut KidsHealth. Mari kita perhatikan ulasannya!

Gejala Demam Dengue

Biasanya demam itu berkisar di angka 38,5 hingga 40 derajat C. Anda dapat melihat bahwa peningkatan suhu yang terjadi benar-benar ekstrim, khususnya untuk anak-anak.

Anak yang telah terinfeksi virus penyebab demam dengue memang terlihat baik-baik ketika pagi hari. Tetapi ketika sore hari maka mereka akan mengeluh capai juga muncul demam yang tinggi. Mari baca selengkapnya informasi gejala demam berdarah pada anak dan orang dewasa berikut.

Gejala Demam Dengue Pada Orang Dewasa

Apa saja gejala demam berdarah dengue yang dapat menimpa orang dewasa? Bagaimana agar tidak salah menilai gejala yang timbul dengan kondisi lainnya? Mari kita perhatikan beberapa gejala berikut!

  • Munculnya bintik-bintik kemerahan pada permukaan kulit.
  • Panas tinggi yang terjadi secara tiba-tiba selama 2 hingga 7 hari disertai dengan kenaikan suhu tubuh yang dapat mencapai 38 sampai 40 derajat celcius bahkan lebih.
  • Pada kasus yang langka terjadi mimisan.
  • Pada kasus yang langka muntah darah (hematemeses) dan buang air besar yang disertai keberadaan darah juga terjadi.
  • Bahkan penderitanya dapat merasa nyeri pada ulu hati karena adanya pendarahan pada lambung.
  • Terjadinya pembesaran plasma yang serupa dengan dinding pembuluh darah.
  • Jika demam berdarah dengue sudah dalam kondisi parah, maka penderitanya akan merasa gelisah mulai dari ujung tangan, hingga kaki bahkan terasa menggigil.
  • Terjadinya atralgia atau rasa sakit pada sendi yang disertai dengan rasa sakit kepala yang luar biasa berat.
  • Terjadinya mialgia atau rasa sakit pada otot tubuh.
Baca juga:  Jangan Sembarangan Minum Obat Demam untuk Penyakit DBD

Demikianlah 9 gejala demam yang perlu Anda perhatikan pada orang dewasa. Bagaimana jika terjadi pada anak-anak? Mari kita perhatikan beberapa informasi berikut sebelum menggunakan obat demam dengue yang tersedia!

Gejala Demam Dengue Pada Anak

Untuk penyakit demam berdarah yang menyerang anak, demam akan berlangsung terus sampai dengan pagi berikutnya. Memang demam akan menurun sebentar saat diberi obat untuk menurunkan panas. Tetapi umumnya demam akan kembali naik di hari keempat begitu pula seterusnya. Untuk anak dengan usia yang lebih besar, gejala gangguan demam ini umumnya tak begitu diperhatikan. Berbeda dengan anak yang usianya lebih kecil.

Untuk orang dewasa yang umumnya mengira apabila mereka itu sedang terserang penyakit influenza. Umumnya juga, orang dewasa yang sudah terinfeksi virus dengue demam berdarah ini tetap bisa melanjutkan aktivitas keseharian dengan biasa saja. Sampai gejala berikutnya muncul, yakni lesu, tak ada nafsu makan serta berbagai gejala lainnya.

Gejala demam berdarah ini harus diketahui dengan cepat, sebab demam berdarah dapat mengancam nyawa Anda jika ditangani terlambat, efeknya benar-benar fatal. Dokter menyebutkan untuk mengetahui gejala demam berdarah lebih awal dan mencegah kaget karena terinfeksi penyakit ini. Diperlukan pengamatan yang lebih detail pada tanda yang lainnya, yang juga akan ikut muncul bersamaan dengan gangguan demam.

Demam yang terjadi ketika terinfeksi DBD umumnya bersifat tiba-tiba. Kecurigaan juga harus semakin ditingkatkan apabila demam disertai nyeri pada bagian belakang mata, sakit kepala, nyeri tulang, nyeri otot, bercak merah (Ruam) pada kulit, dan muncul tanda pendarahan yang nampak seperti mimisan, kadar sel darah putih atau leukosit yang levelnya rendah. Pada tahap ini Anda membutuhkan pengobatan demam dengue.

Baca juga:  Pencegahan Demam Dengue Yang Dapat Dilakukan

Sekian artikel tentang gejala demam berdarah. Semoga dengan membaca informasi ini Anda jadi lebih waspada terhadap tanda-tanda demam tinggi yang mungkin sedang dialami. Lamanya proses penyembuhan sedikit banyak bergantung pada seberapa cepat Anda menangani gejala demam berdarah. Nantikan informasi menarik lainnya mengenai kesehatan dan obat herbal sebagai pengobatan alternatif – hanya di deherba.