8 Pantangan bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi


By Fery Irawan

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi besar pengaruhnya pada tekanan darah Anda, contohnya makanan atau minuman yang asin, manis, dan makanan berlemak. Jadi ada baiknya Anda mengetahui apa saja pantangan bagi penderita tekanan darah tinggi supaya Anda bisa menghindarinya dan tetap sehat dalam jangka panjang.

Tekanan darah tinggi (hipertensi) bukan hanya masalah bagi orang tua, tetapi juga bagi anak muda. Jika tidak dikontrol, seiring waktu masalah ini bisa berkembang menjadi penyakit jantung dan stroke. Karena itu minimalkan risiko penyakit tersebut dengan mengupayakan pola makan sehat, menyingkirkan makanan dan minuman yang bisa menaikkan tekanan darah Anda.

Pantangan Darah Tinggi 1: Makanan Asin

Garam mengandung sodium yang bisa meningkatkan tekanan darah. Sodium banyak terkandung dalam makanan olahan dan fast food, seringnya lebih dari batas 2.300 mg sodium per hari bagi orang dewasa. Teliti lah mengecek label nutrisi pada makanan/minuman kemasan, bahkan pada makanan/minuman yang dianggap sehat, seperti jus buah.

Pantangan Darah Tinggi 2: Makanan Manis

Sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Open Heart 2014 menunjukkan bahwa makanan manis dapat meningkatkan tekanan darah bahkan lebih daripada garam. Penelitian itu menyebutkan makanan yang banyak mengandung sirup jagung (corn syrup) fruktosa sebagai faktor pemicu kenaikan tekanan darah. Jadi bacalah dengan saksama label nutrisi pada kemasan makanan/minuman dan pastikan tidak mengandung sirup jagung fruktosa.

Pantangan Darah Tinggi 3: Daging Merah

Daging merah juga termasuk pantangan bagi penderita tekanan darah tinggi. Proses tubuh dalam memetabolisme daging merah dapat melepaskan senyawa yang meningkatkan tekanan darah. Beberapa yang termasuk daging merah yaitu: daging sapi, kambing, domba, babi, dan rusa. Sebaiknya batasi daging merah sesedikit mungkin, atau pilih potongan daging yang tidak berlemak. Semakin merah warna daging, semakin besar kemungkinannya untuk menaikkan tekanan darah.

Pantangan Darah Tinggi 4: Minuman Manis

Sama seperti makanan manis, banyak minuman manis kemasan mengandung banyak sirup jagung fruktosa, yang dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu minuman manis juga terkadang mengandung kafein yang turut menaikkan tekanan darah lebih banyak lagi. Berhati-hati lah saat memilih minuman kemasan seperti soda dan bahkan jus buah.

Pantangan Darah Tinggi 5: Alkohol

Alkohol termasuk minuman pantangan bagi penderita tekanan darah tinggi, terutama jika dikonsumsi berlebihan. Minum alkohol berlebihan juga dapat menjadi faktor pemicu penyakit jantung. Lembaga American Heart Association menyarankan agar pria dewasa membatasi alkohol tidak lebih dari 2 takaran minum per hari dan wanita dewasa tidak lebih dari 1 takaran minum per hari.

Pantangan Darah Tinggi 6: Lemak Jenuh

Anda harus membatasi asupan lemak jenuh jika ingin menurunkan tekanan darah. Contoh makanan yang mengandung lemak jenuh antara lain:

  • Camilan seperti cokelat, kue, puding, biskuit, dsb.
  • Daging olahan seperti sosis, ham, kebab, bacon, dsb.
  • Lemak untuk masak seperti mentega, margarin, lemak babi, ghee, dsb.
  • Minyak seperti minyak kelapa dan minyak sawit.
  • Produk susu penuh lemak seperti krim, susu, yogurt, keju, dan crème fraiche.

Bagi kebanyakan orang, ini berarti asupan lemak jenuh dari bahan-bahan makanan seperti di atas tidak boleh lebih dari 5 – 6% kalori harian.

Pantangan Darah Tinggi 7: Makanan Olahan/Kemasan

Makanan kemasan yang tampaknya sehat, misalnya sayur dan daging kemasan, mungkin mengandung banyak sodium. Jadi sebaiknya Anda teliti mengecek label nutrisi pada setiap kemasan makanan atau minuman, dan pilih yang memiliki hanya sedikit sodium.

Pantangan Darah Tinggi 8: Kafein dan Minuman Energi

Kafein dari sumber minuman/makanan apapun menyebabkan pembuluh darah menyempit, yang dapat meningkatkan tekanan darah. Kopi, minuman energi, soda, teh mengandung kafein, sehingga mungkin menjadi pantangan bagi penderita tekanan darah tinggi yang sudah parah.

Herbal untuk Membantu Mengendalikan Tekanan Darah

Di samping menghindari pantangan bagi penderita tekanan darah tinggi, Anda juga dapat mengontrol tekanan darah dengan mengonsumsi herbal yang tepat. Noni Juice atau jus buah Mengkudu telah dikenal di seputar dunia manfaatnya sebagai obat darah tinggi alami.

Berbagai penelitian pun telah dilakukan untuk menyelidiki manfaatnya ini. Diketahui cara kerja herbal ini dapat mengendalikan tekanan darah mirip dengan cara kerja obat ACE inhibitor dan angiotensin II receptor blocker.

Noni Juice, Obat Darah Tinggi Alami
Noni Juice (Credit Gambar Noni: Sommai Larkjit / 123rf)

Salah satu penelitian bahkan menunjukkan bahwa Noni Juice mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi yang tidak sedang minum obat medis apapun. Penelitian itu dimuat dalam jurnal ilmiah ACS Symposium Series.

Dalam penelitian itu para peserta yang didiagnosis darah tinggi diberikan Noni Juice setiap hari selama 1 bulan. Kemudian setelah 1 bulan, didapati bahwa rata-rata tekanan darah mereka berhasil turun dari yang awalnya 144/83 menjadi 132/76. Ini membuktikan bahwa Noni sanggup membantu menormalkan tekanan darah sistolik (atas) maupun diastolik (bawah). Dan herbal ini dapat menjadi solusi bagi para pengidap hipertensi yang ingin mengurangi obat medis.

Bila Anda ingin mendapat manfaat penurun darah tinggi dari Noni Juice, Anda cukup meminum herbal ini 50 – 100 ml sebanyak 2 – 3 kali sehari. Ukuran 50 ml kira-kira setara dengan seperempat gelas belimbing.

Makanan & Minuman yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi

Mengikuti pola makan yang sehat akan secara aktif mengurangi tekanan darah Anda, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Makanan yang mengandung kalium (potasium) dapat dengan cepat menurunkan tekanan darah, karena kalium mengimbangi efek dari garam (sodium).

Makanan yang mengandung nitrat juga dapat menurunkan tekanan darah, termasuk akar bit dan jus delima. Makanan ini juga mengandung zat sehat lain seperti antioksidan dan serat.

Lembaga American Heart Association merekomendasikan pola makan DASH untuk membantu mengendalikan tekanan darah Anda. DASH adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension, yaitu pola makan sehat yang telah terbukti menghentikan hipertensi.

Pola makan ini terdiri dari mengonsumsi banyak buah, sayuran, serealia utuh (whole grain), susu rendah lemak, dan protein tanpa lemak.

Jadi sebagai kesimpulannya, di samping menghindari pantangan bagi penderita tekanan darah tinggi, Anda juga harus mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan. Dan bila perlu ditambah dengan konsumsi herbal Noni Juice, maka tekanan darah Anda dapat terkontrol dengan baik.

Demikianlah artikel ini mengenai pantangan makanan dan minuman bagi penderita darah tinggi. Semoga bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga informasi menarik lain seputar herbal dan solusi kesehatan umum hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Medical News Today. 50 foods and drinks to avoid for people with high blood pressure. https://www.medicalnewstoday.com/articles/foods-to-avoid-with-high-blood-pressure

Healthgrades. 8 Foods to Avoid With High Blood Pressure. https://www.healthgrades.com/right-care/high-blood-pressure/8-foods-to-avoid-with-high-blood-pressure

Healthline. Eating with High Blood Pressure: Food and Drinks to Avoid. https://www.healthline.com/health/high-blood-pressure-hypertension/foods-to-avoid#best-diets-for-hypertension

P, Afa & S, Raevonne & W, Brett & K, Norman & J, Claude. 2008. The Effects of Morinda Citrifolia L. Noni on High Blood Pressure: A Mechanistic Investigation and Case Study. ACS Symposium Series. 993: 446-453. http://dx.doi.org/10.1021/bk-2008-0993.ch039

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>