Noni Juice sebagai Herbal Stroke


By Cindy Wijaya

Banyak kasus dimana seorang yang pernah terserang stroke pada akhirnya bisa kembali pulih dan beraktivitas seperti sedia kala. Herbal Noni juice hadir sebagai alternatif obat yang alami dan tradisional untuk membantu Anda memperoleh pemulihan yang seperti itu, tanpa dibatasi lagi oleh gejala-gejala stroke yang menyiksa.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengapa Noni adalah pilihan yang layak dipertimbangkan sebagai obat stroke alami Anda. Malah, herbal ini bisa dianggap sebagai obat stroke tradisional yang punya khasiat lengkap.

Mengapa? Sebab stroke merupakan penyakit yang dapat disebabkan oleh beberapa penyebab. Jadi agar suatu jenis herbal pantas disebut sebagai obat stroke alami, maka herbal tersebut harus mampu mengatasi sekaligus beberapa penyebab stroke itu.

Apa sajakah beberapa penyebab penyakit stroke? Para pakar kesehatan menjelaskan bahwa stroke memiliki empat faktor penyebab utama, yakni diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan gangguan pada pembuluh darah.

Oleh sebab itu, herbal Noni juice harus punya kemampuan untuk mengatasi empat faktor penyebab stroke tersebut supaya pantas disebut sebagai obat stroke tradisional yang punya khasiat lengkap. Mari kita lihat masing-masing dari faktor penyebab stroke itu dan bagaimana Noni terbukti sanggup menanganinya.

Faktor Penyebab Stroke 1: Diabetes

Lembaga American Diabetes Association menyebutkan bahwa seorang pengidap diabetes memiliki kemungkinan 1,5 kali lebih besar untuk terserang stroke. Diabetes memengaruhi kemampuan tubuh untuk menciptakan insulin atau untuk menggunakan insulin dengan semestinya.

Insulin berperan penting untuk menarik glukosa (gula darah) dari aliran darah ke dalam sel-sel. Karena itulah seorang pengidap diabetes sering kali memiliki terlalu banyak gula dalam darahnya akibat kekurangan insulin atau insulinnya tidak berperan dengan baik.

Seiring waktu, kondisi kelebihan gula dalam darah ini dapat menyebabkan penumpukan endapan atau lemak di dalam pembuluh yang memasok darah ke otak. Jika endapan itu terus bertambah, maka akan terjadi penyempitan dinding pembuluh darah atau bahkan penyumbatan total. Dari situlah serangan stroke terjadi karena aliran darah menuju otak terhambat atau berhenti.

Noni Juice Dapat Mengendalikan Diabetes

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Petra Algenstaedt dan rekan-rekannya mendapati bahwa konsumsi 2 ml/kg Noni juice selama delapan minggu dapat secara signifikan menurunkan kadar gula darah dan nilai HbA1c pada dua puluh pasien diabetes tipe 2. Efek hipoglikemik (penurun kadar glukosa) herbal ini datang dari kemampuannya untuk meniru cara kerja insulin.

Konsumsi Noni juice juga meningkatkan ekskresi insulin, memperbaiki keadaan kolesterol darah, serta mengurangi parameter inflamasi hs-CRP. Penelitian ini menjadi bukti bahwa Noni juice dapat bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah sekaligus memperbaiki masalah-masalah lain yang sering dialami oleh penderita diabetes.

Faktor Penyebab Stroke 2: Darah Tinggi

Lembaga World Heart Federation mengatakan bahwa tekanan darah tinggi menyebabkan sekitar 50 persen dari kasus stroke iskemik dan juga meningkatkan risiko untuk terserang stroke hemoragik. Tekanan akibat darah tinggi yang terjadi pada semua pembuluh darah membuat mereka melemah dan mengalami kerusakan. Jantung juga harus bekerja lebih keras untuk menjaga sirkulasi darah dalam tubuh.

Begitu pembuluh darah melemah, mereka cenderung mengalami penyumbatan. Hal ini dapat mengakibatkan stroke iskemik dan serangan iskemik transien (stroke ringan). Tekanan darah tinggi juga dapat membuat pembuluh darah di otak pecah dan aliran darahnya bocor ke otak. Hal ini akan menyebabkan stroke hemoragik.

Noni Juice Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Afa Kehaati Palu dan rekan-rekannya mendapati bahwa Noni juice mampu menghambat enzim-enzim ACE dan mengikatkan diri serta menghambat reseptor-reseptor angiotensin AT1 dan AT2. Efek penghambatan dari Noni terhadap enzim ACE dan reseptor angiotensin kemungkinan adalah mekanisme di balik kemampuannya sebagai anti-hipertensi.

Selain itu, mengonsumsi sekitar 60 ml Noni juice sebelum sarapan pagi dan sebelum makan malam diperlihatkan mampu menurunkan tekanan darah tinggi pada subjek penelitian yang telah didiagnosis hipertensi. Oleh karena itu, herbal ini terbukti punya manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Noni Juice, Obat Stroke Alami & Tradisional
Herbal Noni Juice, Solusi Alami untuk Stroke (Credit Gambar: Sommai Larkjit / 123rf)

Faktor Penyebab Stroke 3: Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol tinggi dalam darah merupakan faktor utama lain yang memperbesar risiko untuk terserang stroke. Kolesterol tinggi, yang juga disebut hiperkolesterolemia, memicu terjadinya gangguan pada pembuluh darah yang sering menyebabkan stroke.

Apabila ada terlalu banyak kolesterol di dalam darah, itu akan menumpuk di dinding pembuluh darah yang menuju otak dan menyempitkannya. Karena menyempit maka aliran darah ke otak jadi terhalang, atau terbentuk endapan-endapan di pembuluh darah tersebut. Pada akhirnya kondisi ini akan mengarah pada stroke iskemik.

Noni Juice Dapat Menurunkan Kolesterol

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Grace Santhy Sasnan dan rekan-rekannya menunjukkan bahwa konsumsi 1 gram ekstrak Noni tiga kali sehari selama 14 hari mampu secara signifikan menurunkan kadar kolesterol LDL dan total pada pasien hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi).

Rata-rata kadar kolesterol LDL mereka berkurang sebesar 15,5% (33,0 mg/dL) dan kolesterol total sebesar 13,8% (26,6 mg/dL). Penelitian ini membuktikan bahwa Noni juice mempunyai khasiat untuk menurunkan kolesterol.

Faktor Penyebab Stroke 4: Gangguan Pembuluh Darah

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, faktor-faktor penyebab stroke selalu berkaitan erat dengan masalah pada pembuluh darah, khususnya yang mengalirkan darah ke otak. Ya, memang penyakit stroke terutama terjadi apabila aliran darah menujuk otak menjadi berkurang atau terhenti. Hal ini mengurangi pasokan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel otak jadi kelaparan dan akhirnya dapat mati.

Bila diringkaskan, gangguan pada pembuluh darah yang menyebabkan stroke ada tiga: masalah penyempitan, penyumbatan, dan pecahnya pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otak. Masalah penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah menyebabkan stroke iskemik dan stroke ringan. Sedangkan masalah pecahnya pembuluh darah menyebabkan stroke hemoragik.

Noni Juice Dapat Memperbaiki Pembuluh Darah

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Neil Solomon mendapati bahwa buah Noni memiliki kandungan bernama scopoletin yang dapat melebarkan serta melenturkan saluran pembuluh darah. Dengan begitu Noni mampu memperbaiki pembuluh darah yang telah mengalami penyumbatan atau penyempitan. Kandungan scopoletin juga dapat membersihkan endapan plak yang menjadi penyebab penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah.

Dan seperti telah dijelaskan, Noni juice punya kemampuan signifikan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi lah yang membuat pembuluh darah menjadi lemah, rusak, dan akhirnya bisa pecah. Apabila tekanan darah dapat diturunkan dan dikendalikan dengan baik, maka pembuluh darah tidak akan pecah lagi.

Terbukti Memulihkan Stroke & Penyakit Terkait


buku noni juice how much how often for what

Bukti manfaat herbal Noni untuk membantu mengatasi stroke dan penyakit-penyakit lain yang terkait  dapat dilihat pada hasil sebuah penelitian besar oleh Neil Solomon. Dalam penelitian itu ada 25.314 pengguna Noni juice dari 80 negara serta melibatkan 1.224 pakar kesehatan.

Hasilnya memperlihatkan bahwa Noni terbukti sanggup membantu banyak penderita penyakit stroke serta penyakit-penyakit terkait lain seperti diabetes dan darah tinggi. Didapati ada 957 penderita stroke, 5.575 penderita diabetes, dan 1.869 penderita darah tinggi yang terbantu pulih dari masalah kesehatan mereka.

Sumber: buku NONI JUICE, How Much, How Often, For What oleh Dr. Neil Solomon.

Herbal Noni Juice Berkhasiat Lengkap sebagai Obat Alami untuk Stroke

Noni juice merupakan pilihan yang patut dipertimbangkan karena telah terbukti sebagai herbal untuk membantu mengatasi empat masalah utama yang berkaitan erat dengan stroke. Pertama, Noni mampu mengendalikan kadar gula darah agar tidak terjadi penumpukan tambahan pada pembuluh darah. Kedua, Noni dapat menurunkan tekanan darah tinggi agar kondisi pembuluh darah dapat kembali pulih.

Ketiga, Noni sanggup menurunkan kadar kolesterol dalam darah supaya tidak menambah endapan-endapan di dinding pembuluh darah. Keempat, Noni bisa memperbaiki gangguan yang sudah ada pada pembuluh darah yang sudah ada, yaitu melebarkan dan melenturkan pembuluh darah, membersihkan endapan yang menyumbat atau menyempitkan pembuluh darah, serta menjaga kondisi pembuluh darah agar tidak pecah lagi.

Berbekal keempat faktor tersebut, maka tidak berlebihan jika Noni juice disebut memiliki khasiat lengkap sebagai obat stroke tradisional. Kalau Anda sudah memantapkan diri untuk mencoba obat stroke yang alami, ada baiknya mulai mempertimbangkan herbal ini.

Terlebih lagi, Noni juice merupakan herbal yang kemampuannya sudah teruji oleh waktu dalam mengatasi aneka ragam penyakit. Juga telah didukung oleh beragam penelitian ilmiah yang komprehensif serta melibatkan banyak pakar dari berbagai bidang medis. Jadi, Apakah Anda siap untuk merasakan sendiri manfaat dari herbal ini?

Sumber

Sumber Referensi Herbal Noni Juice untuk Obat Stroke Alami:

Palu, Afa Kehaati, dkk. (2008). The Effects of Morinda citrifolia L. Noni on High Blood Pressure: A Mechanistic Investigation and Case Study. Functional Food and Health. 39: 446-453. DOI: 10.1021/bk-2008-0993.ch039

Algenstaedt, Petra, dkk. (2018). The Effect of Morinda citrifolia L. Fruit Juice on the Blood Sugar Level and Other Serum Parameters in Patients with Diabetes Type 2. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Volume 2018, Article ID 3565427. DOI: 10.1155/2018/3565427

Sasnan, Grace Santhy, dkk. (2014). Effect of Morinda citrifolia Fruit Extract Capsule on Total Cholesterol Levels in Patients with Hypercholesterolemia. Tropical Journal of Pharmaceutical Research. 13(8): 1319-1326. DOI: 10.4314/tjpr.v13i8.17

Solomon, Neil. 1999. The Noni Phenomenon. Vineyard [US]: Direct Source Publishing

Solomon, Neil. 2000. Noni Juice: How Much, How Often, For What. Orem [US]: Direct Source Publishing

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}