Blog Herbal No. 1 Indonesia
  • Home
  • Blog
  • Stroke
  • Waspadai 7 Penyebab Pendarahan Otak pada Orang Dewasa Ini

Waspadai 7 Penyebab Pendarahan Otak pada Orang Dewasa Ini


By Cindy Wijaya

Pendarahan otak bisa menyebabkan kerusakan otak dan mengancam jiwa. Kondisi ini seringnya terjadi secara tiba-tiba. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab pendarahan otak pada orang dewasa. Sebagian adalah kondisi yang sudah diderita selama beberapa waktu, misalnya tekanan darah tinggi, sedangkan yang lainnya adalah kondisi yang terjadi dalam satu waktu, misalnya cedera kepala.

Untuk membantu Anda lebih waspada terhadap penyakit yang serius ini, artikel ini akan membahas beberapa kondisi yang dapat menyebabkan pendarahan di otak. Namun sebelumnya mari kita pahami dulu apa sebenarnya pendarahan otak itu.

Apa Itu Pendarahan Otak?

Pendarahan otak adalah pendarahan yang terjadi di dalam atau di sekitar otak. Ini adalah salah satu jenis penyakit stroke. Pendarahan otak disebabkan oleh tekanan darah tinggi (hipertensi), kebocoran pada pembuluh darah yang melemah atau melebar (aneurisma), penyalahgunaan obat, dan cedera.

Banyak penderita pendarahan otak mengalami gejala-gejala mirip stroke, dan bisa terjadi kelemahan pada salah satu sisi tubuh, kesulitan bicara, atau mati rasa. Tidak jarang juga terjadi kesulitan untuk beraktivitas, termasuk untuk berjalan atau bahkan sering terjatuh.

Secara umum, ada dua jenis pendarahan otak, yaitu pendarahan di luar jaringan otak (tapi tetap di dalam tengkorak) dan pendarahan di dalam jaringan otak. Pendarahan di luar jaringan otak dibagi lagi menjadi tiga jenis: pendarahan epidural, subdural, dan subaraknoid. Sedangkan pendarahan di dalam jaringan otak dibagi menjadi dua jenis: pendarahan intraserebral dan intraventrikular.

Pendarahan otak biasanya terjadi mendadak. Pendarahan itu bisa merusak otak dan mengancam nyawa. Anda harus segera mendapat pertolongan medis jika mengalami tanda-tanda pendarahan otak, seperti sakit kepala, mual-muntah, mati rasa, kesemutan, kelemahan, atau kelumpuhan pada wajah, lengan, atau kaki.

Apa Saja Penyebab Pendarahan Otak pada Orang Dewasa?

Pendarahan otak disebabkan oleh beragam hal. Itu bisa berasal dari luar atau dari dalam tubuh. Berikut adalah penyebab pendarahan otak pada orang dewasa. (Sumber: artikel “Brain Bleed, Hemorrhage [Intracranial Hemorrhage]” oleh Cleveland Clinic)

Cedera Kepala

Untuk orang-orang yang berusia di bawah 50 tahun, besar kemungkinan pendarahan otak disebabkan oleh cedera pada kepala. Cedera ini mungkin karena terjatuh, kecelakaan mobil/motor, kecelakaan saat olahraga, atau jenis pukulan/benturan lain ke kepala.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi (hipertensi) yang kronis atau berlangsung sudah lama bisa membuat dinding pembuluh darah melemah, sehingga rentan bocor atau pecah. Ini sering menjadi penyebab pendarahan otak pada orang dewasa yang sudah lebih tua, dan sebenarnya salah satu yang paling bisa dicegah.

Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah penumpukan plak-plak berlemak di pembuluh arteri. Beberapa kondisi yang bisa memicu aterosklerosis yaitu kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, kegemukan atau obesitas, dan merokok.

Aneurisma

Aneurisma adalah melemahnya pembuluh darah yang membengkak dan bisa pecah. Dulu sempat dianggap sebagai kondisi bawaan, namun sekarang diduga penyebabnya adalah penumpukan plak di pembuluh darah. Artinya, kondisi yang sama yang memicu serangan jantung dan stroke juga bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi lemah dan membengkak.

Gumpalan Darah

Gumpalan darah yang terbentuk di otak, atau yang mengalir ke otak dari lokasi lain, bisa merusak pembuluh arteri dan membuatnya pecah atau bocor.

Angiopati Amiloid

Amiloid adalah protein yang dapat melemahkan pembuluh darah dan membuatnya rapuh. Pada beberapa orang, biasanya pada lansia, amiloid akan disimpan di pembuluh darah, menyebabkannya menjadi lemah. Ini membuat mereka berisiko mengalami pendarahan akibat pecahnya pembuluh darah.

Kelainan Pembuluh Darah

Suatu kelainan pembuluh darah, disebut malformasi arteri vena, menyebabkan terbentuknya hubungan secara tidak normal antara arteri dan vena. Kelainan bawaan ini menyebabkan kelemahan pada pembuluh darah, sehingga berisiko pecah dan menyebabkan pendarahan.

Penyebab Pendarahan Otak pada Orang Dewasa Lainnya

Di samping beberapa kondisi di atas, ada kemungkinan juga pendarahan otak disebabkan oleh: gangguan pendarahan (koagulopati), konsumsi obat antikoagulan (pengencer darah), penyakit hati, penyalahgunaan obat terlarang (seperti kokain), konsumsi alkohol berlebihan, masalah pada kehamilan atau saat melahirkan.

Waspadai Gejala-Gejala Pendarahan Otak Ini

Gejala-gejala pendarahan otak bisa berbeda-beda, tergantung pada lokasi terjadinya di otak. Pada umumnya berikut adalah gejala-gejala yang perlu diwaspadai. (Sumber: artikel “Brain Hemorrhage: Causes, Symptoms, Treatments” oleh WebMD)

  • Sakit kepala hebat yang mendadak
  • Kejang-kejang (sebelumnya tidak pernah kejang-kejang)
  • Kelemahan pada tangan atau kaki
  • Mual atau muntah
  • Menurunnya kewaspadaan
  • Perubahan pada penglihatan
  • Kesemutan atau mati rasa
  • Kesulitan bicara atau memahami pembicaraan
  • Kesulitan menelan
  • Kesulitan menulis atau membaca
  • Kehilangan keterampilan motorik halus, seperti tremor tangan
  • Kehilangan koordinasi
  • Kehilangan keseimbangan
  • Indera perasa menjadi tidak normal
  • Menurunnya kesadaran

Banyak dari gejala-gejala di atas bisa disebabkan oleh berbagai kondisi lainnya. Karena itu Anda sebaiknya segera periksa ke dokter untuk memastikan apa penyebabnya, dan untuk segera mendapat penanganan yang dibutuhkan.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang penyebab pendarahan otak pada orang dewasa. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}