• Home
  • Blog
  • Stroke
  • Bagaimana Cara Mengatasi Stroke Ringan pada Wajah Agar Benar-Benar Pulih?

Bagaimana Cara Mengatasi Stroke Ringan pada Wajah Agar Benar-Benar Pulih?


By Cindy Wijaya

Serangan stroke ringan dapat berdampak pada saraf dan otot di wajah, yang bisa memengaruhi cara Anda bicara, mengunyah, menutup mata, dan tersenyum. Kelumpuhan pada wajah bisa sangat melelahkan, baik secara fisik maupun emosional.

Bagaimana cara mengatasi stroke ringan pada wajah agar benar-benar pulih? Apakah ada obat tradisional stroke ringan pada wajah yang efektif? Simaklah penjelasannya di artikel ini.

Bagaimana Cara Mengatasi Stroke Ringan pada Wajah?

Kelumpuhan wajah akibat stroke ringan harus ditangani dengan terlebih dulu mengobati stroke-nya. Kabar baiknya, gejala stroke ringan pada wajah akan membaik seiring waktu, meski bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Sebagian orang bisa secara spontan pulih dari kelumpuhan dan gejala-gejala pada wajah lainnya dalam waktu 6 bulan setelah serangan stroke. (Sumber: Frontiers In Neurology Vol. 11 No. 222 Tahun 2020)

Bagaimana cara mengatasi stroke ringan pada wajah agar bisa benar-benar pulih? Secara medis, dokter perlu mengetahui dulu apa penyebab serangan stroke ringan tersebut, lalu mempertimbangkan pengobatan untuk memperbaiki penyebab itu dan mencegah masalah lebih lanjut.

Tergantung pada penyebabnya, dokter mungkin akan merekomendasikan pengobatan seperti konsumsi obat-obatan, operasi, atau prosedur medis lainnya. (Sumber: Transient ischemic attack (TIA) – Mayo Clinic)

Konsumsi Obat

Dokter dapat meresepkan sejumlah obat untuk mengurangi risiko stroke yang lebih parah di kemudian hari. Obat tersebut disesuaikan dengan lokasi, penyebab, tingkat keparahan, dan jenis strokenya. Berikut beberapa obat yang mungkin diresepkan:

  • Obat anti-platelet: Obat ini berfungsi mencegah terjadinya penggumpalan darah dengan membantu mencegah keping darah platelet (trombosit) menempel satu sama lain. Contoh obat anti-platelet yang mungkin diresepkan yaitu aspirin, clopidogrel, ticagrelor, dan Aggrenox (kombinasi aspirin dan dipyridamole).
  • Obat anti-koagulan: Obat ini berfungsi mencegah penggumpalan darah dengan cara memengaruhi protein dalam sistem pembekuan darah. Contoh obat anti-koagulan yang mungkin diresepkan yaitu heparin, warfarin, apixaban, rivaroxaban, edoxaban, atau dabigatran.

Ingatlah bahwa obat-obatan di atas tidak boleh membeli dan mengonsumsi obat-obatan tersebut tanpa resep dokter. Anda harus mengikuti dosis dan anjuran dokter tentang cara konsumsi obat-obatan tersebut. Dengan begitu cara mengatasi stroke ringan pada wajah bisa secara efektif.

Operasi

Jika terjadi penyempitan arteri leher yang cukup parah, dokter mungkin menyarankan operasi endarterectomy carotid. Operasi ini untuk membersihkan arteri leher dari timbunan lemak sebelum terjadi serangan stroke selanjutnya. Operasi dilakukan dengan membuat sayatan untuk membuka arteri, lalu plak dihilangkan dan arteri ditutup kembali.

Angioplasty

Dalam kasus tertentu, cara mengatasi stroke ringan pada wajah mungkin perlu dengan prosedur pemasangan stent yang disebut carotid angioplasty. Prosedur ini melibatkan penggunaan alat seperti balon untuk membuka arteri yang tersumbat dan memasang tabung kawat kecil (stent) ke dalam arteri agar tetap terbuka.

Terapi Rehabilitas

Program rehabilitas yang terdiri dari beberapa terapi dapat membantu memulihkan kembali kekuatan pada otot-otot yang terpengaruh dan mempelajari kembali pola-pola gerakan yang normal. Para perawat dan terapis dalam program ini dapat membantu mengembalikan kemampuan bicara, mengunyah, menelan, dan kemampuan lain yang terkena dampak stroke. (Sumber: Rehab Therapy After a Stroke – ASA)

Apa Rekomendasi Obat Tradisional Stroke Ringan pada Wajah yang Efektif?

Di samping cara mengatasi stroke ringan pada wajah secara medis, sebagian orang juga menggunakan bahan-bahan alami sebagai terapi pendamping atau sebagai suplemen alami. Salah satu obat tradisional stroke ringan pada wajah yang telah terbukti efektif adalah Noni juice.

Noni juice adalah minuman herbal yang dibuat dari sari buah Noni (Mengkudu). Penelitian menunjukkan bahwa Noni mengandung senyawa scopoletin yang berkhasiat melebarkan dan melenturkan pembuluh darah yang tersumbat, sekaligus juga membersihkan endapan di pembuluh darah itu. (Sumber: Buku “The Noni Phenomenon” oleh Neil Solomon)

Noni Juice, Obat Tradisional Stroke Ringan pada Wajah
Noni Juice, Obat Tradisional Stroke Ringan pada Wajah (Photo by Ninetechno from Getty Images via Canva)

Penyebab utama stroke ringan adalah penyumbatan pada pembuluh darah yang mengalirkan darah ke bagian otak. Karena itulah cara mengatasi stroke ringan pada wajah yang terutama adalah dengan membersihkan dulu penyumbatan tersebut. Dan Noni juice bisa dengan efektif membantu mengatasi masalah itu.

Berbagai penelitian lain juga mendapati bahwa Noni mampu mengatasi faktor-faktor lain yang erat kaitannya dengan stroke—mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi. (Sumber: Tropical Journal of Pharmaceutical Research Vol. 13 No. 8  & Functional Food and Health Chapter 39)

Inilah alasannya kami merekomendasikan Noni juice sebagai obat tradisional stroke ringan pada wajah. Kemampuannya yang terbilang lengkap dapat memperbaiki masalah pada pembuluh darah sekaligus menurunkan darah tinggi dan kolesterol—semuanya penting untuk pemulihan stroke.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat Noni juice sebagai obat stroke, silakan kunjungi artikel: “Noni Juice sebagai Herbal Stroke dengan 4 Khasiat Lengkap

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang cara mengatasi stroke ringan pada wajah dan rekomendasi obat tradisional stroke ringan pada wajah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}