Mengenal 4 Hormon Senang dalam Tubuh Manusia

738

Diedit:

Emosi adalah satu bagian penting dalam hidup manusia. Selama ini Anda mungkin menganggap emosi berasal dari kondisi hati dan pengaruh dari situasi yang sedang dihadapi, seperti pertengkaran, kelelahan, pertemuan, hiburan, atau situasi penuh tekanan. Ternyata sebenarnya emosi banyak kaitannya dengan hormon. Termasuk dengan 4 hormon senang ini.

4 hormon senang ini berkaitan dengan perasaan senang, bahagia, dan nyaman yang muncul pada diri seseorang. Walau harus diakui kemunculan hormon ini dalam beberapa kondisi juga disebabkan oleh stimulan non medis seperti hubungan seksual, menonton acara humor, dan hasrat mencapai keberhasilan. Namun dalam beberapa fakta ditemukan beberapa asupan dan langkah medis bisa membantu menstimulasi keberadaan hormon senang ini dalam tubuh.

Lalu apa saja sebenarnya 4 hormon senang yang terbukti menjadi penyebab segala mood positif tersebut?

Hormon Serotonin

Ini adalah kunci dari mood baik dalam tubuh manusia. Ketika hormon ini diaktifkan seseorang akan terlihat lebih mudah tersenyum, tampak ceria, tidak mudah menggerutu, tidak mudah tertekan, dan lebih mudah untuk tidur. Hormon ini bisa menjadi krisis di saat seseorang mengalami depresi dan stress baik karena masalah pribadi, tekanan kerja berlebihan, dan rasa lelah. Bahkan kekurangan hormon ini dapat berakibat terjadinya amnesia.

Beberapa hal bisa meningkatkan produksi hormon serotonin, seperti mandi sinar matahari pagi, wisata, bercengkerama dengan kerabat dan sahabat, menari, bermeditasi, serta mendengarkan musik tenang atau ceria.

Anda juga bisa meningkatkan produksi serotonin dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan mengandung senyawa triptofan seperti pada susu, jagung, keju, yoghurt, telur, ikan, dan kedelai. Tambahkan beberapa jenis makanan mengandung kadar asam tinggi seperti kiwi dan berry untuk membantu triptofan berubah menjadi hormon serotonin.

Baca juga:  18 Kondisi pada Kaki Anda Ini Bisa Jadi Tanda Bahaya Lho! (1)

Hormon Endorfin

Hormon ini cenderung memberi efek rileks, biasanya membantu meredakan ketegangan saraf akibat mengalami tekanan yang berlebihan dan kuat. Endorfin juga menekan efek rasa nyeri di hati sebagai akibat dari tekanan seperti karena sakit hati, rasa terluka dan rasa terkhianati. Hormon ini membantu pula meredakan sakit kepala dan sakit karena menjelang haid.

Beberapa hal yang bisa membantu Anda meningkatkan jumlah endorfin dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan pedas dan panas, olahraga, cokelat, menonton acara humor yang membuat Anda tertawa, atau bermain musik. Endorfin kadang juga bisa tubuh lepaskan ketika Anda melakukan aktivitas yang melepas adrenalin.

Hormon Dopamin

Hormon satu ini bekerja memicu tubuh menjadi lebih semangat dan bergairah dalam bekerja. Anda akan terbantu untuk lebih fokus, lebih tajam dalam berpikir, lebih cepat dalam menggerakan motorik, dan bahkan menajamkan penglihatan.

Untuk bisa meningkatkan produksi hormin dopamin biasanya Anda harus melakukan berbagai upaya terkait membantu melancarkan aliran darah seperti olahraga. Makanan yang mengandung ginkgo liboba, ginseng, jahe, lada dan beberapa bahan pelancar aliran darah lain sangat baik memicu pembentukan hormon dopamin.

Kopi juga bisa membantu menstimulasi hormon dopamin. Dopamin juga mudah hilang ketika tubuh terlalu lelah dan kekurangan nutrisi protein. Untuk itu peran istirahat yang cukup tetap penting dalam produksi dopamin.

Hormon Oksitosin

Ini adalah sejenis hormon yang membangun efek nyaman dan bahagia dalam tubuh. Biasanya sangat terkait dengan rasa cinta. Mereka yang merasa dicintai denga baik cenderung memiliki jumlah hormon oksitosin yang tinggi.

Menariknya hormon ini mampu bekerja memicu produksi hormon serotonin dan dopamin, sehingga mereka yang merasa dicintai cenderung bekerja lebih giat dan produktif serta tidak mudah tertekan maupun depresi. Hormon ini juga menumbuhkan hormon kepedulian atau hormon vasopressin.

Baca juga:  Cacing Hati pada Hewan Qurban, Berbahayakah?

Kebanyakan faktor pemuncul hormon oksitosin ini adalah pengaruh hubungan cinta yang berjalan baik, termasuk secara fisik, seksual, dan secara batin. Dan mereka yang memiliki kisah hidup dan kisah cinta yang suram cenderung mengalami masalah dengan hormon oksitosin.

Beberapa jenis makanan dengan efek afrodisiak akan meningkatkan gairah seksual dan pada akhirnya dapat memacu terbentuknya hormon oksitosin. Beberapa pakar juga melihat meminum minuman dingin dan segar di saat udara panas, atau meminum minuman hangat di saat udara dingin dapat membantu terbentuknya hormon ini dalam dosis menengah.

Itulah tadi 4 jenis hormon senang yang dapat membantu Anda menumbuhkan mood positif, tidak mudah mengalami tekanan, dan tetap mampu menjalani hari dengan riang. Jika Anda ingin merasa lebih ringan dalam menjalankan hidup yang berat ini, maka maksimalkan produksi hormon senang Anda.

Advertisement
Alinesia