16 Manfaat Herbal Mengejutkan dari Lada Hitam!

782
lada hitam - manfaat merica hitam - manfaat herbal
sumber : bigphotostock

Diedit:

Menambahkan sejumput lada hitam bubuk ke dalam masakan tentu saja akan menambahkan citarasa yang nikmat pada masakan. Tetapi diluar rasa dan aroma khasnya, tersimpan pula beragam manfaat herbal yang sayang untuk luput Anda dapatkan.

Apa saja sebenarnya manfaat merica hitam ini? Biji-bijian berwarna hitam kelabu ini diketahui juga baik dan kaya khasiat. Harganya bisa bersaing dengan harga logam mulia dan lebih dari itu kandungan nutrisi di dalamnya rupanya juga terbilang kaya.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menguak apa saja manfaat herbal dari biji lada hitam. Serta bagaimana pemanfaatannya untuk tubuh Anda.

Apa Sebenarnya Lada Hitam Itu?

Lada hitam adalah biji-bijian kering yang diperoleh dari tanaman bernama ilmiah Piper nigrum. Biji merica hitam diperoleh dari buah lada yang memiliki bentuk serupa dengan buah berry.

Pasca panen, biji basah dari tanaman lada hitam ini dikeringkan secara alami. Hasil pengeringan inilah yang kemudian kita dengan dengan biji lada hitam yang saat ini ada di dapur Anda.

Merica hitam dan merica putih pada dasarnya berasal dari tanaman yang sama. Hanya saja proses panen yang berbeda hingga menghasilkan biji yang masih memiliki kulit buah sehingga menghasilkan permukaan kulit berwarna gelap saat dikeringkan.

Dari beragam jenis lada, yang termasuk paling mahal dan banyak diperdagangkan di dunia adalah biji lada hitam. Keampuhannya dalam memberi rasa dan aroma khas pada masakan adalah senjata ampuhnya untuk menjadi primadona komoditas.

Tingginya minat pasar terhadap lada hitam menjadikannya mendapat julukan si emas hitam atau lazim pula disebut black gold. Pada zaman dahulu, bahkan harga lada hitam bisa lebih bernilai dari harga emas itu sendiri.

Pada masa lalu lada hitam lebih banyak dikenal di kalangan masyarakat India dan Timur Tengah. Aroma khasnya sesuai dengan tradisi kuliner masyarakat tersebut. Seiring waktu sejumlah kawasan di Asia tenggara menjelma menjadi produsen dari biji lada hitam ini.

Kandungan Nutrisi di Dalam Lada Hitam

Kandungan utama dari biji lada hitam sendiri terutama adalah mineral. Dalam herbal ini terkandung mangaan, tembaga, kalsium, magnesium, zink, fosfor, zat besi, kromium dan potasium. Kadar mangaan dalam lada hitam bahkan mencapai 32% kebutuhan tubuh untuk tiap 2 sendok tehnya.

Selain kaya akan sejumlah mineral, merica hitam juga diketahui baik untuk sumber vitamin K. Juga diketahui mengandung sejumlah komponen vitamin B, termasuk riboflavin.

Kadar kalori dalam biji merica hitam ini relatif sangat rendah, hanya sekitar 15 kal untuk tiap 6 gram. Dan dalam biji lada hitam ini juga dijumpai sejumlah senyawa essensial yang memberi manfaat lebih bagi konsumennya.

Di antara banyak manfaat dari komponen senyawa essensial dari lada hitam antara lain adalah sebagai anti oksidan. Hal tersebut dijelaskan dalam Critical Review in Food Science and Nutrition tahun 2013.

Setidaknya ditemukan adanya kandungan beta karoten, cryptoxanthine, lutein, zeaxanthine, lycopene dan lain sebagainya. Juga terkandung komponen khas dari lada yang memberi banyak khasiat yakni piperine.

Manfaat Merica Hitam untuk Tubuh Anda

Dari sederet kandungan nutrisi di dalam lada hitam, tentu saja terdapat demikian banyak manfaat merica hitam yang baik untuk tubuh kita. Apa saja manfaat merica hitam tersebut?

Baik untuk sistem pencernaan

Manfaat merica hitam yang paling banyak dikenal masyarakat awam adalah untuk pencernaan. Sejak lama masyarakat tradisional sudah memanfaatkan lada hitam untuk membantu mengatasi efek kembung dan mual.

Ini karena terdapat manfaat herbal ini yang memiliki efek carminitive (mencegah kelebihan gas dalam perut). Ini mendorong pencernaan mengeluarkan gas lebih banyak dari perut dan mencegah pembentukan gas dalam usus.

lada hitam - manfaat merica hitam - manfaat herbal
Sumber: Shutterstock

Selain itu, lada hitam juga baik untuk membantu meningkatkan kinerja pencernaan. Terdapat manfaat merica hitam untuk meningkatkan kinerja pankreas dalam membentuk sejumlah enzim yang bekerja meningkatkan daya cerna. Sebagaimana dijelaskan dalam Journal of Die Nahrung tahun 2002.

Dalam penjelasan terbatas dikatakan lada hitam baik untuk mencegah terjadinya kram perut akibat peradangan dan hiperlaktasit. Juga baik untuk membantu dalam penyembuhan peptic ulcers atau peradangan pada usus.

Mengatasi diare dan konstipasi

Masih soal pencernaan sebenarnya, dalam ulasan lain ternyata juga dijelaskan adanya manfaat herbal dari merica hitam ini untuk membantu mengatasi diare. Tetapi herbal ini juga baik untuk mencegah terjadi konstipasi.

Manfaat merica hitam ini dalam membantu mengatasi diare juga konstipasi dijelaskan dalam ulasan Journal of Medicinal Food di tahun 2010.

Menurunkan tekanan darah

Dalam lada hitam terkandung senyawa unik bernama piperine. Ini adalah komponen yang mudah Anda dapatkan dalam jenis tanaman lada-ladaan. Dan menurut laporan jurnal Bratislavske Lekarske Listy tahun 2010, piperine memiliki pengaruh baik untuk menurunkan tekanan darah.

Baca juga:  Rekomendasi Obat Herbal dan Tips Konsumsi Herbal

Piperine juga membantu terjadinya perubahan tekanan darah yang terlalu fluktuatif. Sehingga akan sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dalam jangka panjang.

Dalam ulasan lain, komponen piperine dalam herbal juga baik untuk meningkatkan pemanfaatan tubuh terhadap herbal kunyit. Kunyit sendiri dikenal mengandung turmeric, sejenis senyawa fitokimia yang baik untuk menjaga elastisitas pembuluh darah dan stabilitas tekanan darah dalam jangka panjang.

Baik untuk penurunan berat badan

Dalam ulasan WebMD, dijelaskan bahwa terdapat manfaat merica hitam untuk membantu mencegah terbentuknya lemak cadangan. Ini karena piperine dalam lada hitam membantu mendorong pembakaran energi dari lemak.

Selain itu yang lebih menarik, terdapat pula manfaat herbal dari bumbu dapur ini untuk  membantu mencegah terbentuknya sel-sel lemak baru. Alih-alih menjadi sel baru, lada hitam menstimulasi pembakaran lemak dan pembuangan kelebihan lemak.

Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2012 dijelaskan kinerja piperine terhadap fungsi genetik tubuh sehingga menurunkan kecenderungan membentuk cadangan lemak tubuh.

Sebagai anti infeksi

Terdapat manfaat merica hitam sebagai anti bakterial yang cukup aktif. Hal ini dijelaskan dalam Frontiers of Microbiology tahun 2016. Komponen anti bakteri dalam lada hitam bekerja melemahkan membran dari bakteri hingga memudahkan sistem imunitas menyerang dan mematikan sel bakteri.

Sejumlah pakar sepakat komponen anti bakterial dalam lada hitam meliputi komponen sabinene, pinene, limonene dan caryophillene. Semuanya adalah komponen fitokimia yang berpengaruh terhadap sistem pertahanan bakteri.

Baik untuk flu, pilek dan batuk

Lada hitam sudah lama dikenal memiliki manfaat herbal untuk mengatasi flu, pilek dan batuk. Terapi lada hitam lazim diberikan dalam bentuk larutan atau seduhan yang diminumkan sekaligus dihirup oleh pasien.

Piperine dalam lada hitam dipercaya membantu menstimulasi aliran mukus dalam sistem pernafasan. Ini membantu Anda mengatasi hidung tersumbat, tenggorokan gatal dan batuk.

Selain itu manfaat herbal anti bakterial dalam bumbu pedas satu ini juga baik untuk mengatasi serangan infeksi pada sistem pernafasan. Terdapat pula manfaat merica hitam sebagai anti viral dan anti inflamasi, sebagaimana dijelaskan dalam Indian Journal of Clinical Biochemistry tahun 2010.

Ini menjadikan herbal ini baik untuk peradangan pada pernafasan yang disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus. Dalam herbal ini juga terdapat manfaat untuk mengatasi serangan asma, sebagaimana dijelaskan dalam Biomedical Central; Complementary and Alternative Medicine tahun 2005.

Baik untuk kesehatan otak

Lada hitam rupanya juga memiliki manfaat herbal untuk membantu melindungi kesehatan otak. Ini karena piperine dalam herbal ini juga membantu menghambat terjadinya stress.

Piperine bekerja menghambat pembentukan enzim yang merusak hormon serotonin dan melatonin. Hormon serotonin bekerja memberi efek relaksasi pada neurotransmitter sedang melatonin bekerja mengatur regulasi waktu tidur. Keduanya berperan penting dalam mencegah terjadinya stress.

Selain itu, piperine juga baik untuk mendukung produksi dopamin, sejenis senyawa yang memberi efek nyaman dan senang. Tentu saja kekurangan hormon dopamin akan memberi resiko stress yang tinggi.

Dalam sejumlah pandangan pakar, stress yang disebabkan kekurangan hormon serotonine dan hormon dopamin akan meningkatkan resiko seseorang mengalami masalah parkinson dan alzheimer.

Dalam ulasan Journal of Clinical And Diagnostic Research tahun 2015 dijelaskan bahwa piperine juga penting untuk mencegah keusangan dan kematian sel otak serta mencegah pembentukan amyloidal plak yang bersinergi menyebabkan alzheimer.

Baik sebagai anti diabetes

Lada hitam memiliki kemampuan untuk menghambat pembentukan enzim khusus yang bekerja mensekresi pati menjadi glukosa. Ini membantu mencegah peningkatan kadar gula dalam darah.

Hal tersebut dijelaskan dalam Hindawi Publishing Corporation Advances in Pharmacological Sciences tahun 2013.Komponen anti oksidan memberi kontribusi manfaat herbal ini untuk membantu menurunkan penyerapan glukosa dalam pencernaan.

Piperine juga diketahui sangat baik untuk meningkatkan daya kerja dari terapi diabetes medis dengan metformin, termasuk membantu menekan efek samping terapi ini terhadap tubuh pasien.

Kaya anti oksidan

Bagian penting dari lada hitam adalah komponen fitokimia di dalamnya yang baik sebagai anti oksidan. Dalam herbal ini setidaknya ditemukan sejumlah komponen flavonoid, komponen xanthine, karotenoid dan banyak lagi.

Manfaat anti oksidan ini salah satunya sebagai elemen cytotoxin dalam tubuh seseorang, termasuk membantu meningkatkan kinerja liver dalam mengatasi toksin dalam tubuh. Hal ini dijelaskan dalam International Journal of Pharmaceutical Sciences Review and Research tahun 2017.

Baca juga:  Bahaya Kacang Mete yang Perlu Anda Kenali dan Hindari

Dalam sebuah riset di India sebagaimana dijelaskan dalam Redox Report; Communication in Free Radical Research tahun 2004, sampel tikus yang diberikan suntikan radikal bebas menunjukan hasil positif yang sangat baik pasca mendapatkan terapi ekstraksi lada hitam.

Menurut bahasan dalam International Journal of Food Science and Nutritition tahun 2005 juga menjelaskan bahwa piperine dan sejumlah komponen flavonoid dalam lada hitam juga membantu meningkatkan produksi glutathione, komponen anti oksidan alami yang diproduksi oleh tubuh.

Sebagai anti kanker

Studi yang diungkap dalam Journal of Nutrients tahun 2016 menunjukan bahwa terdapat manfaat merica hitam untuk efektif  menurunkan resiko kanker tertentu seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker kolon dan kanker tulang.

Adanya efek anti proliferasi dari piperine membantu mencegah sel-sel kanker berkembang masif dalam tubuh. Terapi piperine juga diduga kuat membantu memberi perlindungan terhadap sistem DNA tubuh .

Selain itu piperine juga sekaligus mampu menyerang sistem membran dari sel-sel abnormal, melemahkannya sehingga akan memudahkan sistem imunitas sel T dan sel B untuk menghancurkannya.

Dalam studi lain yang diselenggarakan di University of Illinois  tahun 2013, ditemukan adanya manfaat herbal dari piperine dalam membantu meningkatkan efektivitas dari penggunaan senyawa docetaxel sebagai terapi kemoterapi bagi pasien kanker prostat.

Baik untuk kesehatan mulut

Lada hitam adalah salah satu herbal yang diketahui secara tradisional baik untuk mengatasi keluhan pada mulut. Komponen anti bakterial dan anti inflamasi dari piperine dalam herbal ini membantu mengatasi infeksi pada mulut, termasuk peradangan pada gigi, gusi dan sariawan.

Secara tradisional air rebusan lada hitam dan cengkeh akan dicampur dengan garam untuk kemudian digunakan untuk berkumur. Efeknya sangat cepat membantu meredakan nyeri gigi dan peradangan yang terjadi.

Baik untuk kesehatan pria

Herbal dengan aroma pedas ini dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan pria, termasuk masalah kesuburan dan libido. Dalam sejumlah sumber herbal ini memiliki efek terhadap peningkatan hormon testosteron pada pria.

Sejumlah pakar melihat kadar zink dan magnesium dalam herbal ini sangat berpengaruh dalam regulasi kadar hormon dalam tubuh, termasuk berkontribusi dalam fungsi merica hitam untuk menormalkan kembali kadar testosteron pada pria.

Kedua mineral ini bukan hanya baik untuk regulasi hormon, tetapi juga membantu memperbaiki produksi sperma dan semen. Ini yang berperan besar dalam mendorong kesuburan pada pria.

Dalam riset terhadap tikus jantan, terapi dengan lada hitam terbukti membantu mendorong libido dan vitalitas. Hal ini dijelaskan dalam Research Journal of Medicinal Plant tahun 2015.

Membantu proses berhenti merokok

Merokok adalah sebuah kebiasaan buruk yang memiliki sifat ketergantungan yang tinggi. sulit bagi perokok untuk berhenti karena efek adiksi ini. dan mereka yang memutuskan berhenti dari rokok harus berhadapan dengan efek withdrawal yang sangat mengganggu.

lada hitam - manfaat merica hitam - manfaat herbal
Sumber: Shutterstock

Beberapa orang yang memutuskan berhenti merokok mengakui akan munculnya sejumlah keluhan seperti batuk hebat, rasa pusing, mual, nafas yang tidak nyaman hingga vitalitas yang menurun.

Tetapi ternyata dengan terapi lada hitam, sejumlah efek samping dan rasa ketergantungan terhadap nikotin dalam dikurangi. Ini berkat komponen anti oksidan dalam herbal tersebut sebagaimana dijelaskan dalam The Journal of Alternative and Complementary Medicine tahun 2013.

Mengatasi masalah menelan

Mereka di usia manula kadang harus berhadapan dengan masalah kemampuan menelan yang turun. Kondisi liang kerongkongan yang mulai longgar dengan sistem saraf pada kerongkongan yang melemah menyebabkan mereka sulit menelan, bahkan kadang sulit bernafas.

Sebuah studi membuktikan menghirup aroma lada hitam membantu menstimulasi kembali sistem saraf pada dinding kerongkongan. Ini membantu para manula menelan bahkan menarik nafas lebih mudah.

Merawat kesehatan rambut

Siapa yang menyangka Anda juga bisa mendapatkan manfaat merica hitam sebagai terapi herbal untuk kesehatan rambut. Selain baik untuk membantu memperbaiki tekstur rambut yang terlalu lepek dan mudah berminyak, terbukti bahwa terapi herbal ini baik untuk masalah rambut berketombe.

Haluskan 1 sendok teh merica hitam bersama minyak essensial untuk kemudian Anda ratakan pada permukaan kulit. Diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

Terapi dengan rutin setidaknya sepekan sekali sampai rambut bebas ketombe. Untuk hasil optimal mendapatkan manfaat herbal dari lada hitam, hindari pemakaian berlebihan, karena lada hitam juga bisa memberi efek iritasi pada kulit kepala.

Merawat kesehatan kulit

Selain baik untuk kesehatan rambut, terbukti komponen anti oksidan, anti inflamasi dan anti bakteri dalam lada hitam juga baik untuk perawatan kulit. Ini sangat baik untuk membantu memperbaiki tekstur kulit, mengatasi kerutan dini dan mengatasi jerawat.

Terapi lada hitam bisa ditambahkan sebagai komponen tambahan dalam masker wajah dan bahan tambahan untuk lulur wajah. Juga akan tetap memberi manfaat bagi kulit Anda bilapun hanya Anda konsumsi.

Beberapa sumber juga mengatakan adanya manfaat terapi merica hitam ini untuk mengatasi vitiligo. Ini adalah keluhan kulit ketika pigmen kulit mengalami masalah ketidak merataan yang berasal dari keluhan autoimun terhadap melanin kulit, zat pembawa warna pada permukaan kulit.

Terapi herbal ini dikatakan baik membantu menstimulasi aktifnya kembali komponen pigmen pada kulit. Hanya saja sejumlah pakar merasa masih memerlukan riset mendalam mengenali efektivitas terapi ini serta efek sampingnya di jangka panjang.

Efek Samping Lada Hitam

Ada banyak manfaat dari lada hitam yang bisa Anda peroleh untuk mendukung kesehatan tubuh Anda. tetapi hati-hati dalam memanfaatkan herbal ini, jangan sampai berlebihan. karena penggunaan oral maupun topikal secara berlebihan dari herbal pedas ini dapat menyisakan resiko.

Beberapa efek samping yang kadang muncul dari merica hitam ini antara lain adalah :

  1. Rasa panas pada perut
    Piperine yang memiliki efek rasa panas kadang menimbulkan rasa panas pada perut. Kelebihan piperine akan menyebabkan efek iritasi dan diare pada beberapa orang.
  2. Mata terbakar
    Hindari paparan herbal pedas ini pada mata. Merica hitam memiliki efek membakar ketika terpapar jaringan lunak semacam mata. Ini juga akan memicu efek iritasi yang menyakitkan.
  3. Menyebabkan keguguran
    Lada hitam sebenarnya aman untuk wanita hamil, selama tidak dikonsumsi berlebihan. kelebihan piperine akan memicu kontraksi dan memungkinkan terjadinya keguguran.

Itulah sejumlah manfaat merica hitam dan efek samping dari konsumsi lada hitam untuk kesehatan tubuh manusia. Rupanya di balik rasa pedas dan aroma khasnya yang eksotis tersimpan kandungan nutrisi dan manfaat herbal yang tinggi.

Jadi kenapa tidak mulai menambahkan lada hitam pada sajian Anda hari ini?

Advertisement
Alinesia