Apakah Sarang Semut Bisa Menurunkan Gula Darah?


By Cindy Wijaya

Sarang Semut Papua sangat dikenal sebagai tanaman obat yang berkhasiat untuk kanker, tumor, kista, dan benjolan abnormal lainnya. Bahkan dari banyak pengakuan para penggunannya, konsumsi herbal ini membantu mereka untuk pulih dan terbebas dari penyakit-penyakit itu. Tapi sebenarnya ada cukup banyak manfaat lain dari Sarang Semut untuk kesehatan.

Salah satunya ada manfaat Sarang Semut Papua bagi penderita diabetes. Berbagai kandungan senyawa di dalam tanaman obat ini dipercaya berguna dalam pengobatan diabetes. Apakah benar demikian? Apakah Sarang Semut bisa menurunkan gula darah?

Apakah Sarang Semut Bisa Menurunkan Gula Darah?

Diabetes melitus (sering disebut diabetes saja) adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi mencapai 126 mg/dL ke atas. Kondisi gula darah tinggi dapat disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau ketidakmampuan tubuh dalam menggunakan insulin secara normal.

Pengobatan diabetes secara medis biasanya dilakukan dengan konsumsi obat-obatan anti-diabetik oral atau dengan injeksi insulin. Secara alternatfi, banyak juga penderita diabetes yang berusaha mengendalikan kadar gula darah menggunakan tanaman-tanaman obat. Penggunaan tanaman obat di Indonesia telah dilakukan sejak zaman nenek moyang kita berabad-abad lalu.

Salah satu tanaman obat asli Indonesia ialah Sarang Semut Papua (yang bernama ilmiah Myrmecodia pendans). Apakah ada manfaat Sarang Semut untuk diabetes? Apakah Sarang Semut bisa menurunkan gula darah?

Sarang Semut Papua mengandung sejumlah senyawa aktif yang mampu mengobati berbagai penyakit, antara lain flavonoid, tannin, dan polifenol. Senyawa flavonoid dapat menurunkan kadar gula darah karena berfungsi sebagai zat antioksidan.

Flavonoid bersifat protektif terhadap kerusakan sel beta (sel penghasil insulin) dan dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Dan karena berfungsi sebagai antioksidan, flavonoid dapat menekan apoptosis sel beta tanpa mengubah proliferasi dari sel tersebut.

Selain itu flavonoid dapat mengurangi kadar gula darah dengan cara menghambat fosfodiesterase, sehingga kadar cAMP dalam sel beta pankreas menjadi lebih tinggi. Ini akan mendorong proses sekresi insulin melalui jalur Ca.

Sumber: Medical Journal of Lampung Universtity (Majority) Vol. 5 No. 3

Apakah sarang semut bisa menurunkan gula darah? Ya, bisa. Sarang Semut mengandung flavonoid yang memiliki kemampuan sebagai anti-diabetes dengan meningkatkan sensitivitas insulin. Cara kerja flavonoid dalam menurunkan kadar gula darah adalah dengan menghambat fosfodiesterase yang nantinya akan merangsang sekresi insulin melalui jalur Ca.

Bagaimana Cara Mengolah Sarang Semut Papua?

Bagaimana cara mengolah tanaman obat ini agar memperoleh manfaat Sarang Semut untuk diabetes? Secara tradisional tanaman obat ini diolah dengan cara direbus untuk kemudian diminum airnya. Biasanya digunakan Sarang Semut dalam bentuk bongkahan yang sudah dikeringkan untuk mengolahnya. Berikut cara mengolah Sarang Semut Papua untuk menjadi obat:

  • Pastikan bongkahan Sarang Semut dalam kondisi yang baik dan tidak ditumbuhi jamur.
  • Potong-potong bongkahan seperlunya, lalu haluskan dengan blender sampai menjadi serbuk.
  • Siapkan panci untuk merebus dan masukkan air sebanyak 2 gelas (250 ml).
  • Masukkan 1 sendok makan (kira-kira 10 g) serbuk Sarang Semut ke dalam panci.
  • Rebus ramuan ini sampai mendidih dengan api kecil sambil diaduk sesekali selama sekitar 15 menit atau sampai airnya tersisa kira-kira 1 gelas.
  • Saring air rebusannya dan ramuan ini siap diminum.
  • Ramuan obat Sarang Semut ini bisa diminum 1-2 kali sehari.

Apabila tidak ingin repot-repot mengolah sendiri obat dari bongkahan Sarang Semut, Anda juga bisa langsung membeli produk kapsul ekstrak Sarang Semut. Namun pastikan produk yang Anda pilih terbuat dari 100% ekstrak Sarang Semut jenis Myrmecodia pendans dan sudah mendapat izin BPOM.

Tips Lain untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Memang ada manfaat Sarang Semut Papua bagi penderita diabetes. Tetapi kadar gula darah tidak akan begitu saja turun dengan minum ramuan herbal ini jika Anda tidak memperbaiki gaya hidup. Berikut adalah sejumlah tips hidup sehat bagi penderita diabetes.

  • Selalu konsumsi makanan yang bergizi seimbang. Gunakan prinsip piring makan model T untuk makanan utama dan mengutamakan konsumsi buah-buahan sebagai makanan selingan.
  • Hindari atau setidaknya batasi konsumsi makanan yang mengandung banyak gula sederhana, banyak lemak, dan banyak garam atau natrium.
  • Lakukan olahraga atau aktivitas fisik moderat setidaknya total 150 menit setiap minggu. Bagi menjadi sekitar 30 menit per hari untuk dilakukan hampir setiap hari dalam seminggu.
  • Berhenti merokok agar lebih mudah mengontrol gula darah. Selain itu juga membuat Anda terhindar dari banyak penyakit serius lainnya.

Sumber: Tips Hidup Sehat Bagi Penyandang Diabetes – P2PTM Kemenkes RI, Diabetes management: How lifestyle, daily routine affect blood sugar – Mayo Clinic, Lifestyle Changes to Help Control Diabetes – WebMD

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang apakah Sarang Semut bisa menurunkan gula darah. Penelitian memang menunjukkan bahwa ada manfaat Sarang Semut untuk diabetes. Penderita diabetes bisa dibantu mengendalikan kadar glukosa mereka dengan mengonsumsi tanaman obat ini.

Namun di samping itu, penderita diabetes juga perlu mengupayakan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, menghindari makanan pemicu glukosa naik, dan berupaya aktif secara fisik.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar pemanfaatan tanaman obat Indonesia hanya di Deherba.com.

Sumber Gambar Sampul
RaiyaniM, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}