Blog Herbal No. 1 Indonesia

Manfaat Wedang Uwuh, Menghangatkan Badan Hingga Membantu Tidur Nyenyak


By Cindy Wijaya

Wedang uwuh adalah salah satu minuman tradisional yang sering dikonsumsi orang Indonesia. Wedang uwuh berasal dari Yogyakarta, yang dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan menjadi minuman (wedang) sampah (uwuh).

Bukan maksudnya benar-benar berasal dari sampah, tapi karena bahan-bahannya adalah campuran berbagai rempah, seperti jahe, kayu secang, kayu manis, hingga kapulaga. Bila dilihat sekilas, campuran berbagai rempah itu mirip seperti sampah akar dan dedaunan.

Masyarakat meyakini bahwa ada manfaat minum wedang uwuh. Manfaat yang paling terasa saat meminumnya adalah badang jadi terasa hangat, sehingga sangat cocok untuk diminum di kala udara dingin.

Namun selain itu ada berbagai manfaat minum wedang uwuh lainnya. Artikel ini akan membahas berbagai manfaat wedang uwuh bagi kesehatan dan apakah ada efek samping wedang uwuh yang perlu diwaspadai.

Apa Manfaat Wedang Uwuh?

Manfaat minum wedang uwuh tidak terlepas dari manfaat yang diberikan oleh rempah-rempah bahannya.

Apa saja bahan-bahan wedang uwuh? Racikan rempah ini bisa berbeda-beda tergantung pada produsennya, tapi bahan-bahan yang biasanya ada pada setiap wedang uwuh adalah kayu secang, jahe, cengkih, pala, kayu manis, kapulaga, dan serai.

Berikut adalah manfaat dari masing-masing bahan rempah dalam wedang uwuh.

Kayu Secang

Kayu secang adalah bahan wajib, karena rempah inilah yang memberi warna merah khas pada wedang uwuh. Umumnya bahan ini berupa serutan kayu secang yang sudah dikeringkan.

Apa manfaat kayu secang? Ada banyak manfaat kayu secang untuk kesehatan, diantaranya dapat membantu menurunkan gula darah, sebagai antioksidan, mengatasi peradangan, dan menghentikan diare.

Jahe

Jahe juga adalah bahan yang wajib ada dalam wedang uwuh. Rempah ini sudah sejak dahulu diketahui khasiat obatnya. Jahe dapat membantu mengurangi mual dan muntah pada orang-orang yang sedang sakit, mabuk kendaraan, atau sedang hamil.

Selain itu, jahe juga dapat membantu menghilangkan perut kembung, meningkatkan imun, menurunkan gula darah, serta menjaga kesehatan jantung.

Cengkih

Cengkih termasuk bahan yang sering ada dalam wedang uwuh, yang memberikan rasa pedas dan hangat khas pada minuman tradisional ini. Bagian cengkih yang digunakan biasanya adalah gagang hingga daunnya.

Rempah cengkih mengandung zat eugenol yang dapat membantu menghilangkan rasa nyeri dan membantu mengatasi perut kembung.

Pala

Rempah pala yang digunakan dalam wedang uwuh adalah bagian biji dan daunnya. Rempah ini mengandung banyak flavonoid, polifenol, dan kandungan aktif lain yang bermanfaat untuk tubuh.

Pala sering digunakan untuk mengatasi susah tidur. Karena itu salah satu manfaat wedang uwuh yang bisa dirasakan adalah dapat membantu tidur malam lebih nyenyak.

Kayu Manis

Kayu manis adalah bahan rempah yang membuat wedang uwuh menjadi lebih wangi. Namun bukan hanya penambah aroma, kayu manis juga menambah manfaat wedang uwuh.

Rempah ini mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel di dalam tubuh, terutama yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kapulaga

Kapulaga adalah rempah yang memberikan sensasi hangat dan pedas saat Anda minum wedang uwuh. Biasanya kapulaga yang digunakan sudah dikeringkan terlebih dulu.

Rempah ini memiliki kandungan minyak atsiri yang bermanfaat untuk mencegah pengeroposan tulang. Kapulaga juga bisa membantu mengencerkan dahak saat batuk karena memiliki kemampuan ekspektoran.

Serai

Serai memang bukan bahan wajib, tapi sering ditambahkan ke dalam racikan wedang uwuh. Biasanya yang digunakan adalah bagian putih dari serai yang digeprek dan dikeringkan.

Serai merupakan rempah aromatik yang memiliki kemampuan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk tubuh. Rempah ini dapat membantu menghangatkan badan, mengatasi perut kembung, dan melancarkan buang air kecil. Dan karena berfungsi sebagai diuretik, serai juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat Minum Wedang Uwuh
Wedang Uwuh (Credit: Harismoyo/Shutterstock)

Adakah Efek Samping Wedang Uwuh?

Sebagaimana sudah dijelaskan, Anda bisa memperoleh banyak manfaat minum wedang uwuh bagi kesehatan karena minuman tradisional ini mengandung berbagai rempah yang bermanfaat.

Namun, meski memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, Anda tetap harus membatasi konsumsi wedang uwuh secukupnya. Contohnya, jahe yang merupakan bahan utama wedang uwuh ada dosis konsumsinya yang dianjurkan, yaitu sekitar 4 – 6 gram per hari.

Namun pada wedang uwuh tidak menggunakan jahe sebanyak itu. Dan jahe yang digunakan juga mungkin sudah dikeringkan sehingga mengalami penyusutan senyawa.

Contoh lain adalah bahan pala dalam wedang uwuh. Pala aman dikonsumsi setiap hari jika tidak lebih dari 15 gram per hari. Wedang uwuh tidak memiliki pala sebanyak itu. Jadi meminum wedang uwuh segelas setiap hari masih aman.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah jika Anda sedang mengonsumsi obat tertentu. Konsultasikanlah dengan dokter apakah ada bahan-bahan dari wedang uwuh yang bisa berinteraksi dengan obat tersebut.

Kapan Waktu Terbaik Minum Wedang Uwuh?

Pengolahan wedang uwuh seringnya dilakukan dengan direbus atau diseduh dengan air panas, kemudian disajikan selagi masih panas atau hangat.

Karena itulah waktu terbaik minum wedang uwuh adalah saat udara sedang dingin. Karena sangat cocok untuk menghangatkan badan, apalagi dengan bahan-bahan rempahnya (contohnya jahe) yang memberikan sensasi hangat di badan.

Ada juga yang senang meminumnya di malam hari sebelum tidur. Karena ada kandungan pala di dalamnya yang membantu untuk tidur nyenyak di malam hari.

Meski begitu sebenarnya minuman tradisional ini bisa diminum kapanpun. Jadi tidak soal pagi, sore, siang, atau malam, Anda tetap bisa menikmati manfaat minum wedang uwuh.

Kesimpulan tentang Manfaat Minum Wedang Uwuh

Apa saja manfaat wedang uwuh? Manfaat minum wedang uwuh berasal dari bahan-bahan rempah dari minuman tradisional ini.

Sebagai contoh, kayu secang bermanfaat untuk membantu menurunkan gula arah, jahe bagus untuk mengatasi mual dan muntah, cengkih baik untuk mengurangi rasa nyeri, pala bermanfaat untuk tidur nyenyak, kayu manis berfungsi sebagai antioksidan, dan kapulaga dapat mengencerkan dahak.

Apakah ada efek samping wedang uwuh yang perlu diwaspadai? Selama Anda masih mengonsumsinya dalam batas wajar, yaitu 1 gelas per hari, maka tidak ada efek samping wedang uwuh yang perlu dikhawatirkan. Namun sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat tertentu.

Kapan waktu terbaik minum wedang uwuh? Minuman ini bisa diminum kapan saja, namun karena dapat menghangatkan badan maka banyak orang meminumnya di kala udara sedang dingin.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang manfaat wedang uwuh. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar topik kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Kompas.com. Manfaat Wedang Uwuh untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Imunitas. URL: https://www.kompas.com/food/read/2022/03/12/111100875/manfaat-wedang-uwuh-untuk-kesehatan-bisa-tingkatkan-imunitas?page=all

Good Doctor. Pandemi Belum Berakhir Minum Wedang Uwuh Jangan Disetop, Ini 7 Khasiatnya. URL: https://www.gooddoctor.co.id/hidup-sehat/nutrisi/khasiat-wedang-uwuh/

Kompas.com. 8 Bahan Lengkap Wedang Uwuh, dari Jahe Hingga Secang. URL: https://www.kompas.com/food/read/2022/03/05/111100675/8-bahan-lengkap-wedang-uwuh-dari-jahe-hingga-secang-?page=all

Kompas.com. Kapan Waktu Tepat Minum Wedang Uwuh?. URL: https://www.kompas.com/food/read/2022/03/12/130300975/kapan-waktu-tepat-minum-wedang-uwuh-?page=all

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}