Macam-Macam Vitamin dan Fungsi Vitamin (Bagian Ke-2)


By Cindy Wijaya

Terdapat banyak macam vitamin yang memiliki fungsi masing-masing bagi kepentingan tubuh. Tanpa vitamin yang mencukupi, Anda tidak akan bisa menjalani hidup dengan normal dan sangat rentan terserang beragam penyakit atau masalah kesehatan. Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel Macam-Macam Vitamin dan Fungsi Vitamin—Bagian I.

Di seri artikel bagian pertama sudah dijelaskan mengenai vitamin A, B1-B12, serta vitamin C. Artikel bagian kedua kali ini akan menjelaskan mengenai vitamin D, E, dan K.

Vitamin D (kalsiferol). Berfungsi untuk mempertahankan kadar normal kalsium dan fosfor dalam darah, juga memaksimalkan penyerapan kalsium dan fosfor ke dalam tulang sehingga turut memperkuat dan membentuk tulang serta gigi.

Vitamin E (alfa-tokoferol). Bertindak sebagai antioksidan, menetralisir molekul-molekul tak stabil yang sanggup merusak sel-sel tubuh. Vitamin E melindungi vitamin A serta lipid (lemak) tertentu dari kerusakan. Risiko seseorang terkena penyakit Alzheimer akan berkurang secara signifikan apabila ia rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E.

Vitamin K (filokuinone, menadione). Fungsi vitamin K yang terutama ialah sebagai pembeku darah dengan memicu aktivasi protein dan kalsium dalam proses pembekuan darah. Di samping itu, vitamin ini juga berperan dalam mencegah keguguran.

Sumber Vitamin A-K dalam Makanan

Vitamin A: beberapa makanan yang merupakan sumber terbaik vitamin A ialah ubi jalar, bayam hijau, wortel, kubis, aprikot, buah labu, cabai merah, buah blewah, serta paprika.

Vitamin B: makanan yang banyak memiliki vitamin B antara lain adalah daging ikan, telur, seafood, dan produk susu. Sedangkan makanan-makanan yang khususnya banyak mengandung asam folat ialah sayuran hijau, daging unggas, jus jeruk dan jeruk bali.

Vitamin C: beberapa jenis makanan sumber terbaik vitamin C adalah jeruk, jambu biji, stroberi, pepaya, paprika, kol, brokoli, dan semua sayuran berdaun hijau gelap.

Vitamin D: selain bisa didapatkan secara cuma-cuma dengan berjemur di bawah sinar matahari, Anda bisa mendapatkannya dari ikan salmon, ikan lele, tiram, ikan herring, susu, telur, serta jamur shitake.

Vitamin E: bisa didapatkan dari beberapa makanan berikut, yaitu biji bunga matahari, bayam, almond, lobak hijau, asparagus, dan paprika.

Vitamin K: makanan-makanan yang adalah sumber terbaik vitamin K misalnya adalah sayur kale, kol, bayam, lobak hijau, kubis, sawi, daun peterseli, brokoli, dan asparagus.

Inilah macam-macam vitamin dan fungsi vitamin bagi tubuh. Peranan vitamin demi kelansungan hidup Anda amatlah penting. Jadi sebisa mungkin penuhilah kebutuhan semua vitamin dari A-K, tidak hanya satu macam vitamin saja. Dengan begitu, Anda dijamin bisa menikmati hidup yang lebih sehat.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}