Macam-Macam Vitamin dan Fungsi Vitamin (Bagian Ke-1)

461

Diedit:

Vitamin merupakan suatu senyawa kompleks yang amat dibutuhkan tubuh agar bisa berfungsi dengan baik dalam segala proses dan pengaturannya. Tubuh manusia tidak akan sanggup bertahan hidup apabila tidak mendapat asupan vitamin. Terdapat macam-macam vitamin dan fungsi vitamin-vitamin tersebut dalam tubuh juga berlainan.

Masing-masing vitamin punya fungsi penting untuk tubuh manusia. Vitamin bisa dibedakan berdasarkan kelarutannya dalam air, yaitu vitamin larut air: Vitamin B dan C, serta vitamin tidak larut air: Vitamin A, D, E, dan K.

Vitamin A. Terdapat tiga bentuk aktif vitamin A dalam tubuh yaitu asam retinol, retinal, dan retinoat. Beta-karoten dapat dengan mudah berubah menjadi vitamin A bila diperlukan. Fungsi Vitamin A:memperlambat penuaan, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga ketajaman penglihatan, mencegah katarak, menurunkan risiko kanker paru-paru serta kanker prostat.

Vitamin B1 dan B2. Bisa juga disebut tiamin dan riboflavin. Fungsi Vitamin B1 dan B2: membantu mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan oleh kulit, rambut, darah, dan otak.

Vitamin B3 (niasin). Berfungsi untuk menguraikan energi dari makanan serta mensintesis asam lemak. Sangat dibutuhkan oleh kulit, sel-sel darah, otak, dan sistem saraf.

Vitamin B5 (asam pantotenat). Fungsi vitamin B5 ialah mengubah makanan menjadi energi, membantu membuat lemak, neurotransmitter, hormon-hormon steroid, serta hemoglobin.

Vitamin B6 (piridoksal, piridoksin, dan piridoksamin). Berfungsi untuk menurunkan kadar homosistein serta mengurangi risiko penyakit jantung, membantu mengubah triptofan menjadi niasin dan serotonin—suatu neurotransmitter yang berperang penting untuk mengatur tidur, selera makan, serta suasana hati. Vitamin B6 juga membantu produksi sel-sel darah merah serta memengaruhi fungsi kognitif dan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin B7 (biotin). Berfungsi untuk mengubah makanan menjadi energi dan sintesis glukosa. Vitamin B7 juga membantu membuat dan memecahkan beberapa asam lemak. Vitamin ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut dan tulang.

Baca juga:  Apakah Tubuh Anda Memang Butuh Suplemen Vitamin?

Vitamin B9 (asam folat). Fungsi vitamin B9 ialah dalam pembentukan sel darah merah, perbaikan DNA, pembentukan jaringan tubuh, pertumbuhan rambut, serta mengoptimalkan kemampuan otak.

Vitamin B12 (kobalamin). Jenis vitamin ini amat berguna dalam pembentukan sel darah merah, proses pembelahan sel-sel, serta memecahkan beberapa asam lemak dan asam amino. Vitamin ini juga berfungsi untuk melindungi sel-sel saraf dan mendorong pertumbuhannya.

Vitamin C (asam askorbat). Makanan yang kaya akan vitamin C sanggup mengurangi risiko kanker mulut, esofagus, perut, dan kanker payudara. Fungsi vitamin C dalam tubuh ialah membantu dalam pembentukan kolagen (jaringan ikat yang menutupi luka serta menyokong dinding pembuluh darah), membantu pembuatan neurotransmitter serotonin dan norepinefrin, bertindak sebagai antioksidan, menetralisir molekul-molekul tak stabil yang bisa merusak sel-sel, serta menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Inilah bagian pertama dari seri artikel macam-macam vitamin beserta fungsi vitamin bagi tubuh. Anda bisa membaca bagian selanjutnya di artikel berikut ini: Macam-Macam Vitamin dan Fungsi Vitamin—Bagian II.

Advertisement
Alinesia