Macam-Macam Vitamin dan Contoh Makanannya


By Cindy Wijaya

Banyak orang mengandalkan suplemen dalam upaya memberikan tubuh mereka asupan vitamin yang mencukupi. Namun, beralih ke suplemen tanpa terlebih dulu memperbaiki pola makan sebenarnya tidak membawa banyak manfaat.

Suplemen memang membantu mengisi kekosongan asupan vitamin, tapi yang terbaik tetaplah mendapatkan sebagian besar vitamin melalui pola makan bergizi dan seimbang.

Jadi bagi Anda yang sedang berupaya memenuhi kebutuhan vitamin harian, upayakan dulu memperbaiki pola makan. Untuk membantu Anda membuat menu makanan sehari-hari yang memenuhi kebutuhan vitamin, artikel ini membahas apa saja macam-macam vitamin dan contoh makanannya.

Macam-Macam Vitamin dan Contoh Makanannya

Vitamin dibagi menjadi dua jenis, yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B1, B2, B3, B6, B12, dan vitamin C. Vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K.

Vitamin yang larut dalam air mengalir dengan bebas ke seluruh tubuh, dan jika jumlahnya berlebihan biasanya akan dibuang oleh ginjal. Tubuh membutuhkan vitamin yang larut dalam air dalam dosis kecil tapi sering.

Vitamin yang larut dalam lemak disimpan dalam sel-sel tubuh dan tidak dibuang semudah vitamin yang larut dalam air. Mereka tidak perlu dikonsumsi sesering vitamin yang larut dalam air, tapi tetap dibutuhkan dalam jumlah yang memadai. Jika terlalu banyak mengonsumsinya, itu bisa menjadi racun.

Untuk memenuhi kebutuhan kedua jenis vitamin ini, perhatikanlah macam-macam vitamin dan contoh makanannya berikut ini. (Sumber: Food Sources of Vitamins and Minerals – WebMD)

Vitamin A

Apa fungsinya? Vitamin A berfungsi untuk mendukung fungsi penglihatan pada mata dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Macam-macam vitamin dan contoh makanannya: Minyak hati ikan cod, telur, daging (terutama hati sapi), ikan, ubi jalar, wortel, brokoli, sayuran daun, paprika, mangga, dan makanan yang diperkaya (difortifikasi) seperti susu dan sereal yang diperkaya vitamin A.

Vitamin B1 (Tiamin)

Apa fungsinya? Vitamin B1 berfungsi membantu tubuh dalam memproses karbohidrat dan beberapa jenis protein.

Macam-macam vitamin dan contoh makanannya: Kacang-kacangan, polong-polongan, gandum utuh, biji-bijian, daging sapi, salmon, tuna, dan produk makanan yang diperkaya vitamin B1.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Apa fungsinya? Vitamin B2 berfungsi mendukung banyak proses tubuh, misalnya dalam mengubah makanan menjadi energi. Juga membantu tubuh menciptakan sel-sel darah merah.

Macam-macam vitamin dan contoh makanannya: Susu, roti, sereal yang diperkaya vitamin B2, kacang almond, asparagus, daging, telur, kacang-kacangan, polong-polongan, dan sayuran hijau.

Vitamin B3 (Niasin)

Apa fungsinya? Vitamin B3 berfungsi dalam membantu pencernaan dan pengubahan makanan menjadi energi. Juga membantu menciptakan kolesterol.

Macam-macam vitamin dan contoh makanannya: Daging unggas, ikan air asin (ikan laut), daging sapi, gandum utuh, polong-polongan, alpukat, kentang, dan sereal yang diperkaya vitamin B3.

Vitamin B6 (Piridoksina)

Apa fungsinya? Vitamin B6 berfungsi mendukung sistem saraf, membantu tubuh memecah protein, dan membantu tubuh memecah gula yang tersimpan.

Macam-macam vitamin dan contoh makanannya: Kentang beserta kulitnya, daging ayam, telur, ikan, hati sapi, polong-polongan, sayuran hijau, pisang, dan alpukat.

Vitamin B12

Apa fungsinya? Vitamin B12 berfungsi membantu pembelahan sel dan membantu menciptakan sel-sel darah merah.

Macam-macam vitamin dan contoh makanannya: Daging sapi, kerang, remis, kepiting, salmon, daging unggas, telur, susu, dan makanan yang diperkaya vitamin B12.

Vitamin C (Asam Askorbat)

Apa fungsinya? Vitamin C berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menciptakan kolagen. Juga diperlukan untuk membuat pembawa pesan kimia tertentu di otak.

Macam-macam vitamin dan contoh makanannya: Buah-buahan jeruk, mangga, pepaya, nanas, kiwi, beri, tomat, ubi jalar, brokoli, kembang kol, paprika merah dan hijau, kubis, dan bayam.

Vitamin D

Apa fungsinya? Vitamin D berfungsi menjaga kesehatan tulang dan membantu tubuh memproses kalsium. Juga penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu melindungi dari kanker.

Macam-macam vitamin dan contoh makanannya: Produk susu, keju, dan sereal yang diperkaya vitamin D; kuning telur; salmon; minyak hati ikan cod; hati sapi; jamur.

Vitamin E

Apa fungsinya? Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan.

Macam-macam vitamin dan contoh makanannya: Sayuran berdaun hijau, kacang almond, hazelnut, kacang tanah, mangga, alpukat, asparagus, paprika merah, biji-bijian (terutama biji labu dan biji bunga matahari) dan minyak sayur seperti minyak bunga matahari, kanola, dan kedelai.

Vitamin K

Apa fungsinya? Vitamin K berfungsi dalam pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang.

Macam-macam vitamin dan contoh makanannya: Telur, daging unggas, daging sapi, daging babi, sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale, brokoli, kubis, dan buah-buahan seperti alpukat, kiwi, dan anggur.

Cara terbaik untuk memastikan Anda memperoleh berbagai asupan vitamin yang dibutuhkan, dan dalam jumlah yang memadai, adalah menerapkan pola makan sehat yang terdiri dari aneka ragam makanan. Ini termasuk konsumsi berbagai macam buah, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, polong-polongan, protein rendah lemak, dan produk susu.

Banyak makanan yang sudah umum kita konsumsi mengandung berbagai vitamin, sehingga cukup mudah untuk memenuhi kebutuhan harian Anda dari makanan sehari-hari.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang macam-macam vitamin dan contoh makanannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}