Kenali Gejala Kanker Paru-Paru dan Pilihan Pengobatan Herbal Terbaiknya

501

Diedit:

Kanker paru-paru lebih banyak ditemukan pada laki-laki dan umumnya menyerang kelompok usia di atas 40 tahun, tetapi tidak menutup kemungkinan gejala-gejala kanker paru dialami oleh mereka yang usianya relatif masih muda.

Kanker paru-paru adalah tumor ganas yang menyerang jaringan di dalam paru-paru. Sebagian besar kanker paru-paru disebabkan abnormalitas sel-sel di dalam paru-paru, tetapi kanker paru-paru juga dapat berasal dari kanker di bagian tubuh lainnya yang menyebar ke paru-paru.

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai faktor penyebab apa saja yang bisa memicu Anda terkena kanker paru-paru serta bagaimana Anda bisa mengenali berbagai gejala-gejala kanker paru-paru. Temukan juga informasi penting mengenai pilihan herbal terbaik untuk pengobatan kanker paru-paru di akhir artikel.

Faktor Penyebab Kanker Paru-Paru

Merokok merupakan penyebab utama dari sekitar 90% kasus kanker paru-paru pada pria dan sekitar 70% pada wanita. Semakin banyak rokok yang dihisap, semakin besar risiko untuk menderita kanker paru-paru.

Orang yang berada di lingkungan yang terkena pencemaran dari polutan udara dan industri lebih rentan terkena kanker paru-paru. Adanya riwayat penderita kanker paru-paru dalam keluarga juga bisa menjadi faktor pemicu.

Waspadai dan kenali ciri-ciri kanker paru-paru karena penyakit ini dapat menyerang siapa saja meskipun tidak memiliki riwayat keluarga menderita kanker paru-paru, misalnya para perokok pasif.

Gejala-Gejala Kanker Paru-Paru

Gejala kanker paru-paru sering tidak disadari pada saat masih tahap awal. Diperkirakan sekitar 40% penderita kanker paru-paru baru terdiagnosis mengalami kanker setelah penyakit ini mencapai tahap lanjut. Sepertiga dari 40% tersebut bahkan baru terdiagnosis ketika mencapai stadium 3. Berikut adalah tanda-tanda kanker paru-paru yang perlu Anda waspadai.

  • Batuk yang Tak Kunjung Berhenti
    Waspadailah batuk yang membandel. Batuk yang berkaitan dengan pilek biasanya akan hilang dalam waktu 1 atau 2 minggu, namun batuk yang tetap ada lebih dari waktu itu bisa jadi adalah gejala awal kanker paru-paru. Jika Anda mengalami batuk kering maupun berdahak yang tak kunjung berhenti, sebaiknya segera periksa ke dokter.
  • Perhatikan Perubahan Pola Batuk
    Anda mungkin sudah sering batuk, tapi apabila suara, jenis, dan lamanya batuk terasa berbeda, hal itu patut dicurigai. Waspadai suara batuk yang dalam atau serak, batuk berdarah, atau keluar lendir lebih banyak dari biasanya, terlebih jika Anda seorang perokok. Disarankan untuk berkonsultasi ke dokter segera setelah Anda merasa ada yang tidak beres.
  • Sering Merasa Sesak Napas
    Kesulitan bernapas dan gampang kehabisan napas bisa menjadi tanda awal lain dari kanker paru-paru. Kedua gejala ini dapat terjadi apabila kanker menghalangi atau menyempitkan jalur pernapasan. Cairan yang terbentuk di dalam dada akibat adanya tumor paru-paru juga bisa menyebabkan sesak napas. Perhatikanlah kapan waktunya Anda merasa sesak atau kehabisan napas. Jika Anda merasa sulit bernapas sehabis menaiki tangga, membawa belanjaan, atau melakukan aktivitas lain yang sebelumnya bisa dilakukan tanpa kesulitan, jangan abaikan gejala tersebut!
  • Rasa Sakit di Bagian Dada
    Kanker paru-paru boleh jadi menyebabkan nyeri di dada, pundak, atau punggung. Sebaiknya periksa ke dokter jikalau terasa nyeri di bagian-bagian tadi—baik itu nyeri menusuk, nyeri konstan maupun nyeri yang kambuh-kambuhan. Nyeri yang diakibatkan oleh kanker paru-paru kemungkinan karena ada pembesaran kelenjar getah bening atau metastase ke arah dinding dada, selaput pleura, dan tulang rusuk.
  • Napas yang Disertai Bengek
    Ketika jalur pernapasan terhalangi atau mengalami peradangan, pernapasan Anda akan disertai dengan suara bengek atau menyerupai siulan. Jika bengek terus-menerus terjadi, jangan cepat mengambil kesimpulan bahwa itu adalah gejala asma atau alergi. Pastikan dahulu penyebabnya berdasarkan diagnosis dokter.
  • Suara Terdengar Serak
    Frekuensi suara yang berubah menjadi parau atau lebih dalam merupakan tanda lain yang perlu diwaspadai. Meskipun suara serak umumnya disebabkan oleh pilek, namun gejala ini menjadi mengkhawatirkan jika tidak mereda lebih dari dua minggu.
  • Nyeri Tulang
    Kanker paru-paru dapat menyebar ke tulang di sekitarnya sehingga menimbulkan nyeri di punggung. Nyeri biasanya semakin menjadi pada malam hari saat membaringkan punggung. Jangan abaikan rasa sakit dan nyeri di bagian tubuh Anda, khususnya apabila nyeri tersebut berkelanjutan.
Baca juga:  Apa Saja Faktor Risiko Kanker Paru-Paru yang Harus Diwaspadai?

Jika Anda sudah merasakan ciri-ciri kanker paru-paru seperti diatas, segera pastikan ke dokter dengan memeriksakannya. Pengobatan yang cepat dan tepat dapat memperbesar harapan hidup pada penderita kanker. Bagi Anda yang tidak merasakan gejala-gejala tersebut Anda tetap perlu waspada dan melakukan langkah pencegahan berikut:

  • Berhenti merokok.
  • Hindari asap rokok bagi perokok pasif.
  • Berhati-hati bagi yang bekerja di industri yang menghasilkan polutan karsinogenik.
  • Tidak minum alkohol secara berlebihan.
  • Mengonsumsi makanan yang bergizi seperti sayur dan buah.

Dan alangkah lebih baiknya bila langkah-langkah pencegahan dapat dilakukan jauh-jauh hari sebelum tanda-tanda kanker paru-paru yang disebutkan di atas timbul karena pasti akan lebih meminimalisir dampak negatif dari kanker paru-paru.

Pilihan Herbal Terbaik Untuk Pengobatan Kanker Paru-Paru

Bagi Anda yang mencari alternatif untuk pengobatan kanker paru-paru atau untuk mengatasi gejala-gejala yang Anda rasakan, berikut ini akan dibahas 3 pilihan herbal yang dapat dimanfaatkan sebagai obat kanker paru-paru. 3 jenis herbal tersebut adalah Sarang Semut, Noni Juice, dan Temu Putih.

  • Sarang Semut

    Dalam dunia pengobatan alternatif, herbal Sarang Semut sudah banyak digunakan sebagai alternatif untuk mengobati kanker paru-paru. Sarang Semut mengandung senyawa aktif penting seperti flavonoid, tokoferol, polifenol, dan kaya akan berbagai mineral yang berguna sebagai anti-oksidan dan anti-kanker yang terbukti efektif menumpas berbagai jenis kanker termasuk kanker paru-paru.

    Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kasar Sarang Semut mengandung alfa-tokoferol yang sanggup meredam radikal bebas hingga hampir mencapai 100%. Alfa-tokoferol ini bertindak sebagai anti-kanker sekaligus ampuh menangkal serangan radikal bebas pemicu kanker.

    Ditambah lagi kandungan flavonoid dalam Sarang Semut yang memiliki sejumlah mekanisme khusus melawan sel-sel kanker. Diantaranya adalah inaktivasi karsinogen, anti-proliferasi, penghambatan siklus sel, induksi apoptosis dan diferensiasi, inhibisi angiogenesis, serta pembalikan resistensi multi-obat.

    Untuk membaca lebih lengkap mengenai keampuhan Sarang Semut untuk penyembuhan gejala-gejala kanker, silakan lihat artikel: Sarang Semut Papua Mulai Hancurkan Kanker, Tumor, Benjolan Abnormal dalam Waktu 3 Bulan atau Kurang!

  • Noni Juice

    Noni Juice telah diteliti dan dibuktikan mengandung damnachantal yang secara signifikan sanggup menghambat reproduksi sel-sel kanker. Di samping itu, penelitian lain juga memperlihatkan bahwa herbal ini merangsang kemampuan tubuh dalam memproduksi elemen-elemen untuk menumpas kanker, misalnya interleukin, nitrit oksida, interferon, lipopolisakarida, nekrosis tumor, dan sel-sel pembunuh kanker lainnya.

    Sebuah penelitian lain juga menyatakan bahwa herbal ini mampu bekerja sama dengan mikonutrien lain guna memblokir aliran darah yang membawa kiriman nutrisi menuju sel-sel kanker. Dengan begitu, sel-sel tersebut lama-kelamaan akan mati karena tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya.

    Untuk membaca lebih lengkap mengenai herbal Noni Juice, silakan lihat artikel: Noni Juice—Herbal Teruji Taklukan Darah Tinggi, Diabetes, Gangguan Jantung, dan Penyakit Lainnya!

  • Temu Putih

    Menurut sebuah penelitian, kurkumin didalam Temu Putih dapat mengganggu sejumlah jalur molekul vital yang terlibat dalam perkembangan dan pertumbuhan kanker. Bahkan pada penelitian laboratorum didapati bahwa kurkumin sanggup membunuh sel-sel kanker, menyusutkan ukuran tumor atau kanker, serta memaksimalkan efek kemoterapi.

    Kemudian ada juga kandungan RIP (Ribosome Inacting Protein) yang berfungsi untuk menonaktifkan perkembangan sel kanker, merontokkan sel kanker tanpa memengaruhi jaringan sekitar, dan memblokir pertumbuhan sel kanker.

    Untuk mendapat informasi lebih lanjut mengenai herbal Temu Putih (atau yang juga dikenal Kunyit Putih), silakan lihat artikel: Kunyit Putih—Herbal Pengusir Kanker dan Tumor.

Baca juga:  Kanker Paru-Paru Akibat Merokok, Cek Faktanya!

Anda dapat memanfaatkan ketiga pilihan herbal diatas untuk mengatasi gejala-gejala kanker paru-paru. Bila Anda mencari herbal yang paling sering digunakan dalam pengobatan kanker, maka cobalah herbal Sarang Semut. Herbal ini dikenal mempunyai reaksi lebih cepat dalam menumpas sel-sel kanker bila dibandingkan herbal anti-kanker lainnya.

Berdasarkan pengalaman para penggunanya diketahui bahwa umumnya dalam waktu 1-3 bulan pertama setelah mengonsumsi Sarang Semut, seorang penderita kanker sudah mendapat tanda-tanda kesembuhan, bahkan tidak sedikit yang sudah merasa sembuh dalam tiga bulan pertama tersebut.

Bagi Anda yang masih dalam tahap merasakan gejala-gejala kanker, akan lebih bagus bila sesegera mungkin gejala tersebut ditangani. Jika memilih jalan pengobatan alternatif, maka mengonsumsi herbal pilihan adalah langkah yang patut dicoba. Tetapi bagaimana bila Anda sudah divonis terkena kanker paru-paru oleh dokter?

Mungkin Anda sedang bimbang apakah ada pengobatan yang sanggup mengembalikan kesehatan Anda dan Anda merasa takut jika memikirkan masa depan. Namun perlu diingat bahwa vonis kanker bukanlah akhir segalanya, Anda tetap punya harapan untuk sembuh dengan pengobatan yang sesuai. Oleh karena itu, berusahalah untuk tetap tenang dan pikirkan baik-baik pilihan pengobatan kanker paru-paru yang tersedia, baik itu secara medis ataupun alternatif.